Hari/Tanggal : Kamis, 6 Februari 2025
Kelas : IV B
MUATAN PELAJARAN :
1. Bahasa Indonesia : bertukar dan membayar
2. PAK : Ringkas dan Selalu Sederhana
3. P5 :Tema Kewirausahaan Pernak-pernik Cantik Berbahan Flanel
4. IPAS : cerita tentang daerahku
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
BAB 4 : Bertukar dan Membayar
CP:
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Tujuan Pembelajaran :
1. memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita
2. mengucapkan kata-kata yang panjang
3. membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitif serta menggunakan dan
4. mencari arti didalam kamus dan membuat proyek kamus kelas empat.
P5 : Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel
Kegiatan Pembelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik dapat mengenal istilah P5
- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5
Mata Pelajaran : IPAS
Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik dapat mengetahui bagian dan fungsi tumbuhan
BAHASA INDONESIA
Kalimat Efektif
Ciri-Ciri Kalimat Efektif
Contoh Kalimat Efektif
TOPIK A
Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku
Pengertian Kearifan Lokal
Kearifan lokal adalah kebiasaan, perilaku, dan nilai-nilai baik yang diwariskan dari nenek moyang yang masih diterapkan di masyarakat
Contoh Kearifan Lokal
Dapat berbentuk ritual atau upacara adat, kepercayaan, pengelolaan sumber daya alam, cara menanam, dan lain sebagainya. Bisa juga berupa hukum adat yang disepakati bersam menjaga kelestarian sumber daya alam, pengembangan ilmu pengetahuan, sumber ilmu pengetahuan, mengembangkan sumber daya alam, memiliki aturan-aturan yang mengatur kehidupan masyarakat setempat.
TOPIK AKeunikan Kebiasaan Masyarakat di SekitarkuContoh Kearifan LokalMarakka’ Bola adalah tradisimemindahkan rumah secara gotongroyong masyarakat Bugis BarruProvinsi Sulawesi Selatan, tepatnyadi tengah masyarakat DesaLalabata, Kecamatan Tanete Rilau,Kabupaten Barru.Produk khas masyarakat setempat yang digunakansebagai hasil pertanian. Misalnya nasi tumpengdengan berbagai lauk-pauk yang menjadi simbolungkapan rasa syukur atas kebahagiaan.“Hutan Larangan Adat Kanagarian Rumbio”, dalam masyarakatdi Kecamatan Kampar, Provinsi Riau. Kearifan lokal ini dibuatdengan tujuan untuk masyarakat sekitar bersama-samamelestarikan hutan di sana, di mana ada peraturan untuk tidakboleh menebang pohon di hutan tersebut dan akan dikenakandenda seperti beras 100 kg atau berupa uang sebesarRp6.000.000,00 jika melanggar.Papua, terdapat kepercayaan te aro neweak lako(alam adalah aku). Gunung Erstberg dan Grasbergdipercaya sebagai kepala mama, tanah dianggapsebagai bagian dari hidup manusia. Pemanfaatansumber daya alam pun dilakukan secara hati-hatiPROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILAAKTIVITAS 1
PERKENALAN
Kegiatan : Perkenalan
Objektif : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.
Materi :
a. Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan
b. Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
PERSIAPAN
1. Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.
2. Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.
PELAKSANAAN
1. Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
2. Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.
3. Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.
4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
PERKENALAN
MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR
NAMA : .......................................
NOMOR : ....................................
GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI.
AKTIVITAS 2
MENGENAL JENIS RONCE
Kegiatan : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce
Objektif : Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce
Materi :
a. Jenis-jenis Ronce
b. Lembar Kerja Prediksi
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
Peran Guru : Fasilitator
AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!
KESIMPULAN KEGIATAN HARI INI :Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali dalam kegiatan guru menerangkan materi kearifan lokal pada mata pelajaran ipas untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melakukan kegiatan meronce menggunakan manik manik didampingi oleh guru kelas.
AKTIVITAS 1
PERKENALAN
Kegiatan : Perkenalan
Objektif : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.
Materi :
a. Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan
b. Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
PERSIAPAN
1. Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.
2. Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.
PELAKSANAAN
1. Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
2. Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.
3. Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.
4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
PERKENALAN
MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR
NAMA : ....................................... NOMOR : .................................... |
GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI. |
AKTIVITAS 2
MENGENAL JENIS RONCE
Kegiatan : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce
Objektif : Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce
Materi :
a. Jenis-jenis Ronce
b. Lembar Kerja Prediksi
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
Peran Guru : Fasilitator
AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar