Senin, 04 Maret 2024

Materi Ajar Kelas 4B. Selasa, 5 Maret 2024

 Materi Ajar Kelas 4B

Hari                          : Selasa, 5 Maret 2024

Kelas                        : VI (Empat) B

Mata Pelajaran       : PKN 

Negaraku

     Muslim Waving GIF - Muslim Waving Hi GIFs

  Apa kabar anak-anak bu Dessy hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..

Capaian Pendidikan Pancasila

Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.


PENDIDIKAN PANCASILA

Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat mempertinggi harga diri bangsa. Harga diri bangsa akan rendah atau merosot jika warganya tidak mempunyai rasa bangga terhadap bangsanya sendiri.Bangsa Indonesia mempunyai kekayaan yang melimpah ruah, mempunyai ribuan pulau, terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya serta agama. Beberapa perilaku harus ditampilkan sebagai bukti bangga sebagai anak Indonesia adalah :
  •  Belajar dengan rajin
  • Giat bekerja sesuai dengan kemampuan
  • Mengembangkan bakat yang dimiliki dengan giat berlatih
  • Mengikuti upacara bendera
  • Mencintai buatan Indonesia
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Menghormati bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya
  • Menyukai lagu-lagu Indonesia,
  • Bangga akan jasa para pahlawan kusuma bangsa.

KERJAKAN DI BUKU LATIHANMU! 

1.     Wilayah Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu ....

a.   Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik

b.   Samudra Hindia dan Samudra Pasifik

c.   Samudra Hindia dan Samudra Atlantik

d.   Samudra Atlantik dan Samudra Indonesia

2.     Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dapat diraih berkat adanya ...

a.     pemberian negara Jepang                           

b     senjata tradisional yang ampuh 

c.     persatuan dan kesatuan bangsa                   

d.    balas dendam terhadap penjajah

3.     Berikut yang bukan faktor pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ...

a. persamaan nasib

b. keinginan bersama untuk melepaskan diri dari penjajah

c. cita-cita bersama untuk mencapai kemakmuran dan keadilan

d.  wilayah Indonesia merupakan pemberian penjajah

4.     Rela menyerahkan sebagian tanah untuk kepentingan umum merupakan tindakan yang mencerminkan sikap ....

a.  rela berkorban          

b. toleransi                    

c. cinta tanah air            

d. sombong

5.     Sikap yang harus dihindari demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....

a.     rela berkorban

b.     cinta tanah air

c.     mempererat rasa persatuan dan kesatuan   

d.     bangga terhadap kebudayaan secara berlebihan

6.     Kekayaan alam yang ada di Indonesia harus dimanfaatkan untuk ....

a.     kebutuhan ekspor

b.     kesejahteraan para pejabat

c.     kesejahteraan para guru

d.     kesejahteraan masyarakat Indonesia

7.     Setiap warga memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk membela bangsa dan negara. Pernyataan tersebut merupakan makan kesatuan wilayah Indonesia dalam bidang....

a. politik                                                         

b. pertahanan keamanan          

c. ekonomi                                                      

d. sosial budaya

8.     Upacara adat memberikan sesaji di Gunung Bromo disebut ...

a. Kasada              

b. Sekaten                    

c. Ngaben                     

d. Subak

9.     Lagu daerah yang berasal dari Yogyakarta adalah ....

a. Bubuy Bulan           

b. Injit-injit Semut           

c. Suwe Ora Jamu         

d. Kicir-kicir

10.  Bangsa Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur. Kekayaan alam Indonesia yang terdapat di daratan dan lautan mengandung sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam yang dapat diperbarui, contohnya ....

a. emas                      

b. tembaga                    

c. perunggu                   

d. pohon karet

11.  Kekayaan alam Indonesia menjadi modal dan milik seluruh bangsa.pernyataan tersebut merupakan makna kesatuan wilayah Indonesia dalam bidang ...

a. politik                     

b. agama                      

c. sosial budaya            

d. ekonomi

12.  Ancaman terhadap satu pulau milik bangsa Indonesia merupakan ....

a.     ancaman bersama bangsa Indonesia

b.     ancaman kepada penduduk pulau itu sendiri

c.     tantangan bagi TNI /POLRI

d.     tantangan bagi pemerintah untuk berdiplomasi

13.  Salah satu contoh perilaku menjaga keutuhan NKRI adalah ....

a.     membolos sekolah                                     

b.     melanggar aturan sekolah   

c.     membedakan teman dalam pergaulan

d. memelihara kerukunan dengan sesama warga                     

14.  Berikut bukan termasuk tujuan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....

a.     memajukan kesejahteraan umum

b.     mencerdaskan kehidupan bangsa

c.     menciptakan persaingan dunia

d.   melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia 

15.  Perhatikan gambar berikut!

Kegiatan pada gambar diatas menunjukkan upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di lingkungan .....

a. keluarga                 

b. sekolah                     

c. masyarakat               

d. negara 



Mata Pelajaran       : PJOK 

https://arsthaalpa.blogspot.com

Mata Pelajaran        : Matematika


B.     Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.



Matematika

Volume Kubus dan Balok
Kubus merupakan salah satu macam dari bangun ruang. 
volume kubus = r x r x r 
Contoh soal Tentukan volume kubus berikut!
Pembahasan
V = r x r x r
V = 23 cm x 23 cm x 23 cm
V = 12167 cm³

Volume Balok

Keterangan:

V = volume  balok.

p = panjang  balok.

l = lebar  balok.

t = tinggi  balok.




contoh soal 



Sebuah kolam berbentuk balok berukuran panjang 5 m, lebar 3 m, dan dalam 2 m. Tentukan banyak air maksimal yang dapat ditampung kolam tersebut.

Pembahasan:
Panjang kolam (p) = 5 m
Lebar kolam (l) = 3 m
Tinggi kolam (t) = 2 m
Volume kolam (V) = p x l x t
                               = 5 x 3 x 2
                               = 30
Jadi, banyak air maksimal yang dapat ditampung kolam tersebut adalah 30m³ atau 30.000 liter.
Hitunglah volume berikut!
1. 
a
b.


2.

3. 
4. 
5. 

a. Andi membuat enam potongan kertas berbentuk persegi. ukuran persegi tersebut adalah 10 cm. Andi merekatkannya menjadi sebuah kubus. Tentukan volume kubus yang dibuat oleh Andi.

    b.Diketahui panjang sebuah balok adalah tiga kali lebarnya, lebar = 8 cm, dan tinggi 12 cm. berapakah volume balok tersebut ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar kelas 4B. Selasa, 26 November 2024

 Hari/Tanggal : Selasa, 19 November 2024 Kelas : IV B Muatan Pelajaran :  1. Matematika  2. Pendidikan Pancasila  3. Bahasa Indonesia  4. IP...