Hari/Tanggal : Senin, 19 Agustus 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Pendidikan Pancasila
2. Bahasa Indonesia
3. Matermatika
4. SBDP
Tujuan Pembelajaran:
Pendidikan Pancasila
1. Peserta didik dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dengan baik dan benar
B. Indonesia
1. Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat memahami makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris dengan tepat
2. Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat mengidentifikasi makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris dengan tepat
Matematika
1. Peserta didik dapat membandingkan bilangan cacah hingga 10.000
2. Peserta didik dapat mengurutkan bilangan cacah hingga 10.000
SBDP
1. peserta didik mampu mengenali jenis-jenis sumber bunyi berdasarkan cara memainkan alat musiknya. seperti dipukul, digesek, dan ditiup
2. peseta didik mampu mengkategorikan jenis jenis alat musik ritmis dan alat alat musik melodi
3. peserta didik mampu menemukan atau memilih alat musik yang ingin dipelajari dan memahami dasar dasarnya
4. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata panjang dengan benar.
Pendidikan Pancasila
Sila pertama ini mengandung pengertian bahwa bangsa Indonesia mempunyai kebebasan untuk menganut agama dan menjalankan ibadah yang sesuai dengan keyakinan masing-masing. Sila pertama ini juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mewujudkan kehidupan yang selaras, serasi, dan seimbang antarsesama manusia dan makhluk ciptaan Tuhan sehingga timbul rasa saling menyayangi, saling menghargai dan menghormati.
Sila kedua mengandung pengertian bahwa bangsa Indonesia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya selaku makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, yang sama derajatnya, sama hak dan kewajibannya, tanpa membeda-bedakan agama, suku ras, dan keturunan.
Makna dalam sila ketiga ini adalah suatu wujud kebulatan yang utuh dari berbagai aspek kehidupan, yang meliputi ideologi, politik, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan yang semuanya terwujud dalam suatu wadah, yaitu Indonesia.
Sila Kelima “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” Maksudnya masyarakat Indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Untuk itu dikembangkan sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta menghormati hak-hak orang lain.
Pasangkanlah dengn garis antara pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dengan sila-sila Pancasila yang sesuai!
Proyek Kamus Kelas Empat
Masih ingatkah proyek kamus yang telah dibuat di kelas tiga? Kalian bisa melanjutkan proyek tersebut atau membuat kotak kamus baru.
Salin kata-kata baru yang kamu pelajari dari cerita “Tak Muat Lagi” dan “Suka dan Tidak Suka” ke Kamus Kartu.
Kalian dapat mempelajari kembali kata-kata baru tersebut setiap saat.
Alat dan bahan yang diperlukan:
- Kertas bekas
- Karton bekas kemasan makanan
- Kardus bekas
- Lem atau selotip
- Pensil atau pena atau spidol
- Penggaris
- Gunting
Bagaimana caranya? Ikuti dan lakukan langkah-langkah berikut ini, ya:
1. Guntinglah kertas/karton dengan ukuran sekitar 10 x 10 cm. Buatlah cukup banyak.
2. Buatlah kotak dari karton atau kardus bekas. Kalian juga dapat langsung memakai kotak karton kecil yang ada untuk memuat kartu-kartu kalian.
3. Tuliskan kata-kata yang baru kalian ketahui di bagian depan kartu.
4. Tuliskan juga nama kalian, tanggal kartu itu ditulis, kelas kata, serta arti kata.
Untuk arti kata, kalian tidak harus menuliskannya persis seperti di dalam kamus. Kalian dapat menuliskan artinya dengan kata-kata kalian sendiri.
Contoh:
5. Cantumkan nama kalian pada kotak masing-masing. Kalian juga boleh menghias kotak tersebut.
6. Siapkan selalu kartu kosong di kotak kalian agar siap dipakai setiap saat.
Jurnal Membaca
Bacalah buku, majalah, koran, artikel di internet, atau sumber lain yang menceritakan hobi. Kalian juga boleh membaca buku dengan tema lain yang kalian suka.
Proyek Kamus Kelas Empat
Masih ingatkah proyek kamus yang telah dibuat di kelas tiga? Kalian bisa melanjutkan proyek tersebut atau membuat kotak kamus baru.
Salin kata-kata baru yang kamu pelajari dari cerita “Tak Muat Lagi” dan “Suka dan Tidak Suka” ke Kamus Kartu.
Kalian dapat mempelajari kembali kata-kata baru tersebut setiap saat.
Alat dan bahan yang diperlukan:
- Kertas bekas
- Karton bekas kemasan makanan
- Kardus bekas
- Lem atau selotip
- Pensil atau pena atau spidol
- Penggaris
- Gunting
Bagaimana caranya? Ikuti dan lakukan langkah-langkah berikut ini, ya:
1. Guntinglah kertas/karton dengan ukuran sekitar 10 x 10 cm. Buatlah cukup banyak.
2. Buatlah kotak dari karton atau kardus bekas. Kalian juga dapat langsung memakai kotak karton kecil yang ada untuk memuat kartu-kartu kalian.
3. Tuliskan kata-kata yang baru kalian ketahui di bagian depan kartu.
4. Tuliskan juga nama kalian, tanggal kartu itu ditulis, kelas kata, serta arti kata.
Untuk arti kata, kalian tidak harus menuliskannya persis seperti di dalam kamus. Kalian dapat menuliskan artinya dengan kata-kata kalian sendiri.
Contoh:
5. Cantumkan nama kalian pada kotak masing-masing. Kalian juga boleh menghias kotak tersebut.
6. Siapkan selalu kartu kosong di kotak kalian agar siap dipakai setiap saat.
Jurnal Membaca
Bacalah buku, majalah, koran, artikel di internet, atau sumber lain yang menceritakan hobi. Kalian juga boleh membaca buku dengan tema lain yang kalian suka.
Matematika
Pada buku Kurikulum Merdeka Matematika SD kelas 4, ada materi tentang perkalian bilangan cacah.
Perkalian adalah operasi hitung penjumlahan berulang dari suatu bilangan.
Nah, kalau bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 0.
Perkalian bilangan cacah umumnya dilakukan seperti perkalian bilangan lainnya,
Hanya saja perkalian bilangan cacah yang nilainya lebih besar biasanya lebih mudah dihitung dengan cara bersusun.
Yuk, kita pelajari langkah-langkah perkalian bilangan cacah dengan cara bersusun!
Langkah-Langkah Perkalian Bilangan Cacah
Perkalian bulangan cacah dengan cara bersusun dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Perkalian cara bersusun dengan menyimpan.
2. Perkalian cara bersusun tanpa menyimpan.
Perkalian Bilangan Cacah Cara Bersusun dengan Menyimpan
Berikut contoh perkalian bilangan cacah dengan cara bersusun menyimpan. Contoh 47x9. Nah, berikut cara penyelesaiannya.
7 x 9 = 63
Angka 3 ditulis pada tempat nilai satuan dan angka 6 disimpan.
4 x 9 = 36.
36 + angka yang disimpan = 36 + 6 = 42. Jadi 47 x 9 = 423.
"Perkalian susun menyimpan dilakukan dengan cara menyimpan angka."
Perkalian Bilangan Cacah Cara Bersusun dengan Tanpa Menyimpan
Contoh 12 x 4. Berikut cara penyelesaiannya.
2 x 4 = 8.
Ditulis angka 8 di tempat nilai satuan.
1 x 4 = 4.
Ditulis angka 4 di tempat nilai puluhan.
Jadi hasinya 12 x 4 = 48.
Nah, itulah cara perkalian bilangan cacah cara susun dengan menyimpan dan tanpa menyimpan.
AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!
Mengenal Bunyi dan Sumbernya
Bunyi merupakan salah satu bentuk energi yang ada di dunia ini. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu mendengarkan beranekaragam suara, mulai dari suara musik, kicauan burung, klakson kendaraan bermotor, suara pesawat, kereta api, dan suara orang yang sedang berbicara. Semua suara itu dapat kita dengar karena adanya sumber suara/bunyi. Alat indra yang berfungsi sebagai alat untuk mendengar bunyi adalah telinga. Bunyi memberikan manfaat yang sangat banyak bagi kita. Dengan adanya bunyi, maka dunia tidak akan sepi.
Jenis Alat Musik
Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya
Jeni Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya
Jenis Alat Musik Berdasarkan Pengeras Suaranya
Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya
Simak juga video berikut ini untuk membantumu mengetahuinya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar