Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Selasa, 30 Januari 2024
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : PKN
Negaraku
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak sholeh dan sholehah apa kabarnya hari ini? semoga sehat selalu.
Capaian Pendidikan Pancasila
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Menjaga keutuhan negara harus mulai ditunjukkan dari lingkup yang paling kecil, yakni keluarga. Ini berlaku bagi semua anggota keluarga.
Ketertiban dan keamanan keluarga akan terwujud apabila setiap anggota keluarga mematuhi tata tertib kehidupan rumah tangga.
Caranya, setiap anggota keluarga harus menjalankan kewajiban dengan baik dan benar, saling menghormati, dan bekerjasama.
Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara di keluarga, antara lain:
1. Memasang bendera merah putih di depan rumah.
2. Menghargai perbedaan pendapat antar anggota keluarga.
3. Membantu adik mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah.
4. Melakukan kegiatan ibadah bersama.
5. Mengakui keberadaan dan fungsi masing-masing anggota keluarga.
berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara di sekolah, antara lain:
1. Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin.
2. Berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diadakan di sekolah.
3. Berteman dengan siapa pun tanpa membeda-bedakan.
4. Menolong teman yang sedang kesusahan.
5. Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.
6. Patuh dan melaksanakan piket sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.
7. Berlaku jujur dengan tidak mencotek saat ulangan.
Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara di masyarakat, antara lain:
1. Mematuhi norma yang berlaku di masyarakat.
2. Menghargai teman dan tetangga yang berbeda dengan kita.
3. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti.
4. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan ronda menjaga keamanan.
5. Saling membantu ketika ada tetangga yang kesulitan.
6. Mementingkan kepentingan masyarakat dari kepentingan pribadi.
7. Tidak mengurung diri di dalam rumah, bersikap ramah pada tetangga.
8. Berani membela kebenaran dan menjunjung tinggi kejujuran.
Mata Pelajaran : Matematika
BAB 3
B. Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Luas Persegi Panjang dan Persegi
Ada dua cara untuk menghitung luas daerah bangun persegi panjang. Pertama, hitung banyak persegi satuan yang termuat dalam bangun. Keduanya, ukur panjang dan lebar, lalu kalikan. Perhatikan juga bahwa luas persegi panjang bisa dihitung sebagai panjang x lebar.
Rumus Luas Persegi dan persegi panjangLuas persegi panjang = panjang x lebar. Luas persegi = sisi x sisi.
Satuan LuasLuas 100 meter persegi disebut satu are, dan ditulis 1 a.a digunakan untuk menunjukkan luas dari sawah dan ladang. Luas 10.000 m² persegi disebut satu hektar, dan ditulis 1 ha.ha digunakan untuk menunjukkan luas ladang pertanian dan hutan. Luas dari persegi dengan sisi 1 km disebut satu kilometer persegi dan ditulis 1 km², km² digunakan untuk menunjukkan luas yang besar, seperti pulau, kota, dan negara
1. Ayo pikirkan cara menentukan luas dalam cm² dari persegi panjang di sebelah kanan.1. Panjangnya 4 cm. Berapa banyak persegi cm² yang disusun secara tegak?5
2. Lebarnya 5 cm. Berapa banyak persegi 1 cm² yang disusun secara mendatar?4
3. Berapa banyak persegi 1 cm² yang dapat dimuat pada persegi panjang tersebut? Berapa luas dalam cm² dari persegi panjang itu?20 buah = 20 cm²
4. Hitung luas persegi panjang dengan menggunakan perkalian.4 x 5 = 20 cm²
Pada kalimat matematika di sebelah kanan, 4 menyatakan panjang dan 5 menyatakan lebar dari persegi panjang.
5
4
20 buah = 20 cm²
4 x 5 = 20 cm²
Tidak ada komentar:
Posting Komentar