Materi Ajar : Kamis, 21 Agustus 2025
Hari/Tanggal : Kamis, 21 Agustus 2025
Kelas : IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Pendidikan antikorupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi.
Pendidikan anti korupsi adalah program pendidikan tentang korupsi yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian warganegara terhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi.
Pendidikan anti korupsi diberikan agar terciptanya generasi muda yang dengan sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan juga mengetahui sanksi-sanksi yang akan diterima jika seseorang melakukan korupsi.
Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
2. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
MATERI AJAR MATEMATIKA
Arti komposisi dalam Matematika adalah menyusun. Berdasarkan arti tersebut, dapat diketahui bahwa komposisi bilangan cacah merujuk pada kegiatan menyusun bilangan nol sampai dengan bilangan tak terhingga.
Komposisi dan dekomposisi bilangan adalah dua konsep dasar dalam matematika yang berkaitan dengan penyusunan dan pemecahan bilangan. Komposisi bilangan adalah proses menggabungkan angka-angka untuk membentuk bilangan yang lebih besar, sedangkan dekomposisi bilangan adalah proses memecah bilangan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
Komposisi Bilangan:
Pengertian:
Komposisi bilangan adalah menyusun atau menggabungkan angka-angka untuk membentuk bilangan yang lebih besar
Contoh:
Jika kita memiliki angka 200, 30, dan 5, maka komposisi bilangan tersebut adalah 235
Dekomposisi Bilangan:
Pengertian:
Dekomposisi bilangan adalah memecah atau menguraikan bilangan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, biasanya berdasarkan nilai tempatnya (satuan, uluhan, ratusan, ribuan, dst)
Memahami Nilai Tempat:
Komposisi dan dekomposisi membantu siswa memahami nilai tempat pada langan, seperti satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan
Mempermudah Perhitungan:
Dengan memahami dekomposisi, siswa dapat lebih mudah melakukan operası ratung seperti penjumlahan dan pengurangan, terutama pada bilangan yang lebih besar
Contoh Soal:
Komposisi: Jika ada 3 ratusan, 5 puluhan, dan 2 satuan, maka bilangan tersebut adalah 352
Dekomposisi: Jika ada bilangan 1 234, maka dekomposisinya adalah 1.000-200+30+4
Manfaat Komposisi dan Dekomposisi
Latihan
1) 1 ribuan + 4 ratusan 3 puluhan 6 satuan =
2) 2 ribuan 5 ratusan + 2 puluhan + 7 satuan =
3) 1 ribuan 1 ratusan 9 puluhan 3 satuan =
4) 2 ribuan 4 ratusan 8 puluhan 6 satuan =
5) 3 ribuan + 1 ratusan + 6 puluhan + 5 satuan =
6) 3 ribuan + 5 ratusan + 7 puluhan + 0 satuan =
7) 4 ribuan + 6 ratusan + 0 puluhan + 2 satuan =
8) 4 ribuan + 9 ratusan + 1 puluhan + 4 satuan =
9) 5 ribuan + 7 ratusan + 2 puluhan + 6 satuan =
10) 5 ribuan + 0 ratusan + 4 puluhan + 5 satuan =
11) 5 ribuan + 1 ratusan + 5 puluhan + 9 satuan =
12) 6 ribuan + 2 ratusan + 3 puluhan + 8 satuan =
13) 6 ribuan + 0 ratusan + 7 puluhan + 1 satuan =
14) 6 ribuan + 7 ratusan + 0 puluhan + 3 satuan =
15) 7 ribuan + 6 ratusan + 3 puluhan + 4 satuan =
16) 7 ribuan + 5 ratusan + 2 puluhan + 8 satuan =
17) 7 ribuan + 0 ratusan + 1 puluhan + 9 satuan =
18) 8 ribuan + 9 ratusan + 7 puluhan + 1 satuan =
19) 8 ribuan + 8 ratusan + 9 puluhan + 5 satuan =
20) 8 ribuan + 3 ratusan + 6 puluhan + 7 satuan =
21) 8 ribuan + 4 ratusan + 7 puluhan + 6 satuan =
22) 9 ribuan + 0 ratusan + 5 puluhan + 9 satuan =
23) 9 ribuan + 1 ratusan + 0 puluhan + 5 satuan =
24) 9 ribuan + 7 ratusan + 2 puluhan + 3 satuan =
25) 9 ribuan + 8 ratusan + 4 puluhan + 2 satuan =
- Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif dan intransitif
Menyimak:
1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Membaca dan memirsa:
3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar
5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.
Berbicara dan mempresentasikan:
7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.
9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.
Menulis:
10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.
11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.
12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar