Kamis, 31 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Jumat, 1 Agustus 2025

 Materi Ajar              : Jumat, 1 Agustus 2025

Hari/Tanggal                   :  Jumat, 1 Agustus 2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. Pancasila                        : Lingkungan Sekitar 

Capaian Pembelajaran       :
- Mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal RT, RW, desa atau keluarahan, dan kecamatan) sebagai bagian wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran         :               
- Peserta didik mampu mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas masyrakat sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama, dan kepercayaannya. 
-  Peserta didik mampu mengenal dan mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila

1. Pengertian Keberagaman Budaya Keberagaman budaya adalah perbedaan budaya yang ada di dalam masyarakat, seperti perbedaan bahasa, adat istiadat, tradisi, dan lain-lain.

2. Contoh Keberagaman Budaya di Lingkungan Sekitar

- Perbedaan bahasa daerah

- Perbedaan adat istiadat

- Perbedaan tradisi

- Perbedaan makanan khas

3. Menghargai dan Menghormati Keberagaman Budaya

- Menghormati perbedaan budaya orang lain

- Menghargai keunikan budaya masing-masing

- Berpartisipasi dalam kegiatan budaya yang beragam

4. Manfaat Menghargai Keberagaman Budaya

- Meningkatkan toleransi dan kerukunan

- Meningkatkan kesadaran akan keunikan budaya masing-masing

- Meningkatkan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain dari latar belakang budaya yang berbeda

Aktivitas Pembelajaran :

1. Diskusi Kelompok: Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan contoh-contoh keberagaman budaya di lingkungan sekitar.

2. Presentasi: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka tentang contoh-contoh keberagaman budaya di lingkungan sekitar.

3. Kegiatan Menghargai Keberagaman Budaya : Siswa dapat melakukan kegiatan yang menghargai keberagaman budaya, seperti membuat makanan khas dari daerah lain, atau menampilkan tarian tradisional dari daerah lain.

Penilaian :

- Partisipasi siswa dalam diskusi kelompok dan presentasi

- Kemampuan siswa untuk mengidentifikasi contoh-contoh keberagaman budaya di lingkungan sekitar

- Kemampuan siswa untuk menghargai dan menghormati keberagaman budaya di lingkungan sekitar

Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan menghargai keberagaman budaya di lingkungan sekitar, serta meningkatkan toleransi dan kerukunan di masyarakat.




Identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal mencakup berbagai aspek yang membuat suatu kelompok masyarakat unik. Ini termasuk bahasa, agama, suku, adat istiadat, tradisi, serta nilai-nilai dan norma yang dianut bersama. Mengenali dan memahami identitas ini penting untuk membangun kerukunan, toleransi, dan kerjasama di tengah keberagaman

Dengan memahami dan menghargai identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik, memperkuat persatuan, dan menciptakan lingkungan yang harmonis dan inklusif

perhatikan video pembelajaran berikut ini :

Identitas Masyarakat 

 


2. Seni Rupa                      : Menggambar Rumah Tetangga

Capaian Pembelajaran        :
Pada akhir fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

Tujuan Pembelajaran         :
Peserta didik dapat mengenal lingkungan sosial dan fisik (arsitektur rumah) dan sekitar (tetangga) 








 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Jumat, 24 Oktober 2025

Materi Ajar                   : Jumat, 24 Oktober 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 24 Oktober 2025 Kelas                       ...