KISI – KISI SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2024/ 2025
Kelas/
Fase : 4 ( Empat ) / B Semester : II ( Genap ) Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
|
|||||||||
Fase / kelas |
Muatan Pelajaran |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Indikator |
Pencapaian soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
B/4 |
Bahasa Indonesia |
Membaca dan Memirsa |
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu
membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya
dengan fasih. Peserta didik mampu
memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Dongeng
Teks informasi
Penulisan nilai uang
Teks Prosedur
|
Menyebutkan tujuan penulis, watak/
sifat, pesan, merangkum, dan menyebutkan nilai uang dalam angka dengan tepat.
Memahami makna infografik, contoh
media cetak, contoh teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur.
|
Disajikan teks dongeng . Peserta didik dapat menganalisis jenis
dongeng sesuai dengan teks dongeng yang disajikan.
Disajikan teks bacaan.
Peserta didik dapat menentukan tempat terjadinya
cerita dongeng yang sesuai dari
cerita dongeng
yang dibaca
Disajikan teks dongeng. Peserta didik dapat menganalisis karakter/sifat tokoh
yang
terkandung dalam teks dongeng.
Disajikan teks dongeng. Peserta didik dapat memahami pesan yang terkandung dari teks dongeng yang dibaca.
Disajikan teks. Peserta didik dapat menentukan
informasi yang sesuai dari teks yang dibaca.
Disajikan pemahaman. Peserta didik dapat menentukan penulisan
nilai uang dalam angka menggunakan tanda baca dengan benar sesuai ketentuan
Bahasa Indonesia.
Disajikan data cara penggunaan
minum obat. Peserta didik dapat
mengartikan petunjuk penggunaan dosis obat pada data.
|
L2 / C4
L2 / C3
L2 / C4
L1 / C2
L2 / C3
L2 / C1
L3/ C4 |
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG |
1
2
3
4
5
6
7 |
|
|
|
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu membaca
kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan
fasih. Peserta didik mampu memahami
ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Teks Informasi
Laporan perjalanan
|
Mengidentifikasi informasi , pengertian amanat, tujuan,
topik, ide pokok, dan laporan suatu teks. |
Disajikan teks. Peserta
didik dapat mengidentifikasi topik
dari teks.
Disajikan teks.
Peserta didik dapat menganalisis informasi yang tidak sesuai pada teks.
Disajikan teks.
Peserta didik dapat menentukan makna kosakata baru dan kelas katanya
berdasarkan teks. Disajikan kutipan laporan. Peserta
didik dapat mengidentifikasi bagian
yang terdapat pada kutipan laopran yang disajikan.
Disajikan kutipan laporan. Peserta
didik dapat mengidentifikasi objek
laporan yang sesuai dengan kutipan laporan.
Disajikan kutipan laporan. Peserta
didik dapat mengidentifikasi informasi yang sesuai dengan kutipan
laporan.
|
L2 / C3
L3 / 45
L2 / C3
L3 / C4
L3/ C4
L3/C4 |
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
8
9
10
11
12
13 |
|
|
|
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru
dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan
ide pendukung pada teks formatif.
Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh
cerita pada teks narasi. Peserta didik
mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa
sesuai dengan topik. |
Puisi
Majas
Syair lagu
|
Menafsirkan makna
kata, majas, rima, isi dalam puisi dan syair lagu. |
Disajikan penggalan
puisi. Peserta didik dapat memahami isi/ cerita pada penggalan puisi.
Disajikan
kalimat. Peserta didik dapat memahami
macam-macam majas.
Disajikan syair lagu. Peserta
didik dapat mengidentifikasi isi
syair lagu.
Disajikan syair lagu
. Peserta didik dapat memahami rima
yang terdapat pada syair lagu yang disajikan.
Disajikan syair lagu . Peserta didik dapat memahami pernyataan
yang sesuai denagan syair lagu yang disajikan.
|
L1 / C2
L1 / C2
L3 / C4
L1 / C2
L1/ C2 |
PG
PG
PG
PG
PG |
14
15
16
17
18 |
|
|
|
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu
membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya
dengan fasih. Peserta didik mampu
memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Kalimat langsung dan tidak langsung |
Menentukan kalimat
langsung dan tidak langsung. |
Disajikan gambar. Peserta
didik dapat menjelaskan isi gambar.
Disajikan kalimat
tidak langsung. Peserta didik dapat
mengidentifikasi penulisan kalimat langsung yang tepat.
Disajikan kalimat
langsung. Peserta didik dapat
mengidentifikasi penulisan kalimat tidak langsung yang tepat.
Disajikan kalimat. Peserta didik dapat melengkaapi konjungsi
antarkalimat.
Disajikan teks
bacaan. Peserta didik dapat menentukan
ide pokok yang terdapat dalam teks bacaan. |
L3 / C4
L3/ C4
L3/ C4
L3/C4
L2/C3
|
PG
PG
PG
PG
PG |
19
20
21
22
23 |
|
|
|
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu
membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya
dengan fasih. Peserta didik mampu
memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Fakta dan
opini |
Menganalisis konjungsi, informasi,
judul, tokoh, dan sebab akibat dengan tepat.
|
Disajikan teks bacaan.
Peserta didik dapat menentukan konjungsi antarkalimat.
Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat
menganalisis informasi yang tidak sesuai pada teks bacaan.
Disajikan kutipan
cerita. Peserta didik dapat menentukan judul yang tepat pada kutipan cerita
yang disajikan. |
L2 /C3
L3/C4
L2/C3
|
PG
PG
PG |
24
25
26 |
|
|
|
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu
membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya
dengan fasih. Peserta didik mampu
memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
|
Memahami pengertian fakta dan opini yang
baik dan benar. |
Disajikan kutipan
cerita. Peserta didik dapat memahami
permasalahan yang dihadapi tokoh dalam kutipan cerita.
Disajikan kutipan
cerita. Peserta didik dapat memahami
sebab akibat.
Disajikan kallimat
pengertian fakta. Peserta didik dapat menentukan
kimat fakta.
Disajikan kalimat
pengertian opini. Peserta didik dapat mengidentifikasi
kalimat yang termasuk opini.
Disajikan teks 1 yang berupa
gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks 1.
Disajikan teks 1 yang
berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks
1.
Disajikan teks 1 yang
berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks
2.
Disajikan teks 1 yang
berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan dari teks 1 dan teks 2.
Disajikan teks 1 yang
berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat membandingkan teks.
|
L1/C2
L1 / C2
L1/C2
L3/C4
L3/C4
L3/C4
L3/C4
L3/C4
L1/C2 |
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG |
27
28
29
30
31
32
33
34
35 |
|
|
Menulis |
Peserta didik
mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan
teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci
dan akurat dengan topik yang beragam.
Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. |
Pertukaran dan Pembayaran
Puisi
Majas
Kalimat langsung dan tidak langsung |
Memahami
pengertian dogeng, cara menentukan pesan dan tujuan dongeng, menuliskan nilai
uang dalam bentuk angka, asal informasi di dapat, dan pengertian teks
prosedur. |
Disajikan teks cerita.
Peserta didik dapat memahami masalah yang dihadapi tokoh pada teks cerita
yang disajikan.
Disajikan kalimat.
Peserta didik dapat menuliskan nilai uang dalam bentuk angka dengan benar.
Disajikan puisi . Peserta didik dapat memahami rima yang
terdapat pada puisi yang disajikan.
Disajikan
kalimat. Peserta didik dapat
menuliskan majas yang digunakan dalam kalimat.
Disajikan kalimat.
Peserta didik dapat menentukan konjungsi antarkalimat.
Disajikan kata-kata
yang tidak tersusun rapi . Peserta didik dapat menyusun kata-kata tersebut ke
dalam kalimat yang benar.
Disajikan kalimat
tidak langsung. Peserta didik dapat
mengidentifikasi penulisan kalimat langsung yang tepat.
Disajikan teks cerita.
Peserta didik dapat menentukan judul yang tepat pada teks cerita yang
disajikan.
Disajikan teks
cerita. Peserta didik dapat menentukan
tokoh utama dalam teks cerita.
Disajikan teks
cerita. Peserta didik dapat menentukan
sifat/watak tokoh dalam teks cerita.
|
L1/C2
L2/C3
L1/C2
L2/C3
L2/C3
L2/C3
L3/C4
L2/C3
L2/C3
L2/C3 |
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
Isian
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
|
|
Menulis |
Peserta didik
mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan
teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci
dan akurat dengan topik yang beragam.
Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. |
Dongeng
Fakta dan opini |
Memahami
pengertian, menuliskan percakapan.
Memahami pengertian fakta dan opini
yang baik dan benar. |
Disajikan cerita. Peserta didik dapat menuliskan
percakapan berdasarkan isi cerita.
Disajikan beberapa
kalimat. Peserta didik dapat menyusun
kaliamt-kalimat menjadi paragraf yang
padu.
Disajikan kalimat
pengertian konjungsi. Peserta didik
dapat membuat kalimat menggunakan konjungsi : setelah itu dan tetapi.
Disajikan tabel. Peserta didik dapat menentukan fakta atau
opini.
Disajikan gambar. Peserta didik dapat membuat paragraf
singkat berdasarkan gambar. |
L2 / C3
L2/C3
L3/C4
L2/C3
L3/C4 |
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian |
1
2
3
4
5
|
KISI – KISI SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2024/ 2025 Kelas/
Fase : 4 ( Empat ) / B Semester : II ( Genap ) Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia |
|||||||||
Fase / kelas |
Muatan Pelajaran |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Indikator |
Pencapaian soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
B/4 |
Bahasa Indonesia |
Membaca dan Memirsa |
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu
membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya
dengan fasih. Peserta didik mampu
memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Dongeng Teks informasi Penulisan nilai uang Teks Prosedur |
Menyebutkan tujuan penulis, watak/
sifat, pesan, merangkum, dan menyebutkan nilai uang dalam angka dengan tepat. Memahami makna infografik, contoh
media cetak, contoh teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur. |
Disajikan teks dongeng . Peserta didik dapat menganalisis jenis
dongeng sesuai dengan teks dongeng yang disajikan. Disajikan teks bacaan.
Peserta didik dapat menentukan tempat terjadinya
cerita dongeng yang sesuai dari
cerita dongeng
yang dibaca Disajikan teks dongeng. Peserta didik dapat menganalisis karakter/sifat tokoh
yang
terkandung dalam teks dongeng. Disajikan teks dongeng. Peserta didik dapat memahami pesan yang terkandung dari teks dongeng yang dibaca. Disajikan teks. Peserta didik dapat menentukan
informasi yang sesuai dari teks yang dibaca. Disajikan pemahaman. Peserta didik dapat menentukan penulisan
nilai uang dalam angka menggunakan tanda baca dengan benar sesuai ketentuan
Bahasa Indonesia. Disajikan data cara penggunaan
minum obat. Peserta didik dapat
mengartikan petunjuk penggunaan dosis obat pada data. |
L2 / C4 L2 / C3 L2 / C4 L1 / C2 L2 / C3 L2 / C1 L3/ C4 |
PG PG PG PG PG PG PG |
1 2 3 4 5 6 7 |
|
|
|
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu membaca
kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan
fasih. Peserta didik mampu memahami
ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Teks Informasi Laporan perjalanan |
Mengidentifikasi informasi , pengertian amanat, tujuan,
topik, ide pokok, dan laporan suatu teks. |
Disajikan teks. Peserta
didik dapat mengidentifikasi topik
dari teks. Disajikan teks.
Peserta didik dapat menganalisis informasi yang tidak sesuai pada teks. Disajikan teks.
Peserta didik dapat menentukan makna kosakata baru dan kelas katanya
berdasarkan teks. Disajikan kutipan laporan. Peserta
didik dapat mengidentifikasi bagian
yang terdapat pada kutipan laopran yang disajikan. Disajikan kutipan laporan. Peserta
didik dapat mengidentifikasi objek
laporan yang sesuai dengan kutipan laporan. Disajikan kutipan laporan. Peserta
didik dapat mengidentifikasi informasi yang sesuai dengan kutipan
laporan. |
L2 / C3 L3 / 45 L2 / C3 L3 / C4 L3/ C4 L3/C4 |
PG PG PG PG PG PG |
8 9 10 11 12 13 |
|
|
|
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru
dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan
ide pendukung pada teks formatif.
Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh
cerita pada teks narasi. Peserta didik
mampu memahami kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa
sesuai dengan topik. |
Puisi Majas Syair lagu |
Menafsirkan makna
kata, majas, rima, isi dalam puisi dan syair lagu. |
Disajikan penggalan
puisi. Peserta didik dapat memahami isi/ cerita pada penggalan puisi. Disajikan
kalimat. Peserta didik dapat memahami
macam-macam majas. Disajikan syair lagu. Peserta
didik dapat mengidentifikasi isi
syair lagu. Disajikan syair lagu
. Peserta didik dapat memahami rima
yang terdapat pada syair lagu yang disajikan. Disajikan syair lagu . Peserta didik dapat memahami pernyataan
yang sesuai denagan syair lagu yang disajikan. |
L1 / C2 L1 / C2 L3 / C4 L1 / C2 L1/ C2 |
PG PG PG PG PG |
14 15 16 17 18 |
|
|
|
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu
membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya
dengan fasih. Peserta didik mampu
memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Kalimat langsung dan tidak langsung |
Menentukan kalimat
langsung dan tidak langsung. |
Disajikan gambar. Peserta
didik dapat menjelaskan isi gambar. Disajikan kalimat
tidak langsung. Peserta didik dapat
mengidentifikasi penulisan kalimat langsung yang tepat. Disajikan kalimat
langsung. Peserta didik dapat
mengidentifikasi penulisan kalimat tidak langsung yang tepat. Disajikan kalimat. Peserta didik dapat melengkaapi konjungsi
antarkalimat. Disajikan teks
bacaan. Peserta didik dapat menentukan
ide pokok yang terdapat dalam teks bacaan. |
L3 / C4 L3/ C4 L3/ C4 L3/C4 L2/C3 |
PG PG PG PG PG |
19 20 21 22 23 |
|
|
|
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu
membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya
dengan fasih. Peserta didik mampu
memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
Fakta dan
opini |
Menganalisis konjungsi, informasi,
judul, tokoh, dan sebab akibat dengan tepat. |
Disajikan teks bacaan.
Peserta didik dapat menentukan konjungsi antarkalimat. Disajikan teks bacaan. Peserta didik dapat
menganalisis informasi yang tidak sesuai pada teks bacaan. Disajikan kutipan
cerita. Peserta didik dapat menentukan judul yang tepat pada kutipan cerita
yang disajikan. |
L2 /C3 L3/C4 L2/C3 |
PG PG PG |
24 25 26 |
|
|
|
Peserta didik
mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik. Peserta didik mampu
membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya
dengan fasih. Peserta didik mampu
memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks formatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal
yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memahami kosakata baru
dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik. |
|
Memahami pengertian fakta dan opini yang
baik dan benar. |
Disajikan kutipan
cerita. Peserta didik dapat memahami
permasalahan yang dihadapi tokoh dalam kutipan cerita. Disajikan kutipan
cerita. Peserta didik dapat memahami
sebab akibat. Disajikan kallimat
pengertian fakta. Peserta didik dapat menentukan
kimat fakta. Disajikan kalimat
pengertian opini. Peserta didik dapat mengidentifikasi
kalimat yang termasuk opini. Disajikan teks 1 yang berupa
gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks 1. Disajikan teks 1 yang
berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks
1. Disajikan teks 1 yang
berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks
2. Disajikan teks 1 yang
berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan dari teks 1 dan teks 2. Disajikan teks 1 yang
berupa gambar dan teks 2 yang berupa bacaan.
Peserta didik dapat membandingkan teks. |
L1/C2 L1 / C2 L1/C2 L3/C4 L3/C4 L3/C4 L3/C4 L3/C4 L1/C2 |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG |
27 28 29 30 31 32 33 34 35 |
|
|
Menulis |
Peserta didik
mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan
teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci
dan akurat dengan topik yang beragam.
Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. |
Pertukaran dan Pembayaran Puisi Majas Kalimat langsung dan tidak langsung |
Memahami
pengertian dogeng, cara menentukan pesan dan tujuan dongeng, menuliskan nilai
uang dalam bentuk angka, asal informasi di dapat, dan pengertian teks
prosedur. |
Disajikan teks cerita.
Peserta didik dapat memahami masalah yang dihadapi tokoh pada teks cerita
yang disajikan. Disajikan kalimat.
Peserta didik dapat menuliskan nilai uang dalam bentuk angka dengan benar. Disajikan puisi . Peserta didik dapat memahami rima yang
terdapat pada puisi yang disajikan. Disajikan
kalimat. Peserta didik dapat
menuliskan majas yang digunakan dalam kalimat. Disajikan kalimat.
Peserta didik dapat menentukan konjungsi antarkalimat. Disajikan kata-kata
yang tidak tersusun rapi . Peserta didik dapat menyusun kata-kata tersebut ke
dalam kalimat yang benar. Disajikan kalimat
tidak langsung. Peserta didik dapat
mengidentifikasi penulisan kalimat langsung yang tepat. Disajikan teks cerita.
Peserta didik dapat menentukan judul yang tepat pada teks cerita yang
disajikan. Disajikan teks
cerita. Peserta didik dapat menentukan
tokoh utama dalam teks cerita. Disajikan teks
cerita. Peserta didik dapat menentukan
sifat/watak tokoh dalam teks cerita. |
L1/C2 L2/C3 L1/C2 L2/C3 L2/C3 L2/C3 L3/C4 L2/C3 L2/C3 L2/C3 |
Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 |
|
|
Menulis |
Peserta didik
mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan
teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci
dan akurat dengan topik yang beragam.
Peserta didik terampil menulis tegak bersambung. |
Dongeng Fakta dan opini |
Memahami
pengertian, menuliskan percakapan. Memahami pengertian fakta dan opini
yang baik dan benar. |
Disajikan cerita. Peserta didik dapat menuliskan
percakapan berdasarkan isi cerita. Disajikan beberapa
kalimat. Peserta didik dapat menyusun
kaliamt-kalimat menjadi paragraf yang
padu. Disajikan kalimat
pengertian konjungsi. Peserta didik
dapat membuat kalimat menggunakan konjungsi : setelah itu dan tetapi. Disajikan tabel. Peserta didik dapat menentukan fakta atau
opini. Disajikan gambar. Peserta didik dapat membuat paragraf
singkat berdasarkan gambar. |
L2 / C3 L2/C3 L3/C4 L2/C3 L3/C4 |
Uraian Uraian Uraian Uraian Uraian |
1 2 3 4 5 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar