Hari/Tanggal : Rabu, 11 Februari 2025
Kelas : IV B
Muatan Pelajaran :
1. IPAS : Cerita Tentang Daerahku
2. Bahasa Indonesia : Satu Titik
3. P5 : Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
ELEMEN | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman IPAS (sains dan sosial) | Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari; gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; serta perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya |
Keterampilan proses | 1. Mengamati Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya. 2. Mempertanyakan dan memprediksi Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. 3. Merencanakan dan melakukan penyelidikan Dengan panduan, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat. 4. Memproses, menganalisis data dan informasi Mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara hasil pengamatan dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah. 5. Mengevaluasi dan refleksi Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan. 6. Mengomunikasikan hasil Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam berbagai format. |
IPAS
Kekayaan Budaya IndonesiaIndonesia memiliki keanekaragaman budaya. Banyak suku bangsa dengan bahasa, pakaian, rumah, makanan, dan kesenian yang berbeda-beda. Keragaman ini salah satunya disebabkan karena tempat tinggal yang berbeda-beda. Setiap pulau di Indonesia mempunyai perbedaan keadaan alam. Bahkan, kondisi alam dalam satu pulau bisa saja berbeda-beda. Perbedaan kondisi alam ini memengaruhi cara hidup, kebiasaan, serta budaya penduduknya. Ada beberapa faktor penyebab Indonesia memiliki kekayaan dan keragaman budaya, yaitu:
1. Letak Strategis Wilayah IndonesiaIndonesia berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia juga berada di antara Benua Asia dan Benua Australia. Letak strategis tersebut menjadikan Indonesia berada di tengah-tengah lalu lintas perdagangan. Para pedagang dari berbagai negara datang ke Indonesia membawa agama, adat istiadat, dan kebudayaan dari negaranya. Banyak pendatang menyebarkan agama, adat istiadat, dan kebudayaan negaranya, baik dengan sengaja maupun tidak sengaja.
2. Kondisi Geografis Negara KepulauanIndonesia merupakan wilayah kepulauan yang terdiri atas 17.491 pulau (berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Kemenkomarves) mencatat hingga Desember 2019). Penduduk yang menempati satu pulau atau sebagian dari satu pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa dan budaya sendiri.
3. Perbedaan Kondisi AlamKehidupan masyarakat pantai berbeda dengan kehidupan masyarakat pegunungan. Masyarakat pantai lebih banyakmemanfaatkan laut untuk mempertahankan hidupnya, yaitu dengan menjadi nelayan. Sebaliknya, masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan memiliki upaya sendiri untuk mempertahankan hidupnya. Mereka lebih memilih mata pencaharian yang berkaitan dengan relief alam pegunungan, misalnya sebagai peternak atau petani sayur. Bagaimana dengan masyarakat yang tinggal di kota? Masyarakat yang tinggal di kota tentu tidak akan menjadi nelayan. Masyarakat kota cenderung untuk membuka usaha, bekerja di kantor, atau bekerja di pabrik.
4. Keadaan Transportasi dan KomunikasiKemudahan sarana transportasi dan komunikasi memudahkan masyarakat berhubungan dengan masyarakat lain. Sebaliknya, sarana yang terbatas akan menyulitkan masyarakat dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan masyarakat lain. Kondisi ini menjadi penyebab keragaman masyarakat Indonesia.
5. Penerimaan Masyarakat terhadap PerubahanKeterbukaan masyarakat terhadap sesuatu yang baru, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat, membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Karena keterbukaan ini menyebabkan akulturasi budaya. Budaya yang ada di daerah tertentu akan terpengaruh dengan budaya dari luar.
PENDIDIKAN PANCASILA
Perilaku yang Menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik IndonesiaSebagai makhluk yang berbangsa, tentunya juga harus ikut berusaha dalam mempertahankan kebangsaan tersebut. Semua warga negara harus ikut berpartisipasi dan ikut menjaga keutuhan dari negara tersebut. Berikut ini beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam berbagai lingkungan kehidupan :
1. Dalam Kehidupan di Rumah, di antaranya sebagai berikut:- Rukun dengan anggota keluarga yang lain, misalnya rukun dengan saudara.
- Menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
- Menghargai perbedaan pendapat.
- Saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.
2. Dalam Kehidupan di Sekolah, di antaranya sebagai berikut:Rukun dengan semua teman.- Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul.
- Menghargai dan menghormati pendapat teman.
- Menghormati guru.
- Saling tolong dan saling berbagi dengan teman.
3. Dalam Kehidupan di Masyarakat, di antaranya sebagai berikut:- Saling menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
- Menolong tetangga yang tertimpa musibah.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.
- Menghormati dan menghargai hak orang lain.
4. Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, di antaranya sebagai berikut:- Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghormati dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.
- Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan daerah.
- Mau bekerja keras untuk membangun bangsa.
- Rukun dengan anggota keluarga yang lain, misalnya rukun dengan saudara.
- Menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
- Menghargai perbedaan pendapat.
- Saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.
- Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul.
- Menghargai dan menghormati pendapat teman.
- Menghormati guru.
- Saling tolong dan saling berbagi dengan teman.
- Saling menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
- Menolong tetangga yang tertimpa musibah.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.
- Menghormati dan menghargai hak orang lain.
- Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghormati dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.
- Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan daerah.
- Mau bekerja keras untuk membangun bangsa.
P5
Kegiatan Pembelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik dapat mengenal istilah P5
- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5
- Peserta didik mengenal istilah wirausaha dancontoh-contohnys
- peserta didik mengetahui cara berdagang yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW
-Peserta didik berwawancara dengan para usahawan sekolah
Dimensi
Elemen
Subelemen
Capaian pada fase B
Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT
Berempati kepada orang lain
Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
Kreatif
Menghasilkan gagasan yang orisinal
Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk
membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif
untuk mengapresiasikan pikiran dan/atau
perasaannya
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan
Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan
yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi
terhadap situasi
Mandiri
Regulasi diri
Menunjukkan inisiatif dan
bekerja secara mandiri
Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta
inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang
pembelajaran dan pengembangan dirinya
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILAAKTIVITAS 1
PERKENALAN
Kegiatan : Perkenalan
Objektif : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.
Materi :
a. Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan
b. Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
PERSIAPAN
1. Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.
2. Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.
PELAKSANAAN
1. Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
2. Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.
3. Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.
4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
PERKENALAN
MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR
NAMA : .......................................
NOMOR : ....................................
GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI.
AKTIVITAS 2
MENGENAL JENIS RONCE
Kegiatan : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce
Objektif : Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce
Materi :
a. Jenis-jenis Ronce
b. Lembar Kerja Prediksi
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
Peran Guru : Fasilitator
AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!
Kesimpulan kegiatan hari ini:Alhamdulillah kegiatan belajar di kelas hari ini berjalan dengan baik dan lancar.
Kegiatan Pembelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik dapat mengenal istilah P5
- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5
- Peserta didik mengenal istilah wirausaha dancontoh-contohnys
- peserta didik mengetahui cara berdagang yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW
-Peserta didik berwawancara dengan para usahawan sekolah
Dimensi | Elemen | Subelemen | Capaian pada fase B | |
Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT | Berempati kepada orang lain | Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat | ||
Kreatif | Menghasilkan gagasan yang orisinal | Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk | ||
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari | Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan | |||
Mandiri | Regulasi diri | Menunjukkan inisiatif dan | Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta |
AKTIVITAS 1
PERKENALAN
Kegiatan : Perkenalan
Objektif : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.
Materi :
a. Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan
b. Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
PERSIAPAN
1. Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.
2. Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.
PELAKSANAAN
1. Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
2. Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.
3. Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.
4. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.
PERKENALAN
MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR
NAMA : ....................................... NOMOR : .................................... |
GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI. |
AKTIVITAS 2
MENGENAL JENIS RONCE
Kegiatan : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce
Objektif : Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce
Materi :
a. Jenis-jenis Ronce
b. Lembar Kerja Prediksi
c. Kertas untuk menggambar
d. Alat-alat menggambar
Peran Guru : Fasilitator
AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar