Materi Ajar : Selasa,2 September 2025
Hari/Tanggal : Selasa,2 September 2025
Kelas : IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
- TP : Murid dapat mengenal dan mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Materi :
https://youtu.be/SG1q1vkj5dI?si=wfCrx0HpxuI7a_2B
Atau klik disini untuk melihat video pembelajaran : https://youtu.be/SG1q1vkj5dI?si=wfCrx0HpxuI7a_2B
*Tujuan Pembelajaran*
1. Siswa dapat memahami pentingnya lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat.
2. Siswa dapat mengidentifikasi peran individu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
3. Siswa dapat memahami nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.
*Materi Ajar*
*Lingkungan Tempat Tinggal*
- Lingkungan tempat tinggal adalah tempat di mana kita hidup dan berinteraksi dengan orang lain.
- Lingkungan yang bersih dan sehat sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita.
*Peran Individu dalam Menjaga Lingkungan*
- Kita dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
- Kita dapat membantu menjaga kesehatan lingkungan dengan melakukan kegiatan yang ramah lingkungan.
*Nilai-Nilai Pancasila yang Terkait dengan Lingkungan Hidup*
- Sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa (menghargai ciptaan Tuhan dan menjaga lingkungan sebagai bentuk syukur).
- Sila kedua: Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab (menghormati hak-hak orang lain dan lingkungan hidup).
- Sila ketiga: Persatuan Indonesia (bekerja sama untuk menjaga lingkungan hidup).
*Kegiatan Pembelajaran*
1. Diskusi tentang pentingnya lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat.
2. Identifikasi peran individu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
3. Analisis nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.
4. Kegiatan lapangan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah atau masyarakat.
*Manfaat Pembelajaran*
- Siswa dapat memahami pentingnya menjaga lingkungan hidup dan peran individu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
- Siswa dapat mengembangkan nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.
- Siswa dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam menjaga lingkungan hidup.
Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam menjaga lingkungan hidup dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.
CP : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
- TP : Murid dapat menjelaskan ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari
Materi :
https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared
Atau klik disini untuk melihat video pembelajaran : https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared
*Pengertian Gaya*
- Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan perubahan pada benda, seperti perubahan bentuk, arah, atau kecepatan.
- Gaya dapat berupa tarikan atau dorongan yang dilakukan oleh manusia, hewan, atau benda lainnya.
*Jenis-Jenis Gaya*
- Gaya gravitasi: gaya tarik bumi yang menyebabkan benda jatuh ke tanah.
- Gaya gesek: gaya yang timbul ketika dua permukaan benda bersentuhan dan saling menghambat gerakan.
- Gaya magnet: gaya tarik atau tolak yang timbul antara magnet dan benda magnetik lainnya.
*Contoh Gaya dalam Kehidupan Sehari-Hari*
- Gaya gravitasi: buah yang jatuh dari pohon ke tanah.
- Gaya gesek: rem sepeda yang digunakan untuk menghentikan laju sepeda.
- Gaya magnet: magnet yang digunakan untuk menempelkan benda-benda kecil seperti jarum atau paku.
*Pengaruh Gaya terhadap Benda*
- Gaya dapat menyebabkan perubahan bentuk benda, seperti ketika tanah liat dibentuk menjadi berbagai bentuk.
- Gaya dapat menyebabkan perubahan arah benda, seperti ketika bola sepak ditendang ke arah gawang.
- Gaya dapat menyebabkan perubahan kecepatan benda, seperti ketika mobil dipercepat atau diperlambat.
*Aplikasi Gaya dalam Kehidupan Sehari-Hari*
- Gaya digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, berlari, mengangkat benda, dan lain-lain.
- Gaya juga digunakan dalam berbagai teknologi, seperti rem mobil, mesin, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar