Materi Ajar : Senin, 4 Agustus 2025
Hari/Tanggal : Senin, 4 Agustus 2025
Kelas : IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
2. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
MATERI AJAR MATEMATIKA
Bilangan Cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan seterusnya:
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, …
Dalam sebuah bilangan, setiap angka memiliki:
Nilai Tempat → posisi angka dalam bilangan (satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dst)
Nilai Angka → nilai sebenarnya dari angka tersebut sesuai posisi tempatnya
NILAI TEMPAT
Nilai tempat menunjukkan posisi angka dalam bilangan. Berikut urutan nilai tempat dari kanan ke kiri
| Posisi | Nama Tempat |
|---|---|
| Angka ke-1 | Satuan |
| Angka ke-2 | Puluhan |
| Angka ke-3 | Ratusan |
| Angka ke-4 | Ribuan |
| Angka ke-5 | Puluh Ribu |
| Angka ke-6 | Ratus Ribu |
| Angka ke-7 | Jutaan |
MEMBANDINGKAN BILANGAN CACAH
Cara Membandingkan:
Lihat jumlah angka (digit)
Bilangan yang digitnya lebih banyak biasanya lebih besar.
Contoh: 456 > 78
Jika digit sama, bandingkan dari kiri ke kanan
Bandingkan angka dari nilai tempat tertinggi (ratusan, puluhan, satuan).
Contoh:
352 dan 328Sama-sama 3 ratusan → bandingkan puluhan: 5 > 2 → jadi 352 > 328
Simbol Perbandingan:
> (lebih besar dari)
< (lebih kecil dari)
= (sama dengan)
Contoh Soal:
340 ___ 298 → 340 > 298
785 ___ 785 → 785 = 785
120 ___ 150 → 120 < 150
MENGURUTKAN BILANGAN CACAH
1. Dari KECIL ke BESAR (Naik / Ascending):
Urutkan dari bilangan yang paling kecil ke paling besar.
Contoh:
Urutkan: 432, 219, 101, 850
Jawaban: 101, 219, 432, 850
2. Dari BESAR ke KECIL (Turun / Descending):
Urutkan dari bilangan yang paling besar ke paling kecil.
Contoh:
Urutkan: 125, 487, 391, 74
Jawaban: 487, 391, 125, 74
LATIHAN SOAL
A. Berilah tanda <, >, atau = pada perbandingan berikut:
456 ___ 654
789 ___ 789
998 ___ 889
310 ___ 301
1.000 ___ 999
B. Urutkan bilangan berikut dari KECIL ke BESAR:
345, 123, 567, 234
765, 543, 678, 345
890, 120, 999, 300
C. Urutkan bilangan berikut dari BESAR ke KECIL:
111, 999, 444, 222
800, 700, 600, 900
150, 250, 50, 350
1. Pengertian Keberagaman Budaya Keberagaman budaya adalah perbedaan budaya yang ada di dalam masyarakat, seperti perbedaan bahasa, adat istiadat, tradisi, dan lain-lain.
2. Contoh Keberagaman Budaya di Lingkungan Sekitar
- Perbedaan bahasa daerah
- Perbedaan adat istiadat
- Perbedaan tradisi
- Perbedaan makanan khas
3. Menghargai dan Menghormati Keberagaman Budaya
- Menghormati perbedaan budaya orang lain
- Menghargai keunikan budaya masing-masing
- Berpartisipasi dalam kegiatan budaya yang beragam
4. Manfaat Menghargai Keberagaman Budaya
- Meningkatkan toleransi dan kerukunan
- Meningkatkan kesadaran akan keunikan budaya masing-masing
- Meningkatkan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain dari latar belakang budaya yang berbeda
Aktivitas Pembelajaran :
1. Diskusi Kelompok: Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan contoh-contoh keberagaman budaya di lingkungan sekitar.
2. Presentasi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka tentang contoh-contoh keberagaman budaya di lingkungan sekitar.
3. Kegiatan Menghargai Keberagaman Budaya : Siswa dapat melakukan kegiatan yang menghargai keberagaman budaya, seperti membuat makanan khas dari daerah lain, atau menampilkan tarian tradisional dari daerah lain.
Penilaian :
- Partisipasi siswa dalam diskusi kelompok dan presentasi
- Kemampuan siswa untuk mengidentifikasi contoh-contoh keberagaman budaya di lingkungan sekitar
- Kemampuan siswa untuk menghargai dan menghormati keberagaman budaya di lingkungan sekitar
Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan menghargai keberagaman budaya di lingkungan sekitar, serta meningkatkan toleransi dan kerukunan di masyarakat.
Identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal mencakup berbagai aspek yang membuat suatu kelompok masyarakat unik. Ini termasuk bahasa, agama, suku, adat istiadat, tradisi, serta nilai-nilai dan norma yang dianut bersama. Mengenali dan memahami identitas ini penting untuk membangun kerukunan, toleransi, dan kerjasama di tengah keberagaman
Dengan memahami dan menghargai identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik, memperkuat persatuan, dan menciptakan lingkungan yang harmonis dan inklusif
perhatikan video pembelajaran berikut ini :
3. IPAS : Mengubah Bentuk Energi
1. Transformasi Energi Kimia:
- Baterai menjadi energi listrik
- Makanan menjadi energi gerak
2. Transformasi Energi Listrik:
- Listrik menjadi energi cahaya (lampu)
- Listrik menjadi energi panas (setrika)
3. Transformasi Energi Mekanik:
- Energi gerak menjadi energi listrik (generator)
- Energi gerak menjadi energi suara (speaker)
4. Transformasi Energi Panas:
- Energi panas menjadi energi listrik (PLTU)
- Energi panas menjadi energi gerak (mesin uap)
5. Transformasi Energi Cahaya:
- Cahaya matahari menjadi energi listrik (panel surya)
- Cahaya menjadi energi kimia (fotosintesis)
Aktivitas Pembelajaran:
1. Pengamatan: Siswa mengamati contoh-contoh transformasi energi di sekitar mereka.
2. Diskusi: Siswa berdiskusi tentang berbagai jenis transformasi energi dan contoh-contohnya.
3. Percobaan: Siswa melakukan percobaan untuk mengidentifikasi transformasi energi.
Penilaian:
- Kemampuan siswa dalam memahami berbagai jenis transformasi energi.
- Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi.
Tips:
- Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.
- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar untuk meningkatkan kesadaran tentang transformasi energi.
Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan mengidentifikasi berbagai jenis transformasi energi dalam kehidupan sehari-hari.
1. Apa itu Kamus? Kamus adalah buku yang berisi daftar kata-kata beserta artinya.
2. Fungsi Kamus: Kamus membantu kita memahami kata-kata yang tidak familiar, sehingga kita dapat memahami teks atau percakapan dengan lebih baik.
3. Cara Menggunakan Kamus:
- Cari kata yang ingin dicari artinya di kamus.
- Perhatikan abjad kata yang ingin dicari.
- Cari kata yang sesuai dengan abjad yang dicari.
- Baca arti kata yang sesuai.
Aktivitas Pembelajaran:
1. Mencari Arti Kata: Siswa mencari arti kata-kata yang tidak familiar di kamus.
2. Menggunakan Kamus: Siswa menggunakan kamus untuk mencari arti kata-kata dalam teks atau percakapan.
3. Permainan Kamus: Siswa bermain permainan kamus untuk meningkatkan kemampuan menggunakan kamus.
Untuk lebih memahami tentang materi hari ini :
Buka link berikut ini Cara Menggunakan Kamus

Tidak ada komentar:
Posting Komentar