Hari/Tanggal : Senin, 17 Februari 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Pendidikan Pancasila
2. Bahasa Indonesia
3. Matermatika
4. SBDP
Tujuan Pembelajaran:
Pendidikan Pancasila
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
B. Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.
SBDP
1. peserta didik mampu mengenali jenis-jenis sumber bunyi berdasarkan cara memainkan alat musiknya. seperti dipukul, digesek, dan ditiup
2. peseta didik mampu mengkategorikan jenis jenis alat musik ritmis dan alat alat musik melodi
3. peserta didik mampu menemukan atau memilih alat musik yang ingin dipelajari dan memahami dasar dasarnya
4. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata panjang dengan benar.
Perilaku yang Menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik IndonesiaSebagai makhluk yang berbangsa, tentunya juga harus ikut berusaha dalam mempertahankan kebangsaan tersebut. Semua warga negara harus ikut berpartisipasi dan ikut menjaga keutuhan dari negara tersebut. Berikut ini beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam berbagai lingkungan kehidupan :
1. Dalam Kehidupan di Rumah, di antaranya sebagai berikut:- Rukun dengan anggota keluarga yang lain, misalnya rukun dengan saudara.
- Menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
- Menghargai perbedaan pendapat.
- Saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.
2. Dalam Kehidupan di Sekolah, di antaranya sebagai berikut:Rukun dengan semua teman.- Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul.
- Menghargai dan menghormati pendapat teman.
- Menghormati guru.
- Saling tolong dan saling berbagi dengan teman.
3. Dalam Kehidupan di Masyarakat, di antaranya sebagai berikut:- Saling menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
- Menolong tetangga yang tertimpa musibah.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.
- Menghormati dan menghargai hak orang lain.
4. Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, di antaranya sebagai berikut:- Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghormati dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.
- Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan daerah.
- Mau bekerja keras untuk membangun bangsa.
D. Bangga Menjadi Anak IndonesiaRasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat mempertinggi harga diri bangsa. Harga diri bangsa akan rendah atau merosot jika warganya tidak mempunyai rasa bangga terhadap bangsanya sendiri.Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya serta agama. Beberapa perilaku harus ditampilkan sebagai bukti bangga sebagai anak Indonesia adalah :- Belajar dengan rajin
- Giat bekerja sesuai dengan kemampuan
- Mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih
- Mencintai buatan/produk Indonesia
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya
- Menyukai lagu-lagu Indonesia,
- Bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.
- Rukun dengan anggota keluarga yang lain, misalnya rukun dengan saudara.
- Menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
- Menghargai perbedaan pendapat.
- Saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.
- Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul.
- Menghargai dan menghormati pendapat teman.
- Menghormati guru.
- Saling tolong dan saling berbagi dengan teman.
- Saling menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
- Menolong tetangga yang tertimpa musibah.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.
- Menghormati dan menghargai hak orang lain.
- Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghormati dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.
- Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan daerah.
- Mau bekerja keras untuk membangun bangsa.
- Belajar dengan rajin
- Giat bekerja sesuai dengan kemampuan
- Mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih
- Mencintai buatan/produk Indonesia
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya
- Menyukai lagu-lagu Indonesia,
- Bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.
BAHASA INDONESIARaja Ampat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat yang berupa kepulauan. Dari banyak pulau yang ada, terdapat empat yang paling besar, yaitu Pulau Waigo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Sebagian penduduknya bekerja sebagai nelayan. Raja Ampat menjadi rumah bagi biota laut. Ada sekitar 540 jenis karang, 1.511 jenis ikan, 700 jenis moluska, dan masih banyak lagi lainnya. Sebelumnya kalian sudah membaca cerita “Raja Ampat”. Teks di bawah ini judulnya hampir serupa. Isinya juga menggambarkan keindahan Raja Ampat. Namun, penyajiannya berbeda.
Pada kegiatan ini Guru dan peserta didik membaca puisi “Raja Ampat” bergantian dan saling memberi pendapat. Guru dapat mengajukan pertanyaan pemantik seperti - Di mana kira-kira penulis berdiri ketika menuliskan puisi ini?
- Apa yang dilihat penulis ketika menuliskan puisinya?
- Kalimat mana yang tidak kalian mengerti?
- Kalimat mana yang menurut kalian menarik?
Setelah itu, sampaikan kepada peserta didik bahwa mereka boleh menulis puisi dengan kalimat mereka sendiri. Minta peserta didik membaca puisi yang ditulisnya. Ajak mereka merasakan dan meresapi kata-katanya. Kalau peserta didik merasakan ada kata-kata yang janggal atau belum sesuai, mereka dapat mengubahnya.
Raja Ampatkuoleh B.E. Priyanti
Dari atas mata memandangGugusan pulaumu berdaratanLaksana untaian mutiara di lautanSungguh indah dan menawan
Dari bawah mata menyelamAirmu beriak tenang membahagiakanLambaian terumbu karang dan ikanManyapa hangat kehadiran para penyelam
Kalian mungkin bisa menebak bahwa teks “Raja Ampatku” di atas adalah puisi. Ada puisi yang termasuk ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Ada pula puisi bebas yang cara penulisannya lebih bebas, tidak terikat rima, jumlah kata, ataupun jumlah larik.
Puisi merupakan salah satu cara mengungkapkan perasaan atau pikiran melalui tulisan. Kata-kata dipilih dengan tepat dan dirangkai dengan indah. Biasanya perasaan tersebut diungkapkan melalui perumpamaan atau majas.
Contoh: - Laksana untaian mutiara di lautan (gugusan pulau diumpamakan untaian mutiara)
- Lambaian terumbu karang dan ikan menyapa … (karang dan ikan dipersonifikasi seolah-olah seperti manusia)
Dapatkah kalian membayangkan Raja Ampat seperti yang digambarkan pengarang puisi tersebut? Sekarang bayangkan suatu tempat di daerah kalian. Ceritakan keindahannya dalam bentuk puisi.Tahap yang dapat kalian lakukan adalah sebagai berikut.- Tentukan tema puisi kalian.
- Buat daftar kata yang sesuai untuk tempat tersebut. Contoh: jernih, gemericik, dan sejuk → puisi tentang air terjun
- Carilah perumpamaan atau majas untuk menggambarkan tempat itu atau suasananya.Contoh: bunyi hempasan ombak → seperti alunan musik
- Tulislah puisi kalian di buku tulis.
- Bacalah puisi tulisan kalian dengan nyaring. Rasakan keindahannya.Jika ada kata-kata yang terasa janggal atau belum sesuai, kalian dapat mengubahnya lagi.
Contoh :Tema : Keindahan alam pantaiDaftar kata : Ombak, pasir, ikan, camarAlam Indah Tepi PantaiSang ombak menari-nari di tepian pantaiMenyapa pasir yang terhampar luasCamar berterbangan di atas ombakBerharap ikan segar bertemu mereka
Ombak mengusap kedua mata kakiTerasa dingin hingga ke relung dadaIkan-ikan kecil genit menggigit telapak kakiMenambah perasaan suka pada alam ini
Kupandangi kaki langit yang kemerahanTerasa indah di pandang mataKurasa sinar mentari indah inilahYang menyatukan langit biru dan laut luas
Kata Barupu.i.si- n ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait
- n gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus
Matematika
- Di mana kira-kira penulis berdiri ketika menuliskan puisi ini?
- Apa yang dilihat penulis ketika menuliskan puisinya?
- Kalimat mana yang tidak kalian mengerti?
- Kalimat mana yang menurut kalian menarik?
- Laksana untaian mutiara di lautan (gugusan pulau diumpamakan untaian mutiara)
- Lambaian terumbu karang dan ikan menyapa … (karang dan ikan dipersonifikasi seolah-olah seperti manusia)
- Tentukan tema puisi kalian.
- Buat daftar kata yang sesuai untuk tempat tersebut. Contoh: jernih, gemericik, dan sejuk → puisi tentang air terjun
- Carilah perumpamaan atau majas untuk menggambarkan tempat itu atau suasananya.Contoh: bunyi hempasan ombak → seperti alunan musik
- Tulislah puisi kalian di buku tulis.
- Bacalah puisi tulisan kalian dengan nyaring. Rasakan keindahannya.Jika ada kata-kata yang terasa janggal atau belum sesuai, kalian dapat mengubahnya lagi.
Alam Indah Tepi PantaiSang ombak menari-nari di tepian pantaiMenyapa pasir yang terhampar luasCamar berterbangan di atas ombakBerharap ikan segar bertemu merekaOmbak mengusap kedua mata kakiTerasa dingin hingga ke relung dadaIkan-ikan kecil genit menggigit telapak kakiMenambah perasaan suka pada alam iniKupandangi kaki langit yang kemerahanTerasa indah di pandang mataKurasa sinar mentari indah inilahYang menyatukan langit biru dan laut luas
- n ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait
- n gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus
Satuan Volume LiterLiter merupakan sebuah satuan volume yang dipakai untuk memilih volume suatu benda yang mempunyai sifat menempati ruang berbentuk kubus yang mempunyai panjang rusuk 10 cm. Maka nilai 1 liter sama saja dengan 10 x 10 x 10 cm (1000cm3). Satuan liter ditulis dengan memakai aksara kecil. Misalkan untuk menuliskan 25 mililiter (ml) kedua aksara ditulis sama kecil.
Satuan liter biasanya dipakai untuk menghitung “banyaknya” benda cair dan gas. Meskipun bukan dari bagian satuan SI, tapi satuan yang berbasis liter ini dapat dikonversikan menjadi satuan yang berbasis kubik - 1 liter = 1.000 ml (milliliter)
- 1 liter = 100 cl (centiliter)
- 1 liter = 10 dl (deciliter)
- 1 liter = 0,1 hl (hectoliter)
- 1 liter = 0,01 dal (decaliter)
- 1 liter = 0,001 kl (kiloliter)
Contoh
a. Pada gambar di atas, sebutkan volume dari ketiga kotak susu tersebut?250 ml, 1.000 ml. dan 200 ml
b. Jumlahkan volume ketiga kotak susu tersebut dalam satuan mililiter?
250 ml+1.000 ml+200 ml = 1.450 ml= 1.450 ml= 1.000 ml + 450 ml= 1 l 450 ml
Latihan
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 1 sampai 5!

1) Volume dari sirop melon Brilian di atas adalah ….
a. 1.200 liter
b. 1.250 mililiter
c. 1.450 liter
d. 1.200 mililiter
2) Silish volume antara sirop pandan dan sirop jeruk di atas adalah ….
a. 200 milliter
b. 250 mililiter
c. 100 mililiter
d. 150 mililiter
3) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Volume sirop melon adalah 12 liter
b. Volume sirop jeruk adalah 1,25 liter
c. Volume sirop pandan adalah 14,5 liter
d. Volume sirop pandan adalah 1,2 liter
4) Pernyataan di bawah ini yang salah adalah ….
a. Volume sirop melon paling banyak
b. Volume sirop jeruk paling sedikit
c. Volume sirop jeruk adalah banyak
d. Volume sirop pandan paling banyak
5) Jumlah volume sirop pandan, melon, dan jeruk jika digabung adalah …. liter.
a. 390
b. 39
c. 3,9
d. 3.900
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 6 sampai 10!

6) Volume air dari botol A adalah ….
a. 2,5 mililiter
b. 2,5 liter
c. 5 liter
d. 5 mililiter
7) Volume air dari botol C adalah ….
a. 5 mililiter
b. 50 liter
c. 500 milliter
d. 5.000 mililiter
8) Selisih volume air dari B botol C adalah ….
a. 500 mililiter
b. 5.000 milliter
c. 50 milliter
d. 5 mililiter
9) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Selisih volume air dari botol A dan B adalah 2,5 liter
b. Selisih volume air dari botol A dan C adalah 2,5 liter
c. Jumlah volume air dari botol A dan B adalah 7,5 liter
d. Jumlah volume air dari botol B dan Cadalah 12,5 liter
10) Jumlah volume air dari ketiga botol A, B, dan C jika digabung adalah …. ml.
a. 17,5
b. 175.000
c. 175
d. 17.500
- 1 liter = 1.000 ml (milliliter)
- 1 liter = 100 cl (centiliter)
- 1 liter = 10 dl (deciliter)
- 1 liter = 0,1 hl (hectoliter)
- 1 liter = 0,01 dal (decaliter)
- 1 liter = 0,001 kl (kiloliter)
250 ml, 1.000 ml. dan 200 ml
250 ml+1.000 ml+200 ml = 1.450 ml= 1.450 ml= 1.000 ml + 450 ml= 1 l 450 ml
Latihan
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 1 sampai 5!
1) Volume dari sirop melon Brilian di atas adalah ….
a. 1.200 liter
b. 1.250 mililiter
c. 1.450 liter
d. 1.200 mililiter
2) Silish volume antara sirop pandan dan sirop jeruk di atas adalah ….
a. 200 milliter
b. 250 mililiter
c. 100 mililiter
d. 150 mililiter
3) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Volume sirop melon adalah 12 liter
b. Volume sirop jeruk adalah 1,25 liter
c. Volume sirop pandan adalah 14,5 liter
d. Volume sirop pandan adalah 1,2 liter
4) Pernyataan di bawah ini yang salah adalah ….
a. Volume sirop melon paling banyak
b. Volume sirop jeruk paling sedikit
c. Volume sirop jeruk adalah banyak
d. Volume sirop pandan paling banyak
5) Jumlah volume sirop pandan, melon, dan jeruk jika digabung adalah …. liter.
a. 390
b. 39
c. 3,9
d. 3.900
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 6 sampai 10!
6) Volume air dari botol A adalah ….
a. 2,5 mililiter
b. 2,5 liter
c. 5 liter
d. 5 mililiter
7) Volume air dari botol C adalah ….
a. 5 mililiter
b. 50 liter
c. 500 milliter
d. 5.000 mililiter
8) Selisih volume air dari B botol C adalah ….
a. 500 mililiter
b. 5.000 milliter
c. 50 milliter
d. 5 mililiter
9) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Selisih volume air dari botol A dan B adalah 2,5 liter
b. Selisih volume air dari botol A dan C adalah 2,5 liter
c. Jumlah volume air dari botol A dan B adalah 7,5 liter
d. Jumlah volume air dari botol B dan Cadalah 12,5 liter
10) Jumlah volume air dari ketiga botol A, B, dan C jika digabung adalah …. ml.
a. 17,5
b. 175.000
c. 175
d. 17.500
- Dinamika volume yaitu dinamika berdasarkan kuat dan lemahnya bunyi seperti piano (lembut), forte (keras), dan lain-lain.
- Dinamika register atau warna bunyi berdasarkan warna suara instrumen, setiap instrumen memiliki warna sekaligus volumenya sendiri seperti Flute yang lembut, terompet yang tajam, tuba yang tebal, dan lain-lain.
- Dinamika soundmass yakni dinamika yang terjadi akibat masa bunyi, jika masa bunyi besar maka bunyi akan menjadi kuat, begitu juga sebaliknya, jika masa bunyi sedikit, bunyi yang dihasilkan akan cenderung tipis.
- Forte (f) = Keras, nyaring, dan besar.
- Piano (p) = Lembut dan kecil.
- Mezzforte (mf) = Agak keras.
- Mezzopiano (mp) = Agak lembut.
- Pianissimo (pp) = Sangat lembut.
- Fortissimo (ff) = Sangat keras.
- Crescendo (cresc. atau < )= Perlahan-lahan membesar atau menjadi nyaring.
- Diminuendo (dim. atau > ) = Perlahan-lahan mengecil atau menjadi lembut.
- Sfarzando (Sfz) = Tiba-tiba mendadak keras atau nyaring pada salah satu nada.
No. | Dinamika | Bentuk, Gerakan, Status Rangkaian Nada | Konteks Syair |
---|---|---|---|
1. | Piano (p) dan Pianissimo (pp) |
| Doa, Permohonan, Mengharukan, Keluhan, Sedih, Rintihan dalam melodi yang rendah, Belaian, Kerinduan, Kasih, Teks yang perlu diperhatikan untuk mendramatisasikan isi teks, Ratapan, Kata yang diulang, yang dibuat kontras dengan kata yang sama pada bagian sebelumnya atau sesudahnya, yang dinamikanya lebih kuat, Pengasihan dan Hasutan. |
2. | Mezzopiano (mp) | Konteks lembut, tetapi dalam nadanada tinggi. Ini sebagai konsekuensi dari support yang diberikan dalam vokal | |
3. | Mezzoforte (mf), Forte (f), Fortissimo (ff) | Ajakan, Rintihan dalam melodi yang tinggi, Seruan dan Teriakan, Pujian, Gegap-gempita, Kemarahan, Gempar dan mengejutkan, Cerita atau kisah. | |
4. | Sforzando (Sfz) |
| |
5. | Crescendo (cresc.) |
|
|
6. | Diminuendo (dim.) |
|
|
Beberapa contoh lagu yang menggunakan tanda dinamika adalah sebagai berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar