Hari/Tanggal : Senin, 2 Juni 2025
SUMATIF AKHIR SEMESTER
Muatan Pelajaran :
1. IPAS
2. Bahasa Lampung
Fase / kelas |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Materi |
Indikator Soal/ Stimulus |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
B/ 4 |
Pemahaman IPAS (Sains dan Sosial)
|
Pada akhir fase B, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di
sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/ kabupaten dan
provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/ digital. Peserta
didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal
keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun
periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan
konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan
keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi
kebutuhan hidup sehari-hari. |
·
Interaksi
Sosial ·
Bentang
Alam ·
Peta ·
Keragaman
Budaya dan Hayati ·
Kearifan
Lokal
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan
pernyataan adanya interaksi sosial. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
jenis interaksi sosial. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis
bentang alam yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan nama-nama prodfesi, peserta didik dapat
menunjukkan profesi berkaitan dengan suatu bentang alam. Disajikan gambar dan pernyataan, peserta didik dapat
menentukan jenis peta. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan
komponen yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memilih gambar
fauna yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis
flora yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memilih gambar
tarian daerah yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
asal daerah suatu makanan khas. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
asal suatu lagu daerah. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan asal
kearifan lokal suatu daerah yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan gambar kearifan lokal, peserta didik dapat menyimpulkan
nama kearifal lokal tersebut. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
manfaat dari kegiatan mempelajari sejarah. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan bukti
adanya perubahan sejarah. Disajikan suatu biografi tokoh, peserta didik dapat
menentukan asal daerah tokoh tersebut. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan nama tokoh
yang terdapat di dalam gambar. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memilih nama
provinsi pertama di Indonesia. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan
jenis kebutuhan yang dimaksud dalam pernyataan.
Disajikan suatu sebab pemenuhan kebutuhan manusia, peserta
didik dapat menentukan akibat yang ditimbulkan. Disajikan ilustrasi cerita barter, peserta didik dapat mengartikan
suatu kata. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan jenis
kegiatan ekonomi suatu barang yang dimaksud. Disajikan ilustrasi cerrita, peserta didik dapat
menyimpulkan penggolongan suatu barang berdasarkan skala prioritas. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
jenis pelaku kegiatan ekonomi yang dimaksud dalam cerita. Disajikan nama-nama benda, peserta didik dapat menyimpulkan
istilah untuk benda tersebut terkait pemenuhan kebutuhan.
Disajikan nama-nama benda, peserta didik dapat menentukan
istilah untuk benda-benda tersebut terkait
dengan alat pembayaran. Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan interaksi
sosial berdasarkan pelaku. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan
jenis bentang alam yang dimaksud dalam pernyataan. Disajikan suatu peta, peserta didik dapat memilih tanda
panah yang menunjukkan wilayah tempat tinggalnya. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan
wilayah salah satu fauna endemik di Indonesia. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
nama makanan tradisional yang dimaksud dalam cerita.
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan asal
daerah suatu kearifal lokal yang ada di Indonesia. Disajikan suatu pengertian, peserta didik dapat
menyimpulkan istilah dari kata yang berkaitan dengan kebutuhan manusia. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis
uang. Disajikan gambar, peserta didik dapat menuliskan nilai mata
uang yang ditunjukkan dalam gambar. Disajikan ilustrasi cerita, peserta didik dapat menentukan
peran suatu tokoh cerita terkait kegiatan ekonomi. Disajikan gambar peta, peserta didik dapat menganalisis
komponen-komponen yang ada di dalam peta tersebut .
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan
kebudayaan suatu daerah terkait suku, lagu, dan makanan khas. Disajikan gambar kearifan lokal, peserta didik dapat
mengaitkan gambar dengan tujuan pelaksanaan dan asal daerah kearifan lokal. Disajikan beberapa ilustrasi kebutuhan manusia, peserta
didik dapat mengklasifikasikannya ke dalam diagram prioritas. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
mengklasifikasikan barang-barang sesuai jenis kebutuhan manusia berdasarkan
intensitas kegunaannya. |
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40 |
|
KISI-KISI PAS BAHASA LAMPUNG KELAS 4 SEMESTER 2
NO | KD | MATERI | INDIKATOR SOAL / STIMULUS | LEVEL KOGNITIF | BENTUK SOAL | NOMOR SOAL |
1 | 4.3.6 Memahami teks narasi tentang cinta tanah air | 1. Ngelestariko keghajinan lampung
2. nyepok kata-kata sulit
3. kata berimbuhan | 1. disajikan kalimat, peserta didik dapat menyebutkan bahan-bahan kain tapis. 2. disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan asal kain tapis. 3. disajikan gambar,peserta didik dapat menyebutkan jenis keghajinan tradisional masyarakat lampung 4. Disajikan kalimat,peserta didik dapat mengartikan kata-kata sulit yang terdapat pada kalimat. 5. Disajikan kalimat,peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai. 6. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan kata dasar dari kata berimbuhan. 7. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menunjukkan kata berimbuhan. 8. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menentukan imbuhan kata pada kata dasar. 9. Disajikan kalimat,peserta didik dapat membedakan kata berimbuhan dengan kata dasar. 10. Disajikan kalimat bertuliskan aksara,peserta didik dapat membaca aksara dengan benar. 11. Disajikan kalimat bertuliskan aksara,peserta didik dapat mengartikan kata yang bertulis tebal. 12. Disajikan kalimat bertuliskan aksara,peserta didik dapat menuliskan ke tulisan latin. 13. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyalin dengan aksara. | L3
L2
L3 | PG
ISIAN
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ISIAN
PG
PG
PG
ISIAN | 8
1
9
10
11
12
13
14
2
15
16
17
3 |
2 | 4.3.7 menemukan informasi melalui karangan narasi berbahasa lampung tentang mengapai cita-cita | 1. Contoh kalimat langsung dan tak langsung
2. Aksara lampung
| 14. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menyebutkan termasuk kalimat apakah kalimat tersebut. 15. Disajikan teks dialog,peserta didik dapat menunjukkan mana kalimat langsung. 16. Disajikan teks dialog,peserta didik dapat menunjukkan mana kalimat tidak langsung. 17. Disajikan kalimat,peserta didik dapat membedakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. 18. Disajikan teks,peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri kalimat langsung. 19. Disajikan teks,peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri kalimat tidak langsung. 20. Disajikan tulisan aksara,peserta didik dapat membaca aksara dengan benar. 21. Disajikan kalimat berbahasa lampung,peserta didik dapat menuliskannya dengan aksara 22. Disajikan kalimat aksara,peserta didik dapat bunyi aksara yang dimaksud. 23. Disajikan gambar,peserta didik dapat menyebutkan gambar tersebut dalam bahasa lampung. 24. Disajikan sebuah kata,peserta didik dapat menuliskannya dengan aksara yang benar. 25. Disajikan teks,peserta didik dapat mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kaata yang sesuai. 26. Disajikan teks,peserta didik dapat mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kata yang sesuai. 27. Disajikan kalimat berbahasa lampung, peserta didik dapat menuliskan kembali dengan aksara yang benar. | L3
L3 | ISIAN
URAIAN
PG
PG
PG
PG
PG
ISIAN
PG
PG
URAIAN
PG
PG
PG | 4
1
18
19
20
21
22
5
23
24
2
25
26
27 |
3 | 4.3.8 Memahami isi teks aksara lampung mengenai lingkungan tempat tinggal | 1. mencari kata-kata yang berkaitan dengan kesehatan dalam bahasa lampung
2. menulis kata-kata tersebut dengan menggunakan aksara.
3. mengidentifikasi kalimat sempurna dan tak sempurna | 28. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan unsur kalimat berupa subjek. 29. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan unsur kalimat berupa predikat. 30. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan unsur kalimat berupa objek. 31. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan unsur kalimat /pola kalimat. 32. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan perbedaan antara unsur kalimat 33. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan letak masing-masing unsur kalimat. 34. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan judul lagu lampung. 35. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan letak propinsi lampung. 36. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan tanda baca dalam aksara. 37. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan jumlah anak surat. 38. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan fungsi dan kegunaan dari tanda mati. 39. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan bentuk anak surat. |
| PG
PG
PG
URAIAN
PG
ISIAN
ISIAN
PG
PG
PG
ISIAN
PG
| 28
29
30
3
31
6
7
32
33
34
8
35
|
4 | 4.3.9. memahami informasi melalui teks eksposisi tentang makanan sehat dan bergizi yang berasal dari daerah lampung. | 1. membaca teks makanan bergizi
2. mengidentifikasi makanan sehat dan makanan tidak sehat
3. mendengarkan nama-nama benda yang disebutkan guru.
4. propinsi lampung | 40. Disajikan teks tentang makanan khas lampung,peserta didik dapat menyebutkan judul teks 41. Disajikan teks tentang makanan khas lampung,peserta didik dapat menyebutkan nama makanan khas daerah. 42. Disajikan teks tentang makanan khas lampung,peserta didik dapat menyebutkan makanan empat sehat lima sempurna. 43. Disajikan gambar, peserta didik dapat menemukan dan menyebutkan nama makanan khas lampung. 44. Disajikan kalimat, peserta didik dapat menyebutkan yang termasuk makanan sehat. 45. Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam jenis makanan. 46. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menentukan nama-nama benda disekitar. 47. Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan benda yang dimaksud. 48. Disajikan gambar, peserta didik membedakan dan menyebutkan pakaian adat lampung. 49. Disajikan kalimat, peserta didik dapat menyebutkan letak propinsi lampung. 50. Disajikan kalimat, peserta didik dapat menemukan dan menyebutkan semboyan propinsi lampung. |
| PG
PG
PG
ISIAN
PG
PG
PG
PG
URAIAN
ISIAN
URAIAN
| 1
2
3
9
4
5
6
7
4
10
5 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar