Kamis, 14 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Jumat, 15 Agustus 2025

 Materi Ajar              : Jumat, 15 Agustus 2025

Hari/Tanggal                   :  Jumat, 15 Agustus 2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. Pancasila                        : Menghargai Perbedaan Identitas Masyarakat Indonesia  

Capaian Pembelajaran       :

Pada fase ini, peserta didik menghargai perbedaan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya; bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan; mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman yang terikat persatuan dan kesatuan; melaksanakan aturan, hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan lingkungan tempat tinggal; dan menerapkan makna sila-sila Pancasila dan meneladani karakter para perumus Pancasila


Tujuan Pembelajaran         :               
Murid dapat mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat. 

Pancasila

1. Mengenal Keragaman Identitas Masyarakat Indonesia: Siswa belajar tentang keragaman suku bangsa, agama, budaya, dan bahasa di Indonesia.

2. Pentingnya Toleransi: Siswa memahami bahwa toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati perbedaan.

3. Cara Mengembangkan Sikap Toleransi: Siswa belajar cara mengembangkan sikap toleransi, seperti:

- Menghormati perbedaan agama dan kepercayaan

- Menghargai budaya dan tradisi lain

- Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan identitas

4. Contoh Sikap Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari: Siswa mempelajari contoh-contoh sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

- Mengucapkan salam kepada teman yang berbeda agama

- Mengikuti kegiatan keagamaan teman yang berbeda agama

- Menghargai dan menghormati budaya lain

5. Manfaat Toleransi: Siswa memahami bahwa toleransi dapat membawa manfaat, seperti:

- Meningkatkan kerukunan dan persatuan

- Membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain

- Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menghargai perbedaan

Kegiatan Pembelajaran:

- Diskusi tentang keragaman identitas masyarakat Indonesia

- Contoh kasus tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari

- Kegiatan gotong royong untuk memupuk kerja sama dan persatuan

Dengan memahami materi ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan identitas masyarakat Indonesia.

2. Seni Rupa                      : Memanfaatkan Sampah Plastik 

Capaian Pembelajaran        :
Pada akhir fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

Tujuan Pembelajaran         :
1. Mengenal konsep seni rupa yang berkelanjutan
2. Memahami cara memanfaatkan sampah plastik sebagai bahan seni
3. Mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan karya seni dari sampah plastik


1. Pengenalan tentang sampah plastik dan dampaknya terhadap lingkungan

2. Teknik-teknik pengolahan sampah plastik menjadi karya seni

3. Contoh-contoh karya seni yang memanfaatkan sampah plastik

4. Proses kreatif dalam menciptakan karya seni dari sampah plastik

 

Aktivitas Pembelajaran:

1. Membuat karya seni dari sampah plastik (misalnya, patung, mozaik, kerajinan tangan)

2. Diskusi tentang pentingnya pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan

3. Presentasi karya seni yang dibuat oleh siswa

 

Penilaian:

1. Kreativitas dan inovasi dalam menciptakan karya seni

2. Keterampilan teknis dalam mengolah sampah plastik

3. Pemahaman tentang konsep seni rupa yang berkelanjutan Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami pentngnya mengelola sampah plastik dan  mengembangkan kreativitas dalam menciptakan karya seni yang unik dan bermakna. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Jumat, 24 Oktober 2025

Materi Ajar                   : Jumat, 24 Oktober 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 24 Oktober 2025 Kelas                       ...