Materi P5 : Kamis, 12 Oktober 2023
Kelas/Semester : 4/I
Kegiatan Pembelajaran : P5
P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Nama | Dessy Puji Astuti, S.Pd | Jenjang/Kelas | SD/ IV |
Asal Sekolah | SD Al Azhar 1 | Mata Pelajaran | - |
Alokasi Waktu | 42 JP (7 JP/Minggu) | Jumlah Siswa | 23 anak |
Model Pembelajaran | Tatap Muka | ||
Profil Pelajar Pancasila | · Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT dan Berakhlaq Mulia · Berkebhinekaan Global · Gotong Royong · Mandiri · Kreatif · Bernalar Kritis | ||
Fase | B | ||
Tema/SubTema/Topik | Gaya Hidup Berkelanjutan / Seni dan Kerajinan di kota Bandar Lampung /Aku bisa membuat batik Ecoprint daun dan bunga | ||
Tujuan Pembelajaran | ● Mengenal berbagai ciptaan Allah seperti jenis tanaman ● Menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan keluarga dan sekolah. ● Terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang) ● Berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan dan adaptif dalam situasi baru. ● Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan / atau perasaannya dalam bentuk karya dan atau Tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan ● Bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya. | ||
Tujuan Kegiatan | ● Anak dapat mengenal berbagai ciptaan Allah SWT seperti jenis tanaman ● Anak mampu menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan keluarga dan sekolah ● Anak terbiasa bekerja bersama dalam melakukan kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang) ● Anak berani mencoba, tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan, dan adaptif dalam situasi baru ● Anak dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan atau tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan ● Anak berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya. | ||
Kata Kunci | Ecoprint, daun dan bunga, pounding, mordanting, cuci, jemur, air, tawas, batik | ||
Deskripsi Umum Kegiatan | Dalam kegiatan ini anak dikenalkan dengan geliat kerajinan batik ecoprint menggunakan daun dan bunga yang dapat mereka temukan di lingkungan sekitar melalui video, cerita buku dan diskusi. Kemudian anak diajak untuk melakukan projek ecoprint melalui kegiatan : ● Menyaksikan video geliat batik ecorint melalui video Youtube ● Berdiskusi tentang ecoprint ● Mengumpulkan alat dan bahan untuk membuat ecoprint ● Membuat hasil karya / projek ecoprint yang dimanfaatkan | ||
Alat dan Bahan | ● Buku-buku bacaan tentang ecoprint dan buku pendukung lainnya. ● Memanfaatkan daun dan bunga yang ada dilingkungan sekitar yang mudah didapatkan ● ATK : kertas, kain, palu, daun dan bunga yang mudah didapatkan, plastik (bisa pakai kantong plastik yang putih), tawas | ||
Sarana Prasarana | Ruangan kelas Halaman sekolah |
Sumber | |
Ringkasan Cerita | Ecoprint teknik pounding |
TUJUAN KEGIATAN P5 SEMESTER 1
● Membentuk karakter Pelajar Pancasila (Beriman dan bertakwa padal Allas SWT dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis)Anak dapat mengenal berbagai ciptaan Allah seperti jenis tanaman● Anak mampu
menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan keluarga dan sekolah● Anak terbiasa bekerja bersama dalammelakukan kegiatan dengan kelompok(melibatkan dua atau lebih orang)● Anak berani mencoba, tidak mudahmenyerah saat mendapatkan tantangan, danadaptif dalam situasi baru, dan mencoba untuk● Anak dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan atau Tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan Tindakan yang dihasilkan● Anak berani bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya.
Tujuan Pembelajaran :
-Peserta didik dapat mengetahui cara pembuatan batik Ecoprint dengan narasumbernya langsung
- Peserta didik dapat mengembangkan dimensi profil pelajar Pancasila saat proyek kegiatan berlangsung.
MEMBUAT 3 D HEWAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar