Hari/Tanggal : Selasa, 6 Mei 2025
Kelas : IV B
Muatan Pelajaran :
1. Seni Musik : Membuat Alat Melodi Sederhana
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hari ini. Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
CP SENI MUSIK:
Capaian Pembelajaran
1. Mengalami
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengimitasi dan menata bunyi-musik sederhana dengan menunjukkan kepekaan akan unsur-unsur bunyi-musik, baik intrinsik maupun ekstrinsik.
2. Merefleksikan
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungan yang beragam (berkebinekaan), serta mampu memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat/media musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam beragam bentuk: lisan, tulisan/gambar, atau referensi lainnya.
3. Berpikir dan Bekerja Secara Artistik
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menyimak, mendokumentasikan secara sederhana, dan menjalani kebiasaan bermusik yang baik dan rutin dalam berpraktik musik sejak dari persiapan, saat bermusik, maupun usai berpraktik musik, serta memilih secara aktif dan memainkan karya musik sederhana secara artistik, yang mengandung nilai-nilai positif dan membangun.
4. Menciptakan
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengembangkan, mengimitasi, dan menata bunyi-musik sederhana menjadi pola baru dengan mempertimbangkan unsur-unsur bunyi-musik intrinsik maupun ekstrinsik.
5. Berdampak bagi diri sendiri dan orang lain
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menjalani, mendokumentasikan kebiasaan bermusik yang baik dan rutin dalam berpraktik musik dan aktif dalam kegiatan-kegiatan bermusik lewat bernyanyi dan memainkan media bunyi-musik sederhana serta mendapatkan pengalaman dan kesan, baik bagi diri sendiri, sesama, dan lingkungan.
TP/ ATP:
1. Peserta didik mampu mengenali perbedaan bunyi berdasarkan dinamikanya dan bermacam-macam lagu berdasarkan kategorinya.
2. Peserta didik mampu percaya diri dalam menampilkan salah satu lagu dengan dinamika, frasering, dan ekspresi yang baik.
3. Peserta didik mampu menjadi bagian dari sebuah tim aubade dengan baik
- Ansambel Sejenis. Musik ansambel sejenis dipahami sebagai bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat–alat musik sejenis. Alat musik yang digunakan dapat berupa alat-alat musik ritmis atau melodis misalnya gitar, trumpet, rekorder, pianika, atau alat-alat musik ritmis seperti drum, tamborin dan sebagainya. Contoh ansambel sejenis, yaitu: Ansambel recorder, maka semua penyajian ansambel memainkan alat musik yang sama, yaitu recorder. Ansambel gitar, maka pemain semua bermain gitar.
- Ansambel Campuran. Musik ansambel campuran adalah penyajian musik ansambel dengan menggunakan beberapa jenis alat musik atau bermacam-macam jenis alat musik. Contoh alat musik ansambel campuran adalah biola, cello, viola, contra bass, dan simbal. Pada ansambel campuran terdapat alat musik yang bermain sebagai harmonis atau alat musik yang berfungsi sebagai melodis dan juga ritmis.
RANGKUMAN SENI MUSIK
Alat musik melodis adalah alat yang mampu menghasilkan beragam nada sehingga bisa digunakan untuk memainkan melodi lagu. Contohnya: pianika, suling, dan gitar.
Alat musik ritmis tidak menghasilkan nada tertentu dan berfungsi untuk mengiringi irama, misalnya drum dan tamborin.
Sedangkan alat musik melodis dapat membunyikan nada yang berbeda-beda dan berfungsi membawakan melodi lagu, seperti piano atau seruling.
Crescendo ( < ) digunakan untuk menunjukkan bahwa suara musik harus dimainkan semakin kuat.
Decrescendo ( > ) berarti suara secara bertahap menjadi semakin pelan.
Botol yang berisi banyak air menghasilkan nada yang lebih rendah dibanding botol yang airnya sedikit Dikarenakan Volume air yang lebih banyak menyebabkan udara di dalam botol bergetar lebih lambat, sehingga nada yang dihasilkan menjadi lebih rendah. Sebaliknya, sedikit air membuat getaran udara lebih cepat dan menghasilkan nada yang tinggi.
Tempo andante adalah kecepatan lagu yang sedang, mirip seperti irama langkah kaki saat berjalan. Contohnya lagu "Gugur Bunga" atau "Tanah Airku".
Tiga bagian struktur dalam lagu berikut dengan fungsinya! (Intro, Reffrain, Coda)
Intro: Bagian awal lagu yang berfungsi sebagai pembuka.
Reffrain: Bagian lagu yang biasanya paling mudah diingat dan dinyanyikan berulang.
Coda: Bagian penutup lagu yang memberikan kesan akhir.
Bagian interlude dalam lagu berguna untuk berperan sebagai jembatan atau penghubung antarbagian lagu, seperti antara bait dan reffrain, serta dapat menjadi selingan instrumen agar lagu tidak monoton.
Yang perlu dilakukan agar permainan alat musik terdengar enak didengar yaitu:
Memainkan nada-nada dengan tepat.
Mengatur tingkat keras dan lembut suara (dinamik) dengan baik.
Melakukan latihan rutin secara teratur.
Penting untuk percaya diri saat tampil memainkan alat musik di depan orang lain karena Rasa percaya diri membuat kita lebih fokus saat bermain dan membantu menampilkan performa yang baik, sekaligus menunjukkan hasil dari latihan yang telah dilakukan.
1. Apa yang dimaksud dengan alat musik melodis? Sebutkan tiga contohnya!
2. Jelaskan perbedaan antara alat musik ritmis dan alat musik melodis!
3. Apa fungsi dari tanda dinamika crescendo ( < ) dan decrescendo ( >) dalam musik?
4. Mengapa botol yang berisi banyak air menghasilkan nada yang lebih rendah dibanding botol yang airnya sedikit?
5. Apa arti dari tempo andante? Berikan contoh lagu yang memiliki tempo tersebut!
6. Apa yang perlu dilakukan agar permainan alat musik terdengar enak didengar?
7. Sebutkan dua alat musik tradisional dari Indonesia beserta asalnya!
8. Lagu daerah Tokecang berasal dari daerah ...
9. Lagu Cicak-Cicak Di Dinding dicptakan oleh ...
10. Apa yang dimaksud dengan musik ansambel?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar