Selasa, 25 November 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az-Zahra Rabu 26 November 2025

 

Materi Ajar      : Rabu 26 November 2025

Hari/Tanggal  : Rabu 26 November 2025

Kelas                : IV Fatimah Az Zahra

 

A cartoon of a child and a child giving thumbs up

AI-generated content may be incorrect.


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

1. Matematika :

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu memahami, membandingkan, dan menggunakan konsep pecahan sederhana (termasuk pecahan dengan pembilang 1) untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian pecahan dan bagian-bagiannya (pembilang dan penyebut).

2. Menyebutkan contoh pecahan dengan pembilang 1.

3. Menyatakan bagian dari suatu benda dalam bentuk pecahan dengan pembilang 1.

4. Membandingkan pecahan dengan pembilang 1.

5. Menggunakan pecahan dengan pembilang 1 dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang menyatakan bagian dari keseluruhan.

Pecahan terdiri dari:

Pembilang → angka di atas garis pecahan

Penyebut → angka di bawah garis pecahan

Contoh:

1/2

Penyebut = 2

Artinya: 1 bagian dari 2 bagian sama besar.

2. Pecahan dengan Pembilang 1

Pecahan dengan pembilang 1 adalah pecahan yang memiliki angka 1 di atas garis pecahan.

Contoh:

1/2

1/3

1/4

Artinya:

½ = satu dari dua bagian sama besar

⅓ = satu dari tiga bagian sama besar

¼ = satu dari empat bagian sama besar

 

2. Bahasa Indonesia :

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu memahami dan menggunakan kosakata serta bentuk kata berimbuhan (imbuhan ber-, me-, dan ter-) dalam kalimat sederhana untuk menyampaikan makna secara tepat dalam lisan dan tulisan.

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan tujuan wawancara.

2. Siswa mampu menyusun daftar pertanyaan wawancara sesuai topik.

3. Siswa mampu melakukan wawancara dengan sopan dan terarah.

4. Siswa mampu menuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan sederhana.

A cartoon of two people sitting at a table

AI-generated content may be incorrect.

https://youtu.be/Te0PEaJGfSQ?si=TfJfdlN5yokOsgAH

A. Pengertian Wawancara

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara pewawancara (orang yang bertanya) dan narasumber (orang yang memberikan informasi) untuk mendapatkan data atau keterangan.

B. Tujuan Wawancara

1. Mendapatkan informasi yang benar dan jelas.

2. Menambah pengetahuan tentang suatu hal.

3. Mengumpulkan data untuk laporan atau tugas.

4. Mengetahui pendapat atau pengalaman seseorang.

C. Unsur-unsur Wawancara

1. Pewawancara – orang yang melakukan tanya jawab.

2. Narasumber – orang yang memberikan informasi.

3. Pertanyaan – hal-hal yang ingin diketahui.

4. Tempat dan waktu – kapan dan di mana wawancara dilakukan.

5. Tujuan wawancara – alasan mengapa wawancara dilakukan.

D. Langkah-Langkah Melakukan Wawancara

1. Menentukan topik wawancara (contoh: hobi, pekerjaan, lingkungan sekolah).

2. Menentukan narasumber (guru, teman, orang tua, ketua RT, dll).

3. Menyusun daftar pertanyaan sederhana dan jelas.

4. Melakukan wawancara:

Bersikap sopan.

Mendengarkan jawaban dengan baik.

Tidak memotong pembicaraan.

5. Mencatat hasil wawancara.

6. Menyusun laporan wawancara.

E. Contoh Pertanyaan Wawancara

Topik: Hobi Membaca

1. Apa hobi Anda?

2. Sejak kapan Anda memiliki hobi membaca?

3. Buku apa yang paling Anda sukai?

4. Mengapa Anda suka membaca?

5. Apa manfaat dari hobi membaca?

F. Contoh Hasil Wawancara (Singkat)

Narasumber: Bu Rina

Topik: Hobi Membaca

Hasil Wawancara:

Bu Rina memiliki hobi membaca sejak SD. Jenis buku yang paling ia sukai adalah novel dan buku motivasi. Menurut Bu Rina, membaca membuatnya mendapat banyak pengetahuan baru dan bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.

3. IPAS

Capaian Pembelajaran : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Tujuan Pembelajaran:

- Siswa dapat menjelaskan pengertian musim dan jenis-jenis musim di Indonesia.

- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri musim di Indonesia.

- Siswa dapat menjelaskan pengaruh musim terhadap kehidupan sehari-hari.

- Siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis tentang musim.

A picture of a weather forecast

AI-generated content may be incorrect.

https://youtu.be/glQCpLTWXjA?si=RhzH1RJvVZ3HSNHf

https://youtu.be/glQCpLTWXjA?si=RhzH1RJvVZ3HSNHf

Materi:

Pengertian Musim

Musim adalah periode waktu dalam setahun yang memiliki kondisi cuaca dan iklim yang relatif sama. Musim dapat dipengaruhi oleh letak geografis dan pergerakan bumi.

Jenis-Jenis Musim di Indonesia

1. Musim Hujan: Musim hujan terjadi ketika angin musim barat membawa uap air dari laut ke darat, menyebabkan hujan lebat dan sering.

2. Musim Kemarau: Musim kemarau terjadi ketika angin musim timur membawa udara kering dari darat ke laut, menyebabkan cuaca panas dan kering.

Ciri-Ciri Musim di Indonesia

- Musim Hujan:

- Hujan lebat dan sering

- Cuaca lembab dan dingin

- Tanaman tumbuh subur

- Musim Kemarau:

- Cuaca panas dan kering

- Kekurangan air

- Tanaman layu dan kering

Pengaruh Musim terhadap Kehidupan Sehari-Hari

- Pertanian: Musim hujan cocok untuk menanam padi, sedangkan musim kemarau cocok untuk menanam palawija.

- Perikanan: Musim hujan dapat mempengaruhi hasil tangkapan ikan.

- Kesehatan: Musim hujan dapat menyebabkan penyakit seperti demam berdarah, sedangkan musim kemarau dapat menyebabkan penyakit seperti dehidrasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar kelas 4 fatimah Az-Zahra Kamis 27 November

  Materi Ajar      : Kamis 27 November 2025 Hari/Tanggal  : Kamis 27 November 2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   A...