Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Selasa, 7 November 2023
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : PKN
BAB 2 : Membangun jati diri dalam kebhinekaan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak sholeh dan sholehah apa kabarnya hari ini? semoga sehat selalu.
Capaian Pembelajaran:
1. Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya.
2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.
Mata Pelajaran : PJOK
Mata Pelajaran : Matematika
BAB 3
B. Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Setelah menyimak video di atas, silakan kerjakan soal berikut!
1. Dalam membulatkan bilangan ke puluhan terdekat, jika angka satuannya kurang dari 5 maka dibulatkan ….
a. Ke bawah menjadi bilangan 1
b. Ke bawah menjadi bilangan 0
c. Ke atas menjadi bilangan 10
d. Ke atas menjadi bilangan 9
2. Bilangan 44 jika dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi ….
a. 50
b. 45
c. 40
d. 30
3. Pembulatan ke puluhan di bawah ini yang tidak tepat yaitu ….
a. 45 dibulatkan menjadi 50
b. 34 dibulatkan menjadi 40
c. 56 dibulatkan menjadi 60
d. 79 dibulatkan menjadi 80
4. Bilangan 435 jika dibulatkan ke ratusan maka menjadi ….
a. 430
b. 440
c. 400
d. 500
5. Pembulatan ke ratusan di bawah ini yang benar adalah ….
a. 667 dibulatkan menjadi 650
b. 344 dibulatkan menjadi 400
c. 451 dibulatkan menjadi 400
d. 756 dibulatkan menjadi 800
6. Bilangan 3.735 jika dibulatkan ke ribuan maka menjadi ….
a. 3.740
b. 3.700
c. 3.800
d. 4.000
7. Bilangan 6.394 jika dibulatkan ke ribuan maka menjadi ….
a. 6.000
b. 7.000
c. 6.500
d. 6.400
8. Ketika membulatkan bilangan ke ribuan terdekat, jika nilai ratusannnya kurang dari 500 maka dibulatkan ….
a. Ke bawah menjadi 0
b. Ke atas menjadi 600
c. Ke bawah menjadi 100
d. Ke atas menjadi 1.000
9. Hasil pembulatan ke ratusan dari operasi hitung 42.186 + 18.725 adalah ….
a. 60.700
b. 60.900
c. 60.300
d. 60.000
10. Jumlah siswa SD Brilian Smart adalah 185 siswa. Jumlah siswa perempuan adalah 106 siswa. Maka jumlah siswa laki-laki jika dibulatkan menjadi ….
a. 70
b. 79
c. 80
d. 75
Tidak ada komentar:
Posting Komentar