Hari/Tanggal : Rabu, 21 Agustus 2024
Kelas : IV B
Muatan Pelajaran :
1. IPAS : wujud zat dan perubahannya
2. Bahasa Indonesia : dibawah atap
3. P5 : Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Bagian-bagian utama dari tumbuhan tersebut adalah sebagai berikut.
IPAS Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik dapat menyebutkan alat indra manusia
Pada pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Bab 2 Wujud Zat dan terdapat Topik A.1 Apa Itu Massa?Tujuan pembelajaran ini adalah peserta didik mengenali materi dan karakteristiknya. Peserta didik mempelajari karakteristik wujud zat/materi. Peserta didik mencari tahu bagaimana perubahan wujud zat terjadi.
Pada topik bahasan A peserta didik akan dikenalkan dengan konsep materi melalui aktivitas mengamati dan mengidentifikasi ciri-ciri materi. Peserta didik akan diajak untuk mengamati beberapa benda, kemudian mengukur massa dan volumenya menggunakan alat bantu timbangan. Melalui aktivitas-aktivitas ini kemampuan peserta didik dalam melakukan pengamatan, mengumpulkan, mengolah dan menginterpretasi data diharapkan menjadi lebih terasah serta tumbuh karakter jujur dan persisten.
Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Segala sesuatu yang dapat diukur massanya dan terbukti menempati ruang tertentu maka bisa dipastikan bahwa benda itu termasuk materi. Dalam bahasa yang lebih sederhana, jika suatu benda bisa diindera (dilihat, diraba, dirasa) maka benda itu termasuk materi. Meskipun bukan berarti hal yang tidak bisa diraba seperti udara tidak termasuk materi. Udara termasuk materi karena udara memiliki massa dan menempati ruang.
Alam semesta tempat kita tinggal terdiri atas banyak materi. Materi adalah segala sesuatu punya massa dan menempati ruang. Materi ada yang berupa makhluk hidup seperti kita (manusia), hewanhewan, tumbuhan, jamur dan bakteri. Ada juga yangberupa makhluk tak hidup atau yang sering kita sebut dengan benda, seperti buku, papan tulis, awan, langit, tanah dan sebagainya.
A.1 Apa Itu Massa?Ketika di atas timbangan tidak diletakkan apa pun, kedua timbangan akan seimbang. Namun, ketika di salah satu timbangan diletakkan benda seperti kerikil, maka timbangan akan miring ke salah satu bagian. Hal ini menunjukkan bahwa kerikil atau benda yang diletakkan di atas timbangan itu memiliki massa. Seperti pada gambar berikut:Timbangan akan miring ke arah benda yang lebih berat. Itu artinya benda yang ada di kanan lebih berat dibandingkan benda yang ada di kiri.Ini menunjukkan bahwa massa batu lebih besar dibandingkan massa kerikil.
Mari MencobaBenda Mana yang Lebih Berat?Carilah dua buah benda yang ada di sekitar kalian. Mintalah bantuan kepada guru untuk membandingkan benda mana yang massanya
Lakukan BersamaSeberapa Berat Makanan ini?Carilah kemasan makanan yang ada di lingkungan sekolah. Kemudian, amati pada kemasan tersebut angka yang diberi akhiran g, seperti pada contoh gambar-gambar berikut.Massa Benda yang Lebih Berat Benda yang Lebih Ringan Benda 1 Benda 2 Keripik Pisang Keripik Lestari Keripik Pisang Keripik Lestari Untir Untir Aneka kacang Aneka Kacang Untir Untir
Setelah menemukan kemasan makanan berikut angkanya, laporkan kepada guru. Guru akan menuliskan di papan tulis nama kemasan makanan berikut massanya.
Miskonsepsi yang seringkali muncul dalam pemahaman peserta didik adalah benda yang ukurannya lebih besar atau yang jumlahnya banyak memiliki massa yang lebih besar. Padahal, faktanya tidak selalu demikian. Massa benda dipengaruhi oleh banyaknya zat/materi dalam suatu satuan. Semakin banyak zat/materinya, maka massa benda akan semakin besar. Beberapa benda seperti kapas, tisu, styrofoam memiliki jumlah zat/materi yang lebih sedikit dalam suatu satuan volume dibandingkan besi. Besi berukuran sekepal tangan anak kecil tentu jauh lebih berat dibandingkan kapas dengan ukuran yang sama.
Mari Refleksikan1. Apakah semua yang ditimbang termasuk materi? Ya.
2. Mengapa benda-benda tadi disebut materi?Karena benda-benda itu memiliki massa dan dapat ditimbang
3. Bagaimana dengan cahaya, apakah cahaya termasuk materi?Tidak, karena cahaya tidak dapat ditimbang.
4. Apa hubungan antara massa dengan ukuran benda? Apakah benda yang ukurannya lebih kecil massanya selalu lebih kecil?Benda yang ukurannya lebih besar biasanya memiliki massa yang lebih besar meskipun tidak selalu. Elaborasikan pemahaman tentang perbandingan antara massa kapas dengan batu yang lebih kecil namun lebih berat.
5. Bagaimana cara menentukan massa suatu benda? Dengan cara menimbang menggunakan timbangan.
Belajar Lebih LanjutMassa adalah besaran dari suatu benda. Ketika suatu benda memiliki massa maka benda itu merupakan materi. Massa suatu benda bisa berbeda dengan massa benda lainnya. Misalnya, massa 1 butir telur tentu berbeda dengan massa 1 potong baju.Perbedaan massa yang berbeda pada suatu benda dengan benda yang lain disebabkan oleh banyaknya jumlah zat pada benda tersebut. Misalnya, jika kalian memiliki sebuah botol plastik dan sebuah botol kaca, atau gelas plastik dan gelas kaca. Meskipun sama-sama botol atau gelas, tetapi keduanya memiliki massa yang berbeda. Botol kaca atau gelas kaca memiliki jumlah zat yang lebih banyak dibandingkan botol atau gelas plastik. Akibatnya botol atau gelas kaca massanya lebih besar dibandingkan botol atau gelas plastik.
Zat atau materi merupakan sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Zat tersusun dari beberapa partikel penyusun yang dibedakan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran.
Materi disebut sebagai zat yang memiliki massa tertentu dan menempati volume tertentu di ruang angkasa. Contoh materi diantaranya: kayu, air, udara, kaca dan plastik.
Sifat dan wujud zat
Massa | Benda yang Lebih Berat | Benda yang Lebih Ringan | |
---|---|---|---|
Benda 1 | Benda 2 | ||
Keripik Pisang | Keripik Lestari | Keripik Pisang | Keripik Lestari |
Untir Untir | Aneka kacang | Aneka Kacang | Untir Untir |
Ya.
Karena benda-benda itu memiliki massa dan dapat ditimbang
Tidak, karena cahaya tidak dapat ditimbang.
Benda yang ukurannya lebih besar biasanya memiliki massa yang lebih besar meskipun tidak selalu. Elaborasikan pemahaman tentang perbandingan antara massa kapas dengan batu yang lebih kecil namun lebih berat.
Dengan cara menimbang menggunakan timbangan.
Tujuan Pembelajaran :
Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
Tigor suka menyiram tanaman karena Tigor suka bermain air.
Dengan semprotan air, Tigor dapat membuat hujan.
Tanaman Kak Tiur disebut Sukulen.
Kalau sering disiram sukulen bisa membusuk.
Molen adalah kucing peliharaan Tigor.
Kak Tiur.
Nama suku keluarga Tigor adalah Siregar.
Nama suku keluarga Tigor dan Kak Tiur adalah Siregar.
Karena Molen dan Sukulen memiliki kesamaan suku kata di akhir nama.
Tigor menyebut Molen sebagai kepala suku Suku Len.
Tugas saya adalah menyapu halaman rumah setiap sore. Hal yang membuat saya menyukai kegiatan tersebut adalah halaman menjadi bersih dan aman untuk bermain.
Molen bukan kepala Suku Len, itu hanya sebutan Tigor untuk kucing peliharaannya.
Suku Batak berasal dari Provinsi Sumatera Utara.
Saya memanggil ibu dengan Bunda.
Kata | Arti 1 | Arti 2 |
---|---|---|
Bisa | mampu (kuasa melakukan sesuatu); dapat | zat racun yang dapat menyebabkan luka, busuk, atau mati bagi sesuatu yang hidup (biasanya terdapat pada binatang) |
Bulan | satelit alami yang mengitari bumi, tampak bersinar pada malam hari karena pantulan sinar matahari | masa atau jangka waktu perputaran bulan mengitari bumi dari mulai tampaknya bulan sampai hilang kembali (29 atau 30 hari) |
Kali | kata untuk menyatakan kekerapan tindakan | sungai |
Palu | alat untuk memukul paku; godam; martil | ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah |
Rapat | hampir tidak berantara; dekat sekali (tidak renggang) | pertemuan (kumpulan) untuk membicarakan sesuatu; sidang; majelis |
Mengenal P5
Apa itu Profil Pelajar Pancasila dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila?Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profill pelajar Pancasila (pembelajaran kokurikuler), dan ekstrakurikuler.
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:
- Beriman, bertakwa kepada Allah SWT, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Kreatif
- Bernalar kritis
Kalian tentu ingin menjadi orang sukses, bukan? Tapi, kalian juga bertanya apakah bisa menjadi sukses sementara kalian masih duduk di bangku sekolah? Nah, buku ini merupakan bahan bacaan yang tepat sekali bagi adik-adik untuk menajdi pengusaha cilik,
Selain mengajarkan bagaimana berusaha, buku ini juga memberikan pengetahuan kepada kalian beragam jenis usaha yang bisa dilakukan di sekolah, bagaimana cara memulainya, dan bahkan kalian akan dipandu sampai bagaimana mengatur keuangan.
YUK JADI PENGUSAHA CILIK DENGAN MENGIKUTI CARA BERDAGANG NABI MUHAMMAD SAW.
Cara Berdagang Nabi Muhammad, yang Bisa Anda Ikuti
Untuk menjadi sukses, tentunya kita juga harus mengimplementasikan sikap-sikap positif, agar juga mendapatkan hasil yang positif juga, selain mengandalkan teknik berdagang secara teknis. Oleh karena itu, berikut beberapa tips cara berdagang ala Nabi Muhammad SAW. 1. Berjualan dengan jujur “Sempurnakanlah takaran dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang merugikan, dan timbanglah dengan timbangan yang lurus. Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi ini dengan membuat kerusakan.” (QS Asy-Syuraa: 181-183). Nabi Muhammad sendiri selalu menerapkan sikap jujur, terutama dalam berdagang. Hal ini dapat Anda terapkan di dalam sikap berjualan Anda. Anda dapat memberikan harga yang jujur, menjawab pertanyaan konsumen dengan jujur dan lain-lainnya. Dengan ini, maka Anda juga akan disenangi oleh pihak konsumen
2. Menghargai pelanggan Ketika berdagang, Nabi Muhammad tidak membeda-bedakan pelanggan walaupun dari berbagai kalangan. Hal ini juga tentunya akan menyenangkan konsumen. Konsumen sangat menyukai jika Anda bersikap ramah, baik, dan tidak membeda-bedakan. Dengan ini, maka konsumen juga dapat percaya dengan Anda.
3. Mengambil untung dengan harga yang baik “Barangsiapa yang menghendaki keuntungan akhirat, akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan dunia, Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu kebahagiaan pun di akhirat.” (QS. Asy-Syuraa : 20). Nabi Muhammad di dalam berjualan tidak mengambil untung dengan banyak, dikarenakan dirinya ingin mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Untuk itu di dalam berbisnis, Anda dapat mengambil keuntungan di harga yang wajar. Janganlah Anda mengambil untung terlalu banyak. Lain sisi, pihak pelanggan juga akan senang jika Anda menjual di harga yang terjangkau atau kompetitif.
4. Tidak Menjatuhkan kompetitor “Janganlah seseorang di antara kalian menjual dengan maksud untuk menjelekkan apa yang dijual orang lain.” (HR Muttafaq Alaih). Walaupun terkadang di dalam berdagang terdapat persaingan, namun janganlah memiliki niatan untuk menjelekkan kompetitor atau pedagang lain. Pastikan Anda memiliki persaingan yang sehat dan positif.
5. Tidak menyerah
“Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah kaum yang kafir.” (QS. Yusuf: 87). Tentunya dalam berdagang atau berbisnis Anda memerlukan waktu untuk belajar dan berproses. Untuk itu, maka Anda tidak boleh mudah menyerah dan tetaplah untuk berusaha. Jika Anda telah berusaha dengan positif dan berkomitmen, maka Anda akan semakin dekat dengan kesuksesan.
Lembar Kerja Peserta Didik
Bagaimanakah akhlak Nabi
Muhammad SAW dalam berniaga ?
Apakah perilaku Nabi Muhammad SAW
ketika berniaga dapat kamu terapkan
untuk memulai usaha? Mengapa?
Perniagaan Nabi Muhammad SAW
Wawancara
Persiapan :
1. Guru dapat memastikan terlebih dahulu siswa sudah pernah melakukan wawancara sebelumnya. Jika
siswa belum pernah melakukan wawancara, guru dapat memberikan kegiatan latihan wawancara di
awal dengan topik sederhana
Pelaksanaan :
Kegiatan Pembuka :
(Kegiatan di atas dilakukan jika siswa belum pernah melakukan kegiatan wawancara)
2. Guru meminta siswa untuk mencari tokoh pengusaha yang ada di lingkungan sekitar.
3. Guru mempersilakan setiap siswa untuk menanyakan kesukaan dari teman sekelas sebelum
memberikan kesimpulan bahwa mengetahui suatu topik dapat dilakukan dengan wawancara.
Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan video contoh wawancara sederhana. Lalu guru menjelaskan bahwa untuk
melakukan wawancara diperlukan panduan pertanyaan terlebih dahulu.
2. Siswa menyusun pertanyaan sederhana yang ingin ditanyakan ketika wawancara.
3. Guru memberikan penguatan untuk setiap pertanyaan yang akan diajukan ketika wawancara
4. Siswa melakukan wawancara secara langsung dengan tokoh pengusaha yang berada di lingkungan
sekitar.
Kegiatan Penutup :
1. Siswa saling berbagi hasil dari wawancara yang telah didapatkan
2. Guru dan teman sekelas memberi tanggapan dari hasil wawancara
KEGIATAN LIFE SKILLPRAKTIK BERLATIH MENJAHIT dicontohkan oleh guru di kelas.
KESIMPULAN KEGIATAN HARI INI :Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali dalam kegiatan guru menerangkan materi tentang bagian tumbuhan dan fungsinya dan untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melakukan kegiatan menjahit didampingi oleh gutu kelas untuk mata pelajaran bahasa indonesia anak-anak dengan semangat mempelajari surat pribadi. Kegiatan hari ini Tuntas dikerjakan.
Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profill pelajar Pancasila (pembelajaran kokurikuler), dan ekstrakurikuler.
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:
- Beriman, bertakwa kepada Allah SWT, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Kreatif
- Bernalar kritis
Selain mengajarkan bagaimana berusaha, buku ini juga memberikan pengetahuan kepada kalian beragam jenis usaha yang bisa dilakukan di sekolah, bagaimana cara memulainya, dan bahkan kalian akan dipandu sampai bagaimana mengatur keuangan.
Untuk menjadi sukses, tentunya kita juga harus mengimplementasikan sikap-sikap positif, agar juga mendapatkan hasil yang positif juga, selain mengandalkan teknik berdagang secara teknis. Oleh karena itu, berikut beberapa tips cara berdagang ala Nabi Muhammad SAW.
Lembar Kerja Peserta Didik
Bagaimanakah akhlak Nabi | Apakah perilaku Nabi Muhammad SAW |
Perniagaan Nabi Muhammad SAW | |
Wawancara
Persiapan :
1. Guru dapat memastikan terlebih dahulu siswa sudah pernah melakukan wawancara sebelumnya. Jika
siswa belum pernah melakukan wawancara, guru dapat memberikan kegiatan latihan wawancara di
awal dengan topik sederhana
Pelaksanaan :
Kegiatan Pembuka :
(Kegiatan di atas dilakukan jika siswa belum pernah melakukan kegiatan wawancara)
2. Guru meminta siswa untuk mencari tokoh pengusaha yang ada di lingkungan sekitar.
3. Guru mempersilakan setiap siswa untuk menanyakan kesukaan dari teman sekelas sebelum
memberikan kesimpulan bahwa mengetahui suatu topik dapat dilakukan dengan wawancara.
Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan video contoh wawancara sederhana. Lalu guru menjelaskan bahwa untuk
melakukan wawancara diperlukan panduan pertanyaan terlebih dahulu.
2. Siswa menyusun pertanyaan sederhana yang ingin ditanyakan ketika wawancara.
3. Guru memberikan penguatan untuk setiap pertanyaan yang akan diajukan ketika wawancara
4. Siswa melakukan wawancara secara langsung dengan tokoh pengusaha yang berada di lingkungan
sekitar.
Kegiatan Penutup :
1. Siswa saling berbagi hasil dari wawancara yang telah didapatkan
2. Guru dan teman sekelas memberi tanggapan dari hasil wawancara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar