Materi Ajar Kelas 4 B
Hari : Senin, 19 Februari 2024
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Negaraku
Capaian Pendidikan Pancasila
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Pendidikan Pancasila
Pada lambang Garuda Pancasila, bulu ekor berjumlah..
A. 45
B. 8
C. 17
D. 18
2. Bintang merupakan lambang Pancasila sila...
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
3. Sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila di lingkungan sekolah di antaranya...
A. Tidak membeda-bedakan teman karena perbedaan agama, suku, ras, dan lainnya
B. Membantu orang tua
C. Ikut gotong royong membersihkan kampung
D. Menolong korban kecelakaan di jalan
4. Komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila adalah sebagai berikut, kecuali..
A. Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia
B. Memiliki semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme
C. Memiliki sikap cinta tanah air yang berlebihan
D. Selalu bersemangat dalam berjuang
5. Para pemuda Pancasila menjunjung tinggi sikap...dalam bermusyawarah serta sangat menghargai perbedaan pendapat
A. Egoisme
B. Kerja keras
C. Kesukuan
D. Toleransi
6. Salah satu nilai luhur perumusan Pancasila bagi bangsa Indonesia di antaranya...
A. Mengutamakan kelompok
B. Berjuang dengan mengharapkan imbalan
C. Membantu orang lain karena terpaksa
D. Menumbuhkan semangat kebersamaan
7. Dasar negara bangsa Indonesia yang bukan tiruan dari negara luar, tetapi asli Indonesia adalah...
A. Pancasila
B. UUD 1945
C. Dekrit Presiden
D. Perpu
8. Lambang Pancasila 'Kemanusiaan yang adil dan beradab' adalah...
A. Bintang
B. Padi dan kapas
C. Rantai emas
D. Pohon beringin
9. Sidang pertama BPUPKI berlangsung pada tanggal...
A. 28 Mei - 1 Juni 1945
B. 29 Mei - 1 Juli 1945
C. 28 Mei - 1 Juli 1945
D. 29 Mei - 1 Juni 1945
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Bertukar atau membayar
Tujuan Pembelajaran :
Si 1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
BAHASA INDONESIA
- Mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia;
- Memiliki unsur kalimat (setidaknya subjek dan predikat) yang digunakan dengan tepat;
- Hemat kata, tidak bertele-tele; dan
- Pesan yang disampaikan jelas, tidak membingungkan
Kalimat Tidak Efektif | Kalimat Efektif |
---|---|
Mora itu berenangnya tidak bisa-bisa | Mora belum bisa berenang. |
Maruna Reu dan teman-temannya mereka tinggal bersama-sama di Pulau Misool Raja Ampat di Papua Barat | Maruna, Reu, dan teman-temannya tinggal di Pulau Misool, Raja Ampat, di Papua Barat |
Biota laut yang terdapat di dalam laut ada beraneka macam | Terdapat beraneka macam biota di dalam laut. |
Sungai tempat mereka sering memancing sekarang airnya kotor, lagipula sudah dangkal. | Air sungai itu sekarang kotor dan dangkal. Dahulu mereka serig memancing di sungai itu |
Bagi semua para penyelam harus hati-hati dan harus tidak merusak terumbu karang | Semua penyelam harus berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang. |
- kepulauan: Indonesia merupakan negara kepulauan.
- turis: Candi Borobudur sering dikunjungi oleh turis.
- flora: Rafflesia Arnoldi merupakan flora endemik pulau Sumatera
- fauna: Indonesia kaya akan ragam fauna.
- biota: Biota Laut adalah semua makhluk hidup yang ada di laut.
MatematikaKubus-kubus satuan yang disusun secara bertumpuk dapat membentuk sebuah bangun ruang. Banyaknya kubus satuan menunjukkan volume dari bangun ruang tersebut. Kubus satuan dapat digunakan untuk mengukur isi dari bangun balok atau kubus. Banyaknya kubus satuan yang dapat dimasukkan ke dalam balok dan kubus adalah isi dari balok atau kubus.
Kubus-kubus satuan yang disusun secara bertumpuk dapat membentuk sebuah bangun ruang. Banyaknya kubus satuan menunjukkan volume dari bangun ruang tersebut. Kubus satuan dapat digunakan untuk mengukur isi dari bangun balok atau kubus. Banyaknya kubus satuan yang dapat dimasukkan ke dalam balok dan kubus adalah isi dari balok atau kubus.
Cara menentukan volume balok dengan kubus satuan adalah dengan memasukkan kubus-kubus satuan dalam bangun ruang balok transparan. Balok transparan diisi dengan kubus satuan. Banyaknya kubus satuan yang dapat mengisi balok transparan adalah volume dari balok itu sendiri.
Volume adalah bilangan yang menyatakan ukuran suatu bangun ruang. Untuk menghitung volume balok dapat dilakukan dengan membandingkan dengan satuan pokok volume bangun ruang. Contohnya volume kubus yang memiliki rusuk 1 satuan, sehingga volume kubus satuan tersebut adalah 1 cm³.
Cara menentukan volume balok dengan kubus satuan adalah dengan menghitung banyaknya kubus satuan yang dapat menempati ruang pada balok tersebut.
Ayo BeraktivitasPerlengkapan yang dibutuhkan:1. Kardus2. Kubus satuan3. Gunting
Perhatikan langkah-langkah aktivitas berikut:- Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
- Letakkan kubus satuan ke dalam kardus. Berapa kubus satuan yang dibutuhkan agar kardus terisi penuh?
- Selanjutnya, Susunlah kubus satuan agar menjadi berbagai bangun.
- Diskusi bersama anggota kelompok. Apakah hasil menyusun bangun dengan kubus satuan berbeda?
- Tulis kesimpulan yang diperoleh dari hasil aktivitas tersebut.
- Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Kesimpulan :Hasil menyusun kubus satuan berbeda-beda sesuai dengan volume masing-masing bangun
Ayo BerlatihKerjakan soal berikut pada buku tulis kalian.1. Perhatikan gambar berikut dengan cermat.Tentukan volume dari gambar A, B, C, D dengan menggunakan satuan volume.Volume bangun A adalah 9 cm³Volume bangun B adalah 8 cm³Volume bangun C adalah 12 cm³Volume bangun D adalah 18 cm³Apakah ada bangun yang memiliki volume yang sama? (Tidak ada)
2. Jika volume setiap kubus adalah 1 cm³, tentukan volume gambar berikut dengan menghitung jumlah kubus satuan:Bangun a = 4 cm³Bangun b = 5 cm³Bangun c = 4 cm³Bangun d = 12 cm³Bangun e = 14 cm³
3. Jika volume setiap kubus adalah 1 cm³. Diberikan volume bangun adalah 12 cm³. Gambarkan bangun dengan kubus satuan!4. Tentukan volume balok di bawah ini menggunakan kubus satuan !Bangun A = 54 kubus satuanBangun B = 60 kubus satuan
5. Hitunglah berapa cm³ bangun di bawah ini, jika setiap volume kubus satuan adalah 1 cm³!Bangun A = 30 cm³Bangun B = 88 cm³Bangun C = 160 cm³
6. Adik memiliki kotak pensil berbentuk balok dengan ukuran 20 cm 10 cm, dan 6 cm. Tentukan volume kotak pensil adik!20 x 10 x 6 = 200 x 6 = 1.200 cm³
7. Sebuah bak mandi berbentuk balok dengan panjang 4 m, lebarnya 2 m dan tingginya 2 m. Jika bak mandi tersebut akan dengan air berapa liter volume bak mandi tersebut?40 dm x 20 dm x 20 dm = 800 x 20 = 1.600 dm³ = 1.600 liter
- Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
- Letakkan kubus satuan ke dalam kardus. Berapa kubus satuan yang dibutuhkan agar kardus terisi penuh?
- Selanjutnya, Susunlah kubus satuan agar menjadi berbagai bangun.
- Diskusi bersama anggota kelompok. Apakah hasil menyusun bangun dengan kubus satuan berbeda?
- Tulis kesimpulan yang diperoleh dari hasil aktivitas tersebut.
- Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar