Sabtu, 24 Mei 2025

Kisi Kisi SAS Genap Kelas 4B. Senin, 26 Mei 2025

 

KISI – KISI SOAL

 SUMATIF AKHIR SEMESTER GENAP

TAHUN PELAJARAN 2024/ 2025

 

 

Kelas/ Fase          :  4 ( Empat ) / B

Semester              :  II ( Genap )

Mata Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

 

Fase / kelas

Muatan Pelajaran

  Elemen

Capaian Pembelajaran

Materi

Indikator

Pencapaian soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

B/4

Bahasa Indonesia

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Dongeng

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks informasi

 

 

Penulisan nilai uang

 

 

 

 

Teks Prosedur

 

 

 

 

Menyebutkan tujuan penulis, watak/ sifat, pesan, merangkum, dan menyebutkan nilai uang dalam angka dengan tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memahami makna infografik, contoh media cetak, contoh teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur.

 

Disajikan teks dongeng . Peserta didik dapat menganalisis jenis dongeng sesuai dengan teks dongeng yang disajikan.

 

Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat menentukan  tempat terjadinya cerita dongeng yang sesuai dari cerita dongeng yang dibaca

 

Disajikan  teks dongeng.  Peserta didik dapat  menganalisis karakter/sifat tokoh yang terkandung dalam teks dongeng.

 

Disajikan teks dongeng.  Peserta didik dapat  memahami pesan yang terkandung dari teks dongeng yang dibaca.

 

 

 

Disajikan teks.  Peserta didik dapat  menentukan  informasi yang sesuai dari teks yang dibaca.

 

Disajikan pemahaman.  Peserta didik dapat menentukan penulisan nilai uang dalam angka menggunakan tanda baca dengan benar sesuai ketentuan Bahasa Indonesia.

 

Disajikan data cara penggunaan minum obat.  Peserta didik dapat mengartikan petunjuk penggunaan dosis obat pada data.

 

 

L2 / C4

 

 

 

 

 

L2 / C3

 

 

 

L2 / C4

 

 

 

 

L1 / C2

 

 

 

 

 

 

L2 / C3

 

 

 

L2 / C1

 

 

 

 

 

 

L3/ C4

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Teks Informasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporan perjalanan

 

Mengidentifikasi  informasi , pengertian amanat, tujuan, topik, ide pokok, dan laporan suatu teks.

Disajikan teks.  Peserta didik dapat mengidentifikasi topik dari teks.

 

Disajikan teks. Peserta didik dapat menganalisis informasi yang tidak sesuai pada teks.

 

Disajikan teks.  Peserta didik dapat menentukan makna kosakata baru dan kelas katanya berdasarkan teks.

Disajikan kutipan laporan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian yang terdapat pada kutipan laopran yang disajikan.

 

 

 

Disajikan kutipan laporan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi objek laporan yang sesuai dengan kutipan laporan.

 

Disajikan kutipan laporan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi  informasi yang sesuai dengan kutipan laporan.

 

L2 / C3

 

 

L3 / 45

 

 

 

L2 / C3

 

 

 

L3 / C4

 

 

 

 

 

L3/ C4

 

 

 

 

L3/C4

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

8

 

 

9

 

 

 

10

 

 

 

11

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

13

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Puisi

 

 

 

Majas

 

 

Syair lagu

 

 

 

 

 

 

 

 

Menafsirkan makna kata, majas, rima, isi dalam puisi dan syair lagu.

Disajikan penggalan puisi. Peserta didik dapat memahami isi/ cerita  pada penggalan puisi.

 

Disajikan kalimat.  Peserta didik dapat memahami macam-macam majas.

 

Disajikan syair lagu.  Peserta didik dapat mengidentifikasi isi syair lagu.

 

Disajikan syair lagu .  Peserta didik dapat memahami rima yang terdapat pada syair lagu yang disajikan.

 

Disajikan syair lagu .  Peserta didik dapat memahami pernyataan yang sesuai denagan syair lagu yang disajikan.

 

L1 / C2

 

 

 

L1 / C2

 

 

L3 / C4

 

 

 

L1 / C2

 

 

 

  L1/ C2

PG

 

  

 

   PG

 

 

   PG

 

 

 

   PG

 

 

 

   PG

14

 

 

 

15

 

 

16

 

 

 

17

 

 

 

18

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Kalimat langsung dan tidak langsung

Menentukan kalimat langsung dan tidak langsung.

Disajikan gambar. Peserta didik dapat menjelaskan isi gambar.

 

Disajikan kalimat tidak langsung.  Peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan kalimat langsung yang tepat.

 

Disajikan kalimat langsung.  Peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan kalimat tidak langsung yang tepat.

 

Disajikan kalimat.  Peserta didik dapat melengkaapi konjungsi antarkalimat.

 

Disajikan teks bacaan.  Peserta didik dapat menentukan ide pokok yang terdapat dalam teks bacaan.

L3 / C4

 

 

  L3/ C4

 

 

 

L3/ C4

 

 

 

L3/C4

 

 

 

L2/C3

 

PG

 

 

   PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

19

 

 

   20

 

 

 

21

 

 

 

22

 

 

 

23

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

  Fakta dan opini

Menganalisis konjungsi, informasi, judul, tokoh, dan sebab akibat dengan tepat.

 

 

Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat menentukan konjungsi antarkalimat.

 

Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat menganalisis informasi yang tidak sesuai pada teks bacaan.

 

Disajikan kutipan cerita. Peserta didik dapat menentukan judul yang tepat pada kutipan cerita yang disajikan.

L2 /C3

 

 

 

L3/C4

 

 

 

L2/C3

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

24

 

 

 

25

 

 

 

26

 

 

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

 

 

 

Memahami pengertian fakta dan opini yang baik dan benar.

 

 

Disajikan kutipan cerita.  Peserta didik dapat memahami permasalahan yang dihadapi tokoh dalam kutipan cerita.

 

Disajikan kutipan cerita.  Peserta didik dapat memahami sebab akibat.

 

Disajikan kallimat pengertian fakta.  Peserta didik dapat menentukan kimat fakta.

 

Disajikan kalimat pengertian opini.  Peserta didik dapat mengidentifikasi kalimat yang termasuk opini.

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks 1.

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks 1.

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks 2.

 

 

 

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan dari teks 1 dan teks 2.

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat membandingkan teks.

 

 

 

 

 

L1/C2

 

 

 

L1 / C2

 

 

 

L1/C2

 

 

L3/C4

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

L1/C2

 

 

PG

 

 

 

   PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

27

 

 

 

28

 

 

 

29

 

 

30

 

 

 

31

 

 

 

 

32

 

 

 

 

33

 

 

 

 

 

 

 

34

 

 

 

 

35

 

 

Menulis

Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.  Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

Pertukaran dan Pembayaran

 

 

 

 

 

Puisi

 

 

 

Majas

 

 

 

 

 

 

 

Kalimat langsung dan tidak langsung

Memahami pengertian dogeng, cara menentukan pesan dan tujuan dongeng, menuliskan nilai uang dalam bentuk angka, asal informasi di dapat, dan pengertian teks prosedur.

Disajikan teks cerita. Peserta didik dapat memahami masalah yang dihadapi tokoh pada teks cerita yang disajikan.

 

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menuliskan nilai uang dalam bentuk angka dengan benar.

 

Disajikan puisi .  Peserta didik dapat memahami rima yang terdapat pada puisi yang disajikan.

 

Disajikan kalimat.  Peserta didik dapat menuliskan majas yang digunakan dalam kalimat.

 

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menentukan konjungsi antarkalimat.

 

 

Disajikan kata-kata yang tidak tersusun rapi . Peserta didik dapat menyusun kata-kata tersebut ke dalam kalimat yang benar.

 

Disajikan kalimat tidak langsung.  Peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan kalimat langsung yang tepat.

 

Disajikan teks cerita. Peserta didik dapat menentukan judul yang tepat pada teks cerita yang disajikan.

 

 

Disajikan teks cerita.  Peserta didik dapat menentukan tokoh utama dalam teks cerita.

 

Disajikan teks cerita.  Peserta didik dapat menentukan sifat/watak tokoh  dalam teks cerita.

 

L1/C2

 

 

 

 

L2/C3

 

 

 

L1/C2

 

 

 

L2/C3

 

 

 

L2/C3

 

 

 

L2/C3

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

L2/C3

 

 

 

 

L2/C3

 

 

 

L2/C3

Isian

 

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

 

1

 

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

10

 

 

 

Menulis

Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.  Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

Dongeng

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fakta dan opini

 Memahami pengertian, menuliskan percakapan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memahami pengertian fakta dan opini yang baik dan benar.

Disajikan cerita.   Peserta didik dapat menuliskan percakapan berdasarkan isi cerita.

 

Disajikan beberapa kalimat.   Peserta didik dapat menyusun kaliamt-kalimat  menjadi paragraf yang padu.

 

 

 

Disajikan kalimat pengertian konjungsi.   Peserta didik dapat membuat kalimat menggunakan konjungsi : setelah itu dan tetapi.

 

Disajikan tabel.   Peserta didik dapat menentukan fakta atau opini.

 

Disajikan gambar.   Peserta didik dapat membuat paragraf singkat berdasarkan gambar.

L2 / C3

 

 

 

L2/C3

 

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

L2/C3

 

 

L3/C4

Uraian

 

 

 

Uraian

 

 

 

 

 

Uraian

 

 

 

 

Uraian

 

 

Uraian

1

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

5

 

 

 

 

KISI – KISI SOAL

 SUMATIF AKHIR SEMESTER GENAP

TAHUN PELAJARAN 2024/ 2025

 

 

Kelas/ Fase          :  4 ( Empat ) / B

Semester              :  II ( Genap )

Mata Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

 

Fase / kelas

Muatan Pelajaran

  Elemen

Capaian Pembelajaran

Materi

Indikator

Pencapaian soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

B/4

Bahasa Indonesia

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Dongeng

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks informasi

 

 

Penulisan nilai uang

 

 

 

 

Teks Prosedur

 

 

 

 

Menyebutkan tujuan penulis, watak/ sifat, pesan, merangkum, dan menyebutkan nilai uang dalam angka dengan tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memahami makna infografik, contoh media cetak, contoh teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur.

 

Disajikan teks dongeng . Peserta didik dapat menganalisis jenis dongeng sesuai dengan teks dongeng yang disajikan.

 

Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat menentukan  tempat terjadinya cerita dongeng yang sesuai dari cerita dongeng yang dibaca

 

Disajikan  teks dongeng.  Peserta didik dapat  menganalisis karakter/sifat tokoh yang terkandung dalam teks dongeng.

 

Disajikan teks dongeng.  Peserta didik dapat  memahami pesan yang terkandung dari teks dongeng yang dibaca.

 

 

 

Disajikan teks.  Peserta didik dapat  menentukan  informasi yang sesuai dari teks yang dibaca.

 

Disajikan pemahaman.  Peserta didik dapat menentukan penulisan nilai uang dalam angka menggunakan tanda baca dengan benar sesuai ketentuan Bahasa Indonesia.

 

Disajikan data cara penggunaan minum obat.  Peserta didik dapat mengartikan petunjuk penggunaan dosis obat pada data.

 

 

L2 / C4

 

 

 

 

 

L2 / C3

 

 

 

L2 / C4

 

 

 

 

L1 / C2

 

 

 

 

 

 

L2 / C3

 

 

 

L2 / C1

 

 

 

 

 

 

L3/ C4

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

PG

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Teks Informasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporan perjalanan

 

Mengidentifikasi  informasi , pengertian amanat, tujuan, topik, ide pokok, dan laporan suatu teks.

Disajikan teks.  Peserta didik dapat mengidentifikasi topik dari teks.

 

Disajikan teks. Peserta didik dapat menganalisis informasi yang tidak sesuai pada teks.

 

Disajikan teks.  Peserta didik dapat menentukan makna kosakata baru dan kelas katanya berdasarkan teks.

Disajikan kutipan laporan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi bagian yang terdapat pada kutipan laopran yang disajikan.

 

 

 

Disajikan kutipan laporan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi objek laporan yang sesuai dengan kutipan laporan.

 

Disajikan kutipan laporan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi  informasi yang sesuai dengan kutipan laporan.

 

L2 / C3

 

 

L3 / 45

 

 

 

L2 / C3

 

 

 

L3 / C4

 

 

 

 

 

L3/ C4

 

 

 

 

L3/C4

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

8

 

 

9

 

 

 

10

 

 

 

11

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

13

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Puisi

 

 

 

Majas

 

 

Syair lagu

 

 

 

 

 

 

 

 

Menafsirkan makna kata, majas, rima, isi dalam puisi dan syair lagu.

Disajikan penggalan puisi. Peserta didik dapat memahami isi/ cerita  pada penggalan puisi.

 

Disajikan kalimat.  Peserta didik dapat memahami macam-macam majas.

 

Disajikan syair lagu.  Peserta didik dapat mengidentifikasi isi syair lagu.

 

Disajikan syair lagu .  Peserta didik dapat memahami rima yang terdapat pada syair lagu yang disajikan.

 

Disajikan syair lagu .  Peserta didik dapat memahami pernyataan yang sesuai denagan syair lagu yang disajikan.

 

L1 / C2

 

 

 

L1 / C2

 

 

L3 / C4

 

 

 

L1 / C2

 

 

 

  L1/ C2

PG

 

  

 

   PG

 

 

   PG

 

 

 

   PG

 

 

 

   PG

14

 

 

 

15

 

 

16

 

 

 

17

 

 

 

18

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

Kalimat langsung dan tidak langsung

Menentukan kalimat langsung dan tidak langsung.

Disajikan gambar. Peserta didik dapat menjelaskan isi gambar.

 

Disajikan kalimat tidak langsung.  Peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan kalimat langsung yang tepat.

 

Disajikan kalimat langsung.  Peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan kalimat tidak langsung yang tepat.

 

Disajikan kalimat.  Peserta didik dapat melengkaapi konjungsi antarkalimat.

 

Disajikan teks bacaan.  Peserta didik dapat menentukan ide pokok yang terdapat dalam teks bacaan.

L3 / C4

 

 

  L3/ C4

 

 

 

L3/ C4

 

 

 

L3/C4

 

 

 

L2/C3

 

PG

 

 

   PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

19

 

 

   20

 

 

 

21

 

 

 

22

 

 

 

23

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

  Fakta dan opini

Menganalisis konjungsi, informasi, judul, tokoh, dan sebab akibat dengan tepat.

 

 

Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat menentukan konjungsi antarkalimat.

 

Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat menganalisis informasi yang tidak sesuai pada teks bacaan.

 

Disajikan kutipan cerita. Peserta didik dapat menentukan judul yang tepat pada kutipan cerita yang disajikan.

L2 /C3

 

 

 

L3/C4

 

 

 

L2/C3

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

PG

24

 

 

 

25

 

 

 

26

 

 

 

 

 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.  Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.  Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif.  Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.  Peserta didik mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

 

 

 

Memahami pengertian fakta dan opini yang baik dan benar.

 

 

Disajikan kutipan cerita.  Peserta didik dapat memahami permasalahan yang dihadapi tokoh dalam kutipan cerita.

 

Disajikan kutipan cerita.  Peserta didik dapat memahami sebab akibat.

 

Disajikan kallimat pengertian fakta.  Peserta didik dapat menentukan kimat fakta.

 

Disajikan kalimat pengertian opini.  Peserta didik dapat mengidentifikasi kalimat yang termasuk opini.

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks 1.

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks 1.

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks 2.

 

 

 

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan dari teks 1 dan teks 2.

 

Disajikan teks 1 yang berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.  Peserta didik dapat membandingkan teks.

 

 

 

 

 

L1/C2

 

 

 

L1 / C2

 

 

 

L1/C2

 

 

L3/C4

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

L1/C2

 

 

PG

 

 

 

   PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

 

 

 

PG

 

 

 

 

PG

 

 

27

 

 

 

28

 

 

 

29

 

 

30

 

 

 

31

 

 

 

 

32

 

 

 

 

33

 

 

 

 

 

 

 

34

 

 

 

 

35

 

 

Menulis

Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.  Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

Pertukaran dan Pembayaran

 

 

 

 

 

Puisi

 

 

 

Majas

 

 

 

 

 

 

 

Kalimat langsung dan tidak langsung

Memahami pengertian dogeng, cara menentukan pesan dan tujuan dongeng, menuliskan nilai uang dalam bentuk angka, asal informasi di dapat, dan pengertian teks prosedur.

Disajikan teks cerita. Peserta didik dapat memahami masalah yang dihadapi tokoh pada teks cerita yang disajikan.

 

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menuliskan nilai uang dalam bentuk angka dengan benar.

 

Disajikan puisi .  Peserta didik dapat memahami rima yang terdapat pada puisi yang disajikan.

 

Disajikan kalimat.  Peserta didik dapat menuliskan majas yang digunakan dalam kalimat.

 

Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menentukan konjungsi antarkalimat.

 

 

Disajikan kata-kata yang tidak tersusun rapi . Peserta didik dapat menyusun kata-kata tersebut ke dalam kalimat yang benar.

 

Disajikan kalimat tidak langsung.  Peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan kalimat langsung yang tepat.

 

Disajikan teks cerita. Peserta didik dapat menentukan judul yang tepat pada teks cerita yang disajikan.

 

 

Disajikan teks cerita.  Peserta didik dapat menentukan tokoh utama dalam teks cerita.

 

Disajikan teks cerita.  Peserta didik dapat menentukan sifat/watak tokoh  dalam teks cerita.

 

L1/C2

 

 

 

 

L2/C3

 

 

 

L1/C2

 

 

 

L2/C3

 

 

 

L2/C3

 

 

 

L2/C3

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

L2/C3

 

 

 

 

L2/C3

 

 

 

L2/C3

Isian

 

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

 

Isian

 

 

 

Isian

 

 

 

 

1

 

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

10

 

 

 

Menulis

Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.  Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

Dongeng

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fakta dan opini

 Memahami pengertian, menuliskan percakapan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memahami pengertian fakta dan opini yang baik dan benar.

Disajikan cerita.   Peserta didik dapat menuliskan percakapan berdasarkan isi cerita.

 

Disajikan beberapa kalimat.   Peserta didik dapat menyusun kaliamt-kalimat  menjadi paragraf yang padu.

 

 

 

Disajikan kalimat pengertian konjungsi.   Peserta didik dapat membuat kalimat menggunakan konjungsi : setelah itu dan tetapi.

 

Disajikan tabel.   Peserta didik dapat menentukan fakta atau opini.

 

Disajikan gambar.   Peserta didik dapat membuat paragraf singkat berdasarkan gambar.

L2 / C3

 

 

 

L2/C3

 

 

 

 

 

L3/C4

 

 

 

 

L2/C3

 

 

L3/C4

Uraian

 

 

 

Uraian

 

 

 

 

 

Uraian

 

 

 

 

Uraian

 

 

Uraian

1

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

5

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi Kisi Kelas 4B. Selasa, 3 Juni 2025

  Hari/ Tanggal      : Selasa, 3 Juni 2025 Materi               : Kisi-kisi bahasa inggris Kelas                   : VI (Empat) Assalamualai...