Hari/Tanggal : Selasa, 18 Februari 2025
Kelas : IV B
Muatan Pelajaran :
1. Matematika : Pengukuran volume
2. Pendidikan Pancasila : Negaraku
3. Bahasa Indonesia : Satu Titik
4. IPAS : Cerita tentang Daerahku
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Tujuan Pembelajaran Matematika :
Pola gambar dan pola bilangan menggunakan operasi bilangan cacah banyak kebermanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
MATEMATIKA
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 1 sampai 5!
a. 400 ml
b. 500 ml
c. 800 ml
d. 1.000 ml
a. A
b. B
c. C
d. D
3) Selisih volume teh antara kaleng A dan B adalah …. ml.
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500
4) Jumlah seluruh volume teh dari ketiga kaleng di atas adalah …. ml.
a. 2.300
b. 1.800
c. 1.300
d. 2.800
5) Jumlah seluruh volume teh dari ketiga kaleng di atas adalah ….
a. 2.300 liter
b. 230 liter
c. 2,3 liter
d. 0,23 liter

6) Volume susu pada botol A adalah ….
a. 1 liter c. 2 liter
b. 1,5 liter d. 2,5 liter
7) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Volume susu botol A paling banyak
b. Volume susu botol B paling sedikit
c. Volume susu botol C paling banyak
d. Volume susu botol B paling banyak
8) Jumlah volume susu dari botol A dan B jika digabung adalah …. liter.
a. 2
b. 3
c. 1,5
d. 2,5
9) Selisih volume susu antara botol A dan C adalah …. ml.
a. 1
b. 0,5
c. 100
d. 1.000
10) Jumlah volume susu dari ketiga botol A, B, dan C jika digabung adalah …. ml.
a. 4.500
b. 450
c. 45
d. 4,5
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Pendidikan Pancasila
Perilaku yang Menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik IndonesiaSebagai makhluk yang berbangsa, tentunya juga harus ikut berusaha dalam mempertahankan kebangsaan tersebut. Semua warga negara harus ikut berpartisipasi dan ikut menjaga keutuhan dari negara tersebut. Berikut ini beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam berbagai lingkungan kehidupan :
1. Dalam Kehidupan di Rumah, di antaranya sebagai berikut:- Rukun dengan anggota keluarga yang lain, misalnya rukun dengan saudara.
- Menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
- Menghargai perbedaan pendapat.
- Saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.
2. Dalam Kehidupan di Sekolah, di antaranya sebagai berikut:Rukun dengan semua teman.- Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul.
- Menghargai dan menghormati pendapat teman.
- Menghormati guru.
- Saling tolong dan saling berbagi dengan teman.
3. Dalam Kehidupan di Masyarakat, di antaranya sebagai berikut:- Saling menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
- Menolong tetangga yang tertimpa musibah.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.
- Menghormati dan menghargai hak orang lain.
4. Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, di antaranya sebagai berikut:- Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghormati dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.
- Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan daerah.
- Mau bekerja keras untuk membangun bangsa.
D. Bangga Menjadi Anak IndonesiaRasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat mempertinggi harga diri bangsa. Harga diri bangsa akan rendah atau merosot jika warganya tidak mempunyai rasa bangga terhadap bangsanya sendiri.Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya serta agama. Beberapa perilaku harus ditampilkan sebagai bukti bangga sebagai anak Indonesia adalah :- Belajar dengan rajin
- Giat bekerja sesuai dengan kemampuan
- Mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih
- Mencintai buatan/produk Indonesia
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya
- Menyukai lagu-lagu Indonesia,
- Bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.
- Rukun dengan anggota keluarga yang lain, misalnya rukun dengan saudara.
- Menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.
- Menghargai perbedaan pendapat.
- Saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.
- Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul.
- Menghargai dan menghormati pendapat teman.
- Menghormati guru.
- Saling tolong dan saling berbagi dengan teman.
- Saling menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.
- Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.
- Menolong tetangga yang tertimpa musibah.
- Tidak memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.
- Menghormati dan menghargai hak orang lain.
- Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghormati dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.
- Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan daerah.
- Mau bekerja keras untuk membangun bangsa.
- Belajar dengan rajin
- Giat bekerja sesuai dengan kemampuan
- Mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih
- Mencintai buatan/produk Indonesia
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya
- Menyukai lagu-lagu Indonesia,
- Bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.
BAHASA INDONESIA
- Di mana kira-kira penulis berdiri ketika menuliskan puisi ini?
- Apa yang dilihat penulis ketika menuliskan puisinya?
- Kalimat mana yang tidak kalian mengerti?
- Kalimat mana yang menurut kalian menarik?
- Laksana untaian mutiara di lautan (gugusan pulau diumpamakan untaian mutiara)
- Lambaian terumbu karang dan ikan menyapa … (karang dan ikan dipersonifikasi seolah-olah seperti manusia)
- Tentukan tema puisi kalian.
- Buat daftar kata yang sesuai untuk tempat tersebut. Contoh: jernih, gemericik, dan sejuk → puisi tentang air terjun
- Carilah perumpamaan atau majas untuk menggambarkan tempat itu atau suasananya.Contoh: bunyi hempasan ombak → seperti alunan musik
- Tulislah puisi kalian di buku tulis.
- Bacalah puisi tulisan kalian dengan nyaring. Rasakan keindahannya.Jika ada kata-kata yang terasa janggal atau belum sesuai, kalian dapat mengubahnya lagi.
Alam Indah Tepi PantaiSang ombak menari-nari di tepian pantaiMenyapa pasir yang terhampar luasCamar berterbangan di atas ombakBerharap ikan segar bertemu merekaOmbak mengusap kedua mata kakiTerasa dingin hingga ke relung dadaIkan-ikan kecil genit menggigit telapak kakiMenambah perasaan suka pada alam iniKupandangi kaki langit yang kemerahanTerasa indah di pandang mataKurasa sinar mentari indah inilahYang menyatukan langit biru dan laut luas
- n ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait
- n gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus
IPAS
Kekayaan budaya bangsa harus kita syukuri sebagai anugerah tuhan yang maha kuasa kepada bangsa kita. Keragaman budaya yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara akan menjadikan bangsa yang besar dan kuat. Dalam bidang bahasa, kebudayaan daerah yang berwujud dalam bahasa daerah dapat memperkaya perbedaharaan istilah dalam bahasa Indonesia. Dalam bidang pariwisata, potensi keberagaman budaya dapat dijadikan objek dan tujuan pariwisata di Indonesia yang bisa mendatangkan devisa. Keragaman budaya bangsa Indonesia dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Sikap toleransi berarti sikap yang rela menerima dan menghargai perbedaan dengan orang atau kelompok lain. Empati adalah sikap yang secara ikhlas mau merasakan pikiran dan perasaan orang lain. toleran dan empati ini sangat penting ditumbuh kembangkan dalam kehidupan masyarakat yang majemuk seperti di Indonesia. Cara pikir seperti ini akan membawa kita pada sikap dan tindakan untuk tidak memperbesar perbedaan, tetapi mencari nilai-nilai universal yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia.
1. Apakah pakaian adat yang mereka gunakan sama? Jelaskan!
2. Apakah rumah adat yang kamu lihat sama? Jelaskan!
Setiap suku di Indonesia memiliki rumah adat yang berbeda dengan suku yang lainnya. Seperti contoh Rumah adat Bolon (Sumut), Gadang (Sumbar), Joglo (Jawa), Lamin (Kaltim), Tongkonan (Sulsel dan Sulbar), dan Honai (Papua)dan masih banyak yang lainnya.
3. Bagaimanakah tarian adat yang kamu lihat? Jelaskan!
Tarian adat yang ada di Nusantara berbeda antara satu dengan yang lainnya. Contoh tarian tradisional: Saudati dan Saman (Aceh), Serampang dua belas dan Tor-tor (Sumut), Piring dan Payung (Sumbar), Gending Sriwijaya (Sumsel), Topeng, Ondel-ondel dan Ronggeng (DKI Jakarta).
4. Apa lagi yang kamu ketahui tentang keragaman budaya Indonesia?
- Senjata Tradisional. Saat ini senjata tradisional dipakai sebagai pelengkap dalam pakaian adat. Contoh Rencong (Aceh), Keris (Jawa), Mandau (Kalimantan), Badik (Betawi), Clurit (Madura) Badik (Sulsel), Jenawi (Riau) dan Trisula (Sumsel).
- Makanan Khas. Contoh makan khas daerah yang ada di Indonesia antara lain ; Gudeg (Yogyakarta), Rendang (Padang), Pempek (Palembang), Rujak Cingur (Surabaya), Ayam Betutu (Bali), Pepeda (Maluku dan Papua).
- Upacara Adat. Uapacara adat berhubungan dengan adat istiadat dan kepercayaan suatu masyarakat. Contoh upacara adat yang ada di Indonesia antara lain : Upacara Kasodo(Tengger), Lompat batu (Nias), Grebeg Suro (Solo), Ngaben (Bali).
Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Mereka adalah kelompok etnis Nusantara yang berada di Sumatra Barat.
Selain bahasa Padang, orang Minang juga menggunakan bahasa Melayu. Alat musik tradisional Minang adalah talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya yang dimainkan dengan cara ditiup adalah saluang.
Rendang merupakan salah satu masakan tradisional Minang yang terkenal, bahkan telah dikenal di negara lain. Makanan khas masyarakat Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.
Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda yang terkenal adalah cerita “Si Malin Kundang”.
Apa yang anda ketahui tentang daerahmu?
Apa nama rumah adat Lampung?
Apa bahasa yang digunakan oleh suku Lampung?
Apa makanan tradisional Lampung?
Apa alat musik tradisional suku Lampung?
Apa tarian tradisional suku Lampung?
Menyikapi perbedaan budaya yang ada bukanlah hal yang mudah dan bukan pula hal yang susah bila kita mau berusaha. Perbedaan budaya adalah bukan pemicu pertengkaran dan perselisihan tapi perbedaan budaya sesungguhnya kekayaan yang sangat luar biasa. Perbedaan budaya dapat menimbulkan masalah yang ada dalam masyarakat. Pada dasarnya setiap masyarakat memiliki pola dan corak kebudayaan yang berbeda satu sama lain. Sehingga mereka cenderung memperlakukan sama pada setiap bentuk kebudayaan. Padahal budaya itu sendiri berbentuk sesuai dengan corak masyarakat yang bersangkutan. sikap seperti inilah sering kali memicu kesalahpahaman.
Kesimpulan Kegiatan Hari Ini:
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa memahami cara pengukuran volume dan pelajaran IPAS anak anak sangat antusias untuk mengenal budaya, makanan tradisional, bahasa yang digunakan, nilai nilai norma dari daerah Lampung. Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar hari ini berjalan dengan lancar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar