Materi Ajar : Rabu, 30 Juli 2025
Hari/Tanggal : Rabu, 30 Juli 2025
Kelas : IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
- Peserta didik dapat memahami berbagai jenis transformasi energi.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi
dalam kehidupan sehari hari
1. Transformasi Energi Kimia:
- Baterai menjadi energi listrik
- Makanan menjadi energi gerak
2. Transformasi Energi Listrik:
- Listrik menjadi energi cahaya (lampu)
- Listrik menjadi energi panas (setrika)
3. Transformasi Energi Mekanik:
- Energi gerak menjadi energi listrik (generator)
- Energi gerak menjadi energi suara (speaker)
4. Transformasi Energi Panas:
- Energi panas menjadi energi listrik (PLTU)
- Energi panas menjadi energi gerak (mesin uap)
5. Transformasi Energi Cahaya:
- Cahaya matahari menjadi energi listrik (panel surya)
- Cahaya menjadi energi kimia (fotosintesis)
Aktivitas Pembelajaran:
1. Pengamatan: Siswa mengamati contoh-contoh transformasi
energi di sekitar mereka.
2. Diskusi: Siswa berdiskusi tentang berbagai jenis
transformasi energi dan contoh-contohnya.
3. Percobaan: Siswa melakukan percobaan untuk
mengidentifikasi transformasi energi.
Penilaian:
- Kemampuan siswa dalam memahami berbagai jenis transformasi
energi.
- Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh
transformasi energi.
Tips:
- Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan
sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.
- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar untuk meningkatkan kesadaran tentang transformasi energi.
Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan
mengidentifikasi berbagai jenis transformasi energi dalam kehidupan
sehari-hari.
Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
2. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
MATERI AJAR MATEMATIKA
Bilangan Cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan seterusnya:
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, …
Dalam sebuah bilangan, setiap angka memiliki:
Nilai Tempat → posisi angka dalam bilangan (satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dst)
Nilai Angka → nilai sebenarnya dari angka tersebut sesuai posisi tempatnya
NILAI TEMPAT
Nilai tempat menunjukkan posisi angka dalam bilangan. Berikut urutan nilai tempat dari kanan ke kiri
| Posisi | Nama Tempat |
|---|---|
| Angka ke-1 | Satuan |
| Angka ke-2 | Puluhan |
| Angka ke-3 | Ratusan |
| Angka ke-4 | Ribuan |
| Angka ke-5 | Puluh Ribu |
| Angka ke-6 | Ratus Ribu |
| Angka ke-7 | Jutaan |
MEMBANDINGKAN BILANGAN CACAH
Cara Membandingkan:
Lihat jumlah angka (digit)
Bilangan yang digitnya lebih banyak biasanya lebih besar.
Contoh: 456 > 78
Jika digit sama, bandingkan dari kiri ke kanan
Bandingkan angka dari nilai tempat tertinggi (ratusan, puluhan, satuan).
Contoh:
352 dan 328Sama-sama 3 ratusan → bandingkan puluhan: 5 > 2 → jadi 352 > 328
Simbol Perbandingan:
> (lebih besar dari)
< (lebih kecil dari)
= (sama dengan)
Contoh Soal:
340 ___ 298 → 340 > 298
785 ___ 785 → 785 = 785
120 ___ 150 → 120 < 150
MENGURUTKAN BILANGAN CACAH
1. Dari KECIL ke BESAR (Naik / Ascending):
Urutkan dari bilangan yang paling kecil ke paling besar.
Contoh:
Urutkan: 432, 219, 101, 850
Jawaban: 101, 219, 432, 850
2. Dari BESAR ke KECIL (Turun / Descending):
Urutkan dari bilangan yang paling besar ke paling kecil.
Contoh:
Urutkan: 125, 487, 391, 74
Jawaban: 487, 391, 125, 74
LATIHAN SOAL
A. Berilah tanda <, >, atau = pada perbandingan berikut:
456 ___ 654
789 ___ 789
998 ___ 889
310 ___ 301
1.000 ___ 999
B. Urutkan bilangan berikut dari KECIL ke BESAR:
345, 123, 567, 234
765, 543, 678, 345
890, 120, 999, 300
C. Urutkan bilangan berikut dari BESAR ke KECIL:
111, 999, 444, 222
800, 700, 600, 900
150, 250, 50, 350
1. Apa itu Kamus? Kamus adalah buku yang berisi daftar
kata-kata beserta artinya.
2. Fungsi Kamus: Kamus membantu kita memahami kata-kata yang
tidak familiar, sehingga kita dapat memahami teks atau percakapan dengan lebih
baik.
3. Cara Menggunakan Kamus:
- Cari kata yang ingin dicari artinya di kamus.
- Perhatikan abjad kata yang ingin dicari.
- Cari kata yang sesuai dengan abjad yang dicari.
- Baca arti kata yang sesuai.
Aktivitas Pembelajaran:
1. Mencari Arti Kata: Siswa mencari arti kata-kata yang
tidak familiar di kamus.
2. Menggunakan Kamus: Siswa menggunakan kamus untuk mencari
arti kata-kata dalam teks atau percakapan.
3. Permainan Kamus: Siswa bermain permainan kamus untuk
meningkatkan kemampuan menggunakan kamus.
Untuk lebih memahami tentang materi hari ini :
Buka link berikut ini Cara Menggunakan Kamus

Tidak ada komentar:
Posting Komentar