Hari/Tanggal : Rabu, 18 September 2024
Kelas : IV B
Muatan Pelajaran :
1. IPAS : Gaya di Sekitar Kita
2. Bahasa Indonesia : Lihat Sekitar
3. P5 : Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Adanya gaya dapat memengaruhi gerakan benda, apa saja contohnya?
Masihkah kalian ingat apa yang dimaksud dengan gaya? Gaya adalah dorongan atau tarikan yang akan menggerakkan benda bebas.
Pengaruh Gaya terhadap Gerakan Benda
1. Menggerakkan Benda Diam
Pengaruh gaya terhadap benda yang pertama adalah dapat menggerakkan benda yang diam, salah satunya pada gaya otot.
Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan otot untuk mendorong, menarik, mengangkat, atau memindahkan benda.
Gaya otot dapat dilakukan dengan memanfaatkan otot tubuh kita untuk dapat memindahkan atau membuat benda bergerak.
Contoh gaya dapat menggerakan benda yang diam yaitu ketika mengayuh sepeda untuk membuat sepeda berpindah tempat, kita menggunakan gaya otot yang berasal dari kaki.
2. Menghentikan Gerakan Benda
Selain menyebabkan benda diam menjadi bergerak, kita juga dapat memanfaatkan gaya untuk menghentikan gerak benda.
Contohnya ketika kita menangkap bola yang melambung, menahan benda yang jatuh, atau mengerem sepeda.
Kita dapat menghentikan gerakan benda dengan memanfaatkan gaya gesek atau gaya otot.
Gaya gesek terdapat pada roda sepeda yang berhenti ketika rem ditarik, sedangkan gaya otot terdapat pada cara kita menahan benda agar tidak jatuh dan bisa ditangkap.
3. Mempercepat dan Memperlambat Gerakan Benda
Gaya juga dapat menambah kecepatan maupun memperlambat kecepatan benda bergerak.
Memperlambat kecepatan benda bergerak dapat kita lakukan dengan tarikan, sementara mempercepat gerakan benda dilakukan dengan dorongan.
Misalnya, ketika mendorong troli, kita bisa mempercepat jalannya troli dengan menambahkan kekuatan gaya otot dan dorongan.
Saat hendak menghentikan gerakan troli, maka kita memperlambat jalannya dengan menarik dan menahan lajunya dengan gaya otot.
4. Memengaruhi Arah Gerakan Benda
Gaya dapat mengubah arah benda yang kita gerakkan, baik secara dorongan maupun tarikan.
Misalnya, ketika kamu mengendarai sepeda dan hendak mengubah arah haluan, maka kamu akan menggunakan rem (terjadi gaya gesek), kemudian membelokkan arah sepeda (gaya otot).
Ini juga terjadi ketika kamu menendang bola, kamu menggunakan gaya otot dan gaya dorong agar bola bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Kemudian kakimu dengan sengaja mengarahkan tendangan sesuai dengan arah yang kamu inginkan.
Nah, itulah beberapa pengaruh gaya terhadap gerakan benda, anak-anakku sekalian.
Bahasas Indonesia
Tujuan Pembelajaran :
Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
BAHASA INDONESIA
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar Bab III lihat sekitar terdapat kegiatan membaca teks berjudul Awas. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.
sigap, helm, mengayuh, klakson, lampu lalu lintas, mengerem
- helm n topi pelindung kepala yang dibuat dari bahan yang tahan benturan
- klakson n alat (berupa trompet) yang dibunyikan dengan listrik pada mobil atau kendaraan bermotor lain, digunakan sebagai tanda peringatan akan keberadaan kendaraan tersebut
- lampu lalu lintas n lampu berwarna merah, kuning, dan hijau yang dipasang di perempatan atau persimpangan jalan untuk mengatur lalu lintas
- me.nga.yuh (kata dasar: kayuh) v mendayung
- naik sepeda; v mengendarai sepeda
- mengerem (kata dasar: rem)
- v menggunakan rem supaya berhenti v menahan; mengekang
- sigap a tangkas; cepat dan kuat (penuh semangat dan meyakinkan
Rudi berada di perempatan jalan.
Pengendara motor marah kepada Rudi karena Rudi maju saat lampu lalu lintas masih berwarna kuning.
Rudi tidak sabar menunggu lampu lalu lintas di depannya berganti hijau.
Rudi merasa takut.
Jika saya menjadi Rudi saya akan menunggu lampu lalu lintas berganti hijau.
Saya belum pernah mengalami kejadian seperti Rudi.
P5
Pada tahap ini, siswa akan membuat rancangan untuk usaha yang akan dilakukanKegiatan pembuka:
Guru membuka dengan pertanyaan “Siapa yang ingin menjadi pengusaha ?” lalu tanyakan pada siswa usaha
apa yang ingin dilakukan oleh siswa, “Jika kamu ingin menjadi pengusaha, kira - kira apa yang “produk apa ingin
kamu tawarkan?”. Atau bisa dengan pertanyaan serupa lainnya.
Kegiatan Inti:
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan langkah - langkah yang telah ditetapkan. Guru
juga melakukan pendampingan kepada siswa ketika melakukan kegiatan berikut :
• Memilih jenis usaha berdasarkan kebutuhan pasar
• Menganalisis kebutuhan usaha
Kegiatan penutup:
Siswa mempresentasikan hasil di depan kelas dan guru memberikan masukan serta apresiasi
Note : Kegiatan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.
Siswa menentukan produk yang dipilih dan target pasarnya
Untuk jenis usahanyanya adalah membuat pernak-pernik berbahan flane;
Sebelumnya siswa mengisi LKPD berikut!
Sebelumnya siswa belajar menjahit kain flanel
Setelah mahir menjahit siswa mulai membuat sketsa huruf alfabet dari kain flanelAyo simak video berikut ini:
dan coba cek juga video berikut ini:
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan diberikan kemudahan dalam memperoleh ilmu
KESIMPULAN KEGIATAN HARI INI :Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali dalam kegiatan guru menerangkan materi tentang bagian tumbuhan dan fungsinya dan untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melakukan kegiatan menjahit didampingi oleh gutu kelas untuk mata pelajaran bahasa indonesia anak-anak dengan semangat mempelajari surat pribadi. Kegiatan hari ini Tuntas dikerjakan.
Kegiatan pembuka:
Guru membuka dengan pertanyaan “Siapa yang ingin menjadi pengusaha ?” lalu tanyakan pada siswa usaha
apa yang ingin dilakukan oleh siswa, “Jika kamu ingin menjadi pengusaha, kira - kira apa yang “produk apa ingin
kamu tawarkan?”. Atau bisa dengan pertanyaan serupa lainnya.
Kegiatan Inti:
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan langkah - langkah yang telah ditetapkan. Guru
juga melakukan pendampingan kepada siswa ketika melakukan kegiatan berikut :
• Memilih jenis usaha berdasarkan kebutuhan pasar
• Menganalisis kebutuhan usaha
Kegiatan penutup:
Siswa mempresentasikan hasil di depan kelas dan guru memberikan masukan serta apresiasi
Note : Kegiatan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar