Hari/Tanggal : Senin, 16 Oktober 2023
Muatan Pembelajaran :
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Pancasila
Ketika kalian membaca Al-Qur’an, perhatikan makhārijul hurūf dan hukum bacaan tajwid yang terdapat pada bacaan tersebut. Tulisan Q.S. Al Ḥujurāt/49:13 tersebut berwarna-warni dengan tujuan memudahkan kalian dalam membedakan hukum bacaan.
· Menunjukkan bacaan mad (panjang).
· Menunjukkan bacaan gunnah, mendengung 2 harakat.
· Menunjukkan bacaan qalqalah (memantul)
Surah Al-Hujurat merupakan surah yang ke 49
اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ ; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti
· Dalam Islam, orang yang mulia adalah orang yang bertakwa
· Sumber hukum Islam ada 2 yakni; al-Qur’an dan Hadits
· Asmaul Husna artinya nama-nama yang baik bagi Allah
· Penjelasan tentang Asmaul Husna diterangkan dalam Al-Qur'an. Surah Al-Hasyr ayat 23 berisi tentang Asmaul Husna, yaitu Al-Mu’min
· Surah Al-Maidah ayat 17 berisi tentang Asmaul Husna Allah, yaitu Al-Malik
· Allah swt. memiliki Asmaul Husna Al-Aziz yang artinya Zat Yang Maha Perkasa
· Allah swt. memiliki Asmaul Husna Al-Malik artinya Maha Merajai
· Allah Swt. memberikan keamanan bagi hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa dari siksa api neraka. Sifat yang dimiliki oleh Allah SWT adalah Al-Mu’min
· Segala sesuatu yang telah dikehendaki oleh Allah swt., tidak akan ada yang bisa menghalang-halanginya, karena Allah swt. Maha Perkasa (Al-Aziz)
· Dengan mengetahui Asmaul Husna Al-Quddus, berarti kita harus suci dari kotoran/bersih
· Asmaul Husna Al-Aziz terdapat dalam Surah Shad ayat 66
· Asmaul Husna Al-Mu'min memiliki arti Yang Memelihara Keamanan, Al-Quddus memiliki arti Yang Maha Suci, As-Salam memiliki arti Yang Maha Sejahtera, al-Malik memiliki arti Yang Maha Merajai dan Al-Mu’min memiliki arti Yang Maha Pemberi Keamanan
· Bukti bahwa Allah Maha Suci terkandung dalam Surah Al-Jumu'ah :1
· Menghargai keragaman merupakan salah satu bentuk akhlak yang baik dan perlu kita biasakan dalam kehidupan. Akhlak baik disebut dengan akhlakul mahmudah
· PERILAKU YANG DILARANG DI DALAM SURAT AL-HUJURAT AYAT 13
1. Saling merendahkan
2. Mencela orang lain
3. Memanggil orang lain dengan ejekan
· Perilaku yang termasuk ke dalam penyakit hati :
1. Sombong,
2. Riya
3. Dendam
· Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah ….Menerima keragaman suku dan budaya sebagai kekayaan bangsa
Segala perkataan (sabda), perbuatan, dan ketetapan dari Nabi Muhammad Saw. Disebut Hadits atau Sunnah
Hukum memohon perlindungan kepada selain Allah swt. adalah haram
Jika meminta perlindungan kepada Allah swt. hati kita akan menjadi tentram/tenang
Faiza memberi waktu orang lain untuk beribadah, merupakan cerminan sikap toleransi
Sikap Tasamuh yang berasal dari bahasa Arab memiliki arti salang menghargai
· Hadis tentang keragaman di atas diriwayatkan oleh Ahmad
· Surah Al-Kafirun memberi pelajaran penting bahwa tasamuh tidak boleh dilakukan dalam masalah akidah dan ibadah
لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ Untukmu agamamu dan untukku agamaku
Isi kandungan Surah Al-Hujurat ayat 13 merupakan Bukti kekuasaan Allah SWT, yang menciptakan manusia dari jenis laki-laki dan perempuan, serta menjadikannya bersuku-suku, berbangsa-bangsa untuk saling mengenal satu sama lain
Isi kandungan hadis tentang keragaman yakni : Islam tidak mengenal keistimewaan kelompok atau individu. Dalam Islam, orang yang mulia adalah orang yang bertaqwa
Asmaul Husna Al-Mu'min memiliki arti Yang Memelihara Keamanan, Al-Quddus memiliki arti Yang Maha Suci, As-Salam memiliki arti Yang Maha Sejahtera, al-Malik memiliki arti Yang Maha Merajai dan Al-Mu’min memiliki arti Yang Maha Pemberi Keamanan
Contoh perilaku mengamalkan ayat dan hadist tentang keragaman adalah selalu :
ü menjaga persaudaraan,
ü saling menyayangi dan
ü menghormati sesama
ü Tidak merendahkan
Kisi-kisi soal Pendidikan Pancasila
Peserta didik mampu mengetahui fungsi utama pancasila |
Peserta didik salah satu usulan dasar negara oleh para tokoh negara |
Peserta didik mampu memahami rumusan pancasila |
Peserta didik mampu pentingnya pancasila |
Peserta didik mampu menjelaskan sila dari pancasila |
Peserta didik mampu mengetahuisalah satu rumusan dasar negara yang di usulkan oleh para tokoh negara |
Peserta didik mampu mengetahui usulan negara dari para tokoh negara |
Peserta didik mampu mengetahui nilai juang para tokoh negara |
Peserta didik mampu mengetaui untuk apa panitia kecil PPKI di bentuk |
Peserta didik mampu mengetahui bahwa sikap pendiri negara mengutamakan kepentingan bersama. |
Peserta didik memahami kehidupan di lingkungan keluarga berdasarkan norma yang berlaku. |
Peserta didik mengetahui manfaat norma agama |
Peserta didik mampu mengetahui manfaat mematuhi norma |
Peserta didik mampu mengetahui pentingnya musyawarah dalam mengambil sebuah keputusan. |
Peserta didik mampu mengetahui penerapan perilaku yang merupakan bentuk pengamalan norma. |
Peserta didik mampu mengetahui agar terhindar dari perilaku yang melanggar norma agama |
Peserta didik mampu mengetahui cara pengambilan keputusan bersama dengan cara musyawarah |
Peserta didik mampu mengetahui arti pengamalan Pancasila tentang musyawarah. |
Peserta didik mampu mengetahui dalam musyawarah mengutamakan prinsip. |
Peserta didik mampu mengetahui tujuan musyawarah |
Peserta didik mampu memberikan contoh musyawarah di sekolah |
Peserta didik mampu memberikan contoh musyawarah di lingkungan masyarakat. |
Peserta didik mengetahui bagaimana cara pengambilan keputusan dalam musyawarah. |
Peserta didik mampu mengetahui aturan menyeberang di jalan raya |
Peserta didik mampu mengetahui hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga |
Peserta didik mampu mengetahui apa yang di maksud dengan kewajiban |
Peserta didik menghormati guru termasuk kewajiban siswa |
Peserta didik mampu mengetahui yang di maksud norma kesusilaan. |
Peserta didik mampu memberikan contoh pelangaran norma hukum di jalan raya |
Peserta didik mengetahui siding BPUPKI membahas tentang dasar negara. |
Peserta didik mengetahui siapa sajakah tokoh negara yang mengajukan dasar negara. |
Peserta didik mampu mengetahui arti dari Dokouritsu Zyumbi Coosakai. |
Peserta didik mampu mengetahui siapa sajakah tokoh panitia Sembilan. |
Peserta didik mampu mengetahui pengamalan sila ke berapa membantu korban bencana banjir. |
Peserta didik mampu mengetahui arti dari si,bol padi dan kapas. |
Peserta didik mampu mengetahui kepanjangan dari BPUPKI. |
Peserta didik mampu mengetahui Lembaga yang mengantikan BPUPKI |
Peserta didik mampu mengetahui sikap yang perlu di teladani dalam perumusan dasar negara. |
Peserta didik mampu mengetahui nilai juang yang melandasi perjuangan para pendiri negara. |
Peserta didik mampu mengetahui rumusan gagasan dasar negara Indonesia yang di gagasi oleh Soekarno. |
Peserta didik mengetahui kewajiban anak di rumah. |
Peserta didik mampu mengetahui kewajiban anak di rumah |
Peserta didik mampu mengetahui jika melangar norma hukum akan di kenakan, |
Peserta didik mampu mengetahui bagaimana cara pengambilan keputusan dalam musyawarah. |
Peserta didik mampu mengetahui menjaga kebersihan lingkungan termasuk dalam kewajiban amggota masyarakat. |
Peserta didik mampu menyebutkan empat tokoh yang berperan dalam perumusan Pancasila. |
Peserta didik mampu memberikan contoh menghargai perbedaan di sekolah. |
Peserta didik dapat menyebutkan contoh musyawarah dalam keluarga. |
Peserta didik mengetahui kewajiban anak di sekolah |
Peserta didik mampu mengetahui contoh pelangaran norma kesopanan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar