Selasa, 05 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Rabu, 6 Agustus 2025

 Materi Ajar              : Rabu, 6 Agustus 2025

Hari/Tanggal                   :  Rabu, 6 Agustus 2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. IPAS                     : Transformasi Energi  

Tujuan Pembelajaran (TP) : 

- Peserta didik dapat memahami berbagai jenis transformasi energi.

- Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi dalam kehidupan sehari hari 


IPAS 

Transformasi energi adalah perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lain. Transformasi energi terjadi setiap saat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang transformasi energi:


Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja.


Manusia tidak dapat menciptakan dan memusnahkan energi, hal ini sesuai dengan Hukum Kekekalan Energi


Energi dapat ditransfer dari satu benda ke benda lain saat benda bertabrakan


Energi juga dapat ditransfer dari satu tempat ke tempat lain melalui panas, suara, arus listrik, atau cahaya

Perangkat dapat dirancang untuk mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lain

Prinsip transformasi energi dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan usaha 

Beberapa contoh transformasi energi, yaitu

Energi listrik menjadi energi panas

Energi listrik menjadi energi gerak

Energi gerak menjadi energi bunyi

Energi listrik menjadi energi suara

Energi gerak menjadi energi panas

Energi cahaya menjadi energi kimia

Energi kimia menjadi gerak


Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda berdasarkan ketinggian atau posisinya terhadap suatu titik acuan. Energi potensial juga disebut energi diam karena benda yang berada dalam keadaan diam dapat memiliki energi potensial Ketika benda bergerak, energi potensial berubah menjadi energi kinetik.


Ada dua jenis energi potensial. Kedua jenis energi potensial adalah energi potensial gravitasi dan energi potensial elastis Energi potensial gravitasi terjadi karena ketinggian benda terhadap suatu bidang datar acuan seperti lantai atau tanah Sementara itu, energi potensial elastis terdapat pada benda elastis seperti karet, pegas, atau busur panah, yang disebabkan oleh kecenderungan benda untuk kembali ke posisi semula. Sebagai contoh saat busur panah belum digunakan, energi potensialnya adalah nol. Namun ketika busur panah ditarik energi potensial elastis terjadi karena kecenderungan anak panah untuk kembali ke posisi semula

Energi listrik menjadi energi suara

Energi gerak menjadi energi panas

Energi cahaya menjadi energi kimia

Energi kimia menjadi gerak

Energi panas menjadi gerak

Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda berdasarkan ketinggian atau posisinya terhadap suatu titik acuan. Energi potensial juga disebut energi diam karena benda yang berada dalam keadaan diam dapat memiliki energi potensial Ketika benda bergerak, energi potensial berubah menjadi energi kinetik.

Ada dua jenis energi potensial. Kedua jenis energi potensial adalah energi potensial gravitasi dan energi potensial elastis Energi potensial gravitasi terjadi karena ketinggian benda terhadap suatu bidang datar acuan seperti lantai atau tanah Sementara itu, energi potensial elastis terdapat pada benda elastis seperti karet, pegas, atau busur panah, yang disebabkan oleh kecenderungan benda untuk kembali ke posisi semula. Sebagai contoh saat busur panah belum digunakan, energi potensialnya adalah nol. Namun ketika busur panah ditarik energi potensial elastis terjadi karena kecenderungan anak panah untuk kembali ke posisi semula


Kata kinetik berasal dari bahasa Yunani, yaitu kinetikos yang artinya bergerak Dari akar kata ini, kita dapat memahami bahwa setiap benda yang sedang bergerak memiliki energi kinetik Oleh sebab itu, energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda karena geraknya. Misalnya, planet yang bergerak mengelilingi matahari dan bulan yang bergerak mengelilingi bumi memiliki energi kinetik Kendaraan yang melaju di lintasan lurus, elektron yang bergerak mengelilingi inti atom, serta bola yang menggelinding juga memilikı energi kinetik


Energi Kinetik 

Energi kinetik benda bergantung pada kecepatan geraknya Semakin tinggi kecepatan benda bergerak, semakin besar energi kinetik yang dimilikinya Sebagai contoh, jika sebuah batu jatuh dari gedung tinggi dan dapat memecahkan kaca jendela mobil di bawahnya, energi kinetiknya sangat besar.


Kesimpulan alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar masih ada 3 orang murid yang belum memahami materi tentang transformasi energi listrik menjadi gerak murid diberikan latihan di rumah

 2. Matematika                         
Tujuan Pembelajaran     : 

Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.  Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

2.  Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

MATERI AJAR MATEMATIKA

kita akan membahas materi matematika SD, tentang cara membandingkan dan mengurutkan bilangan.

Apa kamu tahu cara membandingkan dan mengurutkan bilangan.

Bilangan merupakan konsep matematika yang dipergunakan bagi pencacahan dan pengukuran

Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan

Langkah-langkah membandingkan bilangan:

1. Bandingkan angka mulai dari tempat ribuan.

2. Jika angka ribuan sama, bandingkan angka pada tempat ratusan.

3. Jika angka ratusan juga bernilai sama, bandingkan angka pada tempat puluhan.

4. Jika angka puluhan sama, bandingkan angka pada tempat satuan.

5. Gunakan kata lebih dari (>), kurang dari (<), atau sama dengan (=)

Soal Berilah tanda <, =, atau >


435 ... 453

268 ... 265

367... 367


Jawaban: Tanda < artinya lebih kecil dari. Sementara = berarti sama dengan. Tanda > artinya lebih besar dari. Sehingga tanda yang tepat yakni


435453


268> 265


367-367

Soal:

1. Bandingkan bilangan berikut!

a. 3.125 dengan 3.512

b. 5.530 dengan 5.350

c. 8.880 dengan 8.808


Jawaban:

a. 3.125 < 3.512

b. 5.530 > 5350

c. 8.880 > 8.808

Langkah-langkah mengurutkan bilangan

A Semakin besar angka pada bilangan bulat negatif, maka semakin kecil nilainya

Semakin besar angka pada bilangan bulat positif, maka semakin besar nilanya.

Nol, nilainya lebih besar daripada bilangan nilai negatif dan lebih kecil nilainya dari bilangan positif


Langkah-langkah mengurutkan bilangan


Semakin besar angka pada bilangan bulat negatif, maka semakin kecil nilainya


Semakin besar angka pada bilangan bulat positif, maka semakin besar nilanya.


Nol, nilainya lebih besar daripada bilangan nilai negatif dan lebih kecil nilainya dari bilangan positif


Soal Urutkan bilangan bulat dan terkecil sampai terbesar 11, -6, 0, 1, 3, 7, 6, 4


Jawaban: -6, -4, -3, 0, 1, 6, 7, 11


Soal Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terkecil sampai terbesar 135, 543, 476, 125, 240, dan 385


Jawaban Seluruh bilangan yang diberikan terdiri dari tiga angka. Berartı seluruh bilangan adalah bilangan ratusan


Tinggal urutkan yang angka pertamanya lebih kecil Jika sama, baru angka kedua dan seterusnya.


Sehingga urutan bilangan yang terkecil sampai terbesar adalah 125, 135, 240,

385, 476, 543

3. Bahasa Indonesia       :  Menggunakan Kamus 

Tujuan Pembelajaran     : 

- melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, myimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali kesimpulannya.

Alur Tujuan Pembelajaran:
-Peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok(gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) 

Capaian Pembelajaran   : 
- Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan dari media audio. 
 
Setelah memahami materi kalimat transitif dan kalimat intransitif, kita akan membahas cara menulis surat menggunakan kalimat yang baik dan benar. Dan berikut ini bagian bagian yang perlu diketahui dari surat pribadi, antara lain:

a. Alamat dan Tanggal Surat

Ketika kita menulis surat pribadi, kita harus menuliskan alamat dan tanggal pembuatan surat. Alamat yang dituliskan merupakan alamat penerima surat dan tuliskan pula nama penerima surat. Selain itu, juga harus menuliskan tanggal dimana surat ditulis.

b. Salam Pembuka

Salam pernbuka tidak perlu seperti pada penulisan surat dinas, yang terpenting salam pembuka pada surat ini bentuknya sopan Dalam penulisan salam pembuka ini, kita dapat memakai salam yang lebih santai. Misalnya kita menggunakan salam pembuka seperti salam manis, salam sejahetra, dan lain sebagainya.

c. Paragraf Pembuka

Pada surat pribadi, terdapat pula bagian paragraf pembuka sama seperti halnya surat dinas atau surat formal Melalui paragraf pembuka ini, kita dapat memberikan pembahasan yang sifatnya basa-basi. Misalnya kita bisa memulai dengan menanyakan kabar, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya

d. Paragraf Isi

Paragraf isi ini biasanya menjadi bagian paling penting dalam menulis surat, haik untuk surat formal maupun surat pribadi. Pada bagian paragraf isi ini, kita bisa menyampaikan semua maksud atau tujuan kepada penerima surat. Dan yang terpenting kita harus menulis secara jelas dan mudah dimengerti oleh penerima surat tersebut.

e. Paragraf Penutup

Setelah kita selesai menulis bagian paragraf isi surat, kita juga harus menuliskan kalimat atau paragraf penutup.

Pada kalimat penutup ini, kita dapat mengakhiri surat dengan permohonan maaf, harapan, dan lain sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az-Zahra .jumat 12 September 2025

  Materi Ajar                   : Jumat, 12 September 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 12 September 2025 Kelas                 ...