Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Jumat, 27 Oktober 2023
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : IPAS
Mata Pelajaran : PAK
Apa kabar anak-anak bu Dessy hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energy serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda.Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air.
- Kotak dus dengan ukuran cukup besar, seperti dus makanan atau sepatu.
- Kertas hitam untuk alas.
- Gunting/cutter.
- Pensil.
- Senter.
- Penggaris.
- Buatlah lubang kecil ukuran 0,5-1 cm pada sisi depan dan belakang kardus. Pastikan lubang dalam posisi yang sama. Gunakan penggaris sebagai alat bantu.
- Pastikan dus tidak dalam kondisi tertutup dan kalian bisa melihat bagian dalam dus.
- Simpan dus di atas kertas hitam.
- Nyalakan senter dan arakan sinarnya ke lubang pada dus.
- Amati bagian dalam dus dan cahaya di lubang yang lain.
- Diskusikan dengan kelompok kalian pertanyaan berikut : a. Transformasi energi apa yang terjadi pada senter? b. Apa yang terlihat pada bagian dalam dus saat disinari dengan senter? c. Apa yang terlihat pada lubang satunya saat disinari dengan senter? d. Bisakah kalian mengamati pergerakan cahayanya? Ke mana cahaya bergerak?
- Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.
Energi kimia (tersimpan pada baterai) menjadi energi listrik menjadi energi cahaya.
Terlihat sinar lurus.
Ada cahaya yang keluar dari lubang.
Cahaya masuk ke dalam kotak dan keluar lagi pada lubang seberangnya. Ini menunjukkan bahwa cahaya bergerak.
- 2 buah gelas plastik.
- Benang kasur minimal 1 m.
- Gunting.
- Jarum.
- Buatlah telepon benang dari gelas plastik. Lubangi bagian dasar gelas dengan jarum dan masukkan benang ke dalamnya.
- Ikat benang dari bagian dalam gelas agar tidak copot.
- Cobalah untuk berbicara dengan teman kalian melalui telepon ini. Pastikan benang berada dalam posisi tegak dan tegang.
- Saat berbicara, teman kalian yang lain akan memegang benang dan merasakannya.
- Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut. a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini? b. Apa transformasi energi yang kalian lihat? c. Apakah menurut kalian yang membuat benang terasa bergetar? d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan bunyi pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana bunyi bergerak?
- Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.
Energi bunyi dan energi kinetik.
Energi bunyi dari suara teman yang berbicara menjadi energi kinetik (gerakan garam).
Energi bunyi menggetarkan balon, sehingga garam ikut bergerak.
Suara itu sampai ke telinga teman dan menggetarkan benang. Ini menunjukkan bahwa bunyi bergerak.
- Air panas (sebaiknya simpan dalam termos).
- Cangkir.
- Sendok teh berbahan stainless steel 2 buah
- Tuangkan air panas dalam cangkir.
- Simpan 1 sendok teh dalam cangkir.
- Tunggu selama 5 menit. Peganglah ujung sendok bagian atas yang tidak tercelup air.
- Bandingkan rasanya dengan sendok yang tidak dicelupkan dalam air.
- Diskusikan dengan teman kelompok pertanyaan berikut. a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini? b. Benda apakah yang berperan sebagai sumber panas? c. Apa perbedaan sendok yang dicelupkan ke air panas dengan yang tidak? d. Apakah kalian bisa melihat pergerakan panas pada percobaan ini? Menurut kalian ke mana panas bergerak?
- Tuliskan hasil diskusi pada lembar kerja.
Energi panas.
Air panas.
Sendok pada air panas akan menjadi panas.
Panas pada air bisa sampai ke ujung sendok yang tidak tercelup air. Ini menunjukkan bahwa panasnya bergerak dari air ke sendok.
- Energi cahaya Matahari bergerak dari luar angkasa dan sampai ke Bumi.
- Energi panas dari api bergerak menghangatkan badan kalian.
- Suara alat musik bergerak sampai ke telinga kalian.
- Listrik dari pusat pembangkit listrik bergerak dalam kabel sampai ke rumah kalian.
Energi yang ada pada benda-benda yang bergerak.
Energi cahaya, energi panas, energi bunyi, dan energi listrik.
Karena energi ini bergerak walaupun kita tidak bisa mengamati secara langsung gerakannya.
Energi gerak pada jari berubah menjadi energi bunyi pada senar gitar, energi bunyi menjadi energi gerak pada telepon mainan dari benang, energi listrik dari pusat pembangkit listrik menjadi energi cahaya di rumah.
- Ban sepeda akan terasa panas saat kalian pakai.
- Badan kalian akan terasa panas sehabis berolahraga.
- Petir yang keras akan membuat kaca-kaca bergetar.
- Bahkan leher kalian akan terasa bergetar saat berbicara.
- Buatlah ilustrasi untuk kegiatan pada masing-masing energi.
- Berikan tanda panah untuk menggambarkan arah gerak pada energi cahaya, bunyi, dan panas.
- Berikan warna agar gambar kalian terlihat menarik.
- Tunjukkan dan jelaskan hasil karya kalian pada teman-teman agar mereka juga mendapatkan ilmu.
- Energi kinetik adalah energi yang disebabkan oleh gerak.
- Energi yang termasuk energi kinetik yaitu energi bunyi, energi panas, energi cahaya, dan energi listrik.
Dengan sikap yang bertanggung jawab,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar