Selasa, 14 Oktober 2025

STS kelas 4 Fatimah Az Zahra. Rabu , 15 Oktober 2025

 

Materi Ajar      : Rabu 15 Oktober 2025

Hari/Tanggal  : Rabu 15 Oktober 2025

Kelas                : IV Fatimah Az Zahra

 

A cartoon of a child and a child giving thumbs up

AI-generated content may be incorrect.


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


KISI-KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)

SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2025/2026

 

Satuan Pendidikan                             : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung

Kelas / Semester / Fase    : IV / 1 / B

Mata Pelajaran                       : Seni Rupa

Jumlah Soal                             : 50 Soal 

Tahun Pelajaran                    : 2025/202

No

Kompetensi Dasar / Tujuan Pembelajaran

Materi

 Pokok

Indikator Soal

Bentuk Soal

Nomor

 Soal

Level

Kognitif

     1

Mengenal unsur rupa (garis, bentuk, warna, tekstur)

Unsur rupa

Menyebutkan unsur rupa yang

 digunakan dalam menggambar rumah

Pilihan Ganda

1, 8, 25

C1

      2

Mengidentifikasi macam-macam garis

Garis lurus, miring, lengkung, zig-zag

Menentukan jenis garis sesuai gambar atau fungsi

Pilihan Ganda

2, 3, 4, 7

, 16, 20

C2

      3

Menggambar rumah berdasarkan pengamatan

Gambar rumah tetangga

Menentukan objek dan bagian rumah berdasarkan bentuk geometris

Pilihan Ganda

5, 6, 15, 23,

 24, 35

C3

      4

Menjelaskan pengertian tekstur

Tekstur nyata dan semu

Membedakan tekstur yang dapat diraba dan tidak dapat diraba

Pilihan Ganda

9, 19, 27, 31, 34

C2

      5

Membuat karya daur ulang dari bahan bekas

Daur ulang plastik

Mengidentifikasi manfaat dan contoh karya dari sampah plastik

Pilihan Ganda

10, 11, 12, 13, 14, 17, 18, 21, 22, 26, 28, 29, 30, 32, 33

C2–C3

      6

Menjelaskan tujuan kegiatan menggambar

Tujuan menggambar rumah

Menyebutkan manfaat menggambar bagi siswa

Pilihan Ganda

35

C1

      7

Mengingat pengetahuan dasar seni rupa

Unsur dasar

Menyebutkan unsur dasar seni rupa

Isian

1, 2, 3

C1

       8

Menghubungkan konsep seni rupa dengan lingkungan

Sampah plastik dan tekstur

Menjelaskan jenis sampah dan manfaat daur ulang

Isian

4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

C2–C3

       9

Menjelaskan perbedaan tekstur

Tekstur nyata dan semu

Menjelaskan perbedaan tekstur berdasarkan sifatnya

Essay

1

C4

     10

Menyadari pentingnya daur ulang

Daur ulang plastik

Menjelaskan alasan pentingnya mendaur ulang sampah plastik

Essay

2

C4

     11

Membuat karya sederhana dari bahan bekas

Daur ulang plastik

Menj elaskan langkah-langkah membuat karya dari botol plastik

Essay

3

C3

     12

Menyebutkan jenis garis dalam menggambar

Garis

Menjelaskan jenis-jenis garis yang digunakan menggambar rumah

Essay

4

C2

     13

Menyadari manfaat seni rupa

Manfaat menggambar

Menjelaskan manfaat menggambar rumah tetangga

Essay

5

C4

 

Mengetahui,                                                                Bandar Lampung,  Oktober 2025                                      Kepala SDAl-Azhar 1                                                   Guru Kelas IV (Empat)


Achmad Zailani,S.Kom., S.Pd.                                    Muhammad Solihin, S.Pd. Gr.

 


No Soal

Materi Pokok

Indikator Soal

Tujuan Pembelajaran

Level Kognitif (Bloom)

Bentuk Soal

1–5

Helauni Kebejamaan (Nilai Kebersamaan)

Peserta didik mampu memahami isi cerita “Helauni Kebejamaan”, mengenali tokoh, makna kebersamaan, dan nilai moralnya.

Meningkatkan pemahaman terhadap bacaan berbahasa Lampung dan meneladani nilai kerja sama dan tolong-menolong.

C1–C2 (Pengetahuan & Pemahaman)

Pilihan Ganda

6–10

Kalimat dalam Bahasa Lampung (SPOK)

Peserta didik dapat mengidentifikasi subjek, predikat, objek, dan keterangan dalam kalimat Lampung.

Mampu mengenali pola kalimat dasar (S–P–O–K) dan menyusun kalimat sederhana dengan benar.

C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi)

Pilihan Ganda

11–17

Himat Energi (Penghematan Energi)

Peserta didik memahami konsep energi, macam-macam sumber energi, serta pentingnya menghemat energi.

Mampu menjelaskan jenis-jenis energi dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi)

Pilihan Ganda

18–23

Kata Tanya dalam Bahasa Lampung

Peserta didik mampu menggunakan kata tanya seperti sapa, dipa, pigha, akkun pa, kunpa dalam kalimat.

Mengembangkan kemampuan bertanya dan menjawab menggunakan kata tanya Bahasa Lampung dengan konteks tepat.

C2–C4 (Pemahaman & Analisis)

Pilihan Ganda

24–28

Pekerjaan dan Tempat (Petani, Nelayan, Guru)

Peserta didik mampu mengenali kosa kata pekerjaan dan aktivitasnya dalam Bahasa Lampung.

Mengenal istilah pekerjaan dan tempat kerja menggunakan Bahasa Lampung dengan benar.

C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi)

Pilihan Ganda

29–33

Membaca Aksara Lampung

Peserta didik dapat membaca tulisan Lampung ke dalam huruf Latin dengan benar.

Melatih kemampuan membaca dan mengenali huruf serta bunyi dalam aksara Lampung.

C3 (Aplikasi)

Pilihan Ganda

34–36

Susunan Kata menjadi Kalimat

Peserta didik dapat menyusun kata acak menjadi kalimat Bahasa Lampung yang benar.

Meningkatkan kemampuan berbahasa dan menyusun kalimat logis sesuai tata bahasa Lampung.

C3–C4 (Aplikasi & Analisis)

Pilihan Ganda

37–40

Makna Kata dan Sinonim Bahasa Lampung

Peserta didik memahami arti kata seperti nanom, sabah, ngawil, ngajagh dalam konteks kalimat.

Memperluas perbendaharaan kosa kata Bahasa Lampung.

C2 (Pemahaman)

Pilihan Ganda

41–45

Membaca Kalimat Beraksara Lampung

Peserta didik mampu membaca dan memahami kalimat dalam aksara Lampung seperti “Petani nanom padi di sabah.”

Mengembangkan kemampuan membaca dan melafalkan aksara Lampung.

C3 (Aplikasi)

Pilihan Ganda

Isian 1–10

Kalimat dan Kata Tanya Bahasa Lampung

Peserta didik mampu melengkapi kalimat, menuliskan arti, dan menentukan kata tanya yang sesuai.

Meningkatkan keterampilan menulis dan memahami konteks kalimat Lampung sederhana.

C3 (Aplikasi)

Isian

Uraian 1

Menyusun Kalimat S–P–O–K

Peserta didik membuat satu contoh kalimat Bahasa Lampung dengan pola S–P–O–K.

Melatih kemampuan menulis kalimat lengkap dalam Bahasa Lampung.

C3–C4 (Aplikasi & Analisis)

Uraian

Uraian 2

Membaca Tulisan Lampung (Himt/aEnERgi)

Peserta didik menuliskan hasil bacaan aksara Lampung ke huruf Latin.

Melatih keterampilan transliterasi dari aksara ke Latin.

C3 (Aplikasi)

Uraian

Uraian 3

Cara Menghemat Energi

Peserta didik menuliskan contoh cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

Menanamkan kesadaran pentingnya perilaku hemat energi.

C2–Afektif

Uraian

Uraian 4

Kalimat Tanya Bahasa Lampung

Peserta didik membuat satu kalimat tanya dalam Bahasa Lampung dengan kata tanya yang tepat.

Meningkatkan keterampilan bertanya menggunakan Bahasa Lampung.

C3 (Aplikasi)

Uraian

Uraian 5

Menulis Aksara Lampung (Sang Bumi Ruwa Jurai)

Peserta didik menulis frasa “Sang Bumi Ruwa Jurai” dalam aksara Lampung dengan benar.

Melatih keterampilan menulis aksara Lampung dengan ejaan yang tepat.

Psikomotor (Keterampilan)

Uraian

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS kelas 4 Fatimah Az Zahra. Rabu , 15 Oktober 2025

  Materi Ajar      : Rabu 15 Oktober 2025 Hari/Tanggal  : Rabu 15 Oktober 2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   Assal...