Senin, 04 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Selasa, 5 Agustus 2025

  Materi Ajar                       : Selasa, 5 Agustus 2025

 Hari/Tanggal                   :  Selasa, 5 Agustus 2025

Kelas                                 : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. Pancasila                     :  Menghargai identitas masyarakat di lingkungan sekitar 

Tujuan Pembelajaran            : 

- Peserta didik mampu mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas masyrakat sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama, dan kepercayaannya. 
-  Peserta didik mampu mengenal dan mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
materi pembelajaran identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggalku 
Capaian Pembelajaran :
- Mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal RT, RW, desa atau keluarahan, dan kecamatan) sebagai bagian wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Pancasila 

1. Pengertian Toleransi: Toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati perbedaan antara satu orang dengan orang lain.

2. Pentingnya Toleransi: Toleransi penting dalam kehidupan sehari-hari karena dapat menciptakan lingkungan yang harmonis dan damai.

3. Contoh Toleransi:

- Menghargai perbedaan agama dan kepercayaan.

- Menghormati perbedaan budaya dan adat istiadat.

- Menerima perbedaan pendapat dan pandangan.

4. Cara Menerapkan Toleransi:

- Mengucapkan salam dan menyapa orang lain dengan hormat.

- Mengikuti aturan dan norma yang berlaku di masyarakat.

- Menghargai dan menghormati perbedaan antara satu orang dengan orang lain.

 

Aktivitas Pembelajaran:

 

1. Diskusi: Siswa berdiskusi tentang pentingnya toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Cerita: Siswa mendengarkan cerita tentang contoh-contoh toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Permainan: Siswa bermain permainan yang mengajarkan nilai-nilai toleransi.

 

Penilaian:

- Kemampuan siswa dalam memahami konsep toleransi.

- Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh toleransi.

- Kemampuan siswa dalam menerapkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tips:

- Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.

- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya toleransi.

Dengan materi ini, siswa dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari.


 3
. IPAS                           :  Tansformasi Energi

Capaian Pembelajaran     :
Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya


Tujuan Pembelajaran     : 

-Siswa dapat memahami konsep transformasi energi.

- Siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi dalam kehidupan sehari-hari.

IPAS

1. Pengertian Transformasi Energi: Transformasi energi adalah perubahan bentuk energi dari satu bentuk ke bentuk lain.

2. Contoh Transformasi Energi:

- Energi matahari menjadi energi panas (pemanasan rumah)

- Energi listrik menjadi energi cahaya (lampu)

- Energi kimia menjadi energi gerak (motor)

3. Macam-Macam Transformasi Energi:

- Transformasi energi mekanik (energi gerak menjadi energi lain)

- Transformasi energi termal (energi panas menjadi energi lain)

- Transformasi energi elektromagnetik (energi cahaya menjadi energi lain)

 

Aktivitas Pembelajaran:

1. Diskusi: Siswa berdiskusi tentang contoh-contoh transformasi energi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Percobaan: Siswa melakukan percobaan untuk mengidentifikasi transformasi energi.

3. Pengamatan: Siswa mengamati contoh-contoh transformasi energi di sekitar mereka.

 

Penilaian:

- Kemampuan siswa dalam memahami konsep transformasi energi.

- Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi.

 

Tips:

- Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.





3. Bahasa Indonesia       :  Unsur Pembangun Cerita 

Tujuan Pembelajaran     : 

- melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, myimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali kesimpulannya.

Capaian Pembelajaran   : 
- Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan dari media audio. 

BAHASA INDONESIA 
Menggunakan Kamus

1. Apa itu Kamus? Kamus adalah buku yang berisi daftar kata-kata beserta artinya.

2. Fungsi Kamus: Kamus membantu kita memahami kata-kata yang tidak familiar, sehingga kita dapat memahami teks atau percakapan dengan lebih baik.

3. Cara Menggunakan Kamus:

- Cari kata yang ingin dicari artinya di kamus.

- Perhatikan abjad kata yang ingin dicari.

- Cari kata yang sesuai dengan abjad yang dicari.

- Baca arti kata yang sesuai.

 

Aktivitas Pembelajaran:

 

1. Mencari Arti Kata: Siswa mencari arti kata-kata yang tidak familiar di kamus.

2. Menggunakan Kamus: Siswa menggunakan kamus untuk mencari arti kata-kata dalam teks atau percakapan.

3. Permainan Kamus: Siswa bermain permainan kamus untuk meningkatkan kemampuan menggunakan kamus.

 

Untuk lebih memahami tentang materi hari ini :

Buka link berikut ini Cara Menggunakan Kamus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Jumat, 24 Oktober 2025

Materi Ajar                   : Jumat, 24 Oktober 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 24 Oktober 2025 Kelas                       ...