Kamis, 21 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Jumat, 22 Agustus 2025

 Materi Ajar              : Jumat, 22 Agustus 2025

Hari/Tanggal                   :  Jumat, 22 Agustus 2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. Pancasila                        : Menghargai Perbedaan Identitas Masyarakat Indonesia  

Capaian Pembelajaran       :

Pada fase ini, peserta didik menghargai perbedaan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya; bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan; mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman yang terikat persatuan dan kesatuan; melaksanakan aturan, hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan lingkungan tempat tinggal; dan menerapkan makna sila-sila Pancasila dan meneladani karakter para perumus Pancasila


Tujuan Pembelajaran         :               
Murid dapat mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat. 

Pancasila

Pengertian Hidup Rukun

Hidup rukun berarti hidup berdampingan dengan harmonis dan saling menghargai perbedaan antara individu atau kelompok. Dalam konteks Indonesia, hidup rukun sangat penting karena negara kita memiliki keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan.

Contoh Hidup Rukun

- Di Lingkungan Keluarga: Makan bersama keluarga, berlibur bersama, dan membantu anggota keluarga yang kesulitan.

- Di Sekolah: Bermain bersama teman, makan bersama di kantin, dan membantu teman yang kesulitan.

- Di Lingkungan Masyarakat: Menjenguk tetangga yang sakit, menghadiri acara yang diadakan tetangga, dan melakukan kerja bakti bersama.

Manfaat Hidup Rukun

- Meningkatkan rasa toleransi dan menghargai perbedaan

- Membangun hubungan yang harmonis antara individu dan kelompok

- Meningkatkan kesadaran akan pentingnya kerja sama dan gotong royong

Cara Menghargai Perbedaan

-Menghargai Perbedaan Identitas: Membantu anggota keluarga yang kesulitan, mempelajari budaya daerah orang tua, dan menganggap perbedaan sebagai kelebihan.

- Menghargai Perbedaan Agama: Menjaga toleransi antarumat beragama, menghormati hari raya agama lain, dan menjaga kebersihan rumah ibadah.

- Menghargai Perbedaan Budaya: Menyukai dan memuji keindahan pertunjukan budaya daerah lain, mengoleksi dan merawat kain atau pakaian tradisional daerah lain ¹.

Pentingnya Kerja Sama dalam Perbedaan

- Di Rumah: Mengerjakan pekerjaan rumah bersama-sama, mempelajari budaya daerah orang tua, dan menyiapkan acara keluarga bersama-sama.

- Di Sekolah: Membersihkan kelas dan sekolah bersama, mempersiapkan acara sekolah, dan mengumpulkan sumbangan untuk kegiatan sosial.

- Di Lingkungan Masyarakat: Melakukan kerja bakti bersama, bermusyawarah untuk memecahkan masalah, dan membantu warga sekitar yang mengadakan hajatan

2. Seni Rupa                      : Memanfaatkan Sampah Plastik 

Capaian Pembelajaran        :
Pada akhir fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

Tujuan Pembelajaran         :
1. Mengenal konsep seni rupa yang berkelanjutan
2. Memahami cara memanfaatkan sampah plastik sebagai bahan seni
3. Mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan karya seni dari sampah plastik


Perhatikan link video berikut ini :

Materi:
1. Pengenalan tentang sampah plastik dan dampaknya terhadap lingkungan
2. Teknik-teknik pengolahan sampah plastik menjadi karya seni
3. Contoh-contoh karya seni yang memanfaatkan sampah plastik
4. Proses kreatif dalam menciptakan karya seni dari sampah plastik

Aktivitas Pembelajaran:

1. Membuat karya seni dari sampah plastik (misalnya, patung, mozaik, kerajinan tangan)
2. Diskusi tentang pentingnya pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan
3. Presentasi karya seni yang dibuat oleh siswa

Penilaian:

1. Kreativitas dan inovasi dalam menciptakan karya seni
2. Keterampilan teknis dalam mengolah sampah plastik
3. Pemahaman tentang konsep seni rupa yang berkelanjutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Jumat, 24 Oktober 2025

Materi Ajar                   : Jumat, 24 Oktober 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 24 Oktober 2025 Kelas                       ...