Minggu, 19 Oktober 2025

Materi ajar kelas 4 Fatimah Az-Zahra senin 20 Oktober 2025

 

Materi Ajar                        : Senin, 20 Oktober 2025

 Hari/Tanggal                   :  Senin,20 Oktober  2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra

 

A cartoon of a child and a child giving thumbs up

AI-generated content may be incorrect.


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

1. Pendidikan Pancasila

Capaian Pembelajaran: Peserta didik memahami pentingnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat serta menunjukkan sikap patuh pada aturan untuk mewujudkan ketertiban dan kerukunan

Tujuan Pembelajaran: Murid dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat tinggal

Materi : 

A. Pengertian Aturan

Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur tingkah laku agar kehidupan bersama berjalan tertib dan aman.

B. Contoh Aturan di Lingkungan Sekitar

1. Di Rumah

Bangun pagi dan membantu orang tua.

Tidak menyalakan televisi saat belajar.

Mematikan lampu saat siang hari.

2. Di Sekolah

Datang tepat waktu.

Memakai seragam sesuai jadwal.

Menghormati guru dan teman.

3. Di Masyarakat

Membuang sampah pada tempatnya.

Tidak bermain di jalan raya.

Mengikuti jadwal ronda atau kerja bakti.

C. Manfaat Mematuhi Aturan

Lingkungan menjadi tertib, aman, dan nyaman.

Menghindari perselisihan.

Melatih tanggung jawab dan disiplin.

D. Akibat Melanggar Aturan

Lingkungan menjadi kacau.

Mendapat teguran atau sanksi.

Merugikan diri sendiri dan orang lain.

2. IPAS

Capaian Pembelajaran : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Tujuan Pembelajara : Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal melalui peta konvensional/digital

Materi : 

A. Pengertian Peta

Peta adalah gambar permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan skala tertentu dan dilengkapi tanda-tanda atau simbol.

B. Unsur-Unsur Peta

1. Judul : Menjelaskan isi peta.

2. Skala : Perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenarnya.

3. Simbol : Gambar/tanda khusus yang mewakili benda di permukaan bumi (misal gunung, sungai, jalan).

4. Legenda : Keterangan arti simbol.

5. Arah Mata Angin : Petunjuk arah utara, selatan, timur, barat.

C. Jenis Peta

Peta Umum (menunjukkan wilayah secara keseluruhan, misal peta Indonesia).

Peta Khusus (menunjukkan informasi tertentu, misal peta curah hujan, peta jalan).

D. Manfaat Peta

Menunjukkan lokasi suatu tempat.

Mengetahui jarak dan arah.

Membantu perencanaan perjalanan.

 

3. Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran: Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.

 

Materi: 

A. Pengertian Menyimak

Menyimak adalah kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian untuk memperoleh informasi atau pesan dari teks yang dibacakan.

 

B. Tujuan Menyimak

Memahami isi teks.

Menemukan gagasan pokok dan informasi penting.

Menikmati cerita atau pesan.

C. Cara Menyimak yang Baik

1. Duduk dengan posisi nyaman dan rapi.

2. Fokus pada pembaca, tidak berbicara sendiri.

3. Mencatat kata kunci atau informasi penting.

4. Mengajukan pertanyaan setelah teks selesai.

D. Jenis Teks yang Bisa Disimak

Cerita rakyat

Pengumuman

Berita sederhana

Puisi atau pantun

E. Contoh Teks Pendek

(Guru dapat menyiapkan teks ±150 kata, misalnya cerita tentang “Gotong Royong di Kampung Bersih”)

4. Matematika

CP : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

- TP : Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian faktor dan kelipatan suatu bilangan.

2. Menentukan faktor dari suatu bilangan dengan benar.

3. Menentukan kelipatan dari suatu bilangan dengan benar.

4. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan faktor dan kelipatan.

5. Menunjukkan sikap teliti, logis, dan semangat bekerja sama saat memecahkan soal.

🧩 A. PENGERTIAN FAKTOR

Faktor dari suatu bilangan adalah bilangan yang dapat membagi habis bilangan tersebut.

Contoh:

Faktor dari 12 adalah bilangan yang membagi 12 tanpa sisa.

➡️ 1, 2, 3, 4, 6, 12

Jadi, faktor dari 12 = {1, 2, 3, 4, 6, 12}

Cara mencari faktor:

1. Mulai dari 1.

2. Coba bagi dengan bilangan berturut-turut sampai hasilnya habis (tanpa sisa).

3. Catat semua pembagian

🔢 B. PENGERTIAN KELIPATAN

Kelipatan dari suatu bilangan adalah hasil perkalian bilangan itu dengan bilangan asli (1, 2, 3, 4, …).

Contoh:

Kelipatan dari 5 adalah:

➡️ 5 × 1 = 5

➡️ 5 × 2 = 10

➡️ 5 × 3 = 15

➡️ 5 × 4 = 20

➡️ dan seterusnya

Jadi, kelipatan dari 5 = {5, 10, 15, 20, 25, 30, …}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ajar kelas 4 Fatimah Az-Zahra senin 20 Oktober 2025

  Materi Ajar                        : Senin, 20 Oktober 2025   Hari/Tanggal                   :  Senin,20 Oktober  2025 Kelas          ...