Materi Ajar Kelas 4 B
Hari : Senin, 5 Februari 2024
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Negaraku
Capaian Pendidikan Pancasila
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Menjaga keutuhan negara harus mulai ditunjukkan dari lingkup yang paling kecil, yakni keluarga. Ini berlaku bagi semua anggota keluarga.
Ketertiban dan keamanan keluarga akan terwujud apabila setiap anggota keluarga mematuhi tata tertib kehidupan rumah tangga.
Caranya, setiap anggota keluarga harus menjalankan kewajiban dengan baik dan benar, saling menghormati, dan bekerjasama.
Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara di keluarga, antara lain:
1. Memasang bendera merah putih di depan rumah.
2. Menghargai perbedaan pendapat antar anggota keluarga.
3. Membantu adik mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah.
4. Melakukan kegiatan ibadah bersama.
5. Mengakui keberadaan dan fungsi masing-masing anggota keluarga.
berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara di sekolah, antara lain:
1. Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin.
2. Berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diadakan di sekolah.
3. Berteman dengan siapa pun tanpa membeda-bedakan.
4. Menolong teman yang sedang kesusahan.
5. Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.
6. Patuh dan melaksanakan piket sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.
7. Berlaku jujur dengan tidak mencotek saat ulangan.
Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaa keutuhan negara di masyarakat, antara lain:
1. Mematuhi norma yang berlaku di masyarakat.
2. Menghargai teman dan tetangga yang berbeda dengan kita.
3. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti.
4. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan ronda menjaga keamanan.
5. Saling membantu ketika ada tetangga yang kesulitan.
6. Mementingkan kepentingan masyarakat dari kepentingan pribadi.
7. Tidak mengurung diri di dalam rumah, bersikap ramah pada tetangga.
8. Berani membela kebenaran dan menjunjung tinggi kejujuran.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Bertukar atau membayar
Tujuan Pembelajaran :
Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
BAHASA INDONESIA
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV sekolah dasar BAB 5 Bertukar atau Membayar terdapat kegiatan Menulis Prosedur Menabung di Bank. Tujuan kegiatan ini adalah melalui kegiatan menuliskan cara menabung di bank, peserta didik dapat menulis teks prosedur dengan baik.
- Tujuan yang ingin dicapai dari prosedur tersebut;
- Persyaratan dan perlengkapan yang dibutuhkan; dan
- Langkah-langkah yang dilakukan.
- Menggunakan kalimat perintah;
- Menggunakan kata kerja aktif;
- Berisi langkah-langkah yang urut; dan
- Menggunakan kata penghubung untuk mengurutkan kegiatan/langkah
- Datang ke Bank Tujuan yang Dipilih. Untuk mengurus administrasi pembuatan rekening ini sebaiknya datang langsung ke bank, terutama jika Anda menabung di bank konvesional bukan bank digital. Dengan begitu proses pembuatan rekening bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda bisa memilih lokasi bank yang paling dekat dengan tempat tinggal.
- Mengambil Nomor Antrian. Setelah datang ke bank ambillah nomor antrian, biasanya satpam di bank tersebut akan membantu Anda dalam mengambil nomor antrian tersebut. Setelah membawa nomor antrian, silahkan tunggu sampai nama Anda dipanggil oleh Customer Service (CS) bank untuk proses pembuatan rekening tersebut.
- Proses Membuka Rekening. Setelah giliran Anda dipanggil, customer service akan meminta Anda mengisi formulir pembuatan rekening. Di tahapan ini, perhatikanlah dengan baik penjelasan dari customer service mengenai produk dan jenis-jenis tabungan yang akan Anda pilih. Termasuk keuntungan dan fasilitas yang akan Anda dapat. Pembuatan rekening ini bersamaan dengan pembuatan kartu ATM.
- Memilih Produk Tabungan yang Sesuai. Setelah itu CS akan memberikan pilihan produk tabungan apa saja yang bisa Anda pilih, dan apa saja keuntungan dari masing-masing tabungan tersebut. Jika CS sudah menjelaskan produk tabungan tadi, kini saatnya untuk Anda memilih produk tabungan apa yang Anda butuhkan. Fitur lainnya selain ATM ketika membuka rekening ini cukup beragam, misalnya internet banking dan mobile banking yang akan memudahkan Anda dalam proses transfer uang.
- Pilihan Cara Menabung di Bank. Setelah berhasil membuat nomor rekening, Anda bisa menabung di bank dengan berbagai cara. Berikut pilihannya : menggunakan slip setoran, melakukan transfer, dan ATM setor tunai.
Mata Pelajaran : Matematika
BAB 4 : Pembulatan angka
B. Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah
Luas Persegi Panjang dan Persegi
Ada dua cara untuk menghitung luas daerah bangun persegi panjang. Pertama, hitung banyak persegi satuan yang termuat dalam bangun. Keduanya, ukur panjang dan lebar, lalu kalikan. Perhatikan juga bahwa luas persegi panjang bisa dihitung sebagai panjang x lebar.
Rumus Luas Persegi dan persegi panjangLuas persegi panjang = panjang x lebar. Luas persegi = sisi x sisi.
Satuan LuasLuas 100 meter persegi disebut satu are, dan ditulis 1 a.a digunakan untuk menunjukkan luas dari sawah dan ladang. Luas 10.000 m² persegi disebut satu hektar, dan ditulis 1 ha.ha digunakan untuk menunjukkan luas ladang pertanian dan hutan. Luas dari persegi dengan sisi 1 km disebut satu kilometer persegi dan ditulis 1 km², km² digunakan untuk menunjukkan luas yang besar, seperti pulau, kota, dan negara
1. Ayo pikirkan cara menentukan luas dalam cm² dari persegi panjang di sebelah kanan.1. Panjangnya 4 cm. Berapa banyak persegi cm² yang disusun secara tegak?5
2. Lebarnya 5 cm. Berapa banyak persegi 1 cm² yang disusun secara mendatar?4
3. Berapa banyak persegi 1 cm² yang dapat dimuat pada persegi panjang tersebut? Berapa luas dalam cm² dari persegi panjang itu?20 buah = 20 cm²
4. Hitung luas persegi panjang dengan menggunakan perkalian.4 x 5 = 20 cm²
Pada kalimat matematika di sebelah kanan, 4 menyatakan panjang dan 5 menyatakan lebar dari persegi panjang.
5
4
20 buah = 20 cm²
4 x 5 = 20 cm²
Tidak ada komentar:
Posting Komentar