Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Selasa, 21 November 2023
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : PKN
BAB 4 : Membangun jati diri dalam kebhinekaan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak sholeh dan sholehah apa kabarnya hari ini? semoga sehat selalu.
Capaian Pembelajaran:
1. Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya.
2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.
Mata Pelajaran : PJOK
Mata Pelajaran : Matematika
BAB 3
B. Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
Langkah mencari FPB dari dua bilangan
- Tentukan faktorisasi prima dari kedua bilangan dengan menggunakan pohon faktor
- Faktor prima yang sama dengan pangkat terkecil
Contoh:
Tentukan FPB dari 4 dan 8
Pembahasan:
Faktorisasi prima 4 = 2 x 2 = 22
Faktorisasi prima 8 = 2 x 2 x 2 = 23
Jadi FPB dari 4 dan 8 adalah 22
Menentukan FPB dari Dua Bilangan
Bagaimana anak hebat, apakah ananda sudah paham tentang FPB? Semoga ananda sudah memahaminya. Supaya ananda lebih memahaminya, kerjakan soal latihan berikut ini ya!
1). 12 dan 16
Pembahasan:
Faktorisasi prima 12 = 2 x 2 x 3 = 22 x 3
Faktorisasi prima 16 = 2 x 2 x 2 x 2 = 24
Jadi FPB dari 12 dan 16 adalah 22 = 4
2). 15 dan 18
Pembahasan:
Faktorisasi prima 15 = 3 x 5
Faktorisasi prima 18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Jadi FPB dari 15 dan 18 adalah 3
3). 18 dan 20
Pembahasan:
Faktorisasi prima 18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Faktorisasi prima 20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
Jadi FPB dari 18 dan 20 adalah 2
4). 20 dan 36
Pembahasan:
Faktorisasi prima 20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
Faktorisasi prima 36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 22 x 32
Jadi FPB dari 20 dan 36 adalah 22 = 4
5). 24 dan 28
Pembahasan:
Faktorisasi prima 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3
Faktorisasi prima 28 = 2 x 2 x 7 = 22 x 7
Jadi FPB dari 24 dan 28 adalah 22 = 4
Contoh soal 1
Ayo tulislah semua faktor persekutuan dari pasangan bilangan berikut. Lalu temukan FPB nya.
1. (6 dan 12)
2. (18 dan 20)
Jawaban:
1. Faktor bilangan 6 = 1, 2, 3, dan 6.
Faktor bilangan 12 = 1, 2, 3, 4, 6, dan 12.
FPB 6 dan 12 adalah 6
2. Faktor bilangan 18 = 1, 2, 3, 6, 9, dan 18.
Faktor bilangan 20 = 1, 2, 4, 5, 10, dan 20.
FPB 18 dan 20 adalah 2
Bacalah soal berikut lalu tentukan FPB nya ....
1. Bu Desi akan membuat beberapa parsel dari 18 kue cokelat dan 36 kue bolu. Setiap keranjang parsel berisi jenis kue sama banyak. Berapa keranjang parsel paling banyak dapat dibuat Ibu Desi?
2. Saat akan pulang ke kampung halaman, Ani menyiapkan berbagai macam oleh-oleh untuk keponakan di kampung. Ani membeli 20 box coklat, 35 pcs permen dan 25 pcs Snack. Jika Ani ingin membagi rata semua oleh-oleh untuk setiap keponakan, maka banyak keponakan yang akan mendapatkan oleh-oleh adalah?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar