Materi Ajar : Jumat, 24 Oktober 2025
Hari/Tanggal : Jumat, 24 Oktober 2025
Kelas : IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Aturan di Lingkungan Sekitar
1. Pentingnya Aturan: Aturan dibuat untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan bersama di lingkungan sekitar seperti rumah, sekolah, dan masyarakat.
2. Contoh Aturan di Lingkungan:
- Di sekolah: Mengikuti aturan berpakaian, menghormati guru, tidak berbuat gaduh di kelas.
- Di rumah: Membantu orang tua, menjaga kebersihan, tidak membuat keributan.
- Di masyarakat: Menghormati tetangga, menjaga kebersihan lingkungan, mengikuti aturan lalu lintas.
Nilai-nilai Pancasila yang Terkait
1. Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa (menghormati aturan sebagai bentuk ketaatan pada nilai-nilai ketuhanan).
2. Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (menghargai hak dan kewajiban diri sendiri dan orang lain).
3. Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (menjaga keadilan dan ketertiban untuk kebaikan bersama).
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat Mengetahui teknik pembuatan tekstur
https://youtu.be/9Fqf3fbi7b4?si=_tsuwWqldE_BPvIi
Pengertian Tekstur
- Tekstur adalah kualitas permukaan suatu benda yang dapat
dirasakan melalui sentuhan atau penglihatan.
- Tekstur dapat mempengaruhi kesan dan emosi yang
ditimbulkan oleh suatu karya seni.
Jenis-Jenis Tekstur
- Tekstur nyata (tekstur aktual): tekstur yang dapat
dirasakan melalui sentuhan, seperti kasar, halus, atau lembut.
- Tekstur visual (tekstur ilusi): tekstur yang hanya dapat
dilihat, tetapi tidak dapat dirasakan melalui sentuhan, seperti tekstur yang
dihasilkan melalui teknik lukisan atau cetak.
Contoh Tekstur dalam Seni Rupa
- Tekstur kasar: dapat dihasilkan melalui penggunaan bahan
seperti pasir, batu, atau kayu.
- Tekstur halus: dapat dihasilkan melalui penggunaan bahan
seperti kertas, kain, atau cat yang diaplikasikan dengan halus.
- Tekstur lembut: dapat dihasilkan melalui penggunaan bahan
seperti bulu, wol, atau kain yang lembut.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pengenalan konsep tekstur dan jenis-jenis tekstur.
2. Eksperimen dengan berbagai bahan untuk menciptakan
tekstur yang berbeda.
3. Membuat karya seni yang menggunakan tekstur sebagai
elemen utama.
4. Diskusi tentang peran tekstur dalam karya seni dan
bagaimana tekstur dapat mempengaruhi kesan dan emosi.
Manfaat Pembelajaran
- Siswa dapat memahami konsep tekstur dan jenis-jenis
tekstur dalam seni rupa.
- Siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk menciptakan
tekstur yang berbeda melalui eksperimen dengan berbagai bahan.
- Siswa dapat meningkatkan kesadaran tentang peran tekstur
dalam karya seni dan bagaimana tekstur dapat mempengaruhi kesan dan emosi.
Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan
kemampuan mereka dalam menciptakan karya seni yang menggunakan tekstur sebagai
elemen utama dan mengembangkan kesadaran tentang peran tekstur dalam karya
seni.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar