Rabu, 05 Februari 2025

Materi Ajar Kelas 4B. Kamis, 6 Februari 2025

  Hari/Tanggal               : Kamis, 6 Februari 2025

Kelas                       : IV B

MUATAN PELAJARAN :

1. Bahasa Indonesia        : bertukar dan membayar 

2. PAK                               : Ringkas dan Selalu Sederhana 

3. P5                                  :Tema Kewirausahaan Pernak-pernik Cantik Berbahan Flanel  

4. IPAS                              : cerita tentang daerahku 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.



Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia

BAB 4                                 :  Bertukar dan Membayar 

CP: 

1.       Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. 


Mata Pelajaran         : Pendidikan Anti Korupsi


Tujuan Pembelajaran :

1. memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita

2. mengucapkan kata-kata yang panjang

3. membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitif serta menggunakan dan

4. mencari arti didalam kamus dan membuat proyek kamus kelas empat.

P5                                        :  Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel

Kegiatan  Pembelajaran    :   P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

- Peserta didik dapat  mengenal istilah P5

- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5

Mata Pelajaran           :  IPAS

Tujuan Pembelajaran : 

- Peserta didik dapat mengetahui bagian dan fungsi tumbuhan 


BAHASA INDONESIA

Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif? 

Pembahasan materi mengenai kalimat efektif dipelajari dalam Buku Bahasa Indonesia 'Lihat Sekitar' untuk SD Kelas IV halaman 136. 

Teman-teman tentu sudah terbiasa mengenal dan membuat kalimat. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan.

Suatu kalimat dapat dikatakan utuh, jika sudah mengandung semua unsur yang dibutuhkan, seperti subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. 

Ada banyak jenis kalimat yang sering kita temukan, salah satunya kalimat efektif. 

Pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, kita akan belajar mengenal kalimat efektif beserta ciri-ciri dan contohnya. 

Yuk, temukan penjelasan lengkapnya dari artikel ini!

Kalimat Efektif

Menurut KBBI, efektif yaitu ada efeknya, dapat membawa hasil, berhasil guna. 

Sedangkan kalimat efektif yaitu kalimat yang berisi gagasan atau ide yang sesuai dengan harapan penulis atau pembicara.

Sebuah kalimat bisa dikatakan efektif jika penerima pesan dapat menyampaikan kembali gagasan, pesan, perasaan, atau pemberitahuan seperti yang dimaksud oleh pemberi pesan. 

Kalimat efektif terdiri dari Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan (SPOK). 

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Berikut ini beberapa ciri-ciri kalimat efektif agar bisa dibedakan dengan kalimat jenis lain. 

1. Mengikuti aturan ejaan Bahasa Indonesia. 

2. Memiliki unsur kalimat yang tepat. 

3. Hemat kata, tidak bertele-tele. 

4. Pesan disampaikan secara jelas. 

5. Tidak mengandung makna ganda. 

6. Menggunakan diksi yang tepat. 

7. Padanan struktur bahasa dan gagasan harus logis dan sistematis. 

Contoh Kalimat Efektif

Nah, agar teman-teman bisa memahami seperti apa bentuk kalimat efektif itu, mari kita simak contohnya sebagai berikut. 

- Buku itu aku beli bulan lalu. 

- Harap tenang ada ujian. 

- Paus biru (Balaenoptera musculus) terkenal sebagai paus terbesar di dunia.

- Gunung Olympus Mons terbentang sekitar 600 kilometer di dekat ekuator Mars. 

- Di lautan yang luas, plankton tidak berenang sendiri, melainkan dibantu oleh pasang surut, arus, dan kekuatan lainnya. 

- Saat lautan terkena sinar matahari, permukaannya akan memanas. 

- Sama seperti permen lainnya, permen karet juga terasa manis. 


PAK

Menanamkan Sikap Anti Korupsi Lewat Hidup Sederhana

Hayooo, kira-kira kalian tahu tidak nih apa yang harus kita lakukan untuk menanamkan sikap anti korupsi dalam diri kita? 1... 2... 3... Oke waktunya sudah habis, jadi jawabannya, kita harus melakukan dan mengamalkan perilaku hidup sederhana untuk dapat menanamkan sikap anti korupsi dalam diri kita.

Kok bisa begitu? Tentu saja, karena dengan melakukan perilaku hidup sederhana maka kita akan terhindar dari rasa ketidakpuasan dari apa yang telah kita miliki, sehingga akan meminimalisir perbuatan tercela yang bisa saja kita lakukan untuk memenuhi hasrat/ego kita untuk memiliki lebih banyak lagi (serakah). Dimana, salah satu penyebab terjadinya korupsi adalah adanya rasa ketidakpuasan dari apa yang telah dimiliki, sehingga muncul rasa ingin mengambil hak orang lain. Maka dari itu, perilaku hidup sederhana dan sikap anti korupsi sangat berkaitan.

Tahukah kalian apa itu sikap hidup sederhana? yuk kita cari tau....
Sederhana adalah kebiasaan atau perilaku sehari-hari yang dilakukan sesuai kebutuhan dan kemampuan serta tidak mencerminkan sikap yang berlebihan atau mengandung unsur kemewahan. Sederhana ditekankan pada unsur dan kemampuan materi atau keuangan, misalnya: makan, minum, jajan, membeli buku, rumah, dan kendaraan.

Lalu, bagaimana sih cara untuk melakukan dan mengamalkan perilaku hidup sederhana itu dalam kehidupan sehari-hari kita? Nah, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengamalkan perilaku hidup sederhana yang bisa kita mulai dari hal-hal kecil. Kira-kira apa saja sih? Yuk sama-sama kita simak!

1. Mengubah Mindset
Tanamkanlah mindset untuk hidup sesuai dengan apa yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan. Dengan mindset seperti itu, maka kita mulai bisa membenahi apa yang masih salah dari hidup kita.

2. Mengatur Skala Prioritas
Apa sih skala prioritas itu? Jadi, skala prioritas adalah urutan kebutuhan seseorang dari yang paling penting sampai kebutuhan yang dapat ditunda pemenuhannya. Skala prioritas harus kita atur, kita harus bisa memilah mana kebutuhan yang harus kita dahulukan terlebih dahulu dan mana kebutuhan yang masih bisa kita tunda pemenuhannya. Saat mengatur skala prioritas, tidak lupa kita juga harus memperhatikan tingkat urgensinya.

Hal terakhir dan hal yang paling penting yang dapat kita lakukan adalah "Bersyukur", hal ini adalah bagian paling penting dalam proses kita untuk berperilaku hidup sederhana. Namun, terkadang kita lupa untuk melakukan hal yang satu ini. Maka dari itu, mulai sekarang mari kita selalu bersyukur atas apapun yang sudah kita miliki, atas setiap pencapaian dan penghasilan yang telah kita raih. Lewat hal ini, kita akan menemukan arti hidup sederhana bahkan menemukan kebahagiaan

IPAS


TOPIK A

Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku

Pengertian Kearifan Lokal

Kearifan lokal adalah kebiasaan, perilaku, dan nilai-nilai baik yang diwariskan dari nenek moyang yang masih diterapkan di masyarakat

Contoh Kearifan Lokal 

Dapat berbentuk ritual atau upacara adat, kepercayaan, pengelolaan sumber daya alam, cara menanam, dan lain sebagainya. Bisa juga berupa hukum adat yang disepakati bersam menjaga kelestarian sumber daya alam, pengembangan ilmu pengetahuan, sumber ilmu pengetahuan, mengembangkan sumber daya alam, memiliki aturan-aturan yang mengatur kehidupan masyarakat setempat.

TOPIK A
Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku
Contoh Kearifan Lokal
Marakka’ Bola adalah tradisi
memindahkan rumah secara gotong
royong masyarakat Bugis Barru
Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya
di tengah masyarakat Desa
Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau,
Kabupaten Barru.
Produk khas masyarakat setempat yang digunakan
sebagai hasil pertanian. Misalnya nasi tumpeng
dengan berbagai lauk-pauk yang menjadi simbol
ungkapan rasa syukur atas kebahagiaan.
“Hutan Larangan Adat Kanagarian Rumbio”, dalam masyarakat
di Kecamatan Kampar, Provinsi Riau. Kearifan lokal ini dibuat
dengan tujuan untuk masyarakat sekitar bersama-sama
melestarikan hutan di sana, di mana ada peraturan untuk tidak
boleh menebang pohon di hutan tersebut dan akan dikenakan
denda seperti beras 100 kg atau berupa uang sebesar
Rp6.000.000,00 jika melanggar.
Papua, terdapat kepercayaan te aro neweak lako
(alam adalah aku). Gunung Erstberg dan Grasberg
dipercaya sebagai kepala mama, tanah dianggap
sebagai bagian dari hidup manusia. Pemanfaatan
sumber daya alam pun dilakukan secara hati-hati
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

AKTIVITAS 1

 

PERKENALAN

 

 

Kegiatan         : Perkenalan

Objektif           : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.

Materi              :

a.        Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan

b.       Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.

c.        Kertas untuk menggambar

d.       Alat-alat menggambar

 

PERSIAPAN

1.       Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.

2.       Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.

PELAKSANAAN

1.       Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.

2.       Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.

3.       Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.

4.       Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.

 

 

PERKENALAN

 

MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR

 

 

NAMA : .......................................

NOMOR : ....................................

GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI.

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 2

MENGENAL JENIS RONCE

 

 

Kegiatan                : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce

Objektif                 :  Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce

Materi                    : 

a.               Jenis-jenis Ronce

b.              Lembar Kerja Prediksi

c.               Kertas untuk menggambar

d.              Alat-alat menggambar

Peran Guru            : Fasilitator

 

 AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!


KESIMPULAN KEGIATAN HARI INI :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali dalam kegiatan guru menerangkan materi kearifan lokal pada mata pelajaran ipas untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melakukan kegiatan meronce menggunakan manik manik didampingi oleh guru kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi Kisi STS kelas 4B. Senin, 10 Maret 2025

  MATERI KISI-KISI SOAL STS    Hari/Tanggal                        : Senin, 10 Maret  2025 Muatan  Pembelajaran      :   1. Matematika      ...