Materi
Ajar : Kamis 27 November 2025
Hari/Tanggal :
Kamis 27 November 2025
Kelas
: IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa
kabar anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu,
murojaah, sholat sunah Dhuha.
1.
Matematika :
Capaian
Pembelajaran
Peserta
didik mampu memahami, membandingkan, dan menggunakan konsep pecahan sederhana
(termasuk pecahan dengan pembilang 1) untuk memecahkan masalah dalam kehidupan
sehari-hari.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan pengertian pecahan dan bagian-bagiannya (pembilang dan penyebut).
2.
Menyebutkan contoh pecahan dengan pembilang 1.
3.
Menyatakan bagian dari suatu benda dalam bentuk pecahan dengan pembilang 1.
4.
Membandingkan pecahan dengan pembilang 1.
5.
Menggunakan pecahan dengan pembilang 1 dalam konteks kehidupan sehari-hari.
III.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian Pecahan
Pecahan
adalah bilangan yang menyatakan bagian dari keseluruhan.
Pecahan
terdiri dari:
Pembilang
→ angka di atas garis pecahan
Penyebut →
angka di bawah garis pecahan
Contoh:
1/2
Penyebut =
2
Artinya: 1
bagian dari 2 bagian sama besar.
2. Pecahan
dengan Pembilang 1
Pecahan
dengan pembilang 1 adalah pecahan yang memiliki angka 1 di atas garis pecahan.
Contoh:
1/2
1/3
1/4
Artinya:
½ = satu
dari dua bagian sama besar
⅓ = satu
dari tiga bagian sama besar
¼ = satu
dari empat bagian sama besar
2.
Bahasa Indonesia :
Capaian
Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu
pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan
dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik
di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi
yang dibacakan atau dari media audio.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mampu menjelaskan pengertian dan tujuan wawancara.
2. Siswa
mampu menyusun daftar pertanyaan wawancara sesuai topik.
3. Siswa
mampu melakukan wawancara dengan sopan dan terarah.
4. Siswa
mampu menuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan sederhana.
https://youtu.be/Te0PEaJGfSQ?si=TfJfdlN5yokOsgAH
A.
Pengertian Wawancara
Wawancara
adalah kegiatan tanya jawab antara pewawancara (orang yang bertanya) dan
narasumber (orang yang memberikan informasi) untuk mendapatkan data atau
keterangan.
B. Tujuan
Wawancara
1.
Mendapatkan informasi yang benar dan jelas.
2.
Menambah pengetahuan tentang suatu hal.
3.
Mengumpulkan data untuk laporan atau tugas.
4.
Mengetahui pendapat atau pengalaman seseorang.
C.
Unsur-unsur Wawancara
1.
Pewawancara – orang yang melakukan tanya jawab.
2.
Narasumber – orang yang memberikan informasi.
3.
Pertanyaan – hal-hal yang ingin diketahui.
4. Tempat
dan waktu – kapan dan di mana wawancara dilakukan.
5. Tujuan
wawancara – alasan mengapa wawancara dilakukan.
D.
Langkah-Langkah Melakukan Wawancara
1.
Menentukan topik wawancara (contoh: hobi, pekerjaan, lingkungan sekolah).
2.
Menentukan narasumber (guru, teman, orang tua, ketua RT, dll).
3.
Menyusun daftar pertanyaan sederhana dan jelas.
4.
Melakukan wawancara:
Bersikap
sopan.
Mendengarkan
jawaban dengan baik.
Tidak
memotong pembicaraan.
5.
Mencatat hasil wawancara.
6.
Menyusun laporan wawancara.
E. Contoh
Pertanyaan Wawancara
Topik:
Hobi Membaca
1. Apa
hobi Anda?
2. Sejak
kapan Anda memiliki hobi membaca?
3. Buku
apa yang paling Anda sukai?
4. Mengapa
Anda suka membaca?
5. Apa
manfaat dari hobi membaca?
F. Contoh
Hasil Wawancara (Singkat)
Narasumber:
Bu Rina
Topik:
Hobi Membaca
Hasil
Wawancara:
Bu Rina memiliki hobi membaca sejak SD. Jenis buku yang paling ia sukai adalah novel dan buku motivasi. Menurut Bu Rina, membaca membuatnya mendapat banyak pengetahuan baru dan bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.
3. Seni
Rupa
https://youtu.be/IgTHC5oONXQ?si=U9sUCJR6StyCyNbL
https://youtu.be/IgTHC5oONXQ?si=U9sUCJR6StyCyNbL
Membuat
Ragam Hias Dekoratif Sederhana
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat memahami konsep ragam hias dekoratif.
2. Siswa
dapat mengidentifikasi jenis-jenis ragam hias dekoratif.
3. Siswa
dapat membuat ragam hias dekoratif sederhana dengan menggunakan bahan-bahan
yang ada di sekitar.
Konsep
Ragam Hias Dekoratif
Ragam hias
dekoratif adalah suatu karya seni yang dibuat untuk memperindah atau menghiasi
suatu objek atau ruangan. Ragam hias dekoratif dapat berupa gambar, pola, atau
bentuk yang memiliki nilai estetika dan keindahan.
Jenis-Jenis
Ragam Hias Dekoratif
1. Ragam
hias flora (tumbuhan)
2. Ragam
hias fauna (hewan)
3. Ragam
hias geometris (bentuk-bentuk geometris)
4. Ragam hias abstrak (bentuk-bentuk tidak beraturan)
Bahan-Bahan
yang Digunakan
- Kertas
- Pensil
- Spidol
- Krayon
- Glem
-
Bahan-bahan alam (daun, bunga, dll)
Langkah-Langkah
Membuat Ragam Hias Dekoratif Sederhana
1.
Pilihlah tema atau objek yang ingin dibuat.
2. Buatlah
sketsa atau gambar dasar.
3.
Tambahkan detail dan hiasan.
4. Warnai
dengan menggunakan spidol atau krayon.
5.
Tambahkan glem atau hiasan lainnya.
Contoh
Ragam Hias Dekoratif Sederhana
1.
Gambar
bunga dengan pola geometris
2.
Gambar
hewan dengan hiasan abstrak
3.
Gambar
tumbuhan dengan hiasan flora
Penilaian
1.
Kreativitas
dan originalitas
2.
Keterampilan
menggambar dan mewarnai
3.
Keseluruhan
hasil karya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar