Hari/Tanggal : Rabu, 25 September 2024
Kelas : IV B
Muatan Pelajaran :
1. IPAS : Gaya di Sekitar Kita
2. Bahasa Indonesia : Lihat Sekitar
3. P5 : Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Bahasas Indonesia
Tujuan Pembelajaran :
Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
BAHASA INDONESIA
Paragraf argumentasi adalah pendapat yang disampaikan lewat paragraf tertulis.
Pendapat yang disampaikan secara lisan atau tertulis adalah bentuk argumentasi yang bisa menjelaskan fungsi dan bukti-bukti peraturan dan data ilmiah.
Paragraf argumentasi berisikan pendapat atau sikap disertai alasan, contoh, dan bukti untuk meyakinkan pembacanya.
Contoh dan bukti ini berguna agar pendapat dan sikap yang dipilih kuat dan valid.
Paragraf argumentasi juga diartikan sebagai jenis paragraf yang membuktikan tentang kebenaran suatu hal.
Untuk bisa menyusun argumentasi dengan sempurna harus mempertimbangkan pola pikir logis dan kritis.
Berikutnya akan dijelaskan tentang ciri-ciri dan contoh dari paragraf argumentasi.
Yuk, simak sama-sama detail tentang ciri-cirinya dan contohnya di bawah ini.
Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi
1. Mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah kondisi dan permasalahan;
2. Memiliki data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain;
3. Menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;
4. Ada kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali sebagai topik utama.
Contoh Kalimat yang Mengawali Paragraf Argumentatif
- "Menurutku ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu pergi liburan"
- "Betul sekali, aku setuju. Tentunya kamu perlu mengikuti jalur atau jadwal supaya kegiatanmu enggak berlarut-larut selama liburan"
- "Aku Tidak setuju, karena selama liburan harusnya kita bisa menikmati waktu tanpa perlu terlalu terpaku dengan rencananya"
- "Aku sependapat denganmu, karena ketika terlalu berpaku pada rencana kita jadi enggak menikmati momentum dan liburannya".
tag: Bahasa Indonesia Kelas 4 SD
P5
Pada tahap ini, siswa akan membuat rancangan untuk usaha yang akan dilakukanKegiatan pembuka:
Guru membuka dengan pertanyaan “Siapa yang ingin menjadi pengusaha ?” lalu tanyakan pada siswa usaha
apa yang ingin dilakukan oleh siswa, “Jika kamu ingin menjadi pengusaha, kira - kira apa yang “produk apa ingin
kamu tawarkan?”. Atau bisa dengan pertanyaan serupa lainnya.
Kegiatan Inti:
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan langkah - langkah yang telah ditetapkan. Guru
juga melakukan pendampingan kepada siswa ketika melakukan kegiatan berikut :
• Memilih jenis usaha berdasarkan kebutuhan pasar
• Menganalisis kebutuhan usaha
Kegiatan penutup:
Siswa mempresentasikan hasil di depan kelas dan guru memberikan masukan serta apresiasi
Note : Kegiatan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.
Siswa menentukan produk yang dipilih dan target pasarnya
Untuk jenis usahanyanya adalah membuat pernak-pernik berbahan flane;
Sebelumnya siswa mengisi LKPD berikut!
Sebelumnya siswa belajar menjahit kain flanel
Setelah mahir menjahit siswa mulai membuat sketsa huruf alfabet dari kain flanelAyo simak video berikut ini:
dan coba cek juga video berikut ini:
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan diberikan kemudahan dalam memperoleh ilmu
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali dalam kegiatan guru menerangkan materi tentang bagian tumbuhan dan fungsinya dan untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melakukan kegiatan menjahit didampingi oleh gutu kelas untuk mata pelajaran bahasa indonesia anak-anak dengan semangat. untuk pelajaran IPAS anak anak sangat antusias dalam mempelajari gaya di sekitar. Alhamdulillah kegiatan hari ini Tuntas dikerjakan.
Kegiatan pembuka:
Guru membuka dengan pertanyaan “Siapa yang ingin menjadi pengusaha ?” lalu tanyakan pada siswa usaha
apa yang ingin dilakukan oleh siswa, “Jika kamu ingin menjadi pengusaha, kira - kira apa yang “produk apa ingin
kamu tawarkan?”. Atau bisa dengan pertanyaan serupa lainnya.
Kegiatan Inti:
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan langkah - langkah yang telah ditetapkan. Guru
juga melakukan pendampingan kepada siswa ketika melakukan kegiatan berikut :
• Memilih jenis usaha berdasarkan kebutuhan pasar
• Menganalisis kebutuhan usaha
Kegiatan penutup:
Siswa mempresentasikan hasil di depan kelas dan guru memberikan masukan serta apresiasi
Note : Kegiatan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar