Senin, 18 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Selasa, 19 Agustus 2025

 Materi Ajar                       : Selasa, 19 Agustus 2025

 Hari/Tanggal                   :  Selasa, 19 Agustus 2025

Kelas                                 : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. Pancasila                     : Memahami Keragaman di Lingkungan Sekitar 

Tujuan Pembelajaran            : 

- Peserta didik mampu mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas masyrakat sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama, dan kepercayaannya. 
-  Peserta didik mampu mengenal dan mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
materi pembelajaran identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggalku 
Capaian Pembelajaran :
- Mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal RT, RW, desa atau keluarahan, dan kecamatan) sebagai bagian wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Pancasila 
A. Identitas Budaya Masyarakat
Contoh beberapa budaya yang ada di masyarakat Indonesia 

Cara mengenali identitas masyarakat di lingkungan bisa dilihat dari ciri-ciri fisik seperti warna kulit, bentuk rambut, bahasa yang digunakan.

Selain itu identitas masyarakat di lingkungan bisa dilihat bisa dilihat dari baju adat, senjata tradisional, kuliner, hingga kepercayaan atau keyakinan yang dipeluk oleh sebuah masyarakat.

Di sisi lain juga bisa dengan cara berinteraksi langsung dengan tetangga, mendengar cerita dari orang tua tentang sejarah, asal-usul, dan perkembangan lingkungan tempat tinggal.

Kemudian aktif dalam kegiatan RT/RW seperti rapat warga, kerja bakti, dan kegiatan sosial lainnya.

Keberagaman Mata Pencaharian Masyarakat

Mata pencaharian adalah pekerjaan yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap daerah memiliki mata pencaharian berbeda sesuai dengan kondisi alamnya.

1. Daerah Dataran Rendah
Ciri-ciri Tanah subur, udara panas, banyak sungai.
Mata Pencaharian Utama:
-Petani padi, sayur, dan buah.
-Peternak ayam, sapi, atau kambing.

2. Daerah Dataran Tinggi (Pegunungan)
Ciri-ciri Udara sejuk, tanah subur, banyak perkebunan.
Mata Pencaharian Utama:
-Petani teh, kopi, sayur, dan buah-buahan pegunungan.
-Peternak sapi perah untuk susu.
-Pengrajin hasıl alam seperti anyaman bambu

3. Daerah Pantai
Ciri-ciri: Dekat laut, banyak ikan, udara panas dan lembab.
Mata Pencaharian Otama:
-Nelayan menangkap ikan.
-Petani garam dan rumput laut.
-Pedagang ikan di pasar dan pengolah hasil laut.

B. Menghargai Perbedaan Identitas Masyarakat 
contoh sikap dan prilaku menghargai perbedaan 


C. Perangkat Desa dan Kelurahan

Perbedaan desa dan kelurahan

Kepala desa dipilih langsung oleh penduduk desa, sedangkan lurah diangkat oleh bupati/walikota

Desa dipimpin oleh kepala desa, sedangkan kelurahan oleh lurah

Desa memiliki kepala dusun, sedangkan kelurahan memiliki kepaľa seksi

Kinerja kepala desa diawasi oleh Badan Pengawasan Desa (BPD), sedangkan lurah bertanggung jawab kepada camat

Kelurahan memiliki kelompok jabatan fungsional, sedangkan desa memiliki kepala seksi.


 3
. IPAS                           :  Fotosintesis 
Capaian Pembelajaran     :
Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya


Tujuan Pembelajaran     : 

-Siswa dapat memahami konsep transformasi energi.

- Siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi dalam kehidupan sehari-hari.

IPAS


Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan yang dilakukan tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari.

Faktor yang Dibutuhkan dalam Fobosimtasis

Ontuk melakukan fotosintesis, tumbuhan membutuhkan.

Air (H2O) diserap oleh akar dari dalam tanah.

Karbon dioksida (CO) diambil dari udara melalui stomata (mulut daun).

Cahaya matahari sebagai sumber energi.

klorofil hijau daun yang membantu menyerap cahaya.

Proses Fotosintesis

Akar menyerap air dari tanah.

Daun mengambil karben dioksida dari udara.

Cahaya matahari diderap oleh klorofil di daun.

Proses ini menghasilkan:

Glukosa (gola) sebagai makanan tumbuhan,

Oksigen (0) dilepaskan ke udara.

Reaksi Fotosintesis

Karbon dioksida + Air Cahaya Matahari Glukosa Oksigen

Manfaat Fotosintesis

Tumbuhan mendapatkan makanan untuk tumbuh.

Menghasilkan oksigen untuk bernapas makhluk hidup.

Menjaga keseimbangan udara di bumi.

Latihan

1. Mengapa proses fotosintesis hanya terjadi pada siang hari? Jelaskan alasannya!

Jawaban: Karena fotosintesis membutuhkan cahaya matahari sebagai sumber energi

2. Bayangkan jika semua tumbuhan di bumi berhenti melakukan fotosintesis.

Apa yang mungkin terjadi pada manusia dan hewan?

Jawaban: Manusia dan hewan akan kekurangan oksigen dan makanan, sehingga bisa menyebabkan kepunahan

3. Sinta menanam pohon di tempat yang gelap dan tidak terkena cahaya mata Menurutmu, apakah pohon itu bisa tumbuh dengan baik? Mengapa?

Jawaban: Tidak, karena tanpa cahaya matahari, pohon tidak bisa melakukan untuk membuat makanan.

4.Jika tumbuhari tidak memiliki klorofil, apa akibatnya terhadap proses fotosintesis?

Jawaban: Fotosintesis tidak dapat terjadi karena klorofil berfungsi menyerap cahaya matahari

5. Tumbuhan menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis. Menurutmu, bagaimana

cara kita menjaga kelangsungan proses ini di lingkungan sekitar?

Jawaban: Dengan menjaga dan menanam pohon serta tidak menebang hutan serbangan 

6. Apa hubungan antara fotosintesis dan udara segar yang kita hirup setiap hari? Jelaskan!

Jawaban: Fotosintesis menghasilkan oksigen yang membuat udara segar dan dapat kita hirup untuk bernapas.

7. Mengapa daun yang berwarna hijau lebih baik dalam melakukan fotosintesis dibandingkan daun kering atau kuning?

Jawaban: Karena daun hijau mengandung banyak klorofil yang penting dalam menyerap cahaya

8. Bagaimana peran akar dalam membantu terjadinya fotosintesis?

Jawaban: Akar menyerap air dari tanah yang digunakan dalam proses fotosintesis

9. Jika suhu terlalu dingin dan tidak ada cahaya, bagaimana pengaruhnya terhadap proses fotosintesis?

Jawaban: Fotosintesis akan terganggu atau tidak terjadi karena tidak ada cahaya dan suhu tidak mendukung.

10. Berikan satu contoh cara manusia memanfaatkan hasil dari fotosintesis tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban: Manusia memakan buah dan sayur yang merupakan hasil dari fotosintesis.

Transformasi energi adalah perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lain. transformasi energi terjadi setiap saat dalam kehidupan sehari-hari. berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang transformasi energi  

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.

Manusia tidak dapat menciptakan dan memusnahkan energi, hal ini sesuai dengan Hukum Kekekalan Energi.

Energi dapat ditransfer dari satu benda ke benda lain saat benda bertabrakan,

Energi juga dapat ditransfer dari satu tempat ke tempat lain melalui panas, suara, arus listrik, atau cahaya.

Perangkat dapat dirancang untuk mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lain,

Prinsip transformasi energi dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan usaha

Beberapa contoh transformasi energi, yaitu:

Energi listrik menjadi energi panas

Energi listrik menjadi energi gerak

Energi gerak menjadi energi bunyi

Energi listrik menjadi energi suara

Energi gerak menjadi energi panas

Energi cahaya menjadi energi kimia

Energi kimia meniadi gerak


Energi Potensial 

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda berdasarkan ketinggian atau posisinya terhadap suatu titik acuan. Energi potensial juga disebut energi diam karena benda yang berada dalam keadaan diam dapat memiliki energi potensial. Ketika benda bergerak, energi potensial berubah menjadi energi kinetik.

Ada dua jenis energi potensial. Kedua jenis energi potensial adalah energi potensial gravitasi dan energi potensial elastis. Energi potensial gravitasi terjadi karena ketinggian benda terhadap suatu bidang datar acuan seperti lantai atau tanah Sementara itu, energi potensial elastis terdapat pada benda elastis seperti karet, pegas, atau busur panah, yang disebabkan oleh kecenderungan benda untuk kembali ke posisi semula. Sebagai contoh, saat busur panah belum digunakan, energi potensialnya adalah nol Namun ketika busur panah ditarik, energi potensial elastis terjadi karena kecenderungan anak panah untuk kembali ke posisi semula.

Contoh energi potensial dalam kehidupan sehari-hari antara lain benda yang jatuh dari ketinggian tertentu ke tanah, tali busur atau ketapel yang ditarık ke belakang, bola yang menggelinding menuruni lereng, balon yang terisi udara, ayunan, trampolin, batu baterai, dan sebagainya

Energi Kinetik

Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani, yaitu kinetikos yang artinya bergerak. Dari akar kata ini, kita dapat memahami bahwa setiap benda yang sedang bergerak memiliki energi kinetik. Oleh sebab itu, energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda karena geraknya. Misalnya, planet yang bergerak mengelilingi matahari dan bulan yang bergerak mengelilingi bumi memiliki energi kinetik Kendaraan yang melaju di lintasan lurus, elektron yang bergerak mengelilingi inti atom, serta bola yang menggelinding juga memiliki energi kinetik.

Energi kinetik benda bergantung pada kecepatan geraknya. Semakin tinggi kecepatan benda bergerak, semakin besar energi kinetik yang dimilikinya Sebagai contoh, jika sebuah batu jatuh dari gedung tinggi dan dapat memecahkan kaca jendela mobil di bawahnya, energi kinetiknya sangat besar


3. Bahasa Indonesia       :  Homonim 

Tujuan Pembelajaran     : 

- melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, myimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali kesimpulannya.

Capaian Pembelajaran   : 
- Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan dari media audio. 

BAHASA INDONESIA 
Pada pelajaran bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, kita akan belajar menyebutkan contoh kata homonim bermakna ganda.

Sebelum itu, teman-teman harus memahami arti dari homonim terlebih dahulu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, homonim berarti kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya karena berasal dari sumber yang berlainan.

mengenal dan mencari arti contoh kata homonim dari artikel berikut inil

Contoh Kata Homonim

1. Bulan

Kata 'bulan' dapat memiliki dua makna berbeda, yakni:

Bulan penanda waktu dalam satu tahun

Bulan satelit alami bumi

2. Bisa

Kata 'bisa' dapat memiliki dua makna berbeda, yakni:
Bisa dapat, mampu (kuasa melakukan sesuatu).

Bisa zat racun yang dapat menyebabkan luka, busuk, atau mali bagi sesuatu yang hidup (biasanya terdapat dalam binatang)

3. Hak

Kata 'hak' dapat memiliki dua makna berbeda, yakni:

Hak milik, kepunyaan, kewenangan

Hak telapak sepatu pada bagian lumit yang relatıl tinggi.

Kesimpulan alhamdulillah kegiatan oembelajran hari ini berjalan dengan baik Peserta didik dapat memahami materi mengurutkan pecahan dan perubahan energi Siswa tuntas dalam kegiatan pembelajaran Ada 3 orang siswa tidak sekolah karena sakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az-Zahra .jumat 12 September 2025

  Materi Ajar                   : Jumat, 12 September 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 12 September 2025 Kelas                 ...