Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Rabu, 7 Februari 2024
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.
mata Pelajara : Bahasa Indomesa
A. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.
2. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
3. Melalui kegiatan mengemukakan pendapat terhadap kejadian pada cerita “Awas!”, peserta didik menulis argumentasi dengan benar.
4. Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.
5. Melalui kegiatan mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek dan ciri-cirinya dengan tepat.
6. Melalui kegiatan berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan antusias dan intonasi yang menarik.
7. Melalui kegiatan melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.
8. Melalui kegiatan menuliskan pengalaman saat bepergian, peserta didik mampu menulis dengan menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat.
9. Melalui kegiatan mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifkasi objek dan lokasi, serta mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat.
10. Melalui kegiatan memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik mampu menyampaikan petunjuk arah dengan tepat.
11. Melalui kegiatan menuliskan perjalanan ke sekolah, peserta didik dapat menulis struktur deskripsi dengan benar.
Capaian Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
13. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
Ciri-Ciri Teks Prosedur
- Mengandung kata kerja aktif.
- Bersifat universal, alias setiap orang dapat mengikutinya.
- Mengandung tahapan atau urutan kegiatan untuk melakukan sesuatu.
- Menggunakan kata keterangan yang menyatakan rincian waktu, tempat, ukuran, dan sebagainya.
- Menggunakan kalimat perintah (imperatif), baik meminta atau melarang. Contoh: ‘tuangkan’, ‘jangan’, ‘masukkan’, dan sebagainya.
- Menggunakan konjungsi atau kata penghubung untuk menghubungkan setiap tahapan. Contoh: ‘selanjutnya’, ‘setelah itu’, ‘lalu’, ‘kemudian’, dan sebagainya.
1. Tutuplah seluruh aplikasi atau program yang masih aktif.
2. Tekan tombol "Start" dengan menggunakan mouse pada desktop.
3. Tekan menu "Turn off komputer"
4. Di kotak dialog "Turn off komputer". tekan tombol power monitor.
5. Diamkanlah untuk beberapa saat sampai komputer mati.
6. Klik tombol off di monitor dalam memadamkan monitor.
7. Cabutlah kabel listrik pada jalan-jalan listrik.
8. Tutuplah dengan menggunakan penutup.
1. Masukkan kartu ke mesin ATM.
2. Pilih bahasa yang ingin digunakan. Biasanya pilihan yang tersedia antara Bahasa
3. Masukkan pin ATM. Lakukan ini dengan benar, jika salah sampai 3 kali kartu akan diblokir.
4. Untuk mengambil uang, pilih tarik tunai di antara menu di layar.
5. Pilih nominal yang akan diambil sesuai yang ada di layar atau pilih penarikan jumlah lain
6. Konfirmasi penarikan uang.
7. Pilih opsi "Benar" atau "Salah" untuk mengulang nominal.
8. Tunggu transaksi diproses dan uang akan keluar beserta bukti transaksi.
9. Sebagai catatan, beberapa mesin ATM tidak mengeluarkan bukti transaksi.
10. Setelah selesai, layar akan menampilkan opsi "Apakah kamu ingin melanjutkan transaksi
11. Pilih tidak untuk mengeluarkan kartu ATM.
12. Cek jumlah uang yang diterima dan tarik kartu ATM.
Cara Menyeduh Susu Kambing Etawa Bubuk
1. Siapkan gelas atau cangkir.
2. Masukkan 3 sendok makan susu kambing etawa bubuk ke dalam gelas.
3. Tambahkan air panas secukupnya.
4. Aduk dengan sendok supaya susu tidak menggumpal.
5. Susu kambing etawa siap diminum selagi hangat.