Minggu, 10 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Senin 11 Agustus 2025

  Materi Ajar                        : Senin, 11 Agustus 2025

 Hari/Tanggal                   :  Senin, 11 Agustus 2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

1. Matematika                     :  Bilangan Cacah Besar

Tujuan Pembelajaran     : 

Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.  Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

2.  Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

MATERI AJAR MATEMATIKA


1. Bilangan berapakah yang dibaca "tujuh ribu lima ratus dua puluh "?

    a. 7.620                                    c. 7.250

    b. 7.520                                    d. 7.510

2.  Bilangan manakah yang tertulis "empat ribu seratus dua belas"?

    a. 4.112                                   c. 4.110
    b. 4.115                                   d. 3.112
3. Bacalah bilangan 8.269 dengan benar!
    a. Delapan ribu tiga ratus enam puluh sembilan
    b. Delapan ratus sembilan puluh enam
    c. Delapan ratus empat puluh sembilan
    d. Delapan ribu dua ratus enam puluh sembilan
4. Pada bilangan 9.790 manakan yang menempati nilai ratusan...
   a. 9                  b. 7                c. 9                 d. 0
5. Antara bilangan 428 dan 482, bilangan manakah yang lebih kecil?
   a. 428                                   c. Sama besar
   b. 482                                   d. Tidak bisa dibandingkan
6. Pilih tanda yang tepat untuk kalimat berikut....
    567 ___ 576
    a. =                                      c. <
    b. >                                      d. ≠
7. Antara 700 dan 707, mana yang lebih besar.....
   a. 700                                   c. sama besar
   b. 707                                   d. tidak  bisa dibandingkan
8. Manakah pasangan bilangan yang benar jika diurutkan dari yang terkecil ke terbesar?
    a. 812, 821, 182
    b. 213, 231, 312
    c. 999, 900, 909
    d. 456, 465, 546
9. 7.250, 8.100, 5.550, 8.110. urutan bilangan dari terbesar keterkecil yang benar adalah...
   a. 8.100, 5.550, 7.250, 8.110
   b. 8.100, 7.250, 8.110, 5.550
   c. 8.110, 8.110. 7.250, 5.550
   d. 5.550, 8.100, 8.110, 7.250
10. Bandingkan bilangan berikut dengan tanda <, >, atau =:
     a. 482 ___ 428
     b. 759 ___ 795
     c. 600 ___ 600
     d. 321 ___ 312



2. Pancasila                     :  Lingkungan Sekitar
Materi pembelajaran          : identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggalku 

Tujuan Pembelajaran            : 

- Peserta didik mampu mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas masyrakat sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama, dan kepercayaannya. 
-  Peserta didik mampu mengenal dan mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
materi pembelajaran identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggalku 
Capaian Pembelajaran :
- Mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal RT, RW, desa atau keluarahan, dan kecamatan) sebagai bagian wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Pancasila 

A. Identitas Budaya Masyarakat
Contoh beberapa budaya yang ada di masyarakat Indonesia 

Cara mengenali identitas masyarakat di lingkungan bisa dilihat dari ciri-ciri fisik seperti warna kulit, bentuk rambut, bahasa yang digunakan.

Selain itu identitas masyarakat di lingkungan bisa dilihat bisa dilihat dari baju adat, senjata tradisional, kuliner, hingga kepercayaan atau keyakinan yang dipeluk oleh sebuah masyarakat.

Di sisi lain juga bisa dengan cara berinteraksi langsung dengan tetangga, mendengar cerita dari orang tua tentang sejarah, asal-usul, dan perkembangan lingkungan tempat tinggal.

Kemudian aktif dalam kegiatan RT/RW seperti rapat warga, kerja bakti, dan kegiatan sosial lainnya.

Keberagaman Mata Pencaharian Masyarakat

Mata pencaharian adalah pekerjaan yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap daerah memiliki mata pencaharian berbeda sesuai dengan kondisi alamnya.

1. Daerah Dataran Rendah
Ciri-ciri Tanah subur, udara panas, banyak sungai.
Mata Pencaharian Utama:
-Petani padi, sayur, dan buah.
-Peternak ayam, sapi, atau kambing.

2. Daerah Dataran Tinggi (Pegunungan)
Ciri-ciri Udara sejuk, tanah subur, banyak perkebunan.
Mata Pencaharian Utama:
-Petani teh, kopi, sayur, dan buah-buahan pegunungan.
-Peternak sapi perah untuk susu.
-Pengrajin hasıl alam seperti anyaman bambu

3. Daerah Pantai
Ciri-ciri: Dekat laut, banyak ikan, udara panas dan lembab.
Mata Pencaharian Otama:
-Nelayan menangkap ikan.
-Petani garam dan rumput laut.
-Pedagang ikan di pasar dan pengolah hasil laut.

B. Menghargai Perbedaan Identitas Masyarakat 
contoh sikap dan prilaku menghargai perbedaan 


C. Perangkat Desa dan Kelurahan

Perbedaan desa dan kelurahan

Kepala desa dipilih langsung oleh penduduk desa, sedangkan lurah diangkat oleh bupati/walikota

Desa dipimpin oleh kepala desa, sedangkan kelurahan oleh lurah

Desa memiliki kepala dusun, sedangkan kelurahan memiliki kepaľa seksi

Kinerja kepala desa diawasi oleh Badan Pengawasan Desa (BPD), sedangkan lurah bertanggung jawab kepada camat

Kelurahan memiliki kelompok jabatan fungsional, sedangkan desa memiliki kepala seksi.


 3
. IPAS                           :  Fotosintesis
Tujuan Pembelajaran     : 

- Peserta didik mampu menyelidiki apa saja perubahan bentuk energi yang ada di sekitar lingkungan.
-  Peserta didik mampu mencari tahu kebermanfaatan perubahan energi yang ada di lingkungan 

IPAS

Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan yang dilakukan tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari.

Faktor yang Dibutuhkan dalam Fobosimtasis

Ontuk melakukan fotosintesis, tumbuhan membutuhkan.

Air (N.0) diserap oleh akar dari dalam tanah.

Karbon dioksida (CO) diambil dari udara melalui stomata (mulut daun).

Cahaya matahari sebagai sumber energi.

klorofil hijau daun yang membantu menyerap cahaya.

Proses Fotosintesis

Akar menyerap air dari tanah.

Daun mengambil karben dioksida dari udara.

Cahaya matahari diderap oleh klorofil di daun.

Proses ini menghasilkan:

Glukosa (gola) sebagai makanan tumbuhan,

Oksigen (0) dilepaskan ke udara.

Reaksi Fotosintesis

Karbon dioksida + Air Cahaya Matahari Glukosa Oksigen

Manfaat Fotosintesis

Tumbuhan mendapatkan makanan untuk tumbuh.

Menghasilkan oksigen untuk bernapas makhluk hidup.

Menjaga keseimbangan udara di bumi.

Latihan

1. Mengapa proses fotosintesis hanya terjadi pada siang hari? Jelaskan alasannya!

Jawaban: Karena fotosintesis membutuhkan cahaya matahari sebagai sumber energi

2. Bayangkan jika semua tumbuhan di bumi berhenti melakukan fotosintesis.

Apa yang mungkin terjadi pada manusia dan hewan?

Jawaban: Manusia dan hewan akan kekurangan oksigen dan makanan, sehingga bisa menyebabkan kepunahan


3. Sinta menanam pohon di tempat yang gelap dan tidak terkena cahaya mata Menurutmu, apakah pohon itu bisa tumbuh dengan baik? Mengapa?


Jawaban: Tidak, karena tanpa cahaya matahari, pohon tidak bisa melakukan untuk membuat makanan.


4.Jika tumbuhari tidak memiliki klorofil, apa akibatnya terhadap proses fo


Jawaban: Fotosintesis tidak dapat terjadi karena klorofil berfungsi menye


5. Tumbuhan menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis. Menurutmu, bagaimana

cara kita menjaga kelangsungan proses ini di lingkungan sekitar?

Jawaban: Dengan menjaga dan menanam pohon serta tidak menebang hutan serbangan 

6. Apa hubungan antara fotosintesis dan udara segar yang kita hirup setiap hari? Jelaskan!

Jawaban: Fotosintesis menghasilkan oksigen yang membuat udara segar dan dapat kita hirup untuk bernapas.

7. Mengapa daun yang berwarna hijau lebih baik dalam melakukan fotosintesis dibandingkan daun kering atau kuning?

Jawaban: Karena daun hijau mengandung banyak klorofil yang penting dalam menyerap cahaya

8. Bagaimana peran akar dalam membantu terjadinya fotosintesis?

Jawaban: Akar menyerap air dari tanah yang digunakan dalam proses fotosintesis

9. Jika suhu terlalu dingin dan tidak ada cahaya, bagaimana pengaruhnya terhadap proses fotosintesis?

Jawaban: Fotosintesis akan terganggu atau tidak terjadi karena tidak ada cahaya dan suhu tidak mendukung.

10. Berikan satu contoh cara manusia memanfaatkan hasil dari fotosintesis tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban: Manusia memakan buah dan sayur yang merupakan hasil dari fotosintesis turbihan.

3. Bahasa Indonesia       :  Membuat Surat 

Tujuan Pembelajaran     : 

- melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, myimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali kesimpulannya.

Alur Tujuan Pembelajaran:
-Peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok(gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) 

Capaian Pembelajaran   : 

Menyimak:

1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Membaca dan memirsa:

3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar

5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.

Berbicara dan mempresentasikan:

7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.

9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

Menulis:

10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.

12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.


Bahasa Indonesia 

Setelah memahami materi kalimat transitif dan kalimat intransitif, kita akan membahas cara menulis surat menggunakan kalimat yang baik dan benar. Dan berikut ini bagian bagian yang perlu diketahui dari surat pribadi, antara lain:

a. Alamat dan Tanggal Surat

Ketika kita menulis surat pribadi, kita harus menuliskan alamat dan tanggal pembuatan surat. Alamat yang dituliskan merupakan alamat penerima surat dan tuliskan pula nama penerima surat. Selain itu, juga harus menuliskan tanggal dimana surat ditulis.

b. Salam Pembuka

Salam pernbuka tidak perlu seperti pada penulisan surat dinas, yang terpenting salam pembuka pada surat ini bentuknya sopan Dalam penulisan salam pembuka ini, kita dapat memakai salam yang lebih santai. Misalnya kita menggunakan salam pembuka seperti salam manis, salam sejahetra, dan lain sebagainya.

c. Paragraf Pembuka

Pada surat pribadi, terdapat pula bagian paragraf pembuka sama seperti halnya surat dinas atau surat formal Melalui paragraf pembuka ini, kita dapat memberikan pembahasan yang sifatnya basa-basi. Misalnya kita bisa memulai dengan menanyakan kabar, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya

d. Paragraf Isi

Paragraf isi ini biasanya menjadi bagian paling penting dalam menulis surat, haik untuk surat formal maupun surat pribadi. Pada bagian paragraf isi ini, kita bisa menyampaikan semua maksud atau tujuan kepada penerima surat. Dan yang terpenting kita harus menulis secara jelas dan mudah dimengerti oleh penerima surat tersebut.

e. Paragraf Penutup

Setelah kita selesai menulis bagian paragraf isi surat, kita juga harus menuliskan kalimat atau paragraf penutup.

Pada kalimat penutup ini, kita dapat mengakhiri surat dengan permohonan maaf, harapan, dan lain sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Jumat, 24 Oktober 2025

Materi Ajar                   : Jumat, 24 Oktober 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 24 Oktober 2025 Kelas                       ...