Selasa, 21 Mei 2024

Materi ajar Kelas 4B. Rabu, 22 Mei 2024

 Materi Ajar Kelas 4B

Hari                          : Rabu, 22 Mei 2024

Kelas                        : VI (Empat) B

Mata Pelajaran       : IPAS

Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....

Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat Mengidentifikasi gaya gravitasi , mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia, dan mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf atau teks

Capaian Pembelajaran Pemahaman IPAS:

1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.

2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal afiyah ya....

IPAS
Setiap manusia membutuhkan kegiatan ekonomi di dalam kehidupannya.

Ini karena kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia guna memenuhi kebutuhannya.

Selain itu, manusia merupakan mahkluk sosial sehingga tak bisa hidup dan memenuhi kebutuhannya sendiri.

1. Produksi

Produksi merupakan kegiatan ekonomi pertama karena setiap usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai barang dan jasa.

Contoh kegiatan produksi yaitu petani menanam padi yang akan menghasilkan gabah atau beras.

Lalu, nelayan mengambil ikan di laut untuk dijual kembali.

Pada intinya, kegiatan produksi yaitu menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa. 

Distribusi merupakan proses menyalurkam barang yang hendak dikirim dari produsen ke konsumen.

Orang yang melakukan kegiatan distribusi dikenal dengan distributor.

Distributor mempermudah pemenuhan kebutuhan tanpa perlu pergi ke pabrik pembuatan langsung.

Contoh kegiatan ekonomi distribusi seperti agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer yang disuplai oleh distributor.

3. Konsumsi

Kegiatan ekonomi ketiga ialah konsumsi yang merupakan usaha manusia agar memenuhi kebutuhan barang atau jasa.

Umumnya kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia dilakukan secara berangsur-berangsur atau sekaligus habis guna memenuhi kebutuhan.

Contoh kegiatan konsumsi yaitu membeli keperluan untuk mandi seperti pasta gigi, sabun hingga sampo.

Barang-barang tersebut selalu digunakan dan akan habis dalam kurun waktu tertentu.


 mata Pelajara     : Bahasa Indomesa 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.

2.      Melalui kegiatan  berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

3.      Melalui kegiatan mengemukakan pendapat terhadap kejadian pada cerita “Awas!”, peserta didik menulis argumentasi dengan benar.

4.      Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.

5.      Melalui kegiatan mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek dan ciri-cirinya dengan tepat.

6.      Melalui kegiatan berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan antusias dan intonasi yang menarik.

7.      Melalui kegiatan melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.

8.      Melalui kegiatan menuliskan pengalaman saat bepergian, peserta didik mampu menulis dengan menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat.

9.      Melalui kegiatan mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifkasi objek dan lokasi, serta mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat.

10.  Melalui kegiatan memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik mampu menyampaikan petunjuk arah dengan tepat. 

11.  Melalui kegiatan menuliskan perjalanan ke sekolah, peserta didik dapat menulis struktur deskripsi dengan benar.

 

Capaian Pembelajaran:

1.      Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.      Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.      Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.      Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.      Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.      Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.      Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.      Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.      Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.  Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.  Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

12.  Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

13.  Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.



BAHASA INDONESIA


Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Hukuman harus diberikan kepada turis yang membuang sampah sembarangan di sekitar pantai Sanur.
Kata turis pada kalimat tersebut memiliki arti...
A. penjual minuman
B. orang yang berwisata
C. orang yang berenang
D. pelayan restoran

Soal No.2
Burung Jalak Bali merupakan salah satu . . . yang dilindungi di Indonesia
Kata yang tepat untuk mengisi kalimat di atas yaitu...
A. flora
B. fauna
C. biota
D. sabana

Soal No.3
Daerah dengan pemandangan bawah laut yang indah merupakan.....wisata favorit Adit.
Kata yang tepat untuk mengisi kalimat di atas yaitu...
A. sabana
B. vegetasi
C. eksotis
D. destinasi

Soal No.4
Perhatikan ilustrasi berikut!
Pendapat berikut yang sesuai dengan ilustrasi di atas yaitu...
A. ilustrasi kurang menarik karena tidak berwarna
B. ilustrasi menunjukkan situasi menegangkan
C. ilustrasi menunjukkan suasana menyenangkan
D. ilustrasi orang-orang yang mengungsi

Soal No.5
Perhatikan pernyataan berikut!
1) setidaknya berisi subjek
2) tidak bertele-tele
3) hemat kata
4) memiliki banyak makna

Ciri-ciri kalimat efektif ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.6
Berikut ini salah satu contoh kalimat efektif yaitu...
A. Terdapat beraneka macam hewan di hutan
B. Banyak anak-anak bermain di taman kota
C. Dani berenangnya tidak bisa-bisa
D. Itu buku saya sudah baca tiga kali

Soal No.7
Ayah datang kemari memberi tahu.
Kalimat tersebut tidak efektif karena...
A. tidak memiliki subjek
B. bertele-tele
C. membingungkan
D. tidak hemat kata

Perhatikan puisi berikut!
(Untuk menjawab soal nomor 7 dan 8)

Hamparan pasir putih seluas mata memandang
Nyanyian camar sesekali terdengar
Suara hempasan air yang menggelora
Sungguh suasana yang kurindukan

Banyak insan yang berdatangan
Ada yang mengajak buah hati
Ada yang mengajak kerabat
Menikmati waktu hingga surya memudar

Soal No.8
Puisi di atas menggambarkan suasana di...
A. pantai
B. sungai
C. sawah
D. hutan

Soal No.9
Larik yang bermajas metafora pada puisi tersebut yaitu...
A. sungguh suasana yang kurindukan
B. banyak insan yang berdatangan
C. nyanyian camar sesekali terdengar
D. ada yang mengajak buah hati

Soal No.10
Setiap hari ayah bekerja keras untuk menafkahi keluarga.
Kata yang tepat untuk kalimat di atas agar bermajas metafora yaitu ...
A. cari muka
B. membanting tulang
C. berlapang dada
D. tikus kantor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar kelas 4B. Selasa, 26 November 2024

 Hari/Tanggal : Selasa, 19 November 2024 Kelas : IV B Muatan Pelajaran :  1. Matematika  2. Pendidikan Pancasila  3. Bahasa Indonesia  4. IP...