Rabu, 03 September 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Kamis, 4 September 2025

 Materi Ajar              : Kamis, 4 September 2025

Hari/Tanggal                   :  Kamis, 4 September 2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. PAK            

         

Pendidikan antikorupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi.

Pendidikan anti korupsi adalah program pendidikan tentang korupsi yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian warganegara terhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi.

Pendidikan anti korupsi diberikan agar terciptanya generasi muda yang dengan sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan juga mengetahui sanksi-sanksi yang akan diterima jika seseorang melakukan korupsi.

 2. Matematika                         
Tujuan Pembelajaran     : 

Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.  Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

2.  Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

MATERI AJAR MATEMATIKA



Pengertian Perkalian

- Perkalian adalah operasi matematika yang digunakan untuk menghitung hasil dari penjumlahan berulang.

- Perkalian dapat diartikan sebagai "penjumlahan berulang" atau "penambahan sebanyak".

 

Perkalian Tanpa Menyimpan

- Perkalian tanpa menyimpan adalah perkalian yang hasilnya tidak melebihi 100.

- Contoh: 2 × 5 = 10, 3 × 4 = 12, 5 × 2 = 10

 

Langkah-Langkah Perkalian Tanpa Menyimpan

1. Menghafal tabel perkalian dasar (1-10).

2. Menggunakan tabel perkalian untuk menghitung hasil perkalian.

3. Menghitung perkalian dengan menggunakan penjumlahan berulang.

 

Contoh Soal Perkalian Tanpa Menyimpan

- 4 × 6 = ?

- Jawaban: 4 × 6 = 24

- 3 × 9 = ?

- Jawaban: 3 × 9 = 27

 

Kegiatan Pembelajaran

1. Menghafal tabel perkalian dasar (1-10).

2. Latihan menghitung perkalian tanpa menyimpan dengan menggunakan tabel perkalian.

3. Membuat soal perkalian tanpa menyimpan dan menyelesaikannya.

3. Bahasa Indonesia       :  Homonim


Tujuan Pembelajaran     : 

1. Siswa dapat memahami konsep homonim dan contohnya dalam bahasa Indonesia.

2. Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata homonim dalam kalimat atau teks.

3. Siswa dapat menggunakan kata-kata homonim dengan tepat dalam kalimat atau teks.

4. Siswa dapat memahami perbedaan makna antara kata-kata homonim.

Alur Tujuan Pembelajaran:
-Peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok(gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) 

Capaian Pembelajaran   : 

Menyimak:

1. Murid mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2. Murid mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Membaca dan memirsa:

3. Murid mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

4. Murid mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar

5. Murid mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

6. Murid mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.

Berbicara dan mempresentasikan:

7. Murid mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

8. Murid mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara.

9. Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal hal menarik di lingkungan sekitar.

Menulis:

10. Murid mampu menulis berbagai teks dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

11. Murid mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks.

12. Murid terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.


Bahasa Indonesia 


Pengertian Homonim

- Homonim adalah kata-kata yang memiliki ejaan dan/atau pengucapan yang sama, tetapi memiliki makna yang berbeda.

 

Contoh Homonim

- Bank (lembaga keuangan) dan bank (tepi sungai)

- Kunci (alat untuk membuka pintu) dan kunci (jawaban atau solusi)

- Mata (organ penglihatan) dan mata (bagian dari benda, seperti mata pisau)

 

Ciri-Ciri Homonim

- Homonim memiliki ejaan yang sama, tetapi makna yang berbeda.

- Homonim dapat memiliki pengucapan yang sama atau berbeda.

 

Penggunaan Homonim dalam Kalimat

- Contoh: "Saya pergi ke bank untuk mengambil uang." (bank sebagai lembaga keuangan)

- Contoh: "Saya duduk di bank sungai untuk menikmati pemandangan." (bank sebagai tepi sungai)

 

Pentingnya Memahami Homonim

- Memahami homonim dapat membantu siswa memahami makna kata-kata dengan lebih tepat.

- Memahami homonim dapat membantu siswa menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az-Zahra .jumat 12 September 2025

  Materi Ajar                   : Jumat, 12 September 2025 Hari/Tanggal                   :  Jumat, 12 September 2025 Kelas                 ...