Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Rabu, 8 November 2023
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : IPAS
Tanpa disadari, banyak perubahan energi yang terjadi di sekitar kita, dapat berbentuk alat maupun kegiatan. Berikut adalah contoh transformasi energi yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari:
mata Pelajara : Bahasa Indomesa
A. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.
2. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
3. Melalui kegiatan mengemukakan pendapat terhadap kejadian pada cerita “Awas!”, peserta didik menulis argumentasi dengan benar.
4. Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.
5. Melalui kegiatan mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek dan ciri-cirinya dengan tepat.
6. Melalui kegiatan berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan antusias dan intonasi yang menarik.
7. Melalui kegiatan melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.
8. Melalui kegiatan menuliskan pengalaman saat bepergian, peserta didik mampu menulis dengan menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat.
9. Melalui kegiatan mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifkasi objek dan lokasi, serta mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat.
10. Melalui kegiatan memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik mampu menyampaikan petunjuk arah dengan tepat.
11. Melalui kegiatan menuliskan perjalanan ke sekolah, peserta didik dapat menulis struktur deskripsi dengan benar.
Capaian Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
13. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
- Buat janji bertemu dengan narasumber.
- Siapkan daftar pertanyaan.
- Siapkan alat tulis untuk mencatat atau alat perekam.
- Siapkan kamera (jika ada).
- Jawaban sesuai daftar pertanyaan;
- Identitas narasumber; dan
- Tanggal wawancara diadakan.
- Pelajari semua tentang narasumber.
- Kuasai daftar pertanyaan wawancara.
- Berlatih mengajukan pertanyaan sebelum melakukan wawancara sebenarnya
- Bersikap sopan dan menghormati narasumber;
- Menyapa dengan sapaan yang sesuai, misalnya Bapak, Ibu, Kakak, dan lainnya;
- Berbicara dengan tenang; dan
- Berbahasa Indonesia yang baik, singkat, dan jelas
- Nada suara jangan terlalu keras, tetapi juga tidak terlalu pelan.
- Gunakan intonasi yang sopan.
- Ucapkan pertanyaan dengan jelas.
- Berdirilah atau duduklah dengan tegak.
- Tataplah narasumber saat berbicara. Tatap mata narasumber secara wajar.
- Gunakan gerak tangan untuk menegaskan sesuatu.
- Berpakaianlah dengan sopan dan rapi
- Informasi nama narasumber;
- Nama pewawancara;
- Tanggal wawancara;
- Foto (jika ada); dan
- Jawaban narasumber atas daftar pertanyaan yang dituturkan ulang oleh pewawancara
Nama : Lani | Sekolah : SD Al-Azhar 1 |
---|---|
Kelas : IV B | Tanggal : 26 Maret 2022 |
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Perkenalkan nama saya Lani. Saya bersekolah di SD Nusantara 01 kelas IV. | Perkenalan |
Saya ingin mewawancarai Kak Wawan tentang kegiatan bela diri karate karena saya sangat tertarik dengan bela diri tersebut. | Sampaikan tujuan |
Menurut Kak Wawan apakah bela diri itu ? | Sampaikan pertanyaan 1 |
Jawaban narasumber : Menurut saya bela diri adalah suatu kegiatan dimana kita dapat belajar untuk melindungi diri kita. | Catatlah jawaban narasumber |
Apa yang membuat Kak Wawan tertarik dengan karate ? | Sampaikan pertanyaan 2 |
Jawaban narasumber : Sebenarnya pertama kali saya sangat tertarik dengan taekwondo. Tetapi, karena masalah keselamatan ayah saya tidak mengizinkan saya Mengikuti taekwondo. Akhirnya saya memilih bela diri karate. | Catatlah jawaban narasumber |
Apa manfaat bela diri karate bagi Kak Wawan ? | Sampaikan pertanyaan 3 |
Jawaban narasumber : Manfaat bela diri karate sangat banyak. Salah satunya adalah menyehatkan badan dan dapat menjaga diri. Selain itu karate juga bisa menjadi salah satupenghibur saat kita lagi kesal atau stress. Kita bisa melampiaskan rasa kesal atau stress dengan bela diri karate. | Catatlah jawaban narasumber |
Bagaimana usaha Kak Wawan sehingga bisa menjadi juara karate tingkat kecamatan? | Sampaikan pertanyaan 4 |
Jawaban narasumber : Banyak sekali persiapan yang dilakukan sebelum mengikuti kejuaraan karate. Sebagai seorang atlet karate tentu harus berlatih untuk meningkatkan keahlian, kekuatan, dan ketangguhan diri untuk bersaing dengan atlet lain. Selain itu, latihan juga harus dilakukan rutin agar keterampilan bela diri tetap terjaga. | Catatlah jawaban narasumber |
Wah, menarik untuk mengetahui tentang bela diri karate. Ternyata banyak sekali manfaat yang diperoleh dari bela diri karata. | Sampaikan simpulan |
Terima kasih atas waktu dan kesediaan Kak Wawan untuk diwawancarai. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. | Sampaikan terima kasih dan salam penutup |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar