Hari/Tanggal : Senin, 5 Mei 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Membangun Masyarakat yang Beradab
CP :
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari |
TP /ATP:
Tujuan Pembelajaran Topik A :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi norma.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi adat istiadat.
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi norma atau adat istiadat yang berlaku di sekitarnya..
Tujuan Pembelajaran Topik B :
1. Peserta didik dapat membedakan peraturan tertulis dan tidak tertulis.
2. Peserta didik dapat menganalisis perlunya mematuhi peraturan.
3. Peserta didik dapat mendemonstrasikan contoh norma dan pelanggaran norma di suatu tempat..
Tujuan Pembelajaran Topik C :
1. Peserta didik dapat menganalisis dampak dari sebuah pelanggaran peraturan tertulis dan tidak tertulis.
2. Peserta didik dapat menganalisis manfaat menaati peraturan.
3. Peserta didik dapat membuat mengampanyekan pentingnya menaati peraturan
Perhatikan teks berikut!
Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan kartu identitas diri yang dimiliki oleh warga negara Indonesia ketika menginjak usia 17 tahun.
- Terciptanya kehidupan harmonis di dalam masyarakat;
- Sebagai petunjuk dalam bersikap dan bertindak;
- Sebagai pengontrol sikap dan tindakan manusia;
- Sebagai alat pelindung masyarakat.
jera: kapok atau tidak ingin melakukan hal itu lagi.
1. Aturan tidak tertulis dan diakui sebagai hal yang baik untuk dilakukan disebut ...
a. adat-istiadat
b. norma
c. tata tertib
d. kesepakatan
2. Kaidah atau ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga mempengaruhi tingkah laku manusia dalam kehidupannya baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara disebut...
a. norma
b. adat istiadat
c. kepercayaan
d. kebiasaan
3. Yang bertugas menindak pelanggaran di jalan raya adalah...
a. Sekuriti
b. Polantas
c. Tentara
d. Hansip
4. Masyarakat Baduy menerapkan beberapa aturan adat yang mengatur kehidupan masyarakatnya dalam hal...
a. mempertahankan sistem adat
b. melindungi wilayah dari berbagai perubahan
c. mengatur keperluan saat masyarakat luar masuk ke wilayahnya
d. jawaban a, b benar
5. Masyarakat Lembata memiliki kebiasaan berburu paus pada bulan Mei dampai November yang sudah berlangsung selama ratusan tahun. masyarakat Lembata terletak di wilayah....
a. Nusa Tenggara Barat
b Nusa Tenggara Timur
c. Maluku
d. Papua
6. Peraturan yang dibuat oleh negara atau pengelola sebuah tempat dengan sifat memaksa merupakan ciri dari peraturan...
a. undang undang.
b. tertulis
c. tidak tertulis
d. tersirat
7. Sanksi pelanggaran peraturan tertulis adalah ...
a. sanksi ringan berupa teguran
b. sanksi berat berupa hukuman
c. sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan
d. dikucilkan
8. Peraturan yang dibuat oleh manusia dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat atau daerah setempat disebut peraturan
a. undang-undang
b. tertulis
c. tidak tertulis
d. tersirat
9. Akibat dari pelanggaran datang terlambat adalah ...
a. merugikan siswa lain yang akan menggunakan fasilitas sekolah
b. tidak punya teman karena rasa persatuan dan kesatuan berkurang
c. tidak bisa menggunakan fasilitas yang dibutuhkan
d. tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik di jam pertama
10. Seorang pelanggar lalu lintas yang kedapatan tidak memiliki SIM dan membawa STNK akan mendapatkan
a. teguran
b. himbauan
c. hukuman penjara
d. sanksi tilang sesuai perundangan yang berlaku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar