Hari/Tanggal : Kamis, 1 Agustus 2024
Kelas : IV B
MUATAN PELAJARAN :
1. Bahasa Indonesia
2. PAK
3. PJOK
4. P5
5. IPAS
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
BAB 1 : Aku Sudah Besar
Tujuan Pembelajaran :
Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat memahami makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Indonesia dengan tepa
- Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat mengidentifikasi makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Indonesia dengan tepat
BAB 1 : Mari bersifat jujur
Tujuan Pembelajaran :
1. memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita
2. mengucapkan kata-kata yang panjang
3. membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitif serta menggunakan dan
4. mencari arti didalam kamus dan membuat proyek kamus kelas empat.
P5 : Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel
Kegiatan Pembelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik dapat mengenal istilah P5
- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5
Mata Pelajaran : Alat Indra Manusia
Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik dapat menyebutkan alat indra manusia
BAHASA INDONESIA
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV sekolah dasar Bab I Aku Sudah Besar terdapat kegiatan membaca. Teks Tak Muat Lagi (Baca Buku Bos Teks Tak Muat Lagi)
Kiki memakai baju Lala yang sudah lama tidak dipakai. Lala tidak terima dan meminta baju tersebut dari adiknya. Saat dipakai baju tersebut sobek karena badan Lala yang sudah besar.
Lala kesal pada Kiki karena baju polkadot favoritnya dipakai oleh Kiki
Lala mengetahui baju tidak muat lagi untuknya ketika baju tersebut sobek saat lala mencoba memakainya.
Lala merasa bahagia dan lega karena menyadari bahwa dia sudah besar dan tidak cocok lagi memakai baju itu, sehingga lebih baik diberikan kepada adiknya.
Perasaan saya sebagai kakak harus ikhlas memberikan barang yang kita miliki jika adik membutuhkan barang tersebut.
Jika memiliki kakak seperti Lala saya akan sangat senang karena dia mau memberikan baju kesayangan kepada adiknya.
Menurut saya hubungan adik kakak yang baik antara adik-kakak adalah saling menyayangi, saling menghargai, saling menolong, saling berbagi, bermain bersama, dan mau belajar bersama.
- Kalimat transitif adalah kalimat yang terdiri atas tiga unsur wajib, yaitu Subjek, Predikat, dan Objek. Pada kalimat jenis ini, kata kerja (verba) yang digunakan adalah verba transitif yang menuntut adanya objek. Tanpa objek, kalimat transitif menjadi tidak lengkap dan salah.
- Kalimat intransitif adalah kalimat yang hanya memiliki dua unsur wajib, yaitu Subjek dan Predikat. Baik kalimat transitif maupun intransitif dapat memiliki unsur tak wajib seperti keterangan waktu dan/atau keterangan tempat.
Kalimat | Objek | Contoh |
---|---|---|
Transitif | Perlu | Lani memetik jambu. Yopi menyanyikan lagu Indonesia Raya. |
Intransitif | Tidak perlu | Lani menangis. Yopi bernyanyi |
- Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif dalam cerita “Tak Muat Lagi” Coba perhatikan cerita “Tak Muat Lagi”. Carilah kalimat transitif dan intransitif di dalamnya. Tuliskan 5 kalimat transitif dan 5 kalimat intransitif yang kalian temukan dalam cerita “Tak Muat Lagi”. Tuliskan pula kata yang menjadi objek pada kalimat transitif.
- Latihan Menulis Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif
No. | Kalimat Transitif | Objek |
---|---|---|
1. | Cuaca panas membuatnya buru-buru masuk rumah. | -nya |
2. | Kiki menyodorkan segelas air. | segelas air |
3. | "Kakak kan sudah tidak pernah lagi memakainya,” | -nya |
4. | Lala mendapatkan kembali bajunya. | bajunya |
5. | Kiki mengikutinya. | -nya |
6. | Lala terus mematut diri. | diri |
7. | Lala merasa gerah. | gerah |
8. | Lala lalu berusaha menggaruk punggungnya. | punggungnya |
9. | Dengan sedih dia meraba bagian baju yang sobek. | bagian baju yang sobek |
10. | akhir-akhir ini dia tidak pernah lagi memakai baju itu. | baju itu |
11. | Lala melihat bayangan dirinya dan Kiki di cermin. | bayangan dirinya dan Kiki |
12. | Dia sudah tak cocok lagi memakai baju itu. | baju itu |
13. | Kiki langsung memeluk kakaknya. | kakaknya |
No. | Kalimat Intransitif | |
1. | Lala bertanya dengan kesal. | |
2. | Kiki mengelak. | |
3. | Lala berkeras. | |
4. | Lala berdiri di depan cermin. | |
5. | Dia juga sulit bernapas dengan lega. | |
6. | Kiki berteriak. | |
7. | Lala terdiam. |
Menuliskan Kebiasaan di Rumah Menggunakan Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif
Kebiasaan dalam keluargaku, jika aku memiliki baju atau sepatu yang sudah tidak dipakai, kami memberikan kepada adik sepupuku. Adik sepupuku perempuan, sama seperti aku dan kakak. Ibuku mengumpulkan baju-baju yang sudah tidak terpakai dalam satu kardus. Aku dan kakak menyimpan sepatu bekas di dalam kotak sepatu. Pada hari Minggu, kami sekeluarga pergi ke rumah paman di desa. Tidak lupa kami membawa baju-baju dan sepatu yang akan kami berikan kepada adik sepupuku. Saat tahu aku membawakakan baju dan sepatu, adik sepupuku sangat gembira. Dia tersenyum sendiri saat mencoba baju yang kuberikan kepadanya. Aku dan kakak tertawa melihat tingkahnya.
- aku memiliki baju atau sepatu
- Ibuku mengumpulkan baju-baju
- Aku dan kakak menyimpan sepatu bekas
- kami membawa baju-baju dan sepatu
- kami sekeluarga pergi ke rumah paman di desa.
- Dia tersenyum sendiri.
- Aku dan kakak tertawa
Demikian pembahasan mengenai Membaca Cerita “Tak Muat Lagi”.
Mengenal P5
Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profill pelajar Pancasila (pembelajaran kokurikuler), dan ekstrakurikuler.
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:
- Beriman, bertakwa kepada Allah SWT, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Kreatif
- Bernalar kritis
Selain mengajarkan bagaimana berusaha, buku ini juga memberikan pengetahuan kepada kalian beragam jenis usaha yang bisa dilakukan di sekolah, bagaimana cara memulainya, dan bahkan kalian akan dipandu sampai bagaimana mengatur keuangan.
Untuk menjadi sukses, tentunya kita juga harus mengimplementasikan sikap-sikap positif, agar juga mendapatkan hasil yang positif juga, selain mengandalkan teknik berdagang secara teknis. Oleh karena itu, berikut beberapa tips cara berdagang ala Nabi Muhammad SAW.
Lembar Kerja Peserta Didik
Bagaimanakah akhlak Nabi | Apakah perilaku Nabi Muhammad SAW |
Perniagaan Nabi Muhammad SAW | |
Wawancara Pe
Persiapan :
1. Guru dapat memastikan terlebih dahulu siswa sudah pernah melakukan wawancara sebelumnya. Jika
siswa belum pernah melakukan wawancara, guru dapat memberikan kegiatan latihan wawancara di
awal dengan topik sederhana
Pelaksanaan :
Kegiatan Pembuka :
(Kegiatan di atas dilakukan jika siswa belum pernah melakukan kegiatan wawancara)
2. Guru meminta siswa untuk mencari tokoh pengusaha yang ada di lingkungan sekitar.
3. Guru mempersilakan setiap siswa untuk menanyakan kesukaan dari teman sekelas sebelum
memberikan kesimpulan bahwa mengetahui suatu topik dapat dilakukan dengan wawancara.
Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan video contoh wawancara sederhana. Lalu guru menjelaskan bahwa untuk
melakukan wawancara diperlukan panduan pertanyaan terlebih dahulu.
2. Siswa menyusun pertanyaan sederhana yang ingin ditanyakan ketika wawancara.
3. Guru memberikan penguatan untuk setiap pertanyaan yang akan diajukan ketika wawancara
4. Siswa melakukan wawancara secara langsung dengan tokoh pengusaha yang berada di lingkungan
sekitar.
Kegiatan Penutup :
1. Siswa saling berbagi hasil dari wawancara yang telah didapatkan
2. Guru dan teman sekelas memberi tanggapan dari hasil wawancara
Lembar Kerja Wawancara |
Tema : |
Hasil Wawancara : |
Pewawancara : |
1. |
Narasumber : |
2. |
3. |
Daftar Pertanyaan : |
1. |
2.
Sebelum memulai pembelajaran ayo kita simak video berikut ini!
Perhatikan video berikut
Telinga merupakan organ yang mampu mendeteksi atau mengenal suara dan juga berperan untuk keseimbangan dan posisi tubuh. Manusia memiliki sepasang telinga yang terletak simetris di bagian yang berlawanan. Fungsinya untuk menjaga keseimbangan dan lokalisasi suara.
Telinga terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
1. Bagian Luar
Daun telinga, berfungsi untuk mengumpulkan gelombang suara yang nantinya menuju ke saluran telinga.
Saluran telinga, berfungsi untuk menangkap dan mencegah debu, maupun hewan berukuran kecil yang masuk ke telinga.
2. Bagian Tengah
Gendang telinga (membran timpani), berfungsi untuk menangkap gelombang suara lalu mengubahnya menjadi getaran yang diteruskan ke tulang telinga.
Tulang telinga, berfungsi landasan untuk meneruskan getaran yang masuk dari gendang telinga ke rumah siput. Tulang telinga terdiri dari martil, landasan, dan sanggurdi.
3. Bagian Dalam
Saluran eustachiusSaluran eustachius merupakan penghubung antara telinga tengah dan faring. Saluran ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara pada telinga luar dengan tengah.Dalam keadaan diam, saluran eustachius akan tertutup. Saluran ini akan terbuka saar mengunyah dan menguap.- Koklea
Koklea memiliki bentuk yang menyerupai siput dan bertanggung jawab untuk mengubah getaran dari telinga tengah menjadi sinyal saraf. Pada bagian dalam koklea, terdapat rambut kecil yang mengubah getaran menjadi impuls listrik.
Selanjutnya, saraf koklea akan mengirimkan impuls listrik menuju ke otak untuk diterjemahkan sebagai suara.
- Saluran setengah lingkaran
Saluran setengah lingkaran terlihat seperti tiga tabung kecil yang terhubung. Bagian ini memiliki cairan dan dilapisi oleh rambut kecil. Fungsinya membantu menyeimbangkan tubuh.
Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga
Guna menjaga kesehatan telinga, kamu bisa melakukan beberapa langkah perawatan yang sederhana berikut ini:
- Membersihkan telinga dengan lembut menggunakan kain bersih. Hindari memakai cotton bud atau benda keras lainnya yang dapat melukai telinga.
- Jaga kebersihan saluran telinga dan hindari pengumpulan kotoran yang berlebihan.
Jawablah pertanyaan berikut!1. Telinga terbagi menjadi ..........bagian, yaitu ........., ......., .........2. Apa Fungsi telinga bagian luar ?3. Saluran yang berfungsi menyeimbangkan tekanan udara pada telinga adalah ......4. Apa fungsi saluran setengah lingkaran?5. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga ?
Jawablah pertanyaan berikut!1. Telinga terbagi menjadi ..........bagian, yaitu ........., ......., .........2. Apa Fungsi telinga bagian luar ?3. Saluran yang berfungsi menyeimbangkan tekanan udara pada telinga adalah ......4. Apa fungsi saluran setengah lingkaran?5. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar