Hari/tanggal : Selasa,26 Maret 2024
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Anak-anak sudah siap mengikuti ujian?
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Mengidentifikasi tokoh dalam teks bacaan
Penulisan nominal uang dengan benar
Teks Prosedur
Kalimat utama atau ide pokok pada teks bacaan
Kalimat Efektif
Puisi
Majas Metafora
1. Beberapa tahun lalu, wedus gembel menjadi buah bibir orang-orang di Indonesia.
(Buah bibir = bahan pembicaraan)
2. Wedus gembel membabi buta, menghanguskan apa saja yang dilaluinya.
(Membabi buta = menerjang tanpa memilih)
3. "Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah," Ratna angkat bicara
(Angkat bicara = mulai bicara atau memberi pendapat).
4. Mereka meminta Panji mberlapang dada menerima kenyataan itu. (Berlapang dada = bersabar)
5. Mendung menyelimuti wajah Panji ketika dia teringat sapi kesayangannya.
(Mendung menyelimuti = terlihat bersedih).
6. Daerah pasar yang ramai itu habis dilalap si jago merah pada dini hari. (Jago merah = Api)
7. Dewi malam mulai menunjukkan sinarnya dibalik pepohonan yang rimbun. (dewi malam= bulan)
8. Dinar adalah anak emas Ibu Mona, karena prestasi dan kesopanannya.
(Anak Emas = Anak kesayangan)
9. Ibu begitu senang ketika buah hatinya mengirimkan surat sejak merantau dua minggu lalu. (buah hati: anak)
10. Miranda dikenal sebagai anak yang ringan tangan karena tak pernah berdiam melihat orang lain yang kesusahan.
(suka membantu)
Laporan perjalanan
1. Rangkuman Bab 5: Bertukar atau Membayar
- Materi Membaca dan Menemukan Tujuan Penulis
Materi pada bab 5 dimulai dengan kisah “Ditukar dengan Apa?” Dari kisah itu, para peserta didik diminta untuk mencari tujuan penulis.
Dengan membaca secara cermat dan teliti, siswa dapat menemukan tujuan penulis dari kisah itu. Tujuan penulis dari kisah itu adalah, penulis ingin menggambarkan kejadian yang dialami manusia terkait sejarah munculnya uang dengan membuat perumpamaan pada hewan.
Teknik yang perlu dipelajari untuk mencari informasi dari kisah tersebut adalah dengan pertanyaan “ADiKSiMBa” yang merupakan singkatan dari “Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana”.
Dengan menggunakan teknik itu, siswa dapat merangkum informasi tersebut dan mengolahnya. Alur pengolahan informasi tersebut adalah berikut ini:
* Membaca dan memahami bacaan
* Menemukan ide pokok dari sebuah bacaan
* Mencari jawaban menggunakan “ADiKSiMBa”
* Menuliskan informasi yang diperoleh dalam 2-3 paragraf
- Materi Pengecekan Keaslian Uang
Materi bab 5 juga memberikan pelajaran mengenai bagaimana cara mengecek keaslian uang dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang.
Pertama, melihat warna uang yang terlihat terang dan jelas, pada bagian depan dan belakang.
Kedua, mengecek keaslian uang dengan cara diraba, khususnya pada uang kertas. Bila diraba terasa kasar, maka pecahan uang kertas itu bisa dikatakan asli.
Ketiga, mengecek keaslian uang dengan cara diterawang. Bila ada tanda air (watermark) berupa gambar pahlawan dan ornamen tertentu pada pecahan uang kertas tertentu, maka bisa dikatakan uang kertas itu asli.
Penulisan angka dan nilai uang di Indonesia disusun dengan menyingkat
Rupiah menjadi Rp dan penulisan angkanya ditempatkan setelah Rp, contohnya:
- Dengan angka: Rp1.000.000
- Dengan huruf: satu juta rupiah
2. Rangkuman Bab 6: Satu Titik
- Materi ini bertujuan agar siswa memahami kata-kata baru dalam sebuah teks, diawali dengan bacaan berjudul “Raja Ampat”.
Beberapa kata baru dalam teks itu di antaranya adalah:
* Kepulauan: kumpulan beberapa pulau
* Turis: orang yang berwisata, pelancong, wi
* Flora: dunia tumbuh-tumbuhan
* Fauna: dunia hewan
* Biota: seluruh flora dan fauna di suatu daerah tertentu
- Materi Kalimat Efektif
Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun sesuai kaidah kebahasaan yang berlaku.
Ciri-ciri kalimat efektif adalah:
* Susunan kata, ejaan, tanda baca, atau strukturnya harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
* Mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia
* Memiliki unsur kalimat (setidaknya subjek dan predikat) yang digunakan dengan tepat
* Hemat kata, tidak bertele-tele
* Pesan yang disampaikan jelas, tidak membingungkan.
- Materi Puisi
Puisi merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.
Sementara itu, puisi bebas adalah puisi yang cara penulisannya lebih bebas, tidak terikat rima, jumlah kata, atau pun jumlah larik.
Biasanya, majas digunakan dalam penulisan puisi. Berikut contoh penggunaan majas dalam puisi:
* Laksana untaian mutiara di lautan (gugusan pulau diumpamakan untaian mutiara)
* Lambaian terumbu karang dan ikan menyapa... (karang dan ikan personifikasi seolah-olah seperti manusia)
Majas sendiri adalah kiasan. Salah satu jenis majas, yakni majas metafora, merupakan kiasan yang menggunakan kata atau kelompok kata yang bukan arti sebenarnya untuk menggambarkan sesuatu.
Materi Laporan Perjalanan
Laporan perjalanan merupakan tulisan yang berisi hasil dari kunjungan atau perjalanan ke suatu tempat.
Laporan sendiri mengandung fakta atau informasi berdasarkan pengamatan atau pengalaman orang yang melakukan perjalanan.
Untuk Menyusun laporan perjalanan, siswa harus mampu menjawab unsur-unsur ADiK SiMBa, yaitu apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
Contoh Soal:
Bacalah tabel berikut!
Ciri bahasa teks prosedur:
1. Kalimat yang mengandung perintah.
2. Menggunakan kata baku.
3. Menggunakan kata tanya.
4. Bersifat objektif.
Yang termasuk ciri bahasa teks prosedur adalah ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
3. Berikut contoh langkah yang sesuai dengan prosedur membuat telur asin adalah ...
A. Masukkan telur dalam minyak yang mendidih.
B. Pilih telur dengan ukuran besar dan utuh.
C. Cuci telur bebek hingga bersih dari kotoran.
D. Pisahkan putih telur dengan kuning telur.
4. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidak sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana, seperti mencuci tangan. Perlu diketahui bahwa penyebaran virus penyakit pertama kali bisa berasal dari tangan kita sendiri yang tanpa sadar telah memegang sesuatu yang kotor.
Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut akan dipaparkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.
Paragraf di atas termasuk pada bagian teks prosedur yakni ...
A. Tujuan
B. Alat dan bahan
C. Langkah-langkah
D. Penutup
5. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
Petunjuk menyalakan televisi.
(1) Tekan tombol nomor remote control.
(2) Tekan tombol main power.
(3) Indikator power atau standby akan berwarna merah.
(4) Hubungkan kabel daya listrik pesawat TV ke stop kontak.
(5) Selamat menonton.
Kutipan teks tersebut merupakan teks prosedur ...
A. Cara membuat sesuatu.
B. Cara melakukan sesuatu.
C. Cara mengerjakan sesuatu.
D. Cara mempersiapkan sesuatu.
Banyak wisatawan datang ke Raja Ampat untuk menyelam. Mereka tertarik akan beragam flora dan fauna di dalam laut. Flora adalah...
a. dunia tumbuh-tumbuhan
b. dunia hewan
c. dunia fana ini
d. dunia tipu-tipu
Berikut ini adalah contoh kalimat efektif adalah....
a. Maruna Reu dan teman-temannya mereka tinggal bersama-sama di Pulau Misool.
b. Bagi semua para penyelam harus hati-hati dan harus tidak merusak terumbu karang.
c. Biota laut yang terdapat di dalam laut ada beraneka macam.
d. Air sungai itu sekarang kotor dan dangkal.
1. Sebutan lain dari 'sabana' adalah...
2. Kata-kata kiasan dalam puisi disebut …
3. Kiasan yang menggunakan kata atau kelompok kata yang bukan arti sebenarnya untuk menggambarkan sesuatu disebut majas...
4. "Mereka meminta Panji berlapang dada menerima kenyataan itu". Lapang dada dalam kalimat tersebut memiliki arti...
5. Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah," Ratna angkat bicara. "Angkat bicara" dalam kalimat tersebut berarti...
6. sebutkan ciri-ciri kalimat efektif!
7. Kiasan yang menggunakan kata atau kelompok kata yang bukan arti sebenarnya untuk menggambarkan sesuatu disebut majas ....
8. Puisi adalah ....
9. . Buatlah kalimat dengan tepat menggunakan kata-kata berikut ini!
a. Gulung tikar b. Kutu buku c. Buah Hati d. darah biru
10. Ubahlah kalimat berikut menjadi kalimat efektif!
Seminar tersebut diikuti semua mahasiswa-mahasiswa.
KISI-KISI SOAL SENI TARI
1.Tari tradisional adalah tarian yang merupakan perwujudan budaya di ….
a. mana saja c. sanggar tari
b. suatu daerah d. pertunjukan tari
2. Kisah yang berjudul "Persahabatan Tupai dan Ikan Gabus" termasuk ....
a.Legenda c. Sage
b. Fabel d. Mitos
3. Binatang yang dibantu oleh ular naga dalam cerita "Ular Naga si Banyak Kawan" adalah ....
a. Gajah c. Rusa
b. Kelinci d. Kera
4. Tari yang menunjukkan permainan ular naga dilakukan secara ....
a. Individu c. Kelompok
b. Tunggal d. Individu dan kelompok
5. Berikut bukan makna gerak meliuk adalah ....
a. Hubungan baik yang tidak akan terputus c. Siklus kehidupan
b. jalan berkelok dalam kehi dupan d. Sikap pantang menyerah
6. Gerakan tari yang dilakukan untuk menggambarkan tingkah tupai adalah ....
a. Menggelengkan kepala
b. Berjalan dengan perlahan
c. Meloncat-loncat dengan riang
d. Menggerakkan tangan naik dan turun
7. Bacalah lirik lagu berikut!
Ular naga panjangnya
Bukan kepalang
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang
Lirik lagu tersebut adalah iringan dalam permainan ….
a. ular sawah c. tari kijang
b. ular naga d. tari kelelawar
8. Pada permainan ular naga, gerak membuka kedua tangan secara lebar bermakna ....
a. Menolak c. Menghalangi
b. Mencari teman d. Mengejar lawan
9. Tari Kancil yang berasal dari Jawa Timur merupakan tarian yang mengangkat tema……
a.flora dan fauna c.flora
b.fauna d.suasana di hutan
10. Berikut ini yang termasuk cerita rakyat jenis sage adalah …
a. Dewi Sri c. Si Kancil
b. Lutung Kasarung d. Batu Menangis
1. Apa yang kamu ketahui tentang cerita rakyat ?
2. Berdasarkan ceritanya, dongeng terbagi menjadi beberapa jenis, tuliskan tiga diantaranya!
3. Mengapa ibu Malin Kundang awalnya tidak mengizinkan Malin pergi merantau?
4. Pelajaran apa yang bisa diambil dari kisah Malin Kundang?
5. Tuliskan tiga judul cerita rakyat jenis legenda!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar