Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Rabu, 20 Maret 2024
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.
- Memiliki kemampuan mengendalikan;
- Mampu bertahan dari pengaruh budaya luar;
- Mengakomodasi budaya luar;
- Memberi arah perkembangan budaya;
- Mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.
- Pengembangan iptek;
- Pelestarian dan konservasi sumber daya alam;
- Pengembangan sumber daya manusia;
- Sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan;
- Bermakna sosial
- Bermakna etika dan moral;
- Sebagai pengetahuan budaya.
1. Kerajaan hindu pertama yang berdiri abad ke-4 di Indonesia adalah kerajaan ....
A. Kutai C. Kediri
B. Tarumanegara D. Sriwijaya
2. Berikut ini yang termasuk peninggalan kerajaan kutai adalah ....
A. Prasasti Kedukan bukit C. Prasasti Yupa
B. Prasati Ciaruteun D. Prasasti Tugu
3. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1) Candi 4) Prasasti
2) Arca 5) Masjid
3) Kaligrafi 6) Karya sastra
Yang termasuk bentuk peninggalan kerajaan Hindu-Buddha adalah ....
A. 1), 2), dan 3) C. 1), 2), dan 4)
B. 2), 3), dan 4) D. 3), 5), dan 6)
4. Kerajaan bercorak Buddha yang berdiri pada abad VII M dan didirikan oleh Sri Jaya Naga adalah kerajaan ....
A. Majapahit C. Pajajaran
B. Sriwijaya D. Pakuan
5. Candi Prambanan dan candi Dieng merupakan peninggalan dari kerajaan ....
A. Majapahit C. Kutai
B. Mataram Kuno D. Singosari
6. Candi Borobudur, candi kalasan, dan candi mendut merupakan peninggalan bersejarah dari kerajaan yang bercorak ....
A. Hindu C. Islam
B. Bunddha D. Klasik
7. Kerajaan Islam di Indonesia Pertama yang dibangun adalah Kerajaan Samudera Pasai yang dipimpin oleh ....
A. Raden Wijaya C. Fatahillah
B. Sultan Malik al-Saleh D. Radeh Fattah
8. Sultan Hasanuddin adalah salah satu pemimpin kerajaan islam yang mendapatkan julukan ayam jantan dari timur. Beliau adalah pemimpin dari kerajaan ....
A. Samudra Pasai C. Gowa-Tallo
B. Ternate-Tidore D. Demak
9. Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan raja ....
A. Hayam wuruk C. Kertanegara
B. Bala putra Dewa D. Mulawarman
10. Perhatikan gambar di bawah ini! Gambar yang merupakan peninggalan dari kerajaan islam di Indonesia adalah ....
11. Penyatuan atau pembauran dua kebudayaan asli menjadi kebudayaan baru disebut ....
A. Asimilasi C. Akulturasi
B. Disentralisasi D. Sosialisasi
12. Berikut ini yang termasuk hasil akulturasi adalah ....
A. Kata “Sorry” artinya maaf C. Baju Koko
B. Wayang kulit D. Tari lenong
A. Luas Wilayah C. Jumlah Penduduk
B. Kondisi Wilayah D. Sejarah Peradaban
14. Perhatikan pernyatan berikut
Ketampakan Alam | Manfaat | ||
1 | Sungai | A | Sumber Makanan, obat-obatan |
2 | Selat | B | Pembangkit Litrik |
3 | Dataran rendah | C | Pemukiman, Pabrik industri |
4 | Laut | D | Sarana transportasi dan irigasi pertanian |
Dari pernyataan di atas pasangan ketampakan alam dan manfaatnya yang kurang tepat adalah ....
A. 1 – D B. 4 – A C. 3 – C D. 2 – B
15. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Digunakan untuk menanam padi
2) banyak berdiri perusahaan di bidang industri
3) banyak Peternakan unggas dan sapi
4) Terletak 200 mdpl
Kenampakan alam yang sesuai berdasarkan ciri di atas adalah ....
A. Dataran Tinggi C. Pantai
B. Dataran rendah D. Gunung
mata Pelajara : Bahasa Indomesa
A. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.
2. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
3. Melalui kegiatan mengemukakan pendapat terhadap kejadian pada cerita “Awas!”, peserta didik menulis argumentasi dengan benar.
4. Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.
5. Melalui kegiatan mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek dan ciri-cirinya dengan tepat.
6. Melalui kegiatan berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan antusias dan intonasi yang menarik.
7. Melalui kegiatan melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.
8. Melalui kegiatan menuliskan pengalaman saat bepergian, peserta didik mampu menulis dengan menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat.
9. Melalui kegiatan mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifkasi objek dan lokasi, serta mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat.
10. Melalui kegiatan memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik mampu menyampaikan petunjuk arah dengan tepat.
11. Melalui kegiatan menuliskan perjalanan ke sekolah, peserta didik dapat menulis struktur deskripsi dengan benar.
Capaian Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
13. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
Majas Metafora
Majas metafora adalah majas yang memakai analogi atau perumpamaan terhadap dua hal yang berbeda.
Contoh:
- Fahri dikenal sebagai kutu buku saat ia duduk di bangku kuliah
- Ia dulu sempat dikenal sebagai sampah masyarakat
- Janganlah engkau berkecil hati jika mengalami kegagalan
Majas Hiperbola
Majas hiperbola adalah majas yang menggunakan ungkapan yang berlebihan dan tidak masuk akal.
Contoh:
- Suara lantang itu menggelegar membelah langit.
- Pujian dari orang lain membuatnya melambung tinggi ke angkasa.
- Kata-kata dari pelatih membakar semangat kami menjalani laga final.
Majas Personifikasi
Majas personifikasi adalah majas yang membandingkan antara manusia dengan benda mati, seolah-olah benda tersebut memiliki sifat layaknya manusia.
Contoh:
- Deburan ombak di lautan memecah batu karang.
- Sinar matahari menghangatkan tubuhku.
- Sepatu coklat ini selalu menemaniku saat belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar