Selasa, 29 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Rabu, 30 Juli 2025

 Materi Ajar              : Rabu, 30 Juli 2025

Hari/Tanggal                   :  Rabu, 30 Juli 2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. IPAS                     :  Ragam Transformasi Energi  

Tujuan Pembelajaran (TP) : 

- Peserta didik dapat memahami berbagai jenis transformasi energi.

- Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi dalam kehidupan sehari hari 


IPAS 

1. Transformasi Energi Kimia:

- Baterai menjadi energi listrik

- Makanan menjadi energi gerak

2. Transformasi Energi Listrik:

- Listrik menjadi energi cahaya (lampu)

- Listrik menjadi energi panas (setrika)

3. Transformasi Energi Mekanik:

- Energi gerak menjadi energi listrik (generator)

- Energi gerak menjadi energi suara (speaker)

4. Transformasi Energi Panas:

- Energi panas menjadi energi listrik (PLTU)

- Energi panas menjadi energi gerak (mesin uap)

5. Transformasi Energi Cahaya:

- Cahaya matahari menjadi energi listrik (panel surya)

- Cahaya menjadi energi kimia (fotosintesis)

Aktivitas Pembelajaran:

1. Pengamatan: Siswa mengamati contoh-contoh transformasi energi di sekitar mereka.

2. Diskusi: Siswa berdiskusi tentang berbagai jenis transformasi energi dan contoh-contohnya.

3. Percobaan: Siswa melakukan percobaan untuk mengidentifikasi transformasi energi.

Penilaian:

- Kemampuan siswa dalam memahami berbagai jenis transformasi energi.

- Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi.

Tips:

- Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.

- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar untuk meningkatkan kesadaran tentang transformasi energi.

Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan mengidentifikasi berbagai jenis transformasi energi dalam kehidupan sehari-hari.

 2. Matematika                         
Tujuan Pembelajaran     : 

Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.  Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

2.  Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

MATERI AJAR MATEMATIKA

Bilangan Cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan seterusnya:
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, …

Dalam sebuah bilangan, setiap angka memiliki:

  • Nilai Tempat → posisi angka dalam bilangan (satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dst)

  • Nilai Angka → nilai sebenarnya dari angka tersebut sesuai posisi tempatnya


NILAI TEMPAT

Nilai tempat menunjukkan posisi angka dalam bilangan. Berikut urutan nilai tempat dari kanan ke kiri

PosisiNama Tempat
Angka ke-1                            Satuan
Angka ke-2Puluhan
Angka ke-3Ratusan
Angka ke-4Ribuan
Angka ke-5Puluh Ribu
Angka ke-6Ratus Ribu
Angka ke-7Jutaan

MEMBANDINGKAN BILANGAN CACAH

Cara Membandingkan:

  1. Lihat jumlah angka (digit)

    • Bilangan yang digitnya lebih banyak biasanya lebih besar.
      Contoh: 456 > 78

  2. Jika digit sama, bandingkan dari kiri ke kanan

    • Bandingkan angka dari nilai tempat tertinggi (ratusan, puluhan, satuan).
      Contoh:
      352 dan 328

      • Sama-sama 3 ratusan → bandingkan puluhan: 5 > 2 → jadi 352 > 328

Simbol Perbandingan:

  • > (lebih besar dari)

  • < (lebih kecil dari)

  • = (sama dengan)

Contoh Soal:

  1. 340 ___ 298 → 340 > 298

  2. 785 ___ 785 → 785 = 785

  3. 120 ___ 150 → 120 < 150


MENGURUTKAN BILANGAN CACAH

1. Dari KECIL ke BESAR (Naik / Ascending):

  • Urutkan dari bilangan yang paling kecil ke paling besar.
    Contoh:
    Urutkan: 432, 219, 101, 850
    Jawaban: 101, 219, 432, 850

2. Dari BESAR ke KECIL (Turun / Descending):

  • Urutkan dari bilangan yang paling besar ke paling kecil.
    Contoh:
    Urutkan: 125, 487, 391, 74
    Jawaban: 487, 391, 125, 74


LATIHAN SOAL

A. Berilah tanda <, >, atau = pada perbandingan berikut:

  1. 456 ___ 654

  2. 789 ___ 789

  3. 998 ___ 889

  4. 310 ___ 301

  5. 1.000 ___ 999

B. Urutkan bilangan berikut dari KECIL ke BESAR:

  1. 345, 123, 567, 234

  2. 765, 543, 678, 345

  3. 890, 120, 999, 300

C. Urutkan bilangan berikut dari BESAR ke KECIL:

  1. 111, 999, 444, 222

  2. 800, 700, 600, 900

  3. 150, 250, 50, 350


3. Bahasa Indonesia       :  Menggunakan Kamus 

Tujuan Pembelajaran     : 

- melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, myimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali kesimpulannya.

Alur Tujuan Pembelajaran:
-Peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok(gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) 

Capaian Pembelajaran   : 
- Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan dari media audio. 
 
Materi Ajar :
- Menggunakan Kamus

1. Apa itu Kamus? Kamus adalah buku yang berisi daftar kata-kata beserta artinya.

2. Fungsi Kamus: Kamus membantu kita memahami kata-kata yang tidak familiar, sehingga kita dapat memahami teks atau percakapan dengan lebih baik.

3. Cara Menggunakan Kamus:

- Cari kata yang ingin dicari artinya di kamus.

- Perhatikan abjad kata yang ingin dicari.

- Cari kata yang sesuai dengan abjad yang dicari.

- Baca arti kata yang sesuai.

 

Aktivitas Pembelajaran:

 

1. Mencari Arti Kata: Siswa mencari arti kata-kata yang tidak familiar di kamus.

2. Menggunakan Kamus: Siswa menggunakan kamus untuk mencari arti kata-kata dalam teks atau percakapan.

3. Permainan Kamus: Siswa bermain permainan kamus untuk meningkatkan kemampuan menggunakan kamus.

 

Untuk lebih memahami tentang materi hari ini :

Buka link berikut ini Cara Menggunakan Kamus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Jumat, 24 Oktober 2025

Materi Ajar                   : Jumat, 24 Oktober 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 24 Oktober 2025 Kelas                       ...