Materi Ajar : Kamis, 31 Juli 2025
Hari/Tanggal : Kamis, 31 Juli 2025
Kelas : IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Pendidikan antikorupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi.
Pendidikan anti korupsi adalah program pendidikan tentang korupsi yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian warganegara terhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi.
Pendidikan anti korupsi diberikan agar terciptanya generasi muda yang dengan sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan juga mengetahui sanksi-sanksi yang akan diterima jika seseorang melakukan korupsi.
Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
2. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
MATERI AJAR MATEMATIKA
Dalam subbab ini, siswa diharapkan dapat membandingkan dua
bilangan 4 digit Untuk membandingkan angka empat digit pertama-tama bandingkan
angka-angka dalam nilai tempat ribuan.
Jika angka-angka pada tempat ribuan sama, bandingkantah
angka-angka pada tempat ratusan
Jika angka-angka pada tempat ratusan sama, bandingkanlah
angka-angka pada tempat puluhan.
Jika angka pada tempat puluhan sama, bandingkan dengan angka
pada tempat satuan
Contoh pertanyaan:
Bandingkan angka-angka berikut dan temukan yang lebih besar!
5.734 dan 4.312? 5.734
5.614 dan 5.368? 5.614
7.124 dan 7.197? 7.197
Tanda (>) menunjukkan lebih besar dari, tanda (<)
menunjukkan lebih kecil dari, sedangkan tanda(=) menunjukkan nilai sama dengan
Isilah kotak berikut dengan tanda ">",
"<", atau "="l
a. 4,435 > 3,345
b. 9.999 > 9.998
c. 1.001 < 1.002
d. 8,765 = 8,765
e. 4.567 < 5.787
f. 7.654 < 7,777
Menyimak:
1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan
lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau
didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang
dibacakan atau dari media audio.
Membaca dan memirsa:
3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi
huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca
atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar
5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang
kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau
elektronik.
6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada
teks informatif dan teks narasi.
Berbicara dan mempresentasikan:
7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap
tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai
konteks.
8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan
dan diskusi sesuai tata cara.
9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang
dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan
sekitar.
Menulis:
10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian
kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.
11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan
kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan
konteks.
12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan
tegak bersambung.
Punya buku kamus di rumah?
Kamus merupakan buku acuan yang membantu kita menemukan
berbagai kata beserta penjelasan, cara pelafalan, ejaan, bahkan contoh
penggunaannya dalam kalimat
Biasanya, kamus dipakai saat ingin mempelajari suatu bahasa.
Bagi anak-anak, kamus bisa merangsang kemampuan bahasanya, baik untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia atau bahasa asing.
Dalam satu halamannya saja, anak bisa menemukan banyak
kosakata baru dan ini merupakan hal baik untuk menambah perbendaharaan kata si
kecil.
Untuk membantunya belajar lewat buku kamus, berikut beberapa
cara yang bisa diterapkan. Yuk simak informasinyal
1. Tentukan Kata yang Ingin Dicari Maknanya
Sebagai awal, anda bisa memancing eksplorasi anak untuk
mempelajari kamus dengan cara menentukan kata apa yang ingin diketahui artinya
Coba tanyakan pada anak, apakah selama ini ia pernah
menemukan kata-kata yang belum diketahui artinya? Atau, pelafalan kata yang
masih membuatnya bingung?
Kalau sudah tau kata apa yang membuatnya penasaran, anak
akan semakin tertarik untuk belajar menggunakan kamus.
Pastikan mencarinya dalam bentuk kata dasar tanpa imbuhan.
Misalnya, anak penasaran artinya kata memangkas, maka terangkan kalau memangkas
berasal dari kata pangkas. Setelah itu, cari makna kata pangkas di kamus.
2. Cari Sesuai Huruf Pertama dalam Kata
Setiap kata di buku kamus disusun secara sistematis sesuai
urutan alfabet. Dari kata yang sudah ditentukan, kamu bisa mengajak anak untuk
mencari kata menurut huruf pertamanya.
Contohnya, anak ingin mencari kata "lari". Arahkan
dia untuk langsung membuka halaman kamus huruf “L”
Umumnya, buku kamus memberikan tanda huruf pertama di bagian
pinggir halaman, jadi ini cukup memudahkan para pembacanya.
3. Temukan Kata dengan Membaca Cepat
Setelah anak membuka kamus sesuai huruf pertama kata yang
dicari, selanjutnya tidak perlu bingung untuk membaca semua kata di halaman
itu. Agar mempersingkat pencarian, kamu belajar untuk melanjutkan mencari kata
berdasarkan huruf kedua.
Misalnya, anak hendak mencari kata "getah".
Setelah halaman huruf "G" dibuka, bombing anak untuk melanjutkan
menemukan gabungan huruf G dan E. Selanjutnya, cari kata dengan menambahkan
huruf ketiga dan seterusnya Metode membaca cepat atau memindai ini akan
mempermudah kita menelusuri
kamus
4. Pahami Kata Tersebut Sesuai Penjelasan Kamus
Setelah menemukan kata yang dicari, pahamilah penjelasan
yang dijabarkan kamus. Anak bisa memperoleh pengetahuan lebih mengenai arti
sebenarnya dari kata yang dicari, cara pelafalan yang benar, bahkan biasanya
kamus juga memberikan contoh kalimat

Tidak ada komentar:
Posting Komentar