Minggu, 04 Mei 2025

Materi Ajar Kelas 4B. Senin. 5 Mei 2025

 Hari/Tanggal                     : Senin, 5 Mei 2025

Muatan  Pembelajaran      :  

1. IPAS             :  Membangun Masyarakat yang Beradab 

CP :

Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

                Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan          sehari-hari.         Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.

Di akhir fase ini, peserta didik  menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya.

Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari

TP /ATP:

Tujuan Pembelajaran Topik A :

1.  Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi norma.

2.  Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi adat istiadat.

3.  Peserta didik dapat mengidentifikasi norma atau adat istiadat yang berlaku di sekitarnya..

 

 Tujuan Pembelajaran Topik B :

1.  Peserta didik dapat membedakan peraturan tertulis dan tidak tertulis.

2.  Peserta didik dapat menganalisis perlunya mematuhi peraturan.

3.  Peserta didik dapat mendemonstrasikan contoh norma dan pelanggaran norma di suatu tempat..

 

 Tujuan Pembelajaran Topik C :

1.  Peserta didik dapat menganalisis dampak dari sebuah pelanggaran peraturan tertulis dan tidak tertulis.

2.  Peserta didik dapat menganalisis manfaat menaati peraturan.

3.  Peserta didik dapat membuat mengampanyekan pentingnya menaati peraturan



Asaalaamualaikum Wr. Wb. 

Apa kabarnya hari ini anak sholih sholihah Ibu guru, semoga semua selalu dalam keadaan sehat walafiat ya. Oke hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita ya. Nah di pembelajaran sebelumnya  kita sudah membahasa tentang "Norma dan peraturan". Pada pembelajaran hari ini ibu guru mengharapkan agar kalian dapat berliterasi dengan merangkum dan memahami isi video yang sudah ibu share.

Oke sebelum memulai pembelajaran persiapkan diri kalian dengan mandi, sarapan, sholat dhuha, murojaah dan menonton video tausiah dahulu ya sayang. Selanjutnya silahkan perhatikan materi berikut ini, tetap semangat dan jangan lupa berdoa sebelum belajar ya.



Perhatikan teks  berikut!



Awas di hukum
Setiap peraturan dibuat untuk menciptakan lingkungan yang tertib, rukun, dan harmonis. Diharapkan juga agar dapat mengurangi terjadinya perselisihan dan pertengkaran sehingga tujuan dapat tercapai. Untuk melestarikan sebuah norma maupun mengikat sebuah peraturan tertulis, manusia membuat sebuah sanksi bagi pelanggar norma maupun peraturan tertulis. Sanksi tersebut memiliki tujuan utama yaitu untuk membuat pelanggar jera sehingga tidak mengulang kembali perbuatannya. Selain itu, sanksi dibuat agar dipatuhi dan dan ditaati.

Tahukah kalian, syarat mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) diberikan pada usia berapa tahun? Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi syarat utama untuk mendapatkan SIM. Coba tanyakan pada orang dewasa di sekitar kalian, apakah mereka memiliki KTP dan SIM? Mengapa semua orang dewasa memiliki KTP, namun tidak semua memiliki SIM? Tentu saja karena berkaitan dengan peraturan.
Melanggar Aturan
Peraturan dibuat oleh negara dengan tujuan untuk menciptakan kehidupan yang tertib. Untuk membuat SIM ada aturan batas usia minimal. Tujuannya adalah untuk membatasi agar pengemudi kendaraan bermotor merupakan orang yang sudah bisa bertanggung jawab secara hukum.

Begitu pun peraturan yang ada di rumah, sekolah, dan di tempat tinggal kita. Semua bertujuan untuk menciptakan ketertiban. Ketertiban menciptakan hidup menjadi lebih tenang, aman, dan nyaman untuk beraktivitas. Dengan kata lain, ketertiban menciptakan masyarakat yang beradab.

Kosakata Baru
Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan kartu identitas diri yang dimiliki oleh warga negara Indonesia ketika menginjak usia 17 tahun.


Belajar Lebih Lanjut
Apa yang akan terjadi jika sebuah wilayah atau tempat tidak memiliki aturan? Mungkin saja kehidupan masyarakat menjadi tidak teratur. Setiap orang akan melakukan segala sesuatu yang mereka inginkan. Oleh karena itu norma perlu dibuat agar: 
  1. Terciptanya kehidupan harmonis di dalam masyarakat;
  2. Sebagai petunjuk dalam bersikap dan bertindak;
  3. Sebagai pengontrol sikap dan tindakan manusia;
  4. Sebagai alat pelindung masyarakat.

Namun, terkadang masih saja terlihat seseorang yang melakukan pelanggaran terhadap aturan. Oleh karena itu, sanksi bertujuan untuk membuat orang yang melanggar aturan menjadi jera. Adapun beberapa sanksi bagi seseorang yang melakukan pelanggaran norma maupun peraturan tertulis.

Kosakata Baru
jera: kapok atau tidak ingin melakukan hal itu lagi.
1. Sanksi pelanggaran norma; 
a. dikucilkan;
b. merasa malu;
c. penyesalan. 

2. Sanksi pelanggaran peraturan tertulis;
a. hukuman denda;
b. hukuman penjara.


TUGAS:
Catatlah rangkuman materi pada video berikut ini, tulislah rangkuman tulisanmu, dengan rapi dan jelas! Rangkuman akan dikumpulkan saat masuk sekolah pada tanggal 13 Mei 2025






Setelah mencatat dan meyimak video di atas kerjakan latihan berikut ini!
tulis jawabannya saja dan kumpulkan ke gurumu melalui aplikasi whatsapp!

LATIHAN IPAS


1. Aturan tidak tertulis dan diakui sebagai hal yang baik untuk dilakukan disebut ...

a. adat-istiadat

b. norma

c. tata tertib

d. kesepakatan



2. Kaidah atau ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga mempengaruhi tingkah laku manusia dalam kehidupannya baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara disebut...

a. norma

b. adat istiadat

c. kepercayaan

d. kebiasaan


3. Yang bertugas menindak pelanggaran di jalan raya adalah...

a. Sekuriti

b. Polantas

c. Tentara

d. Hansip


4. Masyarakat Baduy menerapkan beberapa aturan adat yang mengatur kehidupan masyarakatnya dalam hal...

a. mempertahankan sistem adat

b. melindungi wilayah dari berbagai perubahan

c. mengatur keperluan saat masyarakat luar masuk ke wilayahnya

d. jawaban a, b benar


5. Masyarakat Lembata memiliki kebiasaan berburu paus pada bulan Mei dampai November yang sudah berlangsung selama ratusan tahun. masyarakat Lembata terletak di wilayah....

a. Nusa Tenggara Barat

b Nusa Tenggara Timur

c. Maluku

d. Papua



6. Peraturan yang dibuat oleh negara atau pengelola sebuah tempat dengan sifat memaksa merupakan ciri dari peraturan...

a. undang undang.

b. tertulis

c. tidak tertulis

d. tersirat



7. Sanksi pelanggaran peraturan tertulis adalah ...

a. sanksi ringan berupa teguran

b. sanksi berat berupa hukuman

c. sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan

d. dikucilkan


8. Peraturan yang dibuat oleh manusia dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat atau daerah setempat disebut peraturan

a. undang-undang

b. tertulis

c. tidak tertulis

d. tersirat


9. Akibat dari pelanggaran datang terlambat adalah ...

a. merugikan siswa lain yang akan menggunakan fasilitas sekolah

b. tidak punya teman karena rasa persatuan dan kesatuan berkurang

c. tidak bisa menggunakan fasilitas yang dibutuhkan

d. tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik di jam pertama


10. Seorang pelanggar lalu lintas yang kedapatan tidak memiliki SIM dan membawa STNK akan mendapatkan

a. teguran

b. himbauan

c. hukuman penjara

d. sanksi tilang sesuai perundangan yang berlaku








Nah demikian pembelajaran kita hari ini, ibu guru harap kalian dapat memahami pembelajaran hari ini. 
Tetap semangat sayang, semoga selalu dilimpahi kesehatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi Kisi Kelas 4B. Selasa, 3 Juni 2025

  Hari/ Tanggal      : Selasa, 3 Juni 2025 Materi               : Kisi-kisi bahasa inggris Kelas                   : VI (Empat) Assalamualai...