Selasa, 04 Februari 2025

Materi AJar kelas 4B. Rabu, 5 Februari 2025

 Hari/Tanggal               : Rabu, 5 Februari 2025

Kelas                            : IV B

Muatan Pelajaran         : 

1. IPAS                            : Cerita Tentang Daerahku  

2. Bahasa Indonesia       : Bertukar dan Membayar  

3. P5                               Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.






IPAS 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pemahaman IPAS (sains dan sosial)

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari; gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; serta perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Keterampilan proses

1.    Mengamati

Di akhir fase ini, peserta didik mengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana dengan menggunakan pancaindra dan dapat mencatat hasil pengamatannya.

2.    Mempertanyakan dan memprediksi

Dengan menggunakan panduan, peserta didik mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

3.    Merencanakan dan melakukan penyelidikan Dengan panduan, peserta didik membuat rencana dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan mengutamakan keselamatan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat.

4.    Memproses, menganalisis data dan informasi Mengorganisasikan data dalam bentuk tabel dan grafik sederhana untuk menyajikan data dan mengidentifikasi pola. Peserta didik membandingkan antara  hasil  pengamatan dengan prediksi dan memberikan alasan yang bersifat ilmiah.

5.    Mengevaluasi dan refleksi

Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan.

6.    Mengomunikasikan hasil

Mengomunikasikan         hasil     penyelidikan secara lisan dan tertulis dalam berbagai format.


IPAS

TOPIK A

Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku

Pengertian Kearifan Lokal

Kearifan lokal adalah kebiasaan, perilaku, dan nilai-nilai baik yang diwariskan dari nenek moyang yang masih diterapkan di masyarakat

Contoh Kearifan Lokal 

Dapat berbentuk ritual atau upacara adat, kepercayaan, pengelolaan sumber daya alam, cara menanam, dan lain sebagainya. Bisa juga berupa hukum adat yang disepakati bersam menjaga kelestarian sumber daya alam, pengembangan ilmu pengetahuan, sumber ilmu pengetahuan, mengembangkan sumber daya alam, memiliki aturan-aturan yang mengatur kehidupan masyarakat setempat.

TOPIK A
Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku
Contoh Kearifan Lokal
Marakka’ Bola adalah tradisi
memindahkan rumah secara gotong
royong masyarakat Bugis Barru
Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya
di tengah masyarakat Desa
Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau,
Kabupaten Barru.
Produk khas masyarakat setempat yang digunakan
sebagai hasil pertanian. Misalnya nasi tumpeng
dengan berbagai lauk-pauk yang menjadi simbol
ungkapan rasa syukur atas kebahagiaan.
“Hutan Larangan Adat Kanagarian Rumbio”, dalam masyarakat
di Kecamatan Kampar, Provinsi Riau. Kearifan lokal ini dibuat
dengan tujuan untuk masyarakat sekitar bersama-sama
melestarikan hutan di sana, di mana ada peraturan untuk tidak
boleh menebang pohon di hutan tersebut dan akan dikenakan
denda seperti beras 100 kg atau berupa uang sebesar
Rp6.000.000,00 jika melanggar.
Papua, terdapat kepercayaan te aro neweak lako
(alam adalah aku). Gunung Erstberg dan Grasberg
dipercaya sebagai kepala mama, tanah dianggap
sebagai bagian dari hidup manusia. Pemanfaatan
sumber daya alam pun dilakukan secara hati-hati

BAHASA INDONESIA

Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif? 

Pembahasan materi mengenai kalimat efektif dipelajari dalam Buku Bahasa Indonesia 'Lihat Sekitar' untuk SD Kelas IV halaman 136. 

Teman-teman tentu sudah terbiasa mengenal dan membuat kalimat. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep pikiran dan perasaan.

Suatu kalimat dapat dikatakan utuh, jika sudah mengandung semua unsur yang dibutuhkan, seperti subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. 

Ada banyak jenis kalimat yang sering kita temukan, salah satunya kalimat efektif. 

Pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, kita akan belajar mengenal kalimat efektif beserta ciri-ciri dan contohnya. 

Yuk, temukan penjelasan lengkapnya dari artikel ini!

Kalimat Efektif

Menurut KBBI, efektif yaitu ada efeknya, dapat membawa hasil, berhasil guna. 

Sedangkan kalimat efektif yaitu kalimat yang berisi gagasan atau ide yang sesuai dengan harapan penulis atau pembicara.

Sebuah kalimat bisa dikatakan efektif jika penerima pesan dapat menyampaikan kembali gagasan, pesan, perasaan, atau pemberitahuan seperti yang dimaksud oleh pemberi pesan. 

Kalimat efektif terdiri dari Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan (SPOK). 

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Berikut ini beberapa ciri-ciri kalimat efektif agar bisa dibedakan dengan kalimat jenis lain. 

1. Mengikuti aturan ejaan Bahasa Indonesia. 

2. Memiliki unsur kalimat yang tepat. 

3. Hemat kata, tidak bertele-tele. 

4. Pesan disampaikan secara jelas. 

5. Tidak mengandung makna ganda. 

6. Menggunakan diksi yang tepat. 

7. Padanan struktur bahasa dan gagasan harus logis dan sistematis. 

Contoh Kalimat Efektif

Nah, agar teman-teman bisa memahami seperti apa bentuk kalimat efektif itu, mari kita simak contohnya sebagai berikut. 

- Buku itu aku beli bulan lalu. 

- Harap tenang ada ujian. 

- Paus biru (Balaenoptera musculus) terkenal sebagai paus terbesar di dunia.

- Gunung Olympus Mons terbentang sekitar 600 kilometer di dekat ekuator Mars. 

- Di lautan yang luas, plankton tidak berenang sendiri, melainkan dibantu oleh pasang surut, arus, dan kekuatan lainnya. 

- Saat lautan terkena sinar matahari, permukaannya akan memanas. 

- Sama seperti permen lainnya, permen karet juga terasa manis. 


P5


Kegiatan  Pembelajaran    :   P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

- Peserta didik dapat  mengenal istilah P5

- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5

- Peserta didik mengenal istilah wirausaha dancontoh-contohnys

- peserta didik mengetahui cara berdagang yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW

-Peserta didik berwawancara dengan para usahawan sekolah

Dimensi

Elemen

Subelemen

Capaian pada fase B

Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT

Berempati kepada orang lain

Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat

 

 

 

Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk
membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif
untuk mengapresiasikan pikiran dan/atau
perasaannya

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan

Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan
yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi
terhadap situasi

               

Mandiri

Regulasi diri

Menunjukkan inisiatif dan
bekerja secara mandiri

Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta
inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang
pembelajaran dan pengembangan dirinya




 PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

AKTIVITAS 1

 

PERKENALAN

 

 

Kegiatan         : Perkenalan

Objektif           : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.

Materi              :

a.        Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan

b.       Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.

c.        Kertas untuk menggambar

d.       Alat-alat menggambar

 

PERSIAPAN

1.       Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.

2.       Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.

PELAKSANAAN

1.       Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.

2.       Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.

3.       Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.

4.       Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.

 

 

PERKENALAN

 

MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR

 

 

NAMA : .......................................

NOMOR : ....................................

GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI.

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 2

MENGENAL JENIS RONCE

 

 

Kegiatan                : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce

Objektif                 :  Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce

Materi                    : 

a.               Jenis-jenis Ronce

b.              Lembar Kerja Prediksi

c.               Kertas untuk menggambar

d.              Alat-alat menggambar

Peran Guru            : Fasilitator

 

 AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!





Kesimpulan kegiatan hari ini: Alhamdulillah kegiatan belajar di kelas hari ini berjalan dengan baik dan lancar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi Kisi STS kelas 4B. Senin, 10 Maret 2025

  MATERI KISI-KISI SOAL STS    Hari/Tanggal                        : Senin, 10 Maret  2025 Muatan  Pembelajaran      :   1. Matematika      ...