Hari/Tanggal : Senin, 10 Februari 2025
Muatan Pembelajaran :
1. Pendidikan Pancasila
2. Bahasa Indonesia
3. Matermatika
4. SBDP
Tujuan Pembelajaran:
Pendidikan Pancasila
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
B. Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.
SBDP
1. peserta didik mampu mengenali jenis-jenis sumber bunyi berdasarkan cara memainkan alat musiknya. seperti dipukul, digesek, dan ditiup
2. peseta didik mampu mengkategorikan jenis jenis alat musik ritmis dan alat alat musik melodi
3. peserta didik mampu menemukan atau memilih alat musik yang ingin dipelajari dan memahami dasar dasarnya
4. Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata panjang dengan benar.
Pada lambang Garuda Pancasila, bulu ekor berjumlah..
A. 45
B. 8
C. 17
D. 18
2. Bintang merupakan lambang Pancasila sila...
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
3. Sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila di lingkungan sekolah di antaranya...
A. Tidak membeda-bedakan teman karena perbedaan agama, suku, ras, dan lainnya
B. Membantu orang tua
C. Ikut gotong royong membersihkan kampung
D. Menolong korban kecelakaan di jalan
4. Komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila adalah sebagai berikut, kecuali..
A. Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia
B. Memiliki semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme
C. Memiliki sikap cinta tanah air yang berlebihan
D. Selalu bersemangat dalam berjuang
5. Para pemuda Pancasila menjunjung tinggi sikap...dalam bermusyawarah serta sangat menghargai perbedaan pendapat
A. Egoisme
B. Kerja keras
C. Kesukuan
D. Toleransi
6. Salah satu nilai luhur perumusan Pancasila bagi bangsa Indonesia di antaranya...
A. Mengutamakan kelompok
B. Berjuang dengan mengharapkan imbalan
C. Membantu orang lain karena terpaksa
D. Menumbuhkan semangat kebersamaan
7. Dasar negara bangsa Indonesia yang bukan tiruan dari negara luar, tetapi asli Indonesia adalah...
A. Pancasila
B. UUD 1945
C. Dekrit Presiden
D. Perpu
8. Lambang Pancasila 'Kemanusiaan yang adil dan beradab' adalah...
A. Bintang
B. Padi dan kapas
C. Rantai emas
D. Pohon beringin
9. Sidang pertama BPUPKI berlangsung pada tanggal...
A. 28 Mei - 1 Juni 1945
B. 29 Mei - 1 Juli 1945
C. 28 Mei - 1 Juli 1945
D. 29 Mei - 1 Juni 1945
BAHASA INDONESIA
Kalimat EfektifKalimat efektif adalah kalimat yang disusun sesuai kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku. Susunan kata, ejaan, tanda baca, atau strukturnya harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.Ciri-ciri kalimat efektif adalah: - Mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia;
- Memiliki unsur kalimat (setidaknya subjek dan predikat) yang digunakan dengan tepat;
- Hemat kata, tidak bertele-tele; dan
- Pesan yang disampaikan jelas, tidak membingungkan
Cermati perbandingan kalimat yang efektif dan tidak efektif di bawah ini.Kalimat Tidak Efektif Kalimat Efektif Mora itu berenangnya tidak bisa-bisa Mora belum bisa berenang. Maruna Reu dan teman-temannya mereka tinggal bersama-sama di Pulau Misool Raja Ampat di Papua Barat Maruna, Reu, dan teman-temannya tinggal di Pulau Misool, Raja Ampat, di Papua Barat Biota laut yang terdapat di dalam laut ada beraneka macam Terdapat beraneka macam biota di dalam laut. Sungai tempat mereka sering memancing sekarang airnya kotor, lagipula sudah dangkal. Air sungai itu sekarang kotor dan dangkal. Dahulu mereka serig memancing di sungai itu Bagi semua para penyelam harus hati-hati dan harus tidak merusak terumbu karang Semua penyelam harus berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang.
LatihanPilihlah 3 kata dari teks “Raja Ampat”, kemudian buatlah 3 kalimat efektif menggunakan kata-kata pilihan kalian tersebut!- kepulauan: Indonesia merupakan negara kepulauan.
- turis: Candi Borobudur sering dikunjungi oleh turis.
- flora: Rafflesia Arnoldi merupakan flora endemik pulau Sumatera
- fauna: Indonesia kaya akan ragam fauna.
- biota: Biota Laut adalah semua makhluk hidup yang ada di laut.
latihan
ubahlah kalimat di atas menjadi kalimat efektif !
- Mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia;
- Memiliki unsur kalimat (setidaknya subjek dan predikat) yang digunakan dengan tepat;
- Hemat kata, tidak bertele-tele; dan
- Pesan yang disampaikan jelas, tidak membingungkan
Kalimat Tidak Efektif | Kalimat Efektif |
---|---|
Mora itu berenangnya tidak bisa-bisa | Mora belum bisa berenang. |
Maruna Reu dan teman-temannya mereka tinggal bersama-sama di Pulau Misool Raja Ampat di Papua Barat | Maruna, Reu, dan teman-temannya tinggal di Pulau Misool, Raja Ampat, di Papua Barat |
Biota laut yang terdapat di dalam laut ada beraneka macam | Terdapat beraneka macam biota di dalam laut. |
Sungai tempat mereka sering memancing sekarang airnya kotor, lagipula sudah dangkal. | Air sungai itu sekarang kotor dan dangkal. Dahulu mereka serig memancing di sungai itu |
Bagi semua para penyelam harus hati-hati dan harus tidak merusak terumbu karang | Semua penyelam harus berhati-hati agar tidak merusak terumbu karang. |
- kepulauan: Indonesia merupakan negara kepulauan.
- turis: Candi Borobudur sering dikunjungi oleh turis.
- flora: Rafflesia Arnoldi merupakan flora endemik pulau Sumatera
- fauna: Indonesia kaya akan ragam fauna.
- biota: Biota Laut adalah semua makhluk hidup yang ada di laut.
ubahlah kalimat di atas menjadi kalimat efektif !
Matematika
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada jawaban a, b, c, atau d!Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 1 sampai 5!

1) Volume teh pada gambar kaleng A adalah ….
a. 400 ml
b. 500 ml
c. 800 ml
d. 1.000 ml
2) Volume teh paling besar ditunjukan oleh kaleng ….
a. A
b. B
c. C
d. D
3) Selisih volume teh antara kaleng A dan B adalah …. ml.
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500
4) Jumlah seluruh volume teh dari ketiga kaleng di atas adalah …. ml.
a. 2.300
b. 1.800
c. 1.300
d. 2.800
5) Jumlah seluruh volume teh dari ketiga kaleng di atas adalah ….
a. 2.300 liter
b. 230 liter
c. 2,3 liter
d. 0,23 liter
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 6 sampai 10!

6) Volume susu pada botol A adalah ….
a. 1 liter c. 2 liter
b. 1,5 liter d. 2,5 liter
7) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Volume susu botol A paling banyak
b. Volume susu botol B paling sedikit
c. Volume susu botol C paling banyak
d. Volume susu botol B paling banyak
8) Jumlah volume susu dari botol A dan B jika digabung adalah …. liter.
a. 2
b. 3
c. 1,5
d. 2,5
9) Selisih volume susu antara botol A dan C adalah …. ml.
a. 1
b. 0,5
c. 100
d. 1.000
10) Jumlah volume susu dari ketiga botol A, B, dan C jika digabung adalah …. ml.
a. 4.500
b. 450
c. 45
d. 4,5
Perhatikan gambar berikut untuk mengisi soal nomor 1 sampai 5!
a. 400 ml
b. 500 ml
c. 800 ml
d. 1.000 ml
a. A
b. B
c. C
d. D
3) Selisih volume teh antara kaleng A dan B adalah …. ml.
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500
4) Jumlah seluruh volume teh dari ketiga kaleng di atas adalah …. ml.
a. 2.300
b. 1.800
c. 1.300
d. 2.800
5) Jumlah seluruh volume teh dari ketiga kaleng di atas adalah ….
a. 2.300 liter
b. 230 liter
c. 2,3 liter
d. 0,23 liter

6) Volume susu pada botol A adalah ….
a. 1 liter c. 2 liter
b. 1,5 liter d. 2,5 liter
7) Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
a. Volume susu botol A paling banyak
b. Volume susu botol B paling sedikit
c. Volume susu botol C paling banyak
d. Volume susu botol B paling banyak
8) Jumlah volume susu dari botol A dan B jika digabung adalah …. liter.
a. 2
b. 3
c. 1,5
d. 2,5
9) Selisih volume susu antara botol A dan C adalah …. ml.
a. 1
b. 0,5
c. 100
d. 1.000
10) Jumlah volume susu dari ketiga botol A, B, dan C jika digabung adalah …. ml.
a. 4.500
b. 450
c. 45
d. 4,5
- Dinamika volume yaitu dinamika berdasarkan kuat dan lemahnya bunyi seperti piano (lembut), forte (keras), dan lain-lain.
- Dinamika register atau warna bunyi berdasarkan warna suara instrumen, setiap instrumen memiliki warna sekaligus volumenya sendiri seperti Flute yang lembut, terompet yang tajam, tuba yang tebal, dan lain-lain.
- Dinamika soundmass yakni dinamika yang terjadi akibat masa bunyi, jika masa bunyi besar maka bunyi akan menjadi kuat, begitu juga sebaliknya, jika masa bunyi sedikit, bunyi yang dihasilkan akan cenderung tipis.
- Forte (f) = Keras, nyaring, dan besar.
- Piano (p) = Lembut dan kecil.
- Mezzforte (mf) = Agak keras.
- Mezzopiano (mp) = Agak lembut.
- Pianissimo (pp) = Sangat lembut.
- Fortissimo (ff) = Sangat keras.
- Crescendo (cresc. atau < )= Perlahan-lahan membesar atau menjadi nyaring.
- Diminuendo (dim. atau > ) = Perlahan-lahan mengecil atau menjadi lembut.
- Sfarzando (Sfz) = Tiba-tiba mendadak keras atau nyaring pada salah satu nada.
No. | Dinamika | Bentuk, Gerakan, Status Rangkaian Nada | Konteks Syair |
---|---|---|---|
1. | Piano (p) dan Pianissimo (pp) |
| Doa, Permohonan, Mengharukan, Keluhan, Sedih, Rintihan dalam melodi yang rendah, Belaian, Kerinduan, Kasih, Teks yang perlu diperhatikan untuk mendramatisasikan isi teks, Ratapan, Kata yang diulang, yang dibuat kontras dengan kata yang sama pada bagian sebelumnya atau sesudahnya, yang dinamikanya lebih kuat, Pengasihan dan Hasutan. |
2. | Mezzopiano (mp) | Konteks lembut, tetapi dalam nadanada tinggi. Ini sebagai konsekuensi dari support yang diberikan dalam vokal | |
3. | Mezzoforte (mf), Forte (f), Fortissimo (ff) | Ajakan, Rintihan dalam melodi yang tinggi, Seruan dan Teriakan, Pujian, Gegap-gempita, Kemarahan, Gempar dan mengejutkan, Cerita atau kisah. | |
4. | Sforzando (Sfz) |
| |
5. | Crescendo (cresc.) |
|
|
6. | Diminuendo (dim.) |
|
|
Beberapa contoh lagu yang menggunakan tanda dinamika adalah sebagai berikut.