Materi
Ajar : Senin 17 November 2025
Hari/Tanggal :
Senin 17 November 2025
Kelas
: IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa
kabar anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu,
murojaah, sholat sunah Dhuha.
1. Matematika
Capaian
Pembelajaran : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number
sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis,
menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat,
melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat
menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.
Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan
cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika.
Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan
pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat
mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan
desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan,
serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Tujuan
Pembelajaran (TP)
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan pengertian pecahan dan bagian-bagiannya (pembilang dan penyebut).
2.
Menyebutkan contoh pecahan dengan pembilang 1.
3.
Menyatakan bagian dari suatu benda dalam bentuk pecahan dengan pembilang 1
4.
Membandingkan pecahan kiniil pembilang 1.
5.
Menggunakan pecahan dengan pembilang 1 dalam konteks kehidupan sehari-hari.
https://youtu.be/0hPRfqPFtt8?si=YAOnKU_3hgu6vE_K
https://youtu.be/0hPRfqPFtt8?si=YAOnKU_3hgu6vE_K
III.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian Pecahan
Pecahan
adalah bilangan yang menyatakan bagian dari keseluruhan.
Pecahan
terdiri dari:
Pembilang
→ angka di atas garis pecahan
Penyebut →
angka di bawah garis pecahan
🟰 Contoh:
1/2
Penyebut =
2
Artinya: 1
bagian dari 2 bagian sama besar.
2. Pecahan
dengan Pembilang 1
Pecahan
dengan pembilang 1 adalah pecahan yang memiliki angka 1 di atas garis pecahan.
Contoh:
1/2
1/3
1/4
Artinya:
½ = satu
dari dua bagian sama besar
⅓ = satu
dari tiga bagian sama besar
¼ = satu
dari empat bagian sama besar
2.
Pendidikan Pancasila
-
Capaian Pembelajaran : Peserta didik memahami pentingnya aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat serta menunjukkan sikap
patuh pada aturan untuk mewujudkan ketertiban dan kerukunan
- Tujuan Pembelajran
: Murid dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat tinggal
https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=AmNT318j1ceXOSgf
https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=AmNT318j1ceXOSgf
Materi
:
A.
Pengertian Aturan
Aturan
adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur tingkah laku agar kehidupan bersama
berjalan tertib dan aman.
B. Contoh
Aturan di Lingkungan Sekitar
1. Di
Rumah
Bangun
pagi dan membantu orang tua.
Tidak
menyalakan televisi saat belajar.
Mematikan
lampu saat siang hari.
2. Di
Sekolah
Datang
tepat waktu.
Memakai
seragam sesuai jadwal.
Menghormati
guru dan teman.
3. Di
Masyarakat
Membuang
sampah pada tempatnya.
Tidak
bermain di jalan raya.
Mengikuti
jadwal ronda atau kerja bakti.
C. Manfaat
Mematuhi Aturan
Lingkungan
menjadi tertib, aman, dan nyaman.
Menghindari
perselisihan.
Melatih
tanggung jawab dan disiplin.
D. Akibat
Melanggar Aturan
Lingkungan
menjadi kacau.
Mendapat
teguran atau sanksi.
Merugikan
diri sendiri dan orang lain.
3. IPAS
Capaian
Pembelajaran : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra;
siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya,
gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan
pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan
musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran,
tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat
tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat
tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta
keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman
budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan
upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan
fungsinya
Tujuan
Pembelajaran:
- Siswa
dapat menjelaskan pengertian musim dan jenis-jenis musim di Indonesia.
- Siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri musim di Indonesia.
- Siswa
dapat menjelaskan pengaruh musim terhadap kehidupan sehari-hari.
- Siswa
dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis tentang musim.
https://youtu.be/glQCpLTWXjA?si=RhzH1RJvVZ3HSNHf
https://youtu.be/glQCpLTWXjA?si=RhzH1RJvVZ3HSNHf
Materi:
Pengertian
Musim
Musim
adalah periode waktu dalam setahun yang memiliki kondisi cuaca dan iklim yang
relatif sama. Musim dapat dipengaruhi oleh letak geografis dan pergerakan bumi.
Jenis-Jenis
Musim di Indonesia
1. Musim
Hujan: Musim hujan terjadi ketika angin musim barat membawa uap air dari laut
ke darat, menyebabkan hujan lebat dan sering.
2. Musim
Kemarau: Musim kemarau terjadi ketika angin musim timur membawa udara kering
dari darat ke laut, menyebabkan cuaca panas dan kering.
Ciri-Ciri
Musim di Indonesia
- Musim
Hujan:
- Hujan
lebat dan sering
- Cuaca
lembab dan dingin
- Tanaman
tumbuh subur
- Musim
Kemarau:
- Cuaca
panas dan kering
-
Kekurangan air
- Tanaman
layu dan kering
Pengaruh
Musim terhadap Kehidupan Sehari-Hari
-
Pertanian: Musim hujan cocok untuk menanam padi, sedangkan musim kemarau cocok
untuk menanam palawija.
-
Perikanan: Musim hujan dapat mempengaruhi hasil tangkapan ikan.
-
Kesehatan: Musim hujan dapat menyebabkan penyakit seperti demam berdarah,
sedangkan musim kemarau dapat menyebabkan penyakit seperti dehidrasi.
4. Bahasa
Indonesia
Capaian
Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu
pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan
dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik
di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi
yang dibacakan atau dari media audio.
Tujuan
Pembelajaran (TP)
Setelah
mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian majas.
2.
Mengidentifikasi berbagai jenis majas dalam kalimat atau teks sederhana.
3.
Menyebutkan contoh kalimat yang menggunakan majas.
4.
Menggunakan majas dalam membuat kalimat atau karangan pendek.
5.
Menunjukkan sikap kreatif dan menghargai keindahan bahasa dalam karya sastra.
https://youtu.be/meajXnuDDzo?si=iHgQBSrKnFppxnJ4
https://youtu.be/meajXnuDDzo?si=iHgQBSrKnFppxnJ4
Materi
Pokok :
1.
Pengertian Majas
Majas
adalah gaya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan makna secara tidak
langsung atau kiasan, agar kalimat menjadi lebih indah, menarik, dan hidup.
2.
Jenis-Jenis Majas yang Dipelajari di Kelas 4
a. Majas
Perbandingan
Mengungkapkan
sesuatu dengan membandingkannya dengan hal lain.
Contoh:
Dia
bagaikan bintang di langit.
Wajahnya
seperti bulan purnama.
b. Majas
Personifikasi
Memberi
sifat manusia kepada benda mati.
Contoh:
Daun-daun
menari tertiup angin.
Matahari
tersenyum pagi ini.
c. Majas
Hiperbola
Mengungkapkan
sesuatu secara berlebihan untuk menimbulkan kesan kuat.
Contoh:
Suaranya
menggelegar hingga mengguncang bumi.
Aku
menunggumu seribu tahun lamanya.
d. Majas
Metafora
Mengungkapkan
perbandingan langsung tanpa kata pembanding.
Contoh:
Anak itu
adalah bintang kelas.
Dia tangan
kanan kepala sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar