Materi
Ajar : Rabu 15 Oktober 2025
Hari/Tanggal :
Rabu 15 Oktober 2025
Kelas
: IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar
anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita
awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa
tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu,
murojaah, sholat sunah Dhuha.
KISI-KISI
SOAL SUMATIF
TENGAH SEMESTER
(STS)
SEMESTER
1 TAHUN AJARAN 2025/2026
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas / Semester / Fase :
IV
/ 1 / B
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Jumlah Soal : 50 Soal
Tahun Pelajaran : 2025/202
No |
Kompetensi Dasar /
Tujuan Pembelajaran |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
Level Kognitif |
1 |
Mengenal
unsur rupa (garis, bentuk, warna, tekstur) |
Unsur
rupa |
Menyebutkan
unsur rupa yang digunakan dalam menggambar rumah |
Pilihan
Ganda |
1,
8, 25 |
C1 |
2 |
Mengidentifikasi
macam-macam garis |
Garis
lurus, miring, lengkung, zig-zag |
Menentukan
jenis garis sesuai gambar atau fungsi |
Pilihan
Ganda |
2,
3, 4, 7 ,
16, 20 |
C2 |
3 |
Menggambar
rumah berdasarkan pengamatan |
Gambar
rumah tetangga |
Menentukan
objek dan bagian rumah berdasarkan bentuk geometris |
Pilihan
Ganda |
5,
6, 15, 23, 24, 35 |
C3 |
4 |
Menjelaskan
pengertian tekstur |
Tekstur
nyata dan semu |
Membedakan
tekstur yang dapat diraba dan tidak dapat diraba |
Pilihan
Ganda |
9,
19, 27, 31, 34 |
C2 |
5 |
Membuat
karya daur ulang dari bahan bekas |
Daur
ulang plastik |
Mengidentifikasi
manfaat dan contoh karya dari sampah plastik |
Pilihan
Ganda |
10,
11, 12, 13, 14, 17, 18, 21, 22, 26, 28, 29, 30, 32, 33 |
C2–C3 |
6 |
Menjelaskan
tujuan kegiatan menggambar |
Tujuan
menggambar rumah |
Menyebutkan
manfaat menggambar bagi siswa |
Pilihan
Ganda |
35 |
C1 |
7 |
Mengingat
pengetahuan dasar seni rupa |
Unsur
dasar |
Menyebutkan
unsur dasar seni rupa |
Isian |
1,
2, 3 |
C1 |
8 |
Menghubungkan
konsep seni rupa dengan lingkungan |
Sampah
plastik dan tekstur |
Menjelaskan
jenis sampah dan manfaat daur ulang |
Isian |
4,
5, 6, 7, 8, 9, 10 |
C2–C3 |
9 |
Menjelaskan
perbedaan tekstur |
Tekstur
nyata dan semu |
Menjelaskan
perbedaan tekstur berdasarkan sifatnya |
Essay |
1 |
C4 |
10 |
Menyadari
pentingnya daur ulang |
Daur
ulang plastik |
Menjelaskan
alasan pentingnya mendaur ulang sampah plastik |
Essay |
2 |
C4 |
11 |
Membuat
karya sederhana dari bahan bekas |
Daur
ulang plastik |
Menj elaskan langkah-langkah membuat karya
dari botol plastik |
Essay |
3 |
C3 |
12 |
Menyebutkan
jenis garis dalam menggambar |
Garis |
Menjelaskan
jenis-jenis garis yang digunakan menggambar rumah |
Essay |
4 |
C2 |
13 |
Menyadari
manfaat seni rupa |
Manfaat
menggambar |
Menjelaskan
manfaat menggambar rumah tetangga |
Essay |
5 |
C4 |
Mengetahui, Bandar Lampung, Oktober 2025 Kepala SDAl-Azhar 1 Guru Kelas IV (Empat)
Achmad Zailani,S.Kom.,
S.Pd. Muhammad Solihin, S.Pd. Gr.
No Soal |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Tujuan Pembelajaran |
Level Kognitif (Bloom) |
Bentuk Soal |
1–5 |
Helauni Kebejamaan (Nilai
Kebersamaan) |
Peserta didik mampu memahami isi cerita
“Helauni Kebejamaan”, mengenali tokoh, makna kebersamaan, dan nilai moralnya. |
Meningkatkan pemahaman terhadap bacaan
berbahasa Lampung dan meneladani nilai kerja sama dan tolong-menolong. |
C1–C2 (Pengetahuan & Pemahaman) |
Pilihan Ganda |
6–10 |
Kalimat dalam Bahasa Lampung (SPOK) |
Peserta didik dapat mengidentifikasi
subjek, predikat, objek, dan keterangan dalam kalimat Lampung. |
Mampu mengenali pola kalimat dasar
(S–P–O–K) dan menyusun kalimat sederhana dengan benar. |
C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
11–17 |
Himat Energi (Penghematan Energi) |
Peserta didik memahami konsep energi,
macam-macam sumber energi, serta pentingnya menghemat energi. |
Mampu menjelaskan jenis-jenis energi
dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. |
C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
18–23 |
Kata Tanya dalam Bahasa Lampung |
Peserta didik mampu menggunakan kata
tanya seperti sapa, dipa, pigha, akkun pa, kunpa dalam
kalimat. |
Mengembangkan kemampuan bertanya dan
menjawab menggunakan kata tanya Bahasa Lampung dengan konteks tepat. |
C2–C4 (Pemahaman & Analisis) |
Pilihan Ganda |
24–28 |
Pekerjaan dan Tempat (Petani, Nelayan,
Guru) |
Peserta didik mampu mengenali kosa kata
pekerjaan dan aktivitasnya dalam Bahasa Lampung. |
Mengenal istilah pekerjaan dan tempat
kerja menggunakan Bahasa Lampung dengan benar. |
C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
29–33 |
Membaca Aksara Lampung |
Peserta didik dapat membaca tulisan
Lampung ke dalam huruf Latin dengan benar. |
Melatih kemampuan membaca dan mengenali
huruf serta bunyi dalam aksara Lampung. |
C3 (Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
34–36 |
Susunan Kata menjadi Kalimat |
Peserta didik dapat menyusun kata acak
menjadi kalimat Bahasa Lampung yang benar. |
Meningkatkan kemampuan berbahasa dan
menyusun kalimat logis sesuai tata bahasa Lampung. |
C3–C4 (Aplikasi & Analisis) |
Pilihan Ganda |
37–40 |
Makna Kata dan Sinonim Bahasa Lampung |
Peserta didik memahami arti kata
seperti nanom, sabah, ngawil, ngajagh dalam konteks kalimat. |
Memperluas perbendaharaan kosa kata
Bahasa Lampung. |
C2 (Pemahaman) |
Pilihan Ganda |
41–45 |
Membaca Kalimat Beraksara Lampung |
Peserta didik mampu membaca dan
memahami kalimat dalam aksara Lampung seperti “Petani nanom padi di sabah.” |
Mengembangkan kemampuan membaca dan
melafalkan aksara Lampung. |
C3 (Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
Isian 1–10 |
Kalimat dan Kata Tanya Bahasa Lampung |
Peserta didik mampu melengkapi kalimat,
menuliskan arti, dan menentukan kata tanya yang sesuai. |
Meningkatkan keterampilan menulis dan
memahami konteks kalimat Lampung sederhana. |
C3 (Aplikasi) |
Isian |
Uraian 1 |
Menyusun Kalimat S–P–O–K |
Peserta didik membuat satu contoh
kalimat Bahasa Lampung dengan pola S–P–O–K. |
Melatih kemampuan menulis kalimat
lengkap dalam Bahasa Lampung. |
C3–C4 (Aplikasi & Analisis) |
Uraian |
Uraian 2 |
Membaca Tulisan Lampung (Himt/aEnERgi) |
Peserta didik menuliskan hasil bacaan
aksara Lampung ke huruf Latin. |
Melatih keterampilan transliterasi dari
aksara ke Latin. |
C3 (Aplikasi) |
Uraian |
Uraian 3 |
Cara Menghemat Energi |
Peserta didik menuliskan contoh cara
menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari. |
Menanamkan kesadaran pentingnya
perilaku hemat energi. |
C2–Afektif |
Uraian |
Uraian 4 |
Kalimat Tanya Bahasa Lampung |
Peserta didik membuat satu kalimat
tanya dalam Bahasa Lampung dengan kata tanya yang tepat. |
Meningkatkan keterampilan bertanya
menggunakan Bahasa Lampung. |
C3 (Aplikasi) |
Uraian |
Uraian 5 |
Menulis Aksara Lampung (Sang Bumi Ruwa
Jurai) |
Peserta didik menulis frasa “Sang Bumi
Ruwa Jurai” dalam aksara Lampung dengan benar. |
Melatih keterampilan menulis aksara
Lampung dengan ejaan yang tepat. |
Psikomotor (Keterampilan) |
Uraian |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar