Rabu, 26 November 2025

Materi Ajar kelas 4 fatimah Az-Zahra Kamis 27 November

 

Materi Ajar      : Kamis 27 November 2025

Hari/Tanggal  : Kamis 27 November 2025

Kelas                : IV Fatimah Az Zahra

 

A cartoon of a child and a child giving thumbs up

AI-generated content may be incorrect.


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

1. Matematika :

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu memahami, membandingkan, dan menggunakan konsep pecahan sederhana (termasuk pecahan dengan pembilang 1) untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian pecahan dan bagian-bagiannya (pembilang dan penyebut).

2. Menyebutkan contoh pecahan dengan pembilang 1.

3. Menyatakan bagian dari suatu benda dalam bentuk pecahan dengan pembilang 1.

4. Membandingkan pecahan dengan pembilang 1.

5. Menggunakan pecahan dengan pembilang 1 dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang menyatakan bagian dari keseluruhan.

Pecahan terdiri dari:

Pembilang → angka di atas garis pecahan

Penyebut → angka di bawah garis pecahan

Contoh:

1/2

Penyebut = 2

Artinya: 1 bagian dari 2 bagian sama besar.

2. Pecahan dengan Pembilang 1

Pecahan dengan pembilang 1 adalah pecahan yang memiliki angka 1 di atas garis pecahan.

Contoh:

1/2

1/3

1/4

Artinya:

½ = satu dari dua bagian sama besar

⅓ = satu dari tiga bagian sama besar

¼ = satu dari empat bagian sama besar

 2. Bahasa Indonesia : 

Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan tujuan wawancara.

2. Siswa mampu menyusun daftar pertanyaan wawancara sesuai topik.

3. Siswa mampu melakukan wawancara dengan sopan dan terarah.

4. Siswa mampu menuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan sederhana.

A cartoon of two people sitting at a table

AI-generated content may be incorrect.

https://youtu.be/Te0PEaJGfSQ?si=TfJfdlN5yokOsgAH

A. Pengertian Wawancara

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara pewawancara (orang yang bertanya) dan narasumber (orang yang memberikan informasi) untuk mendapatkan data atau keterangan.

B. Tujuan Wawancara

1. Mendapatkan informasi yang benar dan jelas.

2. Menambah pengetahuan tentang suatu hal.

3. Mengumpulkan data untuk laporan atau tugas.

4. Mengetahui pendapat atau pengalaman seseorang.

C. Unsur-unsur Wawancara

1. Pewawancara – orang yang melakukan tanya jawab.

2. Narasumber – orang yang memberikan informasi.

3. Pertanyaan – hal-hal yang ingin diketahui.

4. Tempat dan waktu – kapan dan di mana wawancara dilakukan.

5. Tujuan wawancara – alasan mengapa wawancara dilakukan.

D. Langkah-Langkah Melakukan Wawancara

1. Menentukan topik wawancara (contoh: hobi, pekerjaan, lingkungan sekolah).

2. Menentukan narasumber (guru, teman, orang tua, ketua RT, dll).

3. Menyusun daftar pertanyaan sederhana dan jelas.

4. Melakukan wawancara:

Bersikap sopan.

Mendengarkan jawaban dengan baik.

Tidak memotong pembicaraan.

5. Mencatat hasil wawancara.

6. Menyusun laporan wawancara.

E. Contoh Pertanyaan Wawancara

Topik: Hobi Membaca

1. Apa hobi Anda?

2. Sejak kapan Anda memiliki hobi membaca?

3. Buku apa yang paling Anda sukai?

4. Mengapa Anda suka membaca?

5. Apa manfaat dari hobi membaca?

F. Contoh Hasil Wawancara (Singkat)

Narasumber: Bu Rina

Topik: Hobi Membaca

Hasil Wawancara:

Bu Rina memiliki hobi membaca sejak SD. Jenis buku yang paling ia sukai adalah novel dan buku motivasi. Menurut Bu Rina, membaca membuatnya mendapat banyak pengetahuan baru dan bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.

3. Seni Rupa

A hand drawing a pattern on a paper

AI-generated content may be incorrect.

https://youtu.be/IgTHC5oONXQ?si=U9sUCJR6StyCyNbL

https://youtu.be/IgTHC5oONXQ?si=U9sUCJR6StyCyNbL

Membuat Ragam Hias Dekoratif Sederhana

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat memahami konsep ragam hias dekoratif.

2. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis ragam hias dekoratif.

3. Siswa dapat membuat ragam hias dekoratif sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar.

Konsep Ragam Hias Dekoratif

Ragam hias dekoratif adalah suatu karya seni yang dibuat untuk memperindah atau menghiasi suatu objek atau ruangan. Ragam hias dekoratif dapat berupa gambar, pola, atau bentuk yang memiliki nilai estetika dan keindahan.

Jenis-Jenis Ragam Hias Dekoratif

1. Ragam hias flora (tumbuhan)

2. Ragam hias fauna (hewan)

3. Ragam hias geometris (bentuk-bentuk geometris)

4. Ragam hias abstrak (bentuk-bentuk tidak beraturan)

Bahan-Bahan yang Digunakan

- Kertas

- Pensil

- Spidol

- Krayon

- Glem

- Bahan-bahan alam (daun, bunga, dll)

Langkah-Langkah Membuat Ragam Hias Dekoratif Sederhana

1. Pilihlah tema atau objek yang ingin dibuat.

2. Buatlah sketsa atau gambar dasar.

3. Tambahkan detail dan hiasan.

4. Warnai dengan menggunakan spidol atau krayon.

5. Tambahkan glem atau hiasan lainnya.

Contoh Ragam Hias Dekoratif Sederhana

1.     Gambar bunga dengan pola geometris

2.     Gambar hewan dengan hiasan abstrak

3.     Gambar tumbuhan dengan hiasan flora

Penilaian

1.     Kreativitas dan originalitas

2.     Keterampilan menggambar dan mewarnai

3.     Keseluruhan hasil karya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar kelas 4 fatimah Az-Zahra Kamis 27 November

  Materi Ajar      : Kamis 27 November 2025 Hari/Tanggal  : Kamis 27 November 2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   A...