MATEMATIKA LAMBANG BILANGAN
Hari/Tanggal
: Kamis, 31 Oktober 2024
Kelas : 4 B
Muatan Pembelajaran
:
1. Matermatika : Lambang Bilangan
Media/alat peraga : Papan Lambang Bilangan
Capaian Pembelajaran
1.
Membaca, menulis, dan menentukan nilai tempat
bilangan
2.
Membandingkan dan mengurutkan bilangan
3.
Melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan
4.
melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan
bilangan
Tujuan Pembelajaran:
Matematika
1.
Peserta didik dapat membandingkan bilangan cacah
hingga 10.000
2.
Peserta didik dapat mengurutkan bilangan cacah
hingga 10.000
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga
kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan
ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin
melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
MATEMATIKA
Pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar
kurikulum merdeka pada Bab I Bilangan Cacah Besar terdapat kegiatan Membaca
Bilangan Cacah Besar. Tujuan pembelajaran kali ini adalah mengetahui cara
menyatakan bilangan dengan nilai ratusan juta berdasarkan komposisi bilangan.
Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak
negatif atau himpunan bilangan asli ditambah 0. Contoh bilangan cacah adalah 0,
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. 9. 10 dan seterusnya. Sedangkan nama bilangan atau
nominal yang sering digunakan untuk menyatakan besaran atau harga adalah
satuan, puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, milyaran, dan triliunan.
Cara Membaca Bilangan Cacah Besar dengan Setiap Tiga
Angka
Ada banyak bilangan besar yang dapat kita temukan di sekitar
kita yang ditandai dengan tanda titik untuk memisahkan tiga angkanya. Tanda
titik ini digunakan karena kita kesulitan ketika membaca bilangan cacah besar
tersebut. Sehingga bilangan tersebut diberi tanda titik setiap tiga
angka.
Dalam Sistem Bilangan, kita menyatakan bilangan besar dengan
beberapa satuan nilai tempat, yaitu dengan memasukkan satuan nilai tempat baru
ribuan, jutaan, milliaran, dan trilliunan pada setiap 3 digit angka, untuk
menyadari hal ini, tabel notasi nilai tempat sangatlah efektif. Saat
menggunakan tabel notasi nilai tempat, diharapkan guru membuat siswa sadar
bahwa di samping satuan nilai tempat baru akan muncul setiap tiga digit
1.
Guru memberikan penjelasan tentang menulis
bilangan cacah sampai 10.000
2.
Guru menjelaskan cara membaca bilangan cacah
sampai 10.000
3.
Guru memberikan beberapa soal.
Demikian pembahasan mengenai lambang bilangan. Semoga
tulisan ini bermanfaat. Semangat mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan
oleh ibu guru anak sholih dan sholihah. Ibu Dessy akhiri pembelajaran hari ini
wassalamuaikum warahmatullahi wabarakatuh. See you tomorrow anak sholih dan
sholihah Ibu Dessy.
Kesimpulan kegiatan hari ini:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan
lancar, anak anak mengikuti kegiatan dengan aktif dan antusias. Kegitan hari
ini mengenal materi lambang bilangan anak anak dapat mengerjakan soal dengan
baik dan benar. Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini tuntas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar