Senin, 22 Januari 2024

Materi Ajar Kelas 4B. Selasa, 23 Januari 2024

 Materi Ajar Kelas 4B

Hari                          : Selasa, 23 Januari 2024

Kelas                        : VI (Empat) B

Mata Pelajaran       : PKN 

Negaraku

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak sholeh dan sholehah apa kabarnya hari ini? semoga sehat selalu.

Capaian Pendidikan Pancasila

Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.

B. Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

1. Faktor-faktor yang Memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Ada tiga faktor yang dapat memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketiga faktor tersebut merupakan pemersatu seluruh bangsa Indonesia.

a. Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda merupakan kebulatan tekad para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka rela meninggalkan identitas kesukuan diganti dengan identitas kebangsaan Indonesia dengan satu tujuan, yaitu kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda diikrarkan oleh para pemuda Indonesia dalam Kongres Pemuda II di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1928.

Berikut isinya. Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dalam isi rumusan Sumpah Pemuda tersebut terkandung nilai utama, yaitu satu nusa (tanah air), satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Nah, nilai inilah yang dapat memperkokoh keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

b. Pancasila
Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mengandung makna bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila. Pancasila mengandung bermacam-macam nilai yang menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai Pancasila digali dari akar budaya bangsa Indonesia sehingga Pancasila merupakan cerminan kepribadian bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila tidak digali dari nilai-nilai budaya asing. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilainilai Pancasila merupakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

c. Bhinneka tunggal ika
Bhinneka Tunggal Ika sendiri diambil dari kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, yang hidup pada masa Kerajaan majapahit di sekitar abad ke-14 M. Secara etimologi kata-kata Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno yang jika dipisah menjadi Bhinneka memiliki makna ragam atau beraneka, Tunggal adalah satu, dan Ika adalah itu. Sehingga arti Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetap satu jua. Maknanya, dengan jiwa dan semangat bangsa Indonesia mengakui realitas bangsa yang majemuk (suku, bahasa, agama, ras, golongan dll) namun tetap menjunjung tinggi persatuan.

Mata Pelajaran       : PJOK 

https://arsthaalpa.blogspot.com

Mata Pelajaran        : Matematika

BAB 3

B.     Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.


MATEMATIKA



Setelah menyimak video di atas, sekarang waktunya menguji pemahaman mengenai materi pengukuran / luas 

Pilihan Ganda

Soal No.1
Perhatikan gambar berikut!
Gambar yang menunjukkan permukaan meja ditutupi uang kertas tanpa celah yaitu. . .
A. gambar 1
B. gambar 2
C. gambar 3
D. gambar 2 dan 3

Soal No.2
Perhatikan gambar berikut!
Luas bangun di atas yaitu . . .
A. 10 persegi satuan
B. 11 persegi satuan
C. 12 persegi satuan
D. 13 persegi satuan

Soal No.3
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Luas bangun di atas yaitu . . .
A. 12 persegi satuan
B. 13 persegi satuan
C. 14 persegi satuan
D. 15 persegi satuan

Soal No.4
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Luas bangun di atas yaitu . . .
A. 12 persegi satuan
B. 13 persegi satuan
C. 14 persegi satuan
D. 15 persegi satuan

Soal No.5
1 m2 = . . . cm2

A. 10
B. 100
C. 1.000
D. 10.000

Soal No.6
Perhatikanlah gambar berikut ini!
Luas bangun di atas yang berwarna kuning yaitu . . .
A. 12 cm2
B. 14 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2

Soal No.7
Perhatikan gambar berikut!
Luas bangun di atas yang berwarna kuning yaitu . . .
A. 12 cm2
B. 14 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2

Soal No.8
Perhatikan gambar berikut!
Luas bangun di atas yang berwarna biru yaitu . . .
A. 12 cm2
B. 14 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2

Soal No.9
Perhatikan gambar berikut!
Luas bangun di atas yang berwarna hijau yaitu . . .
A. 7 cm2
B. 8 cm2
C. 9 cm2
D. 10cm2

Soal No.10
Perhatikan gambar berikut!



Satuan luas meter persegi digunakan pada . . .
A. gambar 1 dan gambar 3
B. gambar 2 dan gambar 3
C. gambar 1 dan gambar 4
D. gambar 2 dan gambar 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar kelas 4B. Selasa, 26 November 2024

 Hari/Tanggal : Selasa, 19 November 2024 Kelas : IV B Muatan Pelajaran :  1. Matematika  2. Pendidikan Pancasila  3. Bahasa Indonesia  4. IP...