Rabu, 30 Oktober 2024

Tes UKG


MATEMATIKA LAMBANG BILANGAN

Hari/Tanggal                     : Kamis, 31 Oktober 2024

Kelas                                   : 4 B

Muatan  Pembelajaran      :  

1. Matermatika                    : Lambang Bilangan

Media/alat peraga             : Papan Lambang Bilangan

Capaian Pembelajaran

1.       Membaca, menulis, dan menentukan nilai tempat bilangan

2.       Membandingkan dan mengurutkan bilangan

3.       Melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan

4.       melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan

Tujuan Pembelajaran:

Matematika 

1.       Peserta didik dapat membandingkan bilangan cacah hingga 10.000

2.       Peserta didik dapat mengurutkan bilangan cacah hingga 10.000

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

MATEMATIKA

Pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar kurikulum merdeka pada Bab I Bilangan Cacah Besar terdapat kegiatan Membaca Bilangan Cacah Besar. Tujuan pembelajaran kali ini adalah mengetahui cara menyatakan bilangan dengan nilai ratusan juta berdasarkan komposisi bilangan.

Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif atau himpunan bilangan asli ditambah 0. Contoh bilangan cacah adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. 9. 10 dan seterusnya. Sedangkan nama bilangan atau nominal yang sering digunakan untuk menyatakan besaran atau harga adalah satuan, puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, milyaran, dan triliunan.

Cara Membaca Bilangan Cacah Besar dengan Setiap Tiga Angka

Ada banyak bilangan besar yang dapat kita temukan di sekitar kita yang ditandai dengan tanda titik untuk memisahkan tiga angkanya. Tanda titik ini digunakan karena kita kesulitan ketika membaca bilangan cacah besar tersebut. Sehingga bilangan tersebut diberi tanda titik setiap tiga angka. 

Dalam Sistem Bilangan, kita menyatakan bilangan besar dengan beberapa satuan nilai tempat, yaitu dengan memasukkan satuan nilai tempat baru ribuan, jutaan, milliaran, dan trilliunan pada setiap 3 digit angka, untuk menyadari hal ini, tabel notasi nilai tempat sangatlah efektif. Saat menggunakan tabel notasi nilai tempat, diharapkan guru membuat siswa sadar bahwa di samping satuan nilai tempat baru akan muncul setiap tiga digit

1.       Guru memberikan penjelasan tentang menulis bilangan cacah sampai 10.000

2.       Guru menjelaskan cara membaca bilangan cacah sampai 10.000

 


3.       Guru memberikan beberapa soal.

 

Demikian pembahasan mengenai lambang bilangan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Semangat mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh ibu guru anak sholih dan sholihah. Ibu Dessy akhiri pembelajaran hari ini wassalamuaikum warahmatullahi wabarakatuh. See you tomorrow anak sholih dan sholihah Ibu Dessy.  

Kesimpulan kegiatan hari ini:

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan lancar, anak anak mengikuti kegiatan dengan aktif dan antusias. Kegitan hari ini mengenal materi lambang bilangan anak anak dapat mengerjakan soal dengan baik dan benar. Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini tuntas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi kisi SAS Kelas. Jumat, 29 November 2024

KISI KISI SAS  Hari, tanggal: Jumat, 29 November 2024  Kelas               : 4B SUMATIF AKHIR SEMESTER 1 (Ganjil)                           ...