Senin, 01 September 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az-Zahra. Selasa, 2 September 2025

  Materi Ajar                       : Selasa,2  September 2025

 Hari/Tanggal                   :  Selasa,2 September 2025

Kelas                                 : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. Pancasila                     :  

CP : Murid Membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

- TP : Murid dapat mengenal dan mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Materi : 

https://youtu.be/SG1q1vkj5dI?si=wfCrx0HpxuI7a_2B

Atau klik disini untuk melihat video pembelajaran : https://youtu.be/SG1q1vkj5dI?si=wfCrx0HpxuI7a_2B

*Tujuan Pembelajaran*

1. Siswa dapat memahami pentingnya lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat.

2. Siswa dapat mengidentifikasi peran individu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

3. Siswa dapat memahami nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.

*Materi Ajar*

*Lingkungan Tempat Tinggal*

- Lingkungan tempat tinggal adalah tempat di mana kita hidup dan berinteraksi dengan orang lain.

- Lingkungan yang bersih dan sehat sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita.

*Peran Individu dalam Menjaga Lingkungan*

- Kita dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

- Kita dapat membantu menjaga kesehatan lingkungan dengan melakukan kegiatan yang ramah lingkungan.

*Nilai-Nilai Pancasila yang Terkait dengan Lingkungan Hidup*

- Sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa (menghargai ciptaan Tuhan dan menjaga lingkungan sebagai bentuk syukur).

- Sila kedua: Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab (menghormati hak-hak orang lain dan lingkungan hidup).

- Sila ketiga: Persatuan Indonesia (bekerja sama untuk menjaga lingkungan hidup).

*Kegiatan Pembelajaran*

1. Diskusi tentang pentingnya lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat.

2. Identifikasi peran individu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

3. Analisis nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.

4. Kegiatan lapangan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah atau masyarakat.

*Manfaat Pembelajaran*

- Siswa dapat memahami pentingnya menjaga lingkungan hidup dan peran individu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

- Siswa dapat mengembangkan nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.

- Siswa dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam menjaga lingkungan hidup.

Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam menjaga lingkungan hidup dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.

IPAS

CP : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

- TP : Murid dapat menjelaskan ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari

Materi :

https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared

Atau klik disini untuk melihat video pembelajaran : https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared

*Pengertian Gaya*

- Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan perubahan pada benda, seperti perubahan bentuk, arah, atau kecepatan.

- Gaya dapat berupa tarikan atau dorongan yang dilakukan oleh manusia, hewan, atau benda lainnya.

*Jenis-Jenis Gaya*

- Gaya gravitasi: gaya tarik bumi yang menyebabkan benda jatuh ke tanah.

- Gaya gesek: gaya yang timbul ketika dua permukaan benda bersentuhan dan saling menghambat gerakan.

- Gaya magnet: gaya tarik atau tolak yang timbul antara magnet dan benda magnetik lainnya.

*Contoh Gaya dalam Kehidupan Sehari-Hari*

- Gaya gravitasi: buah yang jatuh dari pohon ke tanah.

- Gaya gesek: rem sepeda yang digunakan untuk menghentikan laju sepeda.

- Gaya magnet: magnet yang digunakan untuk menempelkan benda-benda kecil seperti jarum atau paku.

*Pengaruh Gaya terhadap Benda*

- Gaya dapat menyebabkan perubahan bentuk benda, seperti ketika tanah liat dibentuk menjadi berbagai bentuk.

- Gaya dapat menyebabkan perubahan arah benda, seperti ketika bola sepak ditendang ke arah gawang.

- Gaya dapat menyebabkan perubahan kecepatan benda, seperti ketika mobil dipercepat atau diperlambat.

*Aplikasi Gaya dalam Kehidupan Sehari-Hari*

- Gaya digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, berlari, mengangkat benda, dan lain-lain.

- Gaya juga digunakan dalam berbagai teknologi, seperti rem mobil, mesin, dan lain-lain.

3. Bahasa Indonesia       :  Homonim 

Tujuan Pembelajaran     : 

- melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, myimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali kesimpulannya.

Capaian Pembelajaran   : 
- Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan dari media audio. 

BAHASA INDONESIA 
Pada pelajaran bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, kita akan belajar menyebutkan contoh kata homonim bermakna ganda.

https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared

Atau klik disini untuk melihat video : https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared
*Pengertian Homonim*
- Homonim adalah kata-kata yang memiliki ejaan dan/atau pengucapan yang sama, tetapi memiliki makna yang berbeda.

*Contoh Homonim*
- Bank (lembaga keuangan) dan bank (tepi sungai)
- Kunci (alat untuk membuka pintu) dan kunci (jawaban atau solusi)
- Mata (organ penglihatan) dan mata (bagian dari benda, seperti mata pisau)

*Ciri-Ciri Homonim*
- Homonim memiliki ejaan yang sama, tetapi makna yang berbeda.
- Homonim dapat memiliki pengucapan yang sama atau berbeda.

*Penggunaan Homonim dalam Kalimat*
- Contoh: "Saya pergi ke bank untuk mengambil uang." (bank sebagai lembaga keuangan)
- Contoh: "Saya duduk di bank sungai untuk menikmati pemandangan." (bank sebagai tepi sungai)

*Pentingnya Memahami Homonim*
- Memahami homonim dapat membantu siswa memahami makna kata-kata dengan lebih tepat.
- Memahami homonim dapat membantu siswa menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az-Zahra .jumat 12 September 2025

  Materi Ajar                   : Jumat, 12 September 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 12 September 2025 Kelas                 ...