Materi
Ajar
: Senin, 20 Oktober 2025
Hari/Tanggal
: Senin,20 Oktober 2025
Kelas
: IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar
anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu,
murojaah, sholat sunah Dhuha.
1.
Pendidikan Pancasila
Capaian Pembelajaran: Peserta
didik memahami pentingnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah,
dan masyarakat serta menunjukkan sikap patuh pada aturan untuk mewujudkan
ketertiban dan kerukunan
Tujuan Pembelajaran: Murid
dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat tinggal
Materi
:
A.
Pengertian Aturan
Aturan
adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur tingkah laku agar kehidupan bersama
berjalan tertib dan aman.
B. Contoh
Aturan di Lingkungan Sekitar
1. Di
Rumah
Bangun
pagi dan membantu orang tua.
Tidak
menyalakan televisi saat belajar.
Mematikan
lampu saat siang hari.
2. Di
Sekolah
Datang
tepat waktu.
Memakai
seragam sesuai jadwal.
Menghormati
guru dan teman.
3. Di
Masyarakat
Membuang
sampah pada tempatnya.
Tidak
bermain di jalan raya.
Mengikuti
jadwal ronda atau kerja bakti.
C. Manfaat
Mematuhi Aturan
Lingkungan
menjadi tertib, aman, dan nyaman.
Menghindari
perselisihan.
Melatih
tanggung jawab dan disiplin.
D. Akibat
Melanggar Aturan
Lingkungan
menjadi kacau.
Mendapat
teguran atau sanksi.
Merugikan
diri sendiri dan orang lain.
2. IPAS
Capaian
Pembelajaran : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra;
siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya,
gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan
pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan
musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran,
tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat
tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat
tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta
keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman
budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan
upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan
fungsinya
Tujuan Pembelajara
: Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal
melalui peta konvensional/digital
Materi
:
A.
Pengertian Peta
Peta
adalah gambar permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan skala
tertentu dan dilengkapi tanda-tanda atau simbol.
B.
Unsur-Unsur Peta
1. Judul :
Menjelaskan isi peta.
2. Skala :
Perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenarnya.
3. Simbol
: Gambar/tanda khusus yang mewakili benda di permukaan bumi (misal gunung,
sungai, jalan).
4. Legenda
: Keterangan arti simbol.
5. Arah
Mata Angin : Petunjuk arah utara, selatan, timur, barat.
C. Jenis
Peta
Peta Umum
(menunjukkan wilayah secara keseluruhan, misal peta Indonesia).
Peta
Khusus (menunjukkan informasi tertentu, misal peta curah hujan, peta jalan).
D. Manfaat
Peta
Menunjukkan
lokasi suatu tempat.
Mengetahui
jarak dan arah.
Membantu
perencanaan perjalanan.
3.
Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran: Peserta
didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari
media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi
lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta
didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media
audio.
Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan
informasi dan memahami kosakata baru.
Materi:
A.
Pengertian Menyimak
Menyimak
adalah kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian untuk memperoleh informasi
atau pesan dari teks yang dibacakan.
B. Tujuan
Menyimak
Memahami
isi teks.
Menemukan
gagasan pokok dan informasi penting.
Menikmati
cerita atau pesan.
C. Cara
Menyimak yang Baik
1. Duduk
dengan posisi nyaman dan rapi.
2. Fokus
pada pembaca, tidak berbicara sendiri.
3.
Mencatat kata kunci atau informasi penting.
4.
Mengajukan pertanyaan setelah teks selesai.
D. Jenis
Teks yang Bisa Disimak
Cerita
rakyat
Pengumuman
Berita
sederhana
Puisi atau
pantun
E. Contoh
Teks Pendek
(Guru
dapat menyiapkan teks ±150 kata, misalnya cerita tentang “Gotong Royong di
Kampung Bersih”)
4.
Matematika
CP :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai
tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan
komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan
masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat
melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.
Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai
100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga
dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta
didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu
dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan
senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan
desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan,
serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
- TP :
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan pengertian faktor dan kelipatan suatu bilangan.
2.
Menentukan faktor dari suatu bilangan dengan benar.
3.
Menentukan kelipatan dari suatu bilangan dengan benar.
4.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan faktor dan kelipatan.
5.
Menunjukkan sikap teliti, logis, dan semangat bekerja sama saat memecahkan
soal.
🧩 A. PENGERTIAN FAKTOR
Faktor
dari suatu bilangan adalah bilangan yang dapat membagi habis bilangan tersebut.
Contoh:
Faktor
dari 12 adalah bilangan yang membagi 12 tanpa sisa.
➡️
1, 2, 3, 4, 6, 12
Jadi,
faktor dari 12 = {1, 2, 3, 4, 6, 12}
Cara
mencari faktor:
1. Mulai
dari 1.
2. Coba
bagi dengan bilangan berturut-turut sampai hasilnya habis (tanpa sisa).
3. Catat
semua pembagian
🔢 B. PENGERTIAN KELIPATAN
Kelipatan
dari suatu bilangan adalah hasil perkalian bilangan itu dengan bilangan asli
(1, 2, 3, 4, …).
Contoh:
Kelipatan
dari 5 adalah:
➡️
5 × 1 = 5
➡️
5 × 2 = 10
➡️
5 × 3 = 15
➡️
5 × 4 = 20
➡️
dan seterusnya
Jadi,
kelipatan dari 5 = {5, 10, 15, 20, 25, 30, …}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar